silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk mempermudah siswa dikelas untuk menyelesaikan soal cerita dengan alat bantu media alat peraga karton bergambar. Model pembelajaran menggunakan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian dalam kehidupan nyata sehari-hari. Pendekatan pembelajaran melalui pembagian kelompok. Persiapan oleh guru terlihat dari penyediaan alat peraga bagi guru dan tiap siswa sehingga dimungkinkan tiap siswa diberikan tanggung jawab yang maksimal dalam membentuk maupun menjalankan proses belajar secara langsung. Ide menggunakan alat peraga untuk menyelesaikan soal cerita disesuaikan dengan perkembangan intelektual anak di SD kelas rendah yang sebagian besar masih memerlukan pendekatan melalui benda konkrit atau semi konkrit untuk dapat memahami cerita yang akan disampaikan oleh guru. Pada pembelajaran ini guru memanfaatkan alat peraga semi konkrit berupa gambar di karton, karena objek yang digunakan adalah binatang ayam dan telur yang langsung dapat dimengerti oleh siswa. Langkah persiapan yang telah dilakukan dengan membagikan alat peraga kesemua siswa dapat lebih dimaksimalkan dengan mengamati secara siswa secara individual dalam menyelesaikan soal cerita dengan berkeliling, sehingga ketika siswa menghadapi kesulitan atau kesalahan dapat segera dibantu secara cepat. Guru dapat menentukan pula cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksikan hasil perkalian yang diperoleh baik dalam kelompok maupun di depan kelas disesuaikan dengan capaian pembelajaran Kelas I SD dalam Tema 7 “ Benda, Hewan, dan Tanaman di sekitarku” pada subtema 2 “Hewan di Sekitarku” kurikulum 3013.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, guru terlalu langsung membuka, tanpa ada persepsi yang baik, seperti bercerita atau bertanya berkaitan kehidupan sehari-hari yang sesuai materi. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus bisa perkalian dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Neng Renti
Nim : 857298908
Prodi : S1-PGSD
Kelebihan Pembelajaran Video
– Guru berpenampilan rapih
– Kegiatan inti sudah sangat bagus
– Guru menyampaikan materi pembelajaran
– Menggunakan alat peraga
– Guru melibatkan siswa sehingga siswa aktif
– Media pembelajaran yang digunakan sangat membantu siswa mudah memahami perkalian
– kegiatan penutup guru menghimbau siswa untuk rajin belajar
Kelemahan Pembelajaran Video
– Tidak ada kegiatan awal pembelajaran
– Tidak ada pembacaan doa
– tidak ada apersepsi
– tidak mengecek kehadiran siswa
– guru tidak mengulas kembali materi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
– tidak ada kegiatan penutup
Saran saya untuk video tersebut yaitu sebelum memulai pemberajaran seharusnya ada kegiatan awal, pembacaan doa terlebih dahulu, apersepsi, mengecek kehadiran siswa, setelah kegiatan inti guru seharusnya megulas ulang materi tersebut, memberikan penguatan, adanya kegiatan penutup diakhiri dengan pembacaan doa.
NAMA : IIN ERFIYANTI
NIM : 857757497
UPBJJ : SEMARANG
VIDEO “ MEMBELAJARKAN KONSEP PERKALIAN PADA SOAL CERITA”
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Setelah saya melihat video yang telah dipaparkan, menurut opini saya:
1. Pada awal kegiatan guru sudah tepat dalam mengelolah siswanya menjadi beberapa kelompok. Supaya mereka bisa berdiskusi sehingga melatih mereka untuk percaya diri terhadap kemampuannya, mampu mengembangkan rasa sosial dan bekerja sama serta bisa meningkatkan prestasi belajar siswanya.
2. Guru dalam memberikan pemahaman konsep perkalian siswa pada soal cerita dengan menggunakan alat peraga yang sederhana sudah tepat. Hal ini dapat meningkatkan dan mempermudah pemahaman siswanya mengenai dasar perkalian dibandingkan dengan sistem menghafal rumus perkalian yang tidak sesuai digunakan untuk anak SD kelas rendah.
3. Guru melibatkan siswa untuk aktif mengerjakan tugas yang guru berikan di depan kelas sehingga mampu mengetahui seberapa jauh pemahaman siswanya.
4. Pada kegiatan penutup guru memberikan kesimpulan dari inti pembelajaran tentang konsep dasar perkalian dan memotivasi siswa untuk rajin belajar.
Nama : Sobarudin
NIM : 859504366
UPBJJ : Jakarta
Pokjar : Mutiara Insan Bekasi (MIB)
Menurut saya Pada kegiatan pendahuluan tidak ada kegiatan berdoa, apersepsi, dan tujuan pembelajaran tidak dibacakan.
Pada kegiatan inti sudah cukup baik sudah ada media yang dihadirkan akan tetapi pada kegiatab inti, anak-anak tidak diberi stimulus yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sebelum belajar akan tetapi guru dalam video langsung memberi materi dan pembagian kelompok.
Pada kegiatan penutup tidak ada kegiatan repleksi yang dilakukan guru dan siswa selain itu juga tidak ada penilaian dan doa penutup.
Nama : Nirmala Nur Idana
NIM : 858686202
Program Studi : S1 – PGSD
Dalam vidio diatas memang sudah ada prolognya, tetapi alangkah lebih baik jika dalam vidio disertakan pembukaan dari pembelajaran, seperti memberitahukan apa saja tujuan-tujuan dari pembelajaran yang akan dibahas, atau apersepsi. Dalam tahap penjelasan, pengajar cukup singkat untuk menjelaskan materi yang dibahasnya. Dalam pembelajaran dividio tersebut pengajar juga terlihat sedikit kaku, permainan materi matematikanya juga kurang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa terlihat antusiannya sangat sedikit. Dalam penutupan pembelajran juga tidak ada kesimpilan-kesimpulan dari materi yang sudah dibahas dan tidak ada tahapan refleksi diri.
