silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.

Vera Maya Santi, M.Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.

Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x  1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.

Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

263 Comments

  1. Nama : ZAIRUDDIN
    NIM : 856976829
    Smstr : 6
    Matkul : PKM
    Prodi : S1 PGSD

    Analisa video yang menjelaskan pembelajaran tentang konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah, dapat kita perhatikan bahwa guru tersebut menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan alat praga dengan tujuan agar memudahkan siswa dalam memahami konsep pembelajarn yang dieberikan oleh guru tersebut. Dan siswa terlihat senang, serta antusias dalam mendengarkan penjelasan guru tersebut.
    Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, agar siswa dapat berdiskusi antar teman, serta dapat mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru tersebut.
    Didalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran.
    Kelebihan :
    1. Didalam video tersebut, guru menggunakan media Pembelajaran atau menggunakan alat peraga pada kegiatan belajar mengajar siswa.
    2. Guru lebih semangat dalam mengajar, karena siswa terlihat senang serta sedikit berantusias dalam kegiatan pembelajaran.
    3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang mampu dalam mengerjakan soal diberikan oleh guru, sehingga siswa jadi lebih semangat.
    4. Guru menggunakan metode kelompok belajar, untuk berdiskusi dalam mengerjakan soal yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengerjakannya dengan kerja sama.
    Kekurangan
    1. Dalam video tersebut, tidak diperlihatkan adanya kegiatan pembukaan seperti, salam, absensi siswa dll, serta kegiatan penutup juga tidak dicantumkan
    2. Guru juga tidak menanyakan pembelajaran yang telah dipelajari kemaren.

    Saran :
    1. Guru harus mengatur alur dalam proses kegiatan belajar mengajar seperti Pembukaan serta penutup seperti dalam RPP
    2. Sebelum kegiatan inti belajar berlangsung, guru harus menanyakan kembali pembelajarn yang telah dibahas kemarin-kemarin, sehingga pembelajaran yang sudah berlalu tidak hilang.
    3. Menambahkan Media yang lebih menarik lagi, sehingga siswa yang masih kelas rendah semakin tertarik dalam kegiatan pembelajaran
    4. Bahasa guru harus sedikit diperjelas serta pelan dalam memebrikan materi sehingga siswa yang seusia kelas rendah lebih dapat memahami
    5. Seorang guru harus menanyakan kembali juga kepada siswa tentang pembelajaran yang baru dibahas, sehingga dapat menilai apakah siswa sudah banyak yang paham atau tidak.

  2. Nama : RAHMADI
    Nim. : 856976581
    Prodi : S1 PGSD

    Dalam video tersebut saya melihat ada kekurangan dan kelebihan nya yaitu. Kelebihan :
    1. Guru sudah menyampaikan materi sesuai dengan materi pembelajaran
    2. Penggunaan alat peraga yang menarik untuk mendukung proses pembelajaran
    3. Pembuatan kelompok belajar siswa agar mengetahui keaktifan siswa
    4. Memberikan kesempatan siswa untuk belajar dengan cara maju ke depan mengerjakan soal yang diberikan secara langsung oleh dan ada pun kekuranga nya yaitu. 1Guru to the point langsung kepada materi pembelajaran hari tersebut tanpa memberikan apersepsi atau kaitan dengan materi di hari sebelumnya.
    2. Guru tidak menginformasikan tujuan pembelajaran matematika saat itu.
    3. Guru terlalu formal dan serius.
    4. Perlu ice breaking supaya tidak tegang

  3. Nama : NELI ARNIS
    NIM : 856834002
    Program studi : PGSD – BI
    UPBJJ : Bengkulu
    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah, dalam vidio ini tampak bahwa guru tersebut menjelaskan materi pembelajaran menggunakan alat praga dengan tujuan agar siswa mudah memahami konsep pembelajaran yang diberikan oleh guru. Di vidio tersebut terlihat siswa sangat senang dan semangat dalam mendengarkan penjelasan guru tersebut.
    Dalam vidio pembelajaran ini, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, dengan tujuan agar siswa dapat berdiskusi antar teman, serta dapat mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru tersebut.
    Di vidio ini terdapat kelebihan dan kekurangannya :
    Kelebihan :
    1. Dalam kegiatan pembelajaran guru telah menggunakan media Pembelajaran atau menggunakan alat peraga.
    2. Guru sangat bersemangat dalam menyampaikan pembelajaran
    3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang mampu dalam mengerjakan soal diberikan oleh guru,
    4. Guru menggunakan metode kelompok belajar, untuk berdiskusi dalam mengerjakan soal yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengerjakannya dengan kerja sama.

