silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,072 Comments

  1. Nama: MELA SANTIKA
    NIM: 857002273
    Pokjar : Waytuba
    Video itu sangat banyak manfaat nya dengan memberikan edukasi serta pemahaman tentang pentingnya menjaga konsentrasi, terutama dalam proses belajar. Didalam Dalam video sudah dijelaskan bahwa konsentrasi bukan hanya soal duduk diam, tetapi juga bagaimana kita nya bisa fokus dan mengarahkan perhatian ke penuh pada satu kegiatan pembelajaran, semisalnya saat membaca atau mengerjakan tugasnya.
    Saya merasa video ini sangat relevan, terutama itu untuk mahasiswa atau siswa yang sering kali merasa sulit fokus ke pembelajaran karena banyak gangguan gak yang lainnya , baiknya dari lingkungan maupun dari pikirannya sendiri. Dan salah satu yaitu halnya yang saya perhatikan adalah perlunya menciptakan suasana belajar yang nyaman serta meminimalkan distraksi, contoh nya seperti mematikan notifikasi HP nya atau memilih tempat yang tenang.yang lainnya
    Adapula , video itu menyadarkan saya bahwa konsentrasi bisa dilatih mulai dari sekarang. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi perlu kebiasaan yang baik, seperti membuat jadwal belajar yang teratur, menetapkan tujuan dengan jelas, serta memberi jeda istirahat agar otak tidak capek Hal-hal kecil seperti itu bisa menjaga pola tidur dan makan juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kemampuan konsentrasi.
    Dalam Secara keseluruhan, isi video itu juga sangat informatif dan praktis. Penyampaiannya juga serta materinya juga ringan dan mudah paham ,sehingga saya pun merasa termotivasi untuk lebih serius serta menjaga fokus saat belajar.

  2. Nama: MELA SANTIKA
    NIM: 857002273
    Pokjar : Waytuba
    Video itu sangat banyak manfaat nya karena memberikan edukasi pemahaman tentang pentingnya menjaga konsentrasi, terutama dalam proses belajar. Didalam Dalam video sudah dijelaskan bahwa konsentrasi bukan hanya soal duduk diam, tetapi juga bagaimana kita nya bisa fokus dan mengarahkan perhatian ke penuh pada satu kegiatan, misalnya saat membaca atau mengerjakan tugas.
    Saya merasa video ini sangat relevan, terutama itu untuk mahasiswa atau siswa yang sering kali merasa sulit fokus karena banyak gangguan, baik dari lingkungan maupun dari pikiran sendiri. Dan salah satu halnya yang saya perhatikan adalah perlunya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meminimalkan distraksi, seperti mematikan notifikasi HP atau memilih tempat yang tenang.
    Adapula , video itu menyadarkan bahwa konsentrasi bisa dilatih. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi perlu kebiasaan, seperti membuat jadwal belajar yang teratur, menetapkan tujuan yang jelas, serta memberi jeda istirahat agar otak tidak capek Hal-hal kecil seperti itu bisa menjaga pola tidur dan makan juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kemampuan konsentrasi.
    Dalam Secara keseluruhan, isi video itu juga sangat informatif dan praktis. Penyampaiannya juga serta materinya juga ringan dan mudah paham ,sehingga saya pun merasa termotivasi untuk lebih serius serta menjaga fokus saat belajar.

  3. NAMA : NOVA RAHMAWATI
    NIM : 859543637
    SALUT : BANJAR AGUNG

    Video ini menggambarkan tantangan yang dihadapi guru dalam mempertahankan perhatian siswa selama pembelajaran, yang merupakan masalah umum dalam proses belajar mengajar. Solusi yang diterapkan dengan menggunakan alat peraga sangat efektif karena mampu mengalihkan dan mengarahkan fokus siswa secara langsung pada materi yang diajarkan. Pendekatan eksplorasi melalui sentuhan dan penggunaan langsung alat peraga juga meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Selain itu, mengajak siswa untuk mengapresiasi kegembiraan secara verbal di akhir kegiatan dapat memperkuat pengalaman positif dan motivasi belajar siswa. Secara keseluruhan, video ini menunjukkan strategi pembelajaran yang inovatif dan aplikatif untuk mengatasi kesulitan dalam mempertahankan perhatian siswa, yang dapat menjadi contoh baik bagi para guru lain.

  4. Nama : Noti maria
    Nim : 856602037
    Prodi : PGSD 118
    Pokjar : kerinci, Jambi

    Video ini sangat berguna karena memberikan wawasan tentang betapa pentingnya menjaga fokus, terutama dalam proses belajar. Dalam video ini, dijelaskan bahwa fokus bukan hanya sekadar duduk dengan tenang, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat berkonsentrasi dan mengarahkan perhatian sepenuhnya pada satu aktivitas, seperti saat membaca atau menyelesaikan tugas.

    Saya merasa video ini sangat relevan, khususnya bagi mahasiswa atau pelajar yang sering kali kesulitan untuk berkonsentrasi karena banyaknya gangguan, baik dari sekitar maupun dari pikiran mereka sendiri. Salah satu poin yang saya tekankan adalah pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan mengurangi gangguan, seperti mematikan notifikasi ponsel atau memilih lokasi yang tenang.

    Selain itu, video ini juga memberikan pemahaman bahwa fokus dapat dilatih. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi juga perlu ada kebiasaan, seperti membuat rencana belajar yang teratur, menetapkan target yang jelas, dan memberi waktu istirahat agar otak tidak merasa lelah. Hal-hal sederhana seperti menjaga pola tidur dan pola makan juga ternyata sangat berpengaruh pada kemampuan fokus.

