silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.

Rusdianto

Dalam tampilan video sesi awal  materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Dalam tampilan tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kelihatan tidak berminat terhadap pembelajaran, mengantuk, tidak semangat dan acuh tak acuh terhadap pembelajaran guru. Dalam sesi perbaikan materi pembelajarannya adalah mengukur, terlihat guru sudah membangun interaksi dengan siswa, tanya jawab, pemberian tugas, anak mencoba mengukur bidang yang ada di sekitar. Hanya kekurangannya adalah cara mengukur setelah menggunakan jaritangan, sebaiknya dilanjutkan dengan ukuran yang standar, misalnya menggunakan penggaris atau meteran.

Komentar secara Umum: Dalam tampilan video sesi lanjut terlihat bahwa suasana belajar ai dalam kelas tampak hidup siswa semangat mengikuti pembelajaran.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Masih tetap teacher center dan sudah mulai menggunakan kegiatan aplikatif yang berkaitan dengan tema materi.
  2. Sudah cukup sesuai untuk peserta didik.
  3. Sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Pakar Dosen
Pakar Guru

Similar Posts

1,497 Comments

  1. Nama : febby sukmawati
    Nim : 860236233

    Selamat siang, izinkan saya mengemukakan pendapat dan saran saya mengenai materi yang ada di video di atas.

    Peserta didik untuk usia sekolah dasar pada dasarnya memang masih suka bermain dan belum bisa fokus sepenuhnya dengan pembelajaran.
    Oleh karna itu, guru harus membuat suasana kelas yang menarik fokus anak-anak untuk belajar dengan pembelajaran lebih inovatif dan tidak membosankan.
    Pada video ini, guru mengubah suasana belajar kelas dengan cara belajar berkelompok dan observasi benda di dalam kelas, ini memicu semangat peserta didik terutama karna mereka dapat berdiskusi sambil mengukur barang di sekitarnya secara langsung.
    Selain cara di atas pembelajaran yang bisa guru lakukan dalam menyampaikan materi bisa dilakukan dengan bahan ajar sederhana, peralatan multimedia, dan mengajak peserta didik membuat suatu karya terkait materi pembelajatan

  2. Dari vidio di atas, saya jadi paham bagaimana cara membuat kelas menjadi aktif, interaktif dan menyenangkan, yaitu dengan cara membuat beberapa kelompok, lalu menarik perhatian anak murid dengan membuat kegiatan yg sederhana dan menarik bagi siswa, lalu setelahnya guru bisa memulai untuk menjalankan materi pembelajaran ketika murid sudah mulai aktif untuk mengikuti pembelajaran.

  3. Perkenalkan saya Jasmine Vidiandra Ramadhani Prodi PGSD, UPBJJ Purwokerto. Setelah saya melihat video diatas, saya dapat melihat beberapa siswa yang tidak fokus dan jenuh dalam belajar. Secara keseluruhan, dalam video diatas dapat disimpulkan bahwa guru adalah peran penting di kelas untuk membangun motivasi belajar siswa, ketika guru menyampaikan materi dengan monoton siswa juga akan cepat jenuh. Tetapi, ketika guru mengubah metode belajar yang menyenangkan tingkat keaktifan siswa juga semakin naik karena mereka juga bisa mempraktekkan sendiri pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut. Penyelesaian yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik dan dapat juga diterapkan pada pembelajaran kita. Selain harus menguasai kelas, guru juga harus menggunakan metode dan media ajar yang variatif dan konkrit sehingga suasana belajar di kelas dapat lebih menyenangkan. Itu sebabnya kreativitas dalam pembelajaran memangg sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelancaran pembelajaran di dalam kelas.

  4. Nama : Nurul Triwahyuni Manik
    Nim : 859881862
    Kelas : 6C-AKPMM

    Menurut saya video pembelajaran diatas tersebut, terlihat hampir semua siswa tetap asyik mengobrol dan bersenda gurau dengan temannya meskipun guru sudah masuk kelas. Ada juga yang terlihat lesu dan tidak semangat, dan guru langsung menegur tanpa mendekati terlebih dahulu. Menurut saya, ada beberapa solusi yang bisa diterapkan dalam pembelajaran agar suasana kelas bisa kondusif, aktif dan pembelajaran interaktif di antaranya: sebelum mulai pembelajaran alangkah baiknya guru menyiapkan materi berupa RPP atau modul ajar agar pembelajaran berjalan lebih terarah. Bisa memulai pembelajaran dengan ice breaking misalnya agar siswa lebih semangat dan aktif. Dan juga bisa menggunakan variasi metode belajar, misalnya belajar di luar kelas. Guru juga sebaiknya menghargai usaha siswa berupa pujian, ataupun bertepuk tangan ketika siswa mampu menjawab pertanyaan.