    Kekurangan
    1. Dalam vidio pembelajaran ini, guru tidak melakukan kegiatan pembukaan awal pembelajaran seperti, salam, absensi siswa dll, serta kegiatan penutup juga tidak dicantumkan
    2. Guru tidak menanyakan pembelajaran yang telah dipelajari atau materi sebelum pembeljaran ini.

    Saran :
    1. Guru melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar seperti Pembukaan serta penutup seperti dalam RPP
    2. Sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, sebaiknya guru menanyakan kembali pembelajarn yang telah dibahas sehingga pembelajaran yang sudah berlalu tidak hilang.
    3. Menggunakan media yang lebih menarik lagi, sehingga siswa semakin tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
    4. Bahasa guru harus sedikit diperjelas serta pelan dalam memberikan materi sehingga siswa yang seusia kelas rendah lebih dapat memahami
    5. Guru seharusnya menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang baru dipelajari, sehingga guru dapat mengetahui apakah siswa sudah banyak yang paham atau tidak.

  4. Nama: Arind Novita Sari
    NIM : 858898791
    Prodi : S1-PGSD

    Tanggapan saya setelah menonton video pembelajaran ini yaitu:
    a. Guru tidak menjelaskan terlebih dahuly konsep dari perklian, bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam video guru tersebut langsung mengatakan 3 x 1 = 1 + 1 + 1 = 3 tanpa ada penjelasan.
    b. Guru sudah menggunakan alat peraga yang dapat meningkatkan keaktifan siswa walupun kurang mengaitkan alat peraga dengan konsep penjumlahan berulang.
    c. Guru menggunakan metode kelompok belajar untuk berdiskusi dan mengerjakan soal yang sudah diberikan. Sehingga siswa bisa bekerja sama dalam menyelesaikan soal.
    d. Guru kurang mengapresiasi siswa yang sudah berani maju ke depan untuk menjawab soal.

  5. Nama : PUTRI MELINDA
    NIM : 856976202
    UPBJJ / Pokjar : Bandar Lampung / KOTAAGUNG

    Setelah melihat video pembelajaran diatas, mohon ijin, menurut pendapat saya ibu guru sudah menyampaikan konsep perkalian dengan cara yang sangat sederhana dan dengan menyertakan penggunaan media pembelajaran yang tentunya juga untuk dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung, namun ada baiknya jika seorang guru dapat melibatkan secara langsung siswanya dalam proses perhitungan tersebut secara bergantian dengan cara maju kedepan kelas agar siswa lebih mengerti tentang cara penerapan konsep perkalian tersebut karena mereka ikut mencobanya secara langsung dan tidak hanya cukup dengan melihatnya saja. Apabila siswa diajak berperan aktif, tentunya suasana kelas akan lebih hidup karena ada umpan balik dari apa yang guru sampaikan. terima kasih.

  6. Nama : Eva Rosalinda
    NIM : 858733372
    Program Studi : PGSD-BI

    Menurut saya, Analisa video yang menjelaskan pembelajaran tentang konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah yaitu dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, agar siswa dapat berdiskusi antar teman, serta dapat mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru tersebut.
    Didalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran.
    Kelebihan :
    1. Didalam video tersebut, guru menggunakan media Pembelajaran atau menggunakan alat peraga pada kegiatan belajar mengajar siswa.
    2. Guru menggunakan metode kelompok belajar, untuk berdiskusi dalam mengerjakan soal yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengerjakannya dengan kerja sama.

    Kekurangan
    1. Dalam video tersebut, tidak diperlihatkan adanya kegiatan pembukaan seperti, salam, absensi siswa dll, serta kegiatan penutup tidak terdapat penguatan materi dan tidak menanyakan kepada siswa sudah paham atau belum.
    2. Guru juga tidak menanyakan pembelajaran yang telah dipelajari kemaren.
    3. dalam pembelajaran tersebut siswa kurang bersemangat, dan jika temannya maju ke depan sibuk sendiri dengan kelompoknya.

    Saran :
    1. Guru harus mengatur alur dalam proses kegiatan belajar mengajar seperti Pembukaan serta penutup seperti dalam RPP
    2. Sebelum kegiatan inti belajar berlangsung, guru harus menanyakan kembali pembelajaran yang telah dibahas kemarin-kemarin, sehingga pembelajaran yang sudah berlalu tidak hilang.
    3. Menambahkan Media yang lebih menarik lagi, sehingga siswa yang masih kelas rendah semakin tertarik dalam kegiatan pembelajaran
    4. Seorang guru harus menanyakan kembali juga kepada siswa tentang pembelajaran yang baru dibahas, sehingga dapat menilai apakah siswa sudah banyak yang paham atau tidak.