    Secara keseluruhan, konten video ini sangat informatif dan aplikatif. Penyampaian materi juga terasa ringan dan mudah dimengerti, sehingga saya merasa termotivasi untuk lebih serius dalam menjaga fokus saat belajar.

  5. Assalamualaikum wr.wb
    Selamat Malam

    Perkenalkan saya Fitri Dwi Handayani, Nim : 859540703

    Izin Berkomentar mengenai vidio diatas.

    Dalam video ini, tampak bahwa guru menghadapi tantangan dalam mempertahankan perhatian siswa selama pembelajaran. Solusi yang diusulkan, yaitu penggunaan alat peraga yang menarik, sangat penting. Alat peraga dapat menarik minat siswa dan membuat mereka lebih aktif terlibat dalam proses belajar, terutama jika siswa diajak untuk merasakan dan berinteraksi langsung dengan alat tersebut.

    Namun, penggunaan media pembelajaran masih kurang optimal. Media yang ada hanya berfungsi sebagai alat visual sederhana dan tidak cukup interaktif, sehingga hanya efektif untuk beberapa siswa di baris terdepan. Materi yang diajarkan sudah sesuai dengan kurikulum, tetapi cara penyampaian perlu ditingkatkan agar semua siswa dapat terlibat.

    Melalui video ini, kita belajar bahwa menjaga konsentrasi siswa sangatlah penting. Media pembelajaran yang bervariasi dapat membantu menciptakan suasana yang lebih dinamis dan menyenangkan. Ketika guru mulai menggunakan poster, terlihat bahwa siswa lebih mampu memahami materi dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus berinovasi dalam metode pengajaran agar siswa tetap fokus dan antusias dalam belajar.

    Terimakasih 🙏

  6. Nama: Yersin Torino Sarumpaet
    Nim.860128248
    Menurut pendapat saya untuk membuat anak didik konsentrasi dalam belajar mengajar guru harus memiliki kemampuan tersendiri dalam menciptakan suasana yang tenang dan rileks dalam belajar.yang dapat menarik perhatian dan konsentrasi siswa.

  7. Nama :Desi novita sari
    Nim :859542144
    Setelah saya melihat video tersebut menurut saya sangat penting yang namanya konsentrasi dalam belajar karena tanpa konsentrasi kita belajarpun akan terganggu.solusinya adalah kita harus belajar konsentrasi dengan cara menggunakan alat peraga atau media yang menarik agar siswa lebih aktif lagi dalam belajarnya.dengan demikian siswa akan lebih betah dalam belajar.

  8. Nama: Tati Rahmawati
    NIM: 857501967
    Analisis Video Guru Pintar: Memelihara Konsentrasi

    Menurut pendapat saya,
    ada video tersebut menunjukkan bahwa guru menghadapi tantangan dalam mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu solusi yang diusulkan adalah penggunaan alat peraga yang menarik. Strategi ini bertujuan untuk mengalihkan serta mengarahkan fokus siswa pada media pembelajaran yang lebih interaktif. Guru memperkenalkan alat peraga sebagai bagian dari proses belajar, sehingga siswa lebih tertarik dan tidak mudah kehilangan fokus. Guru juga mengajak siswa lebih aktif dengan ikut berperan menghitung gambar apel dalam media tersebut. Pendekatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang lebih interaktif dapat meningkatkan konsentrasi siswa dan membuat proses belajar lebih efektif. Alangkah lebih menarik jika media pembelajaran tidak selalu berupa visual tetapi juga dapat berupa audio visual di mana dapat lebih menarik minat siswa. Tantangan bagi guru adalah guru dapat terus menemukan alat peraga yang sesuai dengan materi dan menarik minat siswa.

  9. Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga konsentrasi, terutama dalam proses belajar. Dalam video dijelaskan bahwa konsentrasi bukan hanya soal duduk diam, tetapi bagaimana kita bisa fokus dan mengarahkan perhatian penuh pada satu kegiatan, misalnya saat membaca atau mengerjakan tugas.
    Saya merasa video ini sangat relevan, terutama untuk mahasiswa atau siswa yang sering kali merasa sulit fokus karena banyak gangguan, baik dari lingkungan maupun dari pikiran sendiri. Salah satu hal yang saya garis bawahi adalah perlunya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meminimalkan distraksi, seperti mematikan notifikasi HP atau memilih tempat yang tenang.
    Selain itu, video ini juga menyadarkan bahwa konsentrasi bisa dilatih. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi perlu kebiasaan, seperti membuat jadwal belajar yang teratur, menetapkan tujuan yang jelas, serta memberi jeda istirahat agar otak tidak lelah.

  10. Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga konsentrasi, terutama dalam proses belajar. Dalam video dijelaskan bahwa konsentrasi bukan hanya soal duduk diam, tetapi bagaimana kita bisa fokus dan mengarahkan perhatian penuh pada satu kegiatan, misalnya saat membaca atau mengerjakan tugas.
    Saya merasa video ini sangat relevan, terutama untuk mahasiswa atau siswa yang sering kali merasa sulit fokus karena banyak gangguan, baik dari lingkungan maupun dari pikiran sendiri. Salah satu hal yang saya garis bawahi adalah perlunya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meminimalkan distraksi, seperti mematikan notifikasi HP atau memilih tempat yang tenang.
    Selain itu, video ini juga menyadarkan bahwa konsentrasi bisa dilatih. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi perlu kebiasaan, seperti membuat jadwal belajar yang teratur, menetapkan tujuan yang jelas, serta memberi jeda istirahat agar otak tidak lelah.

Leave a Reply