silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk mempermudah siswa dikelas untuk menyelesaikan soal cerita dengan alat bantu media alat peraga karton bergambar. Model pembelajaran menggunakan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian dalam kehidupan nyata sehari-hari. Pendekatan pembelajaran melalui pembagian kelompok. Persiapan oleh guru terlihat dari penyediaan alat peraga bagi guru dan tiap siswa sehingga dimungkinkan tiap siswa diberikan tanggung jawab yang maksimal dalam membentuk maupun menjalankan proses belajar secara langsung. Ide menggunakan alat peraga untuk menyelesaikan soal cerita disesuaikan dengan perkembangan intelektual anak di SD kelas rendah yang sebagian besar masih memerlukan pendekatan melalui benda konkrit atau semi konkrit untuk dapat memahami cerita yang akan disampaikan oleh guru. Pada pembelajaran ini guru memanfaatkan alat peraga semi konkrit berupa gambar di karton, karena objek yang digunakan adalah binatang ayam dan telur yang langsung dapat dimengerti oleh siswa. Langkah persiapan yang telah dilakukan dengan membagikan alat peraga kesemua siswa dapat lebih dimaksimalkan dengan mengamati secara siswa secara individual dalam menyelesaikan soal cerita dengan berkeliling, sehingga ketika siswa menghadapi kesulitan atau kesalahan dapat segera dibantu secara cepat. Guru dapat menentukan pula cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksikan hasil perkalian yang diperoleh baik dalam kelompok maupun di depan kelas disesuaikan dengan capaian pembelajaran Kelas I SD dalam Tema 7 “ Benda, Hewan, dan Tanaman di sekitarku” pada subtema 2 “Hewan di Sekitarku” kurikulum 3013.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, guru terlalu langsung membuka, tanpa ada persepsi yang baik, seperti bercerita atau bertanya berkaitan kehidupan sehari-hari yang sesuai materi. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus bisa perkalian dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Tiur Nauli Octavia Sitorus
NIM : 856075122
Program Studi : S1-PGSD (Semester 6)
UPBJJ : Batam
Pokjar : Kota Batam
Pembelajaran yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, guru sudah menggunakan Media yang sangat menarik yang terdapat dalam kehidupan sehari hari, hal ini juga dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran
sedikit usulan dari saya untuk meningkatkan kualitas belajar seperti : memberi pemahaman terlebih dahulu dan memberi pejelasan materi yang akan di pelajari dan menjelaskan apa kegunaan alat peraga tersebut, memberi PR atau pekerjaan rumah agar mengulangi materi yang sudah di pelajari hari ini di rumah.
Terimakasih 🙂
Nama : Tiur Nauli Octavia Sitorus
NIM : 856075122
Program Studi : S1-PGSD (Semester 6)
UPBJJ : Batam
Pokjar : Kota Batam
Pembelajaran yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, guru sudah menggunakan Media yang sangat menarik yang terdapat dalam kehidupan sehari hari, hal ini juga dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran
sedikit usulan dari saya untuk meningkatkan kualitas belajar seperti : memberi pemahaman terlebih dahulu dan memberi pejelasan materi yang akan di pelajari dan menjelaskan apa kegunaan alat peraga tersebut, memberi PR atau pekerjaan rumah agar mengulangi materi yang sudah di pelajari hari ini di rumah.
Terimakasih 🙂
Nama : Tiur Nauli Octavia Sitorus
NIM : 856075122
Program Studi : S1-PGSD (Semester 6)
UPBJJ : Batam
Pokjar : Kota Batam
Pembelajaran yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, guru sudah menggunakan Media yang sangat menarik yang terdapat dalam kehidupan sehari hari, hal ini juga dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran
sedikit usulan dari saya untuk meningkatkan kualitas belajar seperti : memberi pemahaman terlebih dahulu dan memberi pejelasan materi yang akan di pelajari dan menjelaskan apa kegunaan alat peraga tersebut, memberi PR atau pekerjaan rumah agar mengulangi materi yang sudah di pelajari hari ini di rumah.
