silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian.

Video ini menayangkan upaya guru untuk mempermudah siswa dikelas untuk menyelesaikan soal cerita dengan alat bantu media alat peraga karton bergambar. Model pembelajaran menggunakan pemecahan masalah  yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian dalam kehidupan nyata sehari-hari. Pendekatan pembelajaran melalui  pembagian kelompok. Persiapan oleh guru terlihat dari penyediaan alat peraga bagi guru dan tiap siswa sehingga dimungkinkan tiap siswa diberikan tanggung jawab yang maksimal dalam membentuk maupun menjalankan proses belajar secara langsung. Ide menggunakan alat peraga untuk menyelesaikan soal cerita disesuaikan dengan perkembangan intelektual anak di SD kelas rendah yang sebagian besar masih memerlukan pendekatan melalui benda konkrit atau semi konkrit untuk dapat memahami cerita yang akan disampaikan oleh guru. Pada pembelajaran ini guru memanfaatkan alat peraga semi konkrit berupa gambar di karton, karena objek yang digunakan adalah binatang ayam dan telur yang langsung dapat dimengerti oleh siswa. Langkah persiapan yang telah dilakukan dengan membagikan alat peraga kesemua siswa dapat lebih dimaksimalkan dengan mengamati secara siswa secara individual dalam menyelesaikan soal cerita dengan berkeliling, sehingga ketika siswa menghadapi kesulitan atau kesalahan dapat segera dibantu secara cepat. Guru dapat menentukan  pula cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksikan hasil perkalian yang diperoleh baik dalam kelompok maupun di depan kelas disesuaikan dengan capaian pembelajaran Kelas I SD dalam Tema 7  “ Benda, Hewan, dan Tanaman di sekitarku” pada subtema 2 “Hewan di Sekitarku” kurikulum 3013.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, guru terlalu langsung membuka, tanpa ada persepsi yang baik, seperti bercerita atau bertanya berkaitan kehidupan sehari-hari yang sesuai materi. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus bisa perkalian dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

179 Comments

  1. NAMA : SITI NUR LAILA
    NIM : 858794918
    PRODI : S1-PGSD

    Kelebihan Video
    a) Guru menggunakan strategi yaitu membagi kelompok diskusi dan menggunakan media gambar.
    b) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Seperti menunjuk beberapa perwakilan kelompok.

    Kelemahan Video
    a) Cara guru membuka kurang menarik perhatian siswa, seperti tanpa melakukan kegiatan apersepsi yang baik.
    b) Tidak ada penjelasan secara detail untuk materi, karena itu siswa menjadi kurang tertarik pada materi tersebut.
    c) Cara menutup kegiatan pembelajaran kurang maksimal.

    Saran saya guru memberikan soal latihan lagi atau meminta siswa maju ke depan dan menuliskan cara mengerjakan perkalian. selebihnya video ini sangat bagus dan sangat menginspirasi tentang pengajaran menggunakan alat bantu visual

  2. Nama : Azizah Nur Alifah
    NIM : 857497803
    Prodi : S1-PGSD

    Dalam video kegiatan pembelajaran di atas menurut saya sudah cukup bagus. Kelebihan dari video pembelajaran diatas antara lain:
    1. Media pembelajaran yang digunakan cukup menarik
    2. Konsep perkalian yang diajarkan mudah dipahami oleh anak
    3. Strategi pembelajaran dengan pembentukan kelompok kecil juga membantu peserta didik agar mudah memahami materi

    Kekurangan dari video pembelajaran tersebut menurut saya:
    1. Guru langsung memberikan pengarahan pembentukan kelompok tanpa menjelaskan secara detail bagaimana pengerjaannya kepada peserta didik
    2. Guru tidak memberikan review serta kesimpulan dari kegiatan pembelajaran tersebut
    3. Guru kurang menguasai kelas, sehingga keadaan kelas kurang kondusif

  3. Nama : zahrotul Mufida
    NIM : 858848496
    Prodi : S1-PGSD

    Dalam vidio pembelajaran konsep dasar perkalian, guru sudah bagus dengan menggunakan alat peraga. Guru juga sudah melibatkan siswa. Namun ada kekurangan dalam video tersebut yaitu tidak ada apersepsi yang nanti akan menggiring ke materi perkalian. Tidak langsung menuju materi pembelajaran. Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang konsep dasar perkalian. Agar suasana kelas menjadi lebih lebih hidup harusnya guru menyisipkan sebuah lagu tentang perkalian.

