silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.

Rusdianto

Dalam tampilan video sesi awal  materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Dalam tampilan tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kelihatan tidak berminat terhadap pembelajaran, mengantuk, tidak semangat dan acuh tak acuh terhadap pembelajaran guru. Dalam sesi perbaikan materi pembelajarannya adalah mengukur, terlihat guru sudah membangun interaksi dengan siswa, tanya jawab, pemberian tugas, anak mencoba mengukur bidang yang ada di sekitar. Hanya kekurangannya adalah cara mengukur setelah menggunakan jaritangan, sebaiknya dilanjutkan dengan ukuran yang standar, misalnya menggunakan penggaris atau meteran.

Komentar secara Umum: Dalam tampilan video sesi lanjut terlihat bahwa suasana belajar ai dalam kelas tampak hidup siswa semangat mengikuti pembelajaran.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Masih tetap teacher center dan sudah mulai menggunakan kegiatan aplikatif yang berkaitan dengan tema materi.
  2. Sudah cukup sesuai untuk peserta didik.
  3. Sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Pakar Dosen
Pakar Guru

Similar Posts

1,502 Comments

  1. Nama:MARYANA
    NIM :856987079
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar: Sidomulyo
    UPBJJ: Bandar Lampung
    Berdasarkan cuplikan vidio pembelajaran diatas, saya berpendapat bahwa seorang guru harus memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik. Selain itu, guru juga harus bisa memilih atau menentukan metode dan model pembelajaran yang relevan dengan materi serta karakteristik siswa didalam kelas. Pada awal vidio, terlihat bahwa banya siswa yang ribut, bahkan mengantuk disaat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karna keterlibatan mereka didalam proses belajar sangat minim, atau dengan kata lain guru yang lebih banyak aktif dibanding siswa. Namun pada cuplikan vidio selanjutnya, yang berisi alternatif penyelesaiaan masalah diatas, dimana guru menggunakan model dan metode pembelajaran yang lebih baik, yang lebih atraktif dan menyenangkan bagi siswa. Dimana, mereka dibagi dalam beberapa kelompok, dan ditugaskan untuk mengukur benda-benda yang ada disekitar dengan penggaris atau jengkal. Pendekatan pada lingkungan siswa, menggunakan benda-benda konkret membuat mereka tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran sampai selesai.

  2. Izinkan saya menanggapi video pembelajaran di atas dengan judul membangun suasana aktif, interaktif dan menyenangkan
    Nama ; Wawan Setyawan
    NIM : 858526541
    Pokjar : Kedungwuni
    dalam video tadi saya melihat suasana kelas yang masih ramai tanpa mengkondisikan para siswa terlebih dahulu guru langsung memberikan pertanyaan kepada murid tanpa adanya stimulus bahkan ada murid yang merasa tidak semangat dalam menanggapi pertanyaan dari guru tersebut, mungkin karena murid tersebut bosan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru itu. saya lebih setuju dengan video yang selanjutnya guru tersebut menggunakan metode diskusi yang mana lebih cenderung siswa aktif dalam pembelajaran dan dianggap siswa menarik dalam melakukan pembelajaran, sehingga tidak ada siswa yang mengantuk, semua ikut bekerja sama dalam menjalankan tugas yang diberikan guru, bahkan ada siswa yang menunjukkan inisiatif sendiri untuk melakukan tugas lainnya yang berkaitan dengan pelajaran tersebut. dari video tadi bisa diambil kesimpulan bahwa seorang guru haruslah menggunakan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik bagi peserta didik sehingga peserta didik merasa tidak bosan dengan metode yang diajarkan oleh guru, semua peserta didik bisa ikut aktif dalam pembelajaran bahkan bisa mengembangkan inisiatif pada diri mereka masing-masing.
    demikian tanggapan saya dari video tadi. Terima kasih

  3. Nama : Jeany Syakira Gea
    Nim : 855862198

    Kelebihan saat guru membuat pembelajaran berkelompok itu akan membuat siswa lebih aktif dan saling belerja sama.
    Guru juga pintar memanfaatkan barang/ benda sekitar sebagai media pembelajaran langsung. seeprti mengukur meja dan lantai.

    Kelemahannya adalah guru tidak melakukan tahapan KBM dengan benar, seperti :
    1. Tidak mengucap salam
    2. ⁠tidak berdoa
    3. ⁠tidak melakukan apresepsi
    4. Dan penjelasan mengenai materi pembelajaran.

    Saran perbaikan:
    Guru dapat memulai pembelajaran dengan menyapa siswa,memberi salam, berdoa, menanyakan keadaan siswa, apresepsi dan mengajak siswa membahas materi pelajaran bersama serta mengaitkan dengan masalah nyata di sekitar siswa

  4. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Sabrina Aisyah Putri
    Nim : 859891555
    Pokjar: labuhan batu utara

    Setelah saya melihat video diatas dapat saya simpulkan kekurangan dalam mengajar diawal video:
    1. Guru tidak menjelaskan apa tujuan belajar yang ingin dicapai.
    2. Diawal video guru hanya menjelaskan tanpa melihat respon siswa.
    3. Guru kurang memberi kesempatan kepada siswa dalam berpikir dan bertanya.

