silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
NAMA : Husnul Khotimah
NIM : 857127603
UPBJJ : UT JAKARTA
dari vidio yang telah saya tonton diatas, kemudian saya menganalisis bahwa, dalam video tersebut menggambarkan seorang pendidik yang sedang mengajar Matematika dengan materi berhitung, diawal video terlihat pendidik tidak menggunakan alat peraga dan siswa tidak memperhatikan. selanjutnya pendidik menggunakan alat peraga berupa poster, setelah itu fokus siswa kemudian langsung membaik.
Kelebihan :
Guru menggunakan alat peraga poster dan melibatkan siswa untuk memasang poster dipapan tulis. Sehingga pembelajaan terkesan lebih berbeda dan menyenangkan serta membuat siswa lebih terfokus.
Kelemahan :
Guru hanya menggunakan satu lembar poster saja, yang membuat siswa berebutan. jadi, untuk melibatkan semua anak akan terasa sulit terutama dalam pengkondisian.
Kesimpulan :
Dalam pembelajaran Matematika kelas bawah akan lebih baik jika menggunakan alat peraga, karena siswa kelas bawah masih harus dikenalkan materi secara konkrit. Siswa akan lebih sulit untuk memahami jika pendidik hanya menerangkan saja tanpa ada benda langsung sebagai peraga. Akibatnya anak akan sulit untuk memperhatikan dan tingkat konsentrasi akan menurun.
Dari kasus tersebut, hendaknya kita sebagai pendidik perlu mempertimbangkan dalam penyediaan alat peraga. Alat peraga bisa berupa poster, kartu bergambar, atau benda asli. Misalnya seperti ada video, dalam materi berhitung pendidik bisa menggunakan kartu gambar, atau benda asli misalnya buah, batu kecil, replika buah – buahan. Dan alat peraga tersebut hendaknya dapat di demonstrasikan langsung oleh siswa, misalnya siswa dapat bergantian menghitung benda – benda tersebut lalu bisa mengurangkan atau menambahkan. Dengan ini siswa akan lebih mudah memahami materi yang ingin disampaikan. Selain itu kegiatan pembelajaran akan terkesan lebih menyenangkan dan konsentrasi anak akan tetap terjaga serta pembelajaran akan berjalan dengan baik.
Nama: Wahyu Dinar Dwi Kristiani
NIM : 858989931
UPBJJ JEMBER
POKJAR PURWOHARJO
Izin untuk menanggapi
Pada Video tersebut sedang berlangsung proses pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Kunci dari konsentrasi siswa adalah guru. Guru mempunyai tanggung jawab yang besar agar siswanya dapat berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Ada 2 sesi yang ditunjukkan pada video tersebut. Dimana pada sesi 1 guru masih kurang maksimal dalam membangun konsentrasi siswa. Guru perlu untuk melihat kesiapan siswa untuk menerima materi pembelajaran. Pembelajaran bisa di mulai dengan apersepsi terlebih dahulu agar siswa mempunyai gambaran dari pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian Guru juga perlu memperhatikan penampilannya, hal tersebut juga bisa menjadi pengaruh konsentrasi siswa mengikuti pembelajaran.
Kemudian pada sesi 2 guru sudah bisa mengkondisikan siswa agar konsentrasi dalam pembelajaran. Dimana guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran. Keterlibatan siswa dapat menjadi faktor pendukung agar siswa memiliki konsentrasi yang baik saat mengikuti pelajaran. Dimana siswa akan merasa diperlukan atau ikut ambil bagian. Berikutnya adanya alat peraga membantu siswa untuk lebih tertarik mengikuti pembelajaran.
Maka dari itu, sebagai seorang guru perlu sekali melihat apa yang dibutuhkan siswa. Guru harus kreatif, bisa menyampaikan materi dengan alat peraga yang mampu menarik perhatian siswa sehingga konsentrasi siswa akan tercipta.
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan.
Nma : Eti gusendang
NIM : 860104059
Analisis video tentang suasana Aktif,Interaktif dan menyenangkan
Jika siswa tidak dapat berkonsentrasi pada pelajaran yang sedang berlangsung terkait dengan video yang saya amati itu akan merugikan siswa itu sendiri akan tetapi sebagai seorang guru kita harus profesional untuk menyikapi keadaan suasana kelas tersebut bagaimana untuk bisa menjadikan kelas yang menyenangkan untuk siswa-siswa dengan cara merintahkan untuk mengeksplor berupa benda seperti terkait dengan video yang saya tonton guru memerintahkan siswanya untuk mengukur meja dengan menggunakan jari terkait dengan pelajaran matematika,seperti ini menurut saya cukup efektif dan menyenangkan sehingga siswa-siswa tersebut belajarnya tidak membosankan dan tidak membuat ngantuk.
