Memelihara Konsentrasi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,016 Comments

  1. Nama : Anariska
    Nim : 501132489
    Prodi : MPDr

    Dari tayangan vidio tersebut terlihat guru ingin mempertahankan konsentrasi siswa dengan mengalihkan perhatian pada media pembelajaran. Guru melibatkan siswa untuk memasang media pembelajaran dan melakukan tanya jawab tentang media pembelajaran . sehingga siswa terlibat dalam pembelajaran dan pembelajaran terlihat menyenangkan.
    Saran saya terhadap vidio tersebut adalah sebaiknya guru menggunakan media yang beragam agar bisa melayani kebutuhan belajar siswa.

  2. MENA LESTARI
    UPBJJ PADANG
    NIM. 501132471

    Pada video pembelajaran 1 guru mengajar pada fase A kelas 1 masa transisi PAUD SD tanpa menggunakan media. Ini memicu siswa menjadi tidak konsentrasi, karena siswa masih bingung dengan sesuatu yang abstrak. Sehingga siswa menjadi tidak konsentrasi dan asyik sendiri.
    Pada pembelajaran berikutnya siswa terlihat konsentrasi dan merasa tertarik dengan pembelajran di karenakan guru memakai alat peraga, mengajak siswa mengunakan alat peraga serta mengeksplore alat peraga tersebut sehing terciptalah minat siswa yang menjadikan siswa berkonsentrasi terhadap pembelajarannya.

  3. Nama : Ulfah
    Nim : 501200338

    Guru dapat mempertahankan perhatian siswa, dengan menggunakana alat peraga yang menarik, memakai alat peraga konkret agar dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Siswa lebih senang apabila sudah melihat dan menyentuh dari apa yang mereka lihat

  4. Nama : Ghina Zakiya Iskandar Putri
    NIM : 501232406

    Guru melibatkan siswa pada penggunaan media ajar agar anak-anak mengeksplor media tersebut sehingga anak-anak tertarik dengan pembelajaran tersebut

  5. Nama : Kristina
    NIM : 501172411

    Memelihara konsentrasi, dari video tersebut saya memahami pentingnya penggunaan alat peraga dan media ajar dalam pembelajaran untuk memberikan materi secara konkret selain menarik minat belajar alat peraga dapat memfokuskan konsentrasi peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung melalui benda konkret benda yang sebenarnya dan dapat diamati secara langsung oleh panca indera dengan cara melihat, mengamati dan memegangnya secara langsung tanpa melalui alat bantu sehingga siswa lebih paham pada materi yang disampaikan. Guru sebaiknya lebih inovatif lagi dalam melaksanakan pembelajaran agar anak dapat lebih memfokuskan pembelajaran.

  6. NAMA : YASALI GIAWA
    NIM : 860126237
    berdasarkan video di atas, menjadi pembelajaran bagi guru dalam hal mengajari siswa yang efektif dan cerdas, serta cara guru menampilkan metode mengajar yang menarik bagi siswa sehingga menarik perhatian siswa untuk belajar lebih giat dan fokus pada kegiatan pembelajaran

  7. NAMA : SRI WATI WENTIWAN LAWOLO
    NIM : 856061006
    POKJAR : IDANOGAWO
    UPBJJ : MEDAN
    Berdasarkan cuplikan video di atas beberapa tanggapan berikut yang akan saya jawab sesuai dengan petunjuk di silayar
    1. Reaksi siswa atau anak didik pada pembelajaran yang di lakukan oleh guru tersebut membuat siswa aktif dan cepat mengerti di karenakan guru langsung mengajak dan menunjukan gambar yang telah dia bawa atau telah dia siapkan
    2. secara keseluruhan atau sering kita temui kelemaha yang di dapat seorang guru dalam mengajar yaitu fasilitas yang kurang memadai dan persiapan dalam memahami akan pelajaran yang di sampaikan ke pada siswa
    3. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu, mampu menerapkan kenyaman dalam situasi belajar contoh dalam hal membuat atau menunjukan alat peraga mengajak siswa untuk melihat atau membuktikan secara langsung apa yang akan di pelajari.
    4. hal yang saya temukan dalam video di atas yaitu seorang guru yang rama,siswa yang semangat dan guru yang mampu membuat situasi dalam kelas bisa kondusif dan mampu menunjukan gambar buah apel yang menjadi pokok pembejaran di depan kelas sehingga siswa semangat dan berinteraksi satu sama lain
    5. upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran setelah saya melihat video di atas yaitu, semoga sekolah lebih banyak memberikan gambaran atau bentuk sarana media di sekolah tersebut agar pembelajaran lebih baik lagi dan guru lebih semangat dalam mengajari siswa jika semua alat media atau gambar yang secara nyata di lihat langsung oleh siswa.

  8. NAMA : Armawan Zai
    NIM : 856058552
    UPBJJ : Medan
    POKJAR : IDANOGAWO

    1.Reaksi siswa :peserta didik tertarik karena gurunya menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan konsentrasi untuk peserta didik.
    2.kelebihan : menggunakan alat peraga konkret yang dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik.
    Kelemahan : guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    3.hal unik : guru nya efektif dan cerdas dalam membuat keterlibatan siswa guna untuk memancing daya fokus anak untuk menjalani pembelajaran.
    Dan bisa membuat berbagai metode untuk membangkitkan minat peserta didik dalam belajar.
    4.upaya yang dapat di usulkan untuk meningkatkan pemeliharaan konsentrasi peserta didik : menerapkan pendekatan yang terpersonalisasi untuk meningkatkan konsentrasi peserta didik.

  9. Nama : Ratna Yanti Ndruru
    Nim : 856060921
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar :Idanogawo

    Dalam video di atas, sebagai guru pengajar yang cerdas dan aktif harus benar tahu berbagai cara untuk menjadi lebih di pedomani siswa dalam metode pembelajarannya. Guru juga harus aktif mengajak siswa dalam pembelajaran tersebut, sehingga siswa paham dan tidak fakum dalam proses pembelajaran yang diberikan.

  10. Nama : Victor Wikardi Gulo
    Nim : 856058964
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Mandrehe

    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran : Pada awal pembelajaran terlihat siswa kurang memperhatikan dan mengacuhkan guru yang sedang berbicara di depan kelas, anak-anak tersebut sibuk bermain sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut perlunya andil seorang guru untuk memimpin titik fokus seorang siswa, bisa dimulai dengan ice breaking, games sebelum pembelajaran di mulai atau berupa pertanyaan- pertanyaan yang mengacu pada keaktifan siswa dalam berbicara, artinya proses pembelajaran tidak selalu berfokus pada guru.

    Adapun kelemahan guru pada awal melakukan pembelajaran yaitu kurang rapi. Dalam hal ini guru terlihat memakai sandal dan kaki bajunya diluar. Ini juga merupakan salah satu disiplin seorang guru.

    kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam video tersebut ialah metode pembelajaran yang digunakan sangat menarik.

    Hal-hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran : meskipun di awal pembelajaran terlihat anak-anak tidak terlalu fokus dan memperhatikan instruksi dari guru tetapi pada proses pembelajaran dimulai guru tersebut perlahan-lahan menarik perhatian siswa dengan melemparkan beberapa pertanyaan.

    kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ialah untuk lebih menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran bisa dengan mengikuti beberapa Workshop atau seminar, meningkatkan disiplin penampilan guru, kelemahan dalam hal penampilan guru yang kurang rapi dapat diperbaiki dengan memperkuat disiplin pribadi dan menerapkan aturan berpakaian.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/