    Hal menarik yang saya lihat diakhir video:
    1. Diakhir video siswa diajak aktif, seperti diskusi kelompok, tanya jawab dan eksplorasi.
    2. Guru menggunakan benda konkret atau media nyata dalam pembelajaran.
    3. Guru memberikan bimbingan kepada siswa.

    Demikian itulah tanggapan saya mengenal video diatas.
    Terimakasih

  5. Izinkan saya menanggapi video pembelajaran diatas dengan judul Membangun Suasana Aktif, Interaktif, dan Menyenangkan.
    Perkenalkan nama : Komang Yulianti , NIM : 857028996 dari Pokjar Sidomulyo
    menurut saya dari video yang saya tonton melihat suasana kelas yang masih ramai dan tidak kondusif tanpa mengkondisikan para siswa terlebiih dahulu guru tersebut langsung memberikan pertanyaan kepada murid tanpa adanya stimulasi dan bahkan ada murid yang tidak bersemangat dalam belajar. dan juga seharuusnya guru tersebut sebelum memulai belajar sebaiknya kita menyapa anak dan menanyakan kabar anak mengajak anak untuk berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
    saya ingin menanggapi nya juga dan seharusnya menciptakan kelas yang kondusif sehingga anak-anak tertarik pada pelajaran yang akan disajikan sangat diajurkan untuk memotivasi siswa guru kreatif. sangat diandalkan oleh siswa agar pelajaran menyenangkan.
    Kelebihan dari video tersebut : Video ini menunjukkan upaya guru dalam menciptakan suasana kelas yang aktif dengan membagi siswa ke dalam kelompok diskusi. Guru juga memanfaatkan benda-benda sekitar, seperti meja dan lantai, sebagai media pembelajaran untuk mengukur panjang, yang membantu menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih terlibat dalam kegiatan belajar .​
    Kekurangan dari video tersebut : Pada awal video, suasana kelas kurang kondusif karena guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif. Beberapa siswa terlihat mengantuk, berbicara sendiri, atau tidak memperhatikan guru. Selain itu, guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti berdoa atau memberikan motivasi, yang dapat mempengaruhi semangat belajar siswa.
    Keunikan dari video tersebut : Hal unik yang ditemukan dalam video ini adalah penggunaan benda-benda sekitar sebagai media pembelajaran. Misalnya, siswa mengukur panjang meja menggunakan jari tangan mereka, yang tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan tetapi juga menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa.
    Demikian dari tanggapan yang saya berikan saya ucapkan Terimakasih.

  6. Assalamualaikum wr wb

    Nama : Sabrina Aisyah Putri

    Nim : 859891555

    Pokjar: labuhan batu utara

    Setelah saya melihat video diatas dapat saya simpulkan kekurangan dalam mengajar diawal video:

    1. Guru tidak menjelaskan apa tujuan belajar yang ingin dicapai.

    2. Diawal video guru hanya menjelaskan tanpa melihat respon siswa.

    3. Guru kurang memberi kesempatan kepada siswa dalam berpikir dan bertanya.

    Hal menarik yang saya lihat diakhir video:

    1. Diakhir video siswa diajak aktif, seperti diskusi kelompok, tanya jawab dan eksplorasi.

    2. Guru menggunakan benda konkret atau media nyata dalam pembelajaran.

    3. Guru memberikan bimbingan kepada
    siswa.

    Demikian tanggapan saya mengenai video diatas.

    Terimakasih

  7. Selamat siang teman-teman, perkenalkan nama saya Meita Sari dengan NIM 857030691 dari pokjar UT Sidomulyo Lampung Selatan.
    Setelah saya melihat video dengan judul membangun suasana aktif, interaktif dan menyenangkan, kelebihan yang ada pada di video tersebut yaitu adalah walaupun pembelajaran yang dilaksanakan tanpa ataupun kurangnya menggunakan sarana dan media belajar yang relevan, guru yang ada di video tersebut menggunakan media yang sangat nyata untuk menyampaikan maksud pembelajaran yaitu pengukuran benda dengan menggunakan ukuran baku dan tidak baku, sehingga anak-anak peserta didik langsung dapat mengeksekusi kegiatan pembelajaran tanpa adanya rasa kebingungan.
    Kekurangannya adalah dalam video tersebut saya belum menemukan suasana yang aktif dan interaktif serta menyenangkan yang merupakan menjadi sub judul untuk video ini. Karena pembelajaran yang dilaksanakan di video tersebut hanya berpusat kepada guru.
    Hal unik dari video ini adalah, meskipun diawal pembelajaran suasana kelas tidak terkondisikan dengan adanya anak-anak yang sibuk dengan kegiatan mereka sendiri, namun ketika sang guru memberikan sedikit gertakan dengan mengetuk-ngetuk papan tulis menggunakan penghapus anak-anak peserta didik langsung berpusat perhatiannya kepada sang guru tanpa sang guru perlu berteriak berulang-ulang. Dan saya menyimpulkan bahwa kendali kelas masih dipegang oleh guru, dan dipastikan guru itu tentu memiliki wibawa seorang guru sehingga anak-anak langsung patuh hanya dengan sedikit teguran.