Terimakasih 🙂
Nama : Tiur Nauli Octavia Sitorus
NIM : 856075122
Program Studi : S1-PGSD (Semester 6)
UPBJJ : Batam
Pokjar : Kota Batam
Pembelajaran yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, guru sudah menggunakan Media yang sangat menarik yang terdapat dalam kehidupan sehari hari, hal ini juga dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran
sedikit usulan dari saya untuk meningkatkan kualitas belajar seperti : memberi pemahaman terlebih dahulu dan memberi pejelasan materi yang akan di pelajari dan menjelaskan apa kegunaan alat peraga tersebut, memberi PR atau pekerjaan rumah agar mengulangi materi yang sudah di pelajari hari ini di rumah.
Terimakasih 🙂
Nama : Tiur Nauli Octavia Sitorus
NIM : 856075122
Program Studi : S1-PGSD (Semester 6)
UPBJJ : Batam
Pokjar : Kota Batam
Pembelajaran yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, guru sudah menggunakan Media yang sangat menarik yang terdapat dalam kehidupan sehari hari, hal ini juga dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran
Sedikit usulan dari saya untuk meningkatkan kualitas belajar seperti : memberi pemahaman terlebih dahulu dan memberi pejelasan materi yang akan di pelajari dan menjelaskan apa kegunaan alat peraga tersebut, memberi PR atau pekerjaan rumah agar mengulangi materi yang sudah di pelajari hari ini di rumah.
Terimakasih 🙂
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Nama : Nurul Laeli Nafi’ah
Nim : 856978356
pokjar : Kalirejo
prodi : S-1 PGSD
Izin menanggapi video pembelajaran konsep perkalian pada soal cerita diatas, menurut pendapat saya di dalam video tersebut yaitu guru melakukan pembelajaran tentang konsep perkalian pada soal cerita di kelas rendah, dimana pembelajaran ini dilakukan dengan cara atau menggunakan media pembelajaran atau alat peraga. Tujuan alat peraga ini agar memudakan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut. Alat peraganya yaitu terbuat dari karton dan kertas yang ada gambar ayam dan telur sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Dalam pembelajarannya guru membagikan alat peraga kepada masing masing kelompok agar siswa lebih mudah memahami dengan cepat.
Dari video yang telah ditayangkan ada beberapa kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajarannya antara lain:
A. KELEBIHAN
1) Dalam pembelajaran guru menggunakan media sesuai dengan tahap perkembangan siswa di kelas rendah
2) Guru menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan alat peraga yang memudahkan siswa dalam menerima materi’
3) Guru menggunakan alat peraga dengan bahan karton dan kertas gambar yang obeknya adalah ayam dan telur
4) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sehingga memudahkan siswa untuk berdiskusi
5) Siswa juga diberikan alat peraga, dan dengan alat peraga tersebut siswa bisa mempraktekan secara mandiri maupun kelompok.
6) Guru menyampaikan materi dengan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa.
B. KEKURANGAN
1) Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, salam pembuka, berdoa dan absen anak
2) Guru tidak menyampaikan tujuan yang akan di capai dalam kegiatan pembelajaran.
3) Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya pada saat akan memulai pembelajaran
4) Guru langsung pada inti pembelajaran yang akan di bahas pada hari itu
5) Guru tidak memberikan arahan atau motivasi terlebih dahulu pada saat proses pembelajaran berlangsung.
6) Guru tidak mengecek satu persatu siswa apakah sudah menguasai materi yang telah disampaikan
7) Guru tidak memberikan kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan
8) Guru tidak mengingatkan siswa untuk mengulas materi yang telah disampaikan dirumah dan tidak memberikan PR untuk latihan siswa dirumah
Jadi menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan di atas sudah cukup bangus dalam penyampaian materi dengan menggunakan alat peraga dan anak anak juga di bagi menjadi beberapa kelompok, sehingga setiap kelompok di berikan alat peraga juga untuk mempraktekannya. Tetapi kekuranganya guru langsung memulai pembelajaran tidak melakukan kegiatan pembukan, seperti berdoa, salam dan memeriksa keadiran siswa. Langkah-langkah persiapan pembagian pelajaran kepada semua siswa dapat dimaksimalkan dengan mengamati siswa secara individu menyelesaikan soal cerita sambil berjalan, sehingga jika menemui kesulitan atau kesalahan dapat dibantu dengan cepat. Guru juga dapat menentukan bagaimana cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksi hasil perkalian yang diperoleh baik secara berkelompok, sehingga pembelajaran di atas semestinya dapat lebih maksimal dan efektif.