Adapun cara lain juga bisa dilakukan oleh guru agar membuat siswa belajar dengan menyenangkan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran dengan teknologi interaktif dengan aplikasi menggabungkan elemen permainan video,aktifitas interaktif lainnya.
Nama : Eti Gusendang
NIM : 860104059
Analisis video tentang suasana Aktif,Interaktif dan menyenangkan
Jika siswa tidak dapat berkonsentrasi pada pelajaran yang sedang berlangsung terkait dengan video yang saya amati itu akan merugikan siswa itu sendiri akan tetapi sebagai seorang guru kita harus profesional untuk menyikapi keadaan suasana kelas tersebut bagaimana untuk bisa menjadikan kelas yang menyenangkan untuk siswa-siswa dengan cara merintahkan untuk mengeksplor berupa benda seperti terkait dengan video yang saya tonton guru memerintahkan siswanya untuk mengukur meja dengan menggunakan jari terkait dengan pelajaran matematika,seperti ini menurut saya cukup efektif dan menyenangkan sehingga siswa-siswa tersebut belajarnya tidak membosankan dan tidak membuat ngantuk.
Adapun cara lain juga bisa dilakukan oleh guru agar membuat siswa belajar dengan menyenangkan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran dengan teknologi interaktif dengan aplikasi menggabungkan elemen permainan video,aktifitas interaktif lainnya.
Nama : Uji Ambarwati
Nim : 857865325
UPBJJ: surakarta
1. Berdasarkan tampilan video tidak ada apersepsi yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
2. Penampilan guru kurang rapi karena tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sandal dan pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas.
3. Pembelajaran akan berhasil apabila guru tersebut menyampaikan pembelajaran dengan metode yang banyak melibatkan siswa untuk mencoba sehingga siswa akan merasa ingin tahu sehingga fokus untuk mengikuti pembelajaran tersebut dan guru harus berpenampilan yang menarik saat akan masuk kedalam kelas dengan penuh semangat melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa bisa dengan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi dan tepuk konsentrasi.
Nama : Yusrina Rosa
Nim : 855856843
JUDUL : SISWA KESULITAN KONSETRASI
DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA
PENJELASAN UMUM: Dalam video tersebut mencontohkan bagaimana cara mengatasi siswa kesulitan konsentrasi dalam pelajaran
dengan menggunakan alat praga.dengan menggunakan alat peraga siswa akan lebih konsentrasi yang awalnya tidak focus/konsetrasi dengan adanya alat peraga siswa lebih focus.
KELEBIHAN : Siswa dapat lebih mudah konsetrasi dengan adanya alat peraga .selain itu menggunakan alat peraga yang awalnya siswa ramai atau tidak focus diharapkan siswa konsentrasi dalam pelajaran.
KEKURANGAN : Penampilan guru kurang menarik ke siswa karena penampilan guru yang pertama dilihat siswa dan membuat siswa akan lebih memperhatikan pelajaran.
SARAN PERBAIKAN : Penampilan guru sangat penting agar siswa menjadi tertarik ketika melihat penampilan guru.
Nama : Intan Diah Purwandari
NIM: 858992298
Berdasarkan video diatas menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan berkonsentrasi pada mata pelajaran Matematika SD. Pada awal pembelajaran peserta didik kurang memperhatikan terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Kemudian guru mencari solusi membangun konsentrasi siswa dengan menggunakan alat peraga berupa poster. Alat peraga berupa poster yang cukup menarik tersebut dapat menarik perhatian siswa sehingga kefokusan peserta didik terjaga selama pembelajaran dikelas. Menurut saya, pembelajaran tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran. Guru memanfaatkan poster sebagai media pembelajaran yang menarik bagi anak-anak karena poster memiliki gambar dan variasi warna yang menarik sehingga dapat menjaga konsentrasi dan kefokusan siswa ketika pembelajaran. Selain itu, siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung. Dengan begitu, siswa dapat mengekspresikan kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal. Kekurangan dari pembelajaran tersebut yaitu alat peraga (poster) yang digunakan menurut saya ukurannya kurang besar jika digunakan untuk kelas dengan jumlah anak yang cukup banyak (kelas besar). Sehingga perlu dipertimbangkan lagi dalam menentukan ukuran alat