  8. Selamat siang teman-teman, perkenalkan nama saya Meita Sari dengan NIM 857030691 dari pokjar UT Sidomulyo Lampung Selatan.
    Setelah saya melihat video dengan judul membangun suasana aktif, interaktif dan menyenangkan, kelebihan yang ada pada di video tersebut yaitu adalah walaupun pembelajaran yang dilaksanakan tanpa ataupun kurangnya menggunakan sarana dan media belajar yang relevan, guru yang ada di video tersebut menggunakan media yang sangat nyata untuk menyampaikan maksud pembelajaran yaitu pengukuran benda dengan menggunakan ukuran baku dan tidak baku, sehingga anak-anak peserta didik langsung dapat mengeksekusi kegiatan pembelajaran tanpa adanya rasa kebingungan.
    Kekurangannya adalah dalam video tersebut saya belum menemukan suasana yang aktif dan interaktif serta menyenangkan yang merupakan menjadi sub judul untuk video ini. Karena pembelajaran yang dilaksanakan di video tersebut hanya berpusat kepada guru.
    Hal unik dari video ini adalah, meskipun diawal pembelajaran suasana kelas tidak terkondisikan dengan adanya anak-anak yang sibuk dengan kegiatan mereka sendiri, namun ketika sang guru memberikan sedikit gertakan dengan mengetuk-ngetuk papan tulis menggunakan penghapus anak-anak peserta didik langsung berpusat perhatiannya kepada sang guru tanpa sang guru perlu berteriak berulang-ulang. Dan saya menyimpulkan bahwa kendali kelas masih dipegang oleh guru, dan dipastikan guru itu tentu memiliki wibawa seorang guru sehingga anak-anak langsung patuh hanya dengan sedikit teguran…

  9. Nama : Sena Naimatus Masfufah
    NIM : 856999525
    Pokjar : Sidomulyo
    Dari video yang saya analisis, yang berjudul Membangun Suasana Aktif, Interaktif, Dan menyenangkan, terlihat bahwa pada awal pembelajaran guru langsung memberikan soal yang cukup banyak tanpa memperhatikan apakah kelas tersebut sudah kondusif atau belum. Karena sebagian besar siswa masih terlihat mengobrol, ada yang tidur dan ada pula yang duduk tidak pada tempatnya, sehingga guru sampai memukul-mukul penghapus di papan tulis untuk menegur siswa. Guru juga belum melakukan apersepsi dan motivasi apa pentingnya mempelajari materi tersebut, dan apa kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang dapat memunculkan aktivitas siswa yang lebih interaktif dan kegiatan pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru juga masih menggunakan cara yang konvensional dalam menjelaskan materi walaupun pada perbaikan pembelajaran guru tersebut membentuk kelompok kecil sehingga siswa sudah mulai aktif pada kelompoknya. Solusi untuk memperbaiki masalah tersebut guru dapat menggunakan metode ataupun model pembelajaran yang bervariasi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan keadaan siswa pada masing-masing sekolah sehingga aktivitas belajar siswa meningkat dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga meningkat, Guru dapat menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Matematika.

    – Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran : Menurut saya guru tersebut belum ada kelebihannya dalam pembelajaran, karena masih terlihat banyak anak yang belum bisa fokus pada saat pembelajaran.
    – Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran : Kelemahannya yaitu guru tersebut belum bisa mengondisikan kegiatan pembelajaran dengan baik, sehingga membuat anak-anak kurang aktif dalam pembelajaran, seharusnya guru tersebut harus bisa membangkitkan rasa semangat siswa saat pembelajaran agar mereka bisa belajar dengan menyenangkan.

  10. Izinkan saya menanggapi video tersebut,dengan judul membangun suasana aktip, interaktif,dan menyenangkan.
    Nama : Bulan Hasibuan
    Nim:859870229
    Pokjar: Medan

    Menurut saya,di awal pembelajaran guru langsung memberikan soal kepada anak murid, sehingga murid ada yang tidur,ada yang ribut sampai pindah pindah tempat duduk.
    Sebaiknya di awal pembelajaran seorang guru melakukan berbagai macam cara untuk menghibur anak anak seperti bernyanyi , melakukan ice breaking dan bagaimana supaya guru dapat menarik perhatian anak murid tersebut.dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak di jelaskan kepada murid dan dapat menghubungkan nya ke dalam kegiatan sehari hari supaya pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik, interaktif serta menyenangkan.
    Solusinya :untuk menyelesaikan masalah tersebut guru melakukan berbagai macam metode atau model pembelajaran yang tepat dalam menjelaskan materi supaya pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik dan menyenangkan,misalnya seperti mengaitkan berbagai macam macam benda benda yang ada di sekitarnya dalam menghitung ,dan bisa juga guru membawa kan buah buahan yang berwarna supaya anak anak merasa senang dan dapat meningkatkan motivasi belajar anak.
    Dengan begitu guru dapat lebih mudah menjelaskan materi menghitung dalam matematika kepada murid ,sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik, interaktif serta menyenangkan.

Leave a Reply