  4. Nama : Novi Suriyani
    NIM : 856440351
    Prodi : S1-PGSD

    Dalam vidio pembelajaran tentang konsep dasar perkalian, guru sudah cukup bagus menerangkan nya dan dengan menggunakan alat peraga anak anak jadi lebih mudah memahami nya. Guru juga sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran ini. Namun ada beberapa kekurangan dalam video tersebut, yaitu tidak ada apersepsi dari guru yang nanti nya apresiasi tersebut akan mampu membuat siswa paham terhadap materi perkalian. Adapun kekurangan lain nya yaitu Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang konsep dasar perkalian tersebut sehingga membuat anak anak menjadi bingung mempelajari materi tentang perkalian.
    Adapun Kelebihan dari video pembelajaran diatas antara lain:
    1. Media pembelajaran yang digunakan cukup menarik daya tarik belajar siswa.
    2. Konsep perkalian yang diajarkan mudah dipahami oleh anak.

    Dan adapun Kekurangan dari video pembelajaran tersebut menurut saya sebagai berikut:
    1. Guru langsung memberikan pengarahan untuk pembentukan kelompok kecil tanpa menjelaskan secara detail bagaimana cara pengerjaannya kepada peserta didik.
    2. Guru juga tidak memberikan review serta kesimpulan dari kegiatan pembelajaran matematika tersebut.

  5. Nama : Lintang Agustien
    NIM :857563665
    Prodi : PGSD-S1
    Setelah melihat video pembelajaran tadi yang berjudul “pembelajaran konsep perkalian pada soal cerita”, menurut saya kekurangan dan kelebihan dalam video tersebut antara lain :
    Kelebihan
    1. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru sudah cukup baik.
    2. Guru mengajarkan kepada siswa untuk bekerjasama antar siswa dengan membagi mereka dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan soal.

    Kekurangan
    1. Guru tidak menjelaskan secara detail kenapa perkalian disebut dengan penjumlahan berulang.
    2. Guru tidak memberikan soal cerita kepada siswa dalam proses pembelajaran, hal ini tidak sesuai dengan judul video yang mana judulnya adalah pembelajaran konsep perkalian pada soal cerita.

  6. Nama : Desty Fitria Wulandari
    NIM : 858812912
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Garum

    Kelebihan :
    1. Guru telah meyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan di pelajari
    2. Guru telah melakukan pembagian kelompok untuk proses pembelajaran
    3. Metode dan alat peraga yang digukana sudah cukup baik untuk awal mengenal perkalian
    4. Guru memberikan motivasi belajar kepada siswa

    Kekurangan :
    1. Selaian menyampaikan tentang hal yang dipelajari guru sebaiknya juga melakukan sesi Tanya jawab tentang pengetahuan dasar siswa tentang materi terkait
    2. Sebaiknya guru menyampaikan di awal hal yang akan dilakukan saat melakukan proses pembelajaran secara berkelompok
    3. Selian memberikan motivasi sebaiknya guru memberikan sangkutan tentang materi yang di pelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa.
    4. Melakukan evaluasi secara singkat dengan tanya jawab secara lisan tentang hal yang disukai atau kesulitan yang dialami saat proses pembelajaran.