  7. Nama : Maida Hestia
    Nim : 856943379
    Prodi : PGSD-S1
    Dari video diatas yang kita lihat, bahwasanya video itu menjelaskan tentang perkalian dalam soal cerita dikelas rendah. Yang dijelaskan dengan media Pembelajaran atau alat peraga.
    Guru menjelaskan perkalian menggunakan alat peraga dengan tujuan alat peraga ini agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut. Siswa terlihat antusias mendengarkan penjelasan guru.
    Dalam Pembelajaran itu siswa memperhatikan, dan guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk memudahkan siswa mendiskusikan Pembelajaran dan maju mengerjakan soal yang dicontohkan dipapan tulis.

    Dalam video itu terdapat kelebihan dan kekurangan.
    Kelebihan :
    1. Guru menjelaskan kepada siswa menggunakan bahasa yang dipahami siswa
    2. Guru menjelaskan kepada siswa dengan menggunakan media Pembelajaran / alat peraga
    3. Guru membagi kelompok pada siswa untuk mendiskusikan Pembelajaran dan maju mengerjakan soal yang dicontohkan dipapan tulis.

    Kekurangan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, salam pembuka, berdoa dan absen anak pada awal Pembelajaran
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan dari Pembelajaran
    3. Guru tidak mengecheck setiap siswa yang memang sudah paham atau tidak
    4. Guru tidak memberi apresiasi kepada siswa yang mampu mengerjakan contoh soal yang diberikan

    Saran atau tambahan : sebaiknya guru memperhatikan siswa dengan cara menanyai secara personal setiap siswa yang sudah paham atau belum. Karena ditakutkan banyak siswa yang kurang paham terhadao materi yang dipelajari. Dan sedikit banyak siswa yang memperhatikan tapi tidak untuk memahaminya.

  8. Nama : Irawati
    Nim : 856991957
    Prodi PGSD Bandar lampung~pokjar Natar

    Setelah melihat video pembelajaran di atas tentang konsep perkalian di kelas rendah dengan menggunakan alat peraga, menurut saya setelah mengevaluasi video pembelajaran tersebut guru dalam memaparkan dan menjelaskan materi pembelajaran sudah cukup baik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan penyampaian materi yang menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
    Dalam video pembelajaran tersebut menurut saya terdapat kelemahan dan kelebihan yang dapat dilihat seperti berikut :
    1. Kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu
    • guru kurang memanfaatkan media alat peraga dengan baik sehingga membuat peserta didik terlihat agak bingung dalam menyusun konsep perkalian dengan menggunakan gambar ayam dan telur tersebut. • Selain itu, guru harusnya menjelaskan lebih detail lagi tentang konsep perkalian dasar tersebut misalnya pada saat memberikan contoh soal guru bisa menjelaskan lagi konsep perkalian sehingga ketika mengerjakan soal perkalian tersebut sehingga siswa dapat dengan mudah mengerjakan soal yang diberikan,agar siswa tidak bingung ketika maju ke depan untuk mengerjakan soal dari guru.
    • yang ketiga kurang kontrol kelas dalam proses pembelajaran, guru hanya terfokus di depan kelas saja tanpa memeriksa kelompok siswa lain yang berada di belakang sehingga guru tidak dapat memastikan bahwa kelompok siswa yang lain apakah sudah memahami cara menggunakan alat peraga perkalian ataukah membutuhkan bantuan dari guru untuk lebih memahami cara tersebut

    2. Kelebihan yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut yaitu
    • guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sehingga siswa dapat dengan mudah mengerti tentang konsep perkalian dasar
    • penggunaan alat peraga yang menyenangkan dan mudah di gunakan sangat membantu para siswa dalam proses pembelajaran tersebut dan meningkatkan efektivitas belajar para siswa
    • guru membentuk kelompok belajar ketika proses pembelajaran dilakukan, cara tersebut merupakan salah satu cara agar peserta didik dapat melakukan diskusi dengan teman lainnya sehingga siswa merasa senang pada saat melakukan proses pembelajaran tersebut dan memotivasi para siswa untuk aktif serta lebih memperhatikan materi pembelajaran

    Saran saya untuk guru dalam video pembelajaran tentang konsep perkalian di kelas rendah dengan menggunakan alat peraga yaitu guru harus lebih aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran dan melakukan kontrol terhadap kelas sehingga semua siswa pada saat proses pembelajaran tersebut dilaksanakan dapat dengan aktif mengikuti pembelajaran, terimakasih.