Nama : Luk Lu’ul Marjan
NIM : 858737348
Program Studi : PGSDBI
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut, memiliki kekurangan yaitu pada kegiatan awal dan akhir.
Pada kegiatan awal tidak diberikan penjelasan mengenai materi nya apa, kemudian alat peraga yang digunakan apa, fungsi dan kegunaannya apa, tujuan pembelajarannya apa, tidak ada tiba tiba langsung masuk ke kegiatan inti.
Sebetulnya untuk kegiatan inti sudah bagus mengajak siswa untuk demontrasi mengerjakan di papan tulis, tetapi perlu diperbaiki lagi untuk penjelasan materinya.
Untuk kegiatan akhir juga tidak ada kesimpulan hanya motivasi saja dan tidak ada doa penutup.
Mungkin itu dari pendapat saya,
Terima kasih.
Nama : Dewi Fitri Kurniawati
NIM : 858901836
UPBJJ : Jember
Dalam video pembelajaran tersebut sudah cukup baik, namun masih ada kelemahan pembelajaran dalam video tersebut.
Kelemahan yang saya temukan pada video pembelajaran tersebut yaitu:
1. Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.
2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai dalam kegiatan pembelajaran.
3. Guru kurang memotivasi siswa pada saat proses pembelajaran.
4. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum dipahaminya.
5. Guru tidak memberikan soal cerita kepada siswa dalam proses pembelajaran, hal ini tidak sesuai dengan judul video yang mana judulnya adalam membelajarkan konsep perkalian pada soal cerita.
6. Guru tidak memberikan refleksi dan kesimpulan diakhir pembelajaran sesuai dengan materi yang sudah diajarkan.
7. Cara menutup kegiatan pembelajaran kurang maksimal.
Adapun kelebihan dalam video pembelajaran tersebut.
Kelebihan yang saya temukan pada video pemblajaran tersebut yaitu:
1. Guru menggunakan media/atau alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan.
2. Guru menggunakan metode diskusi kelompok agar siswa mampu belajar dan memecahkan masalah secara bersama-sama.
3. Guru berupaya membangkitkan semangat siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa berani maju untuk menjawab soal dari guru.
4. Dalam proses pembelajaran guru juga ikut mencontohkan yang membuat siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan.
5. Guru mengajak siswa untuk mempraktikkan apa yang sudah disampaikan dan dicontohkan.
6. Guru menyampaikan materi dengan menggunkan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa.
Nama Hartono
NIM 857169173
UPBJJ Jakarta
Program PGSD BI
Menurut saya pembelajaran di video tersebut tidak sesuai dengan RPP, karena :
1. Guru tidak menggunakan apersepsi sebelum mulai belajar
2. Guru tidak berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. Guru tidak memberikan contoh dari beberapa kasus dalam perkalian
4. Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa
5. Guru tidak memberikan kesimpulan belajar
6. Dalam menutup pembelajaran kurang tepat.
Nama : Awi Aprilliati
Nim : 855983402
* Menurut saya pada saat awal pembelajaran tidak menarik , guru langsung membuka kegiatan pembelajaran tanpa adanya apersepsi dan motivasi serta tujuan pembelajar. * Siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran, pembelajaran hanya berpusat pada guru tanpa adanya interaksi antara guru dan siswa dalam diskusi atau tanya jawab yang mengukur pemahaman siswa.
* Siswa kelihatan bingung dan kesulitan dalam mengerjakan soal soal yang diberikan guru, guru sudah menggunakan media yg sesuai dengan topik pembelajaran tetapi tidak mengkaitkan nya pada soal cerita yang merupakan materi pembelajaran dan tidak melakukan supervisi dikelas.
* Siswa tidak mendapatkan kesimpulan dan penguatan pembelajaran.
Nama : lenti Nurhayati Hutahaean
NIM : 857160138
Prodi : PGSD BI
Pokjar : MPK Budi Mulya
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut,terdapat kelebihan dan kekurangan. Kekurangan pada kegiatan pembelajaran tersebut adalah :
1. Dalam kegiatan pembelajaran tidak terlihat kegiatan awal pembelajaran ( apersepsi, tujuan pembelajaran )
2. Guru hendaknya melakukan ice breaking pada saat pembelajaran, di mana ice breaking untuk kelas rendah sangat diperlukan untuk membuat peserta didik lebih mudah fokus,
3. Pembelajaran dengan metode Diskusi sudah bagus namun alangkah baiknya hasil diskusi peserta didik dipersentasikan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami pembelajaran yang disampaikan guru dan juga melatih percaya diri siswa.
4.Pada kegiatan akhir pembelajaran sebaiknya memberikan konfirmasi atau kesimpulan pada pembelajaran.
Kelebihan video pembelajaran tersebut adalah:
1. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan menerapkan metode pembelajaran diskusi.
2. Guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran
3. Guru sudah menggunakan media pembelajaran.
Terimakasih
Nama : Serviam Gita Cahyani
Nim : 858685558
UPBJJ : Surabaya
Menurut saya di dalam video tersebut mempunyai sedikit kekurangan yaitu tidak ada kegiatan pendahuluan, alat peraga tidak digunakan sebagaimana proses perkalian menjadi penjumlahan berulangan, tetapi dalam pembelajaran tersebut juga ada kelebihan yaitu menggunakan alat peraga yang dapat menarik perhatian peserta didik.