silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama: ANIDA GULO, A.Ma.Pd
Nim:878258689
Setelah saya melihat video di atas, baik video awal maupun kedua, saya mulai semakin yakin bahwa ketika guru tidak memiliki semangat, tidak mempersiapkan diri sebelum mengajar contohnya adalah mempersiapkan alat peraga. Alat peraga berupa gambar dan benda nyata dapat membuat siswa ingin tahu apa yang akan di pelajari, apa yang sedang di pelajari. Benda yang ada di sekitar kita juga bisa menjadi alat peraga, contohnya menghitung meja dan kursi yang terdapat dalam kelas.
Nama : Sulihingtyas Retno Haryaty
NIM : 877967533
UPBJJ : Malang
POKJAR : Kepanjen
Di dalam video tersebut terdapat reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang disampaikan Bapak guru terlihat jenuh, kurang semangat, mengantuk, bermain dengan temannya bahkan kehilangan konsentrasi dalam menjawab. Namun setelah diberikan alat peraga yang menarik, siswa terlihat lebih semangat dan ikut konsentrasi karena terlibat langsung secara visual.
Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran di kelas yaitu : guru tidak melakukan apersepsi, cara bicara guru tersebut terkesan kurang bersemangat, tidak ada murid yang terlibat langsung.
Sedangkan kelebihan guru dalam video yaitu, guru sudah menyiapkan alat peraga yang menarik dan menunjuk peserta didik untuk membantu secara aktif menempelkan poster di papan tulis dan guru mengajak berhitung bersama agar peserta didik dapat mengeksplorasi gambar yang terdapat di alat peraga tersebut.
Hal – hal unik yang ditemukan yaitu, peserta didik mampu berhiitung bersama dengan benar, tanpa disadari peserta didik sudah terlibat langsung dalam pembelajaran.
Upaya yang sebaiknya dilakukan yaitu selain memberikan poster yang berupa gambar saja, ada baiknya bila guru memberikan benda yang dapat dipegang dan dihitung langsung. Sehingga pengalaman peserta didik dalam proses pembelajaran akan lebih mengena dan teringat.
Nama : Wan Safitri
NIM : 856084415
Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran guru harus memiliki alat peraga yang memadai dan semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian siswa.Alat peraga membantu siswa dalam memahami konsep yang kompleks dengan cara yang lebih konkret. Mereka memberikan ilustrasi visual yang dapat merangsang pemahaman yang lebih mendalam.
Nama : Mudi Rahayu
Nim : 857867827
UPBJJ : Surakarta
Dari video bertema Memelihara Konsentrasi
Guru mengalami kesulitan memelihara konsentrasi siswa pada saat guru menjelaskan materi pelajaran.
Sikap guru yang tidak menarik merupakan salah satu faktor siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pelajaran sehingga siswa tidak fokus daya konsentrasi kurang.
Sehingga guru harus mampu memelihara konsentrasi siswa dengan cara
1. Melibatkan siswa dalam pembelajaran
3. Menggunakan alat peraga gambar, video, benda yang ada disekitar
2. Mengajak siswa berdiskusi dengan alat peraga
3. Guru harus lebih atraktif dalam menyampaikan pelajaran
Nama : Mudi Rahayu
Nim : 857867827
UPBJJ : Surakarta
Dari video berjudul Memelihara Konsentrasi Guru mengalami kesulitan memelihara konsentrasi siswa pada saat guru menjelaskan materi pelajaran.
Sikap guru yang tidak menarik merupakan salah satu faktor siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pelajaran sehingga siswa tidak fokus daya konsentrasi kurang. Sehingga guru harus mampu memelihara konsentrasi siswa dengan cara :
1. Melibatkan siswa dalam pembelajaran
2. Menggunakan alat peraga gambar, video, benda yang ada disekitar
3. Mengajak siswa berdiskusi dengan alat peraga
4. Guru harus lebih atraktif dalam menyampaikan pelajaran
Nama : Ranti Octa Maulidiah
NIM : 857654869
Assalamualaikum ijin mengomentari vidio tentang “Memelihara Konsentrasi” diatas.
dari vidio diatas secara keseluruhan, di awal vidio terlihat siswa tidak fokus da;am belajar. Proses pembelajaran membosankan, dan monoton. Guru hanya menerangkan dan menjelaskan materi tanpa melibatkan siswa akibatnya masih terlihat siswa yang asik sendiri mengobrol tanpa memperhatikan guru. Pada video berikutnya terlihat antusias siswa setelah guru menggunakan alat peraga dan melibatkan beberapa siswa dalam proses pembelajaran.
Kekuatan : Siswa menjadi lebih tertarik dan antusias dalam belajar setelah guru menggunakan alat peraga seperti poster. Guru juga melibatkan salah satu siswa. Sehingga murid tertuju pada proses belajar.
Kelemahan : Diawal vidio guru memberikan pembelajaran monoton, sehingga siswa bosan dan asik sendiri. Kemudian alat peraga yang digunakan masih sedikit.
Solusi : Dipembelajaran berikutnya guru dapat menggunakan alat peraga yang lebih banyak, agar siswa lebih antusias dan aktif. Guru juga harus melibatkan seluruh siswa dalam kelas sehingga semua siswa faham materi pembelajaran.
Nama : Ita Maulidul Habibah
NIM : 858831407
Pokjar: Kepanjen
Kekurangan:
Dari video di atas dapat di simpulkan bahwa mengajar siswa kelas rendah sebaiknya menggunakan alat peraga konkret. Karena hal tersebut dapat menarik perhatian peserta didik. Seorang guru sebaiknya lebih inovatif dalam merancang rencana pembelajaran agar peserta didik dapat lebih fokus pembelajaran.
Kelebihan:
Pada video diatas terlihat guru membawa media peraga untuk mempermudah guru tersebut menyampaikan materi. Dan tampak siswa cukup antusias saat di ajak berinteraksi oleh guru tsb.
Nama : Dessi Selvia Sri Agustinus
NIM : 855827648
Prodi : PGSD S1
Setelah saya menonton video diatas memang tidak gampang untuk membuat anak-anak bisa fokus pada suatu hal, maka dari itu sebagai guru harus bisa mensiasati agar anak bisa belajar dengan konsentrasi salah satunya dengan menggunakan alat peraga yang sudah dilakukan oleh guru tersebut. Dengan cara ini anak-anak bisa mulai memperhatikan guru nya dan memulai pelajaran dengan baik dan asik tidak membuat anak jenuh karena pada akhirnya siswa bisa mengekspresikan apa yang mereka alami dengan gembira.
Dari video diatas saya bisa menyimpulkan bahwa peran guru dalam mengajar sangat lah penting terutama cara guru untuk menarik minat belajar pada siswa agar fokus siswa tidak terpecah saat belajar dan penting nya manjadi guru yg kreatif agar menarik minat belajar siswa.Sebagai guru yg efektif dan cerdas dalam membuat keterlibatan siswa guna untuk memancing daya fokus anak untuk menjalani pembelajaran.
Dari video diatas saya bisa menyimpulkan bahwa peran guru dalam mengajar sangat lah penting terutama cara guru untuk menarik minat belajar pada siswa agar fokus siswa tidak terpecah saat belajar dan penting nya manjadi guru yg kreatif agar menarik minat belajar siswa.Sebagai guru yg efektif alangkah baiknya memiliki cara tersendiri untuk Manarik minta siswa guna untuk memancing daya fokus anak dalam melakukan pembelajaran.