  5. Nama : Evi Jumawati
    NIM : 857504923
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : UT Bandung

    Dari video tersebut dapat saya simpulkan bahwasannya dalam menciptakan suasana yang aktif, interaktif dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran khususnya matematika pada siswa kelas rendah maka dibutuhkan suatu teknik mengajar dimana guru dapat melibatkan siswa untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada disekitarnya sebagai media belajar dengan kegiatan yang menyenangkan. Menciptakan suatu kegiatan pada siswa akan membuat siswa turut aktif serta memicu siswa banyak tanya pada kegiatan yang mereka lakukan sehingga terciptalah suasana yang interaktif. Menegur dengan nada tinggi hanya akan membuat siswa takut tetapi tidak tertarik dengan apa yang sedang dipelajari. Maka guru harus menciptakan suasana atau kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.
    Maka saya sangat setuju sekali apabila dalam menciptakan suasana yang aktif, interaktif dan menyenangkan bagi siswa dibutuhkan berbgai variasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media yang dimulai dari lingkungan sekitar yang konkret serta peran serta guru dalam membimbing akan selalu dibutuhkan oleh siswa untuk menjalin suasana interaktif yang baik sehingga siswa merasa diperhatikan. Dan segala kesulitan dalam pelaksanaan pembeelajarannya dapat dibimbing oleh guru tetapi dengan tetap memberikan motivasi tinggi kepada siswa bahwa mereka bisa dan mampu serta bisa melakukannya secara mandiri.

  6. Nama : Fitri Juwita
    Nim : 855752446
    Dari video yang saya lihat di atas suasana dalam kondisi tidak kondusif, ada anak anak yang tidur, main main, dan ada juga anak anak yang mengobrol, tidak memperhatikan guru nya di depan, dan guru tersebut menegur anak yang lesu/tidur dengan cara yang kurang efektif, seharusnya guru tersebut dapat mendekati anak tersebut dan bertanya apa permasalahan anak tersebut sampai tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan didepan, namun setelah guru nya merubah metode belajar, anak anak pun mulai kondusif dan mulai berkreatif, karena dalam pembelajaran anak juga sangat berperan, agar pembelajaran kondusif guru pun harus kreatif dan tidak monoton, supaya pembelajaran terarah guru pun harus mempunyai RPP atau modul ajar, Bisa memulai pembelajaran dengan ice breaking misalnya agar siswa lebih semangat dan aktif. Dan juga bisa menggunakan variasi metode belajar, misalnya belajar di luar kelas. Guru juga sebaiknya menghargai usaha siswa berupa pujian, ataupun bertepuk tangan ketika siswa mampu menjawab pertanyaan.

  7. Nama: Salma Raisya Zahrani
    NIM: 857366258
    SMT:6A – BOGOR SELATAN

    Dari video diatas, saya melihat bahwa suasana kelas dalam kondisi tidak kondusif. Ada yg memperhatikan penjelasan guru, ada yang ngantuk, ada yang bermain-main. Suasana yang sangat tidak nyaman untuk belajar.Di saat pembelajaran berlangsung, metode yang dilakukan guru sangat monoton dan kurang menarik perhatian peserta didik. Sehingga kondisi kelas tidak kondusif dan peserta didik kurang memperhatikkan penjelasan guru.Suasana yang sangat tidak nyaman untuk belajar. Disamping itu, pembelajaran yang dilakukan berpusat pada guru, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik.Namun setelah guru mengubah metode belajar yang melibatkan keaktifan siswa, maka suasana belajar terlihat lebih menyenangkan dan para peserta didik terlihat lebih antusias, apalagi siswa diajak mengamati langsung benda yang ada disekitarnya.

  8. Nama: Siti Sa’adah
    NIM: 857503717
    UPBJJ: Bandung

    Menurut pendapat saya, terkait solusi pembelajaran yang diberikan dalam video untuk upaya mengatasi pembelajaran yang membosankan sudah baik. Hal ini karena teknik mengajar guru tersebut sudah berpusat kepada siswa, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar dan suasana kelas. Dibandingkan dengan hanya memberikan teori, pembelajaran yang interaktif, aktif, dan menyenangkan akan membuat hasil pembelajaran menjadi lebih baik. Pemahaman siswa tidak hanya selalu didapat dari pemaparan guru, akan tetapi juga dari pengalaman siswa secara langsung terhadap objek nyata yang ada disekitarnya.

  9. Nama: Dea sri akhandau
    Nim: 856598933
    Pokjar : Sarolangun

    Menurut saya dari video di atas untuk kondisi/suasananya tidak kondusif, karna masih banyak anak-anak yang bermain dan males-malesan saat pak guru sudah memulai pelajaran. Namun hal tersebut memang sering terjadi untuk anak-anak kelas rendah karna mereka masih dalam fase bermain.. Menurut saya cara agar anak-anak tersebut bisa fokus ke dalam pelajaran kita sebagai guru harus bisa memilih metode atau cara untuk membuat anak-anak fokus kepada kita misalnya dengan cara awali dengan ice breaking bermain atau bernyanyi dengan menggunakan tema dari pelajaran yang akan di ajarkan kepada anak-anak…. Sehingga bisa membuat anak-anak lebih fokus dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran…

  10. Assalamu’alaikum
    Nama:Dea sri akhandau
    Nim : 856598933

    Menurut saya dari sinopsis video di atas dengan Suasana belajar yang tidak kondusif di karena anak-anak masih banyak yang belum bisa fokus terhadap gurunya. Hal tersebut emang sering terjadi apa lagi untuk kelas rendah yang dimana anak-anak tersebut masih dalam proses bermain. Dari sini laa kita sebagai guru harus bisa membuat anak-anak tersebut agar bisa fokus kepada kita dan kepada pelajaran yang akan kita ajarkan kepada mereka yaa misalnya dengan cara sebelum memulai pembelajaran kita ajak anak-anak untuk melakukan Ice Breaking menggunakan tema pembelajaran misalnya dengan cara bernyanyi atau pun bermain agar anak-anak bisa fokus kepada kita dan pembelajaran yang akan kita ajarkan kepada mereka..

Leave a Reply