  9. NAMA : RISTAQUL HANIFAH
    NIM : 857935145
    PRODI : S1 PGSD/6
    POKJAR : TEMANGGUNG

    Analisis video pembelajaran di atas yang menjelaskan pembelajaran tentang konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah. Dapat kita perhatikan bahwa guru terebut sudah menyampaikan konsep perkalian dengan cara yang sangat sederhana dengan menggunakam alat praga, tujuannya adalah agar mempermudah siswa dalam memahami konsep pemnelajaran yang diberikan. Semangat guru dalam menyampaikan pembelajaran menumbuhkan antusias siswa dalam mendengarkan penjelasan. Siswa terlihat tenang dan mengikuti pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, agar dapat berdiskusi dan melatih kerja sama antar teman. Menurut saya ada beberapa hal yang masih kurang dalam penyampaian tersebut yaitu :
    – Guru kurang detail dalam menyampaikan tata cara bagaimana menggunakan alat peraga tersebut,
    – Guru langsung mengatakan 3×1=1+1+1=3 tanpa ada penjelasan di awal bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang. Bagi saya siswa yang mengetahui bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang di awal akan lebih memudahkan siswa dalam mendalami contoh yang diberikan.
    – Guru menggunakan media gambar ayam dan telur tanpa diberi penjelasan kenapa ayam yang sama sama berjumlah 3 namun contohnya adalah 3×1. Lebih mudahnya apabila guru menjelaskan bahwa bilangan depan adalah wadahnya sedangkan bilangan belakang adalah isinya. Contoh 3×1, 3 sebagai jumlah wadah yang disediakan dan 1 adalah isi dari wadah tersebut. Karena wadahnya ada 3 makan isinya adalah 1+1+1=3 maka 3×1=3.
    – Guru langsung menunjuk siswa tanpa memancing keaktifan siswa sendiri. Contoh siswa maju karena keinginannya sendiri atau maju karena ingin mendapat tambahan nilai.
    – Guru tidak memberi pujian terhadap siswa yang sudah berani maju ke depan.
    – Guru tidak menutup pembelajaran denga doa bersama. Siswa belajar untuk selalu memulai kegiatan dan mengakhiri kegiatan dengan selalu mengingat Tuhan Yang Maha Kuasa.
    – Guru tidak memberi tugas di rumah dan tidak memberitahukan besok akan balajar materi selanjutnya tentang apa. Tugas bagi saya perlu, soal tidak perlu banyak. Bila soal pendek cukup 5 saja sebagai pengingat dan pemberitahuan kepada wali murid bahwa siswa hari ini belajar tentang perkalian. Apabila ternyata ada siswa yang tidak paham bisa terlihat dari kegiatan tugas rumahnya.
    Kelebihannya alat peraganya cukup mudah untuk digunakan dan mudah ditemui
    Terima kasih.

  10. Nama : Iswati
    NIM : 857972817

    Dari video pembelajaran tentang pembelajaran konsep perkalian di kelas rendah di atas, Guru mengunakan alat peraga yang menarik dan tidak asing yaitu telur ayam untuk menerapkan konsep perkalian, anak juga antusias dalam mengikuti pembelajaran.Metode yang digunakan metode demonstrasi
    Dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan diantaranya:
    Kelebihan
    1. Guru mengunakan bahasa yang mudah di pahami siswa
    2. Guru membuat kelompok belajar
    3. Dalam penjelasan materi konsep perkalian di kelas rendah guru mengunakan alat peraga
    4. Guru memberi latihan soal untuk mengetahi tingkat pemahaman siswa
    5. Siswa dilatih percaya diri, untuk maju mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru
    Kekurangan
    1. pada saat awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran konsep perkalian di kelas rendah
    2. Siswa tidak di kodisikan, masih ada siswa yang tidak memperhatikan pada saat guru memberi penjelasan
    3. Setiap siswa tidak di cek apakah sudah faham tentang materi konsep perkalian,hanya 1-2 siswa yang mencoba menjawab soal latihan yang diberikan oleh guru
    4. Siswa yang berhasil menjawab soal tidak di beri apresiasi
    5. guru tidak melakukan refleksi pembelajaran
    6. Siswa tidak diberi tugas rumah untuk menambah pemahaman tentang konsep perkalian.

Leave a Reply