Terima kasih..
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Nama : Nurul Laeli Nafi’ah
Nim : 856978356
pokjar : Kalirejo
prodi : S-1 PGSD
Izin menanggapi video pembelajaran konsep perkalian pada soal cerita diatas, menurut pendapat saya di dalam video tersebut yaitu guru melakukan pembelajaran tentang konsep perkalian pada soal cerita di kelas rendah, dimana pembelajaran ini dilakukan dengan cara atau menggunakan media pembelajaran atau alat peraga. Tujuan alat peraga ini agar memudakan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut. Alat peraganya yaitu terbuat dari karton dan kertas yang ada gambar ayam dan telur sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Dalam pembelajarannya guru membagikan alat peraga kepada masing masing kelompok agar siswa lebih mudah memahami dengan cepat.
Dari video yang telah ditayangkan ada beberapa kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajarannya antara lain:
A. KELEBIHAN
1) Dalam pembelajaran guru menggunakan media sesuai dengan tahap perkembangan siswa di kelas rendah
2) Guru menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan alat peraga yang memudahkan siswa dalam menerima materi’
3) Guru menggunakan alat peraga dengan bahan karton dan kertas gambar yang obeknya adalah ayam dan telur
4) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sehingga memudahkan siswa untuk berdiskusi
5) Siswa juga diberikan alat peraga, dan dengan alat peraga tersebut siswa bisa mempraktekan secara mandiri maupun kelompok.
6) Guru menyampaikan materi dengan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa.
B. KEKURANGAN
1) Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, salam pembuka, berdoa dan absen anak
2) Guru tidak menyampaikan tujuan yang akan di capai dalam kegiatan pembelajaran.
3) Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya pada saat akan memulai pembelajaran
4) Guru langsung pada inti pembelajaran yang akan di bahas pada hari itu
5) Guru tidak memberikan arahan atau motivasi terlebih dahulu pada saat proses pembelajaran berlangsung.
6) Guru tidak mengecek satu persatu siswa apakah sudah menguasai materi yang telah disampaikan
7) Guru tidak memberikan kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan
8) Guru tidak mengingatkan siswa untuk mengulas materi yang telah disampaikan dirumah dan tidak memberikan PR untuk latihan siswa dirumah
Jadi menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan di atas sudah cukup bangus dalam penyampaian materi dengan menggunakan alat peraga dan anak anak juga di bagi menjadi beberapa kelompok, sehingga setiap kelompok di berikan alat peraga juga untuk mempraktekannya. Tetapi kekuranganya guru langsung memulai pembelajaran tidak melakukan kegiatan pembukan, seperti berdoa, salam dan memeriksa keadiran siswa. Langkah-langkah persiapan pembagian pelajaran kepada semua siswa dapat dimaksimalkan dengan mengamati siswa secara individu menyelesaikan soal cerita sambil berjalan, sehingga jika menemui kesulitan atau kesalahan dapat dibantu dengan cepat. Guru juga dapat menentukan bagaimana cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksi hasil perkalian yang diperoleh baik secara berkelompok, sehingga pembelajaran di atas semestinya dapat lebih maksimal dan efektif.
Terima kasih..
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Nama : A’iy Nur Fitrianis
NIM : 857684879
Program Studi : S1-PGSD (Semester 8)
UPBJJ : Semarang
a. Tampak sebagian besar siswa antusias dan berperan aktif pada pembelajaran perkalian dasar yang diajarkan oleh guru. Sebagian siswa juga senang dan bersemangat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran perkalian.
b. Kelemahan yang terlihat jelas pada video tersebut, sebagai berikut :
– Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu sebelum pembelajaran matematika dimulai
– Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran matematika di hari tersebut
– Guru kurang memperhatikan siswa yang sibuk sendiri, tidak fokus pada materi yang sedang diajarkan, dan masih ada siswa yang belum memahami perkalian dasar tersebut
– Guru kurang mengeksplor contoh konkret menggunakan alat peraga seperti pada video tersebut
– Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum dipahaminya
– Guru tidak memberikan refleksi dan kesimpulan diakhir pembelajaran sesuai dengan materi yang sudah diajarkan
– Guru tidak mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
c. Kelebihan yang ada pada video tersebut antara lain : Guru sudah berupaya membangkitkan semangat siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa berani maju di depan kelas untuk menjawab soal dari ibu guru.