  7. NAMA : WIWIT RETNONINGSIH
    NIM : 857603751
    PRODI : PGSD BI A
    Jawab Menurut pendapat saya, di dalam video yang saya amati yaitu guru melakukan pembelajaran tentang konsep perkalian pada soal cerita di kelas rendah, dimana pembelajaran ini dilakukan dengan cara atau menggunakan media pembelajaran atau alat peraga. Tujuan alat peraga ini agar memudakan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut. Alat peraganya yaitu terbuat dari karton dan kertas yang ada gambar di dalam kertasanya. Dengan gambar objeknya ada ayam dan telur untuk memudahkan siswa. Dalam pembelajaran matematika ini guru membagi siswa menjadi tiga kelompok yang di dalamnya terdiri dari 5 siswa. Dalam pembelajarannya guru membagikan alat peraga kepada masing masing kelompok agar siswa lebih mudah memahami. Kemudian setelah membagi alat peraga kepada setiap kelompok guru langsung menjelaskan dan mempraktekan menggunakan alat peraga tersebut.
    Langkah-langkah persiapan pembagian pelajaran kepada semua siswa dapat dimaksimalkan dengan mengamati siswa secara individu menyelesaikan soal cerita sambil berjalan, sehingga jika menemui kesulitan atau kesalahan dapat dibantu dengan cepat. Guru juga dapat menentukan bagaimana cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksi hasil perkalian yang diperoleh baik secara berkelompok
    Dari video yang telah ditayangkan ada beberapa kelemahan dan kelebihan dalam proses proses pembelajarannya antara lain:
    A. KELEBIHAN
    1) Dalam pembelajaran guru menggunakan media sesuai dengan tahap perkembangan siswa di kelas rendah
    2) Guru menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan alat peraga yang memudahkan siswa dalam menerima materi’
    3) Guru menggunakan alat peraga dengan bahan karton dan kertas gambar yang obeknya adalah ayam dan telur
    4) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sehingga memudahkan siswa untuk berdiskusi
    5) Siswa juga diberikan alat peraga, dan dengan alat peraga tersebut siswa bisa mempraktekan secara mandiri maupun kelompok.
    6) Guru menyampaikan materi dengan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa.
    B. KEKURANGAN
    1) Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, salam pembuka, berdoa dan absen anak
    2) Guru tidak menyampaikan tujuan yang akan di capai dalam kegiatan pembelajaran.
    3) Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya pada saat akan memulai pembelajaran
    4) Guru langsung pada inti pembelajaran yang akan di bahas pada hari itu
    5) Guru tidak memberikan arahan atau motivasi terlebih dahulu pada saat proses pembelajaran berlangsung.
    Jadi menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan di atas sudah cukup bangus dalam penyampaian materi dengan menggunakan alat peraga dan anak anak juga di bagi menjadi beberapa kelompok, sehingga setiap kelompok di berikan alat peraga juga untuk mempraktekannya. Tetapi kekuranganya guru langsung memulai pembelajaran tidak melakukan kegiatan pembukan, seperti berdoa, salam dan memeriksa keadiran siswa. Sehingga pembelajaran di atas masih banyak yang perlu diperbaiki lagi

  8. 1. Siswa belajar lebih menyenangkan karena pembelajaran perkalian dasar tersebut
    dikemas / di buat secara menarik oleh guru agar pembelajaran dapat menjadi efektif. 2. Kelemahan didalam vidio tersebut belum efektif pembelajaran kelas bawah di buat
    secara berkelompok
    3. Kelebihan siswa sudah bisa memahami perkalian dengan dibantu oleh alat peraga
    yang di buat oleh guru
    4. Hal unik di temukan dalam vidio :
    a. Guru dapat menamkan konsep perkalian melalui alat peraga
    b. Siswa kelas rendah tidak dianjurkan untuk menghapal rumus yang banyak
    dapat diganti dengan cara alat peraga supaya anak bisa menghafal sambil
    bermain. 5. Supaya guru dapat mengembangkan pembelajaran matematika dengan cara
    perbanyak alat peraga sehingga pembelajaran matematika lebih bisa menyenangkan
    lagi

  9. Nama: indah monatriza
    Nim : 856814738
    Prodi: PGSD
    Didalam video tsb menurut saya kekurangannya yaitu seharusnya sebelum melanjutkan ke kegiatan inti guru harus mengingatkan kepada siswa pembelajaran sebelumnya agar dapat mempermudah pembelajaran selanjutnya.
    Kelebihan yang dimiliki guru tsb yaitu,media pembelajaran yang digunakan sangat baik sehingga hal tsb membuat siswa mudah mengerti apa yang dijelaskan.
    Selain itu,guru tsb menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa

  10. Nama : saefodin
    Nim : 856819221
    Prodi : S1 PGSD
    Dalam video tersebut guru memberikan sudah memberikan pembelajaran seraca baik tetapi masih kurang apersepsinya kurang memahami siswanya
    Kelebihannya parasiswa mampu menerima apa yg di berikan oleh guru dan bisa untuk memacu para siswa untuk berdiskusi

Leave a Reply