d. Sebagian siswa sudah bisa memahami perkalian dasar dengan bantuan alat peraga yang di buat oleh guru
e. Hal unik di temukan dalam vidio :
1) Guru dapat menamkan konsep perkalian melalui alat peraga berupa gambar ayam dan telur ayam
2) Guru nampak bingung dalam menjelaskan, memebrikan contoh, dan menutup pembelajaran
f. Video tersebut mengharapkan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran matematika dengan cara mengeksplor dan lebih kreatif dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran maupun alat peraga sehingga pembelajaran matematika lebih menyenangkan lagi bagi siswa.
Nama : A’iy Nur Fitrianis
NIM : 857684879
Program Studi : S1-PGSD (Semester 8)
UPBJJ : Semarang
a. Tampak sebagian besar siswa antusias dan berperan aktif pada pembelajaran perkalian dasar yang diajarkan oleh guru. Sebagian siswa juga senang dan bersemangat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran perkalian.
b. Kelemahan yang terlihat jelas pada video tersebut, sebagai berikut :
– Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu sebelum pembelajaran matematika dimulai
– Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran matematika di hari tersebut
– Guru kurang memperhatikan siswa yang sibuk sendiri, tidak fokus pada materi yang sedang diajarkan, dan masih ada siswa yang belum memahami perkalian dasar tersebut
– Guru kurang mengeksplor contoh konkret menggunakan alat peraga seperti pada video tersebut
– Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum dipahaminya
– Guru tidak memberikan refleksi dan kesimpulan diakhir pembelajaran sesuai dengan materi yang sudah diajarkan
– Guru tidak mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
c. Kelebihan yang ada pada video tersebut antara lain : Guru sudah berupaya membangkitkan semangat siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa berani maju di depan kelas untuk menjawab soal dari ibu guru.
d. Sebagian siswa sudah bisa memahami perkalian dasar dengan bantuan alat peraga yang di buat oleh guru.
e. Hal unik di temukan dalam vidio :
1) Guru dapat menamkan konsep perkalian melalui alat peraga berupa gambar ayam dan telur ayam
2) Guru nampak bingung dalam menjelaskan, memebrikan contoh, dan menutup pembelajaran
f. Video tersebut mengharapkan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran matematika dengan cara mengeksplor dan lebih kreatif dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran maupun alat peraga sehingga pembelajaran matematika lebih menyenangkan lagi bagi siswa.
Nama : A’iy Nur Fitrianis
NIM : 857684879
Program Studi : S1-PGSD (Semester 8)
UPBJJ : Semarang
a. Tampak sebagian besar siswa antusias dan berperan aktif pada pembelajaran perkalian dasar yang diajarkan oleh guru. Sebagian siswa juga senang dan bersemangat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran perkalian.
b. Kelemahan yang terlihat jelas pada video tersebut, sebagai berikut :
– Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu sebelum pembelajaran matematika dimulai
– Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran matematika di hari tersebut
– Guru kurang memperhatikan siswa yang sibuk sendiri, tidak fokus pada materi yang sedang diajarkan, dan masih ada siswa yang belum memahami perkalian dasar tersebut
– Guru kurang mengeksplor contoh konkret menggunakan alat peraga seperti pada video tersebut
– Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum dipahaminya
– Guru tidak memberikan refleksi dan kesimpulan diakhir pembelajaran sesuai dengan materi yang sudah diajarkan
– Guru tidak mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
c. Kelebihan yang ada pada video tersebut antara lain : Guru sudah berupaya membangkitkan semangat siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa berani maju di depan kelas untuk menjawab soal dari ibu guru.
d. Sebagian siswa sudah bisa memahami perkalian dasar dengan bantuan alat peraga yang di buat oleh guru
e. Hal unik di temukan dalam vidio :
1) Guru dapat menanamkan konsep perkalian melalui alat peraga berupa gambar ayam dan telur ayam
2) Guru nampak bingung dalam menjelaskan, memebrikan contoh, dan menutup pembelajaran
f. Video tersebut mengharapkan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran matematika dengan cara mengeksplor dan lebih kreatif dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran maupun alat peraga sehingga pembelajaran matematika lebih menyenangkan lagi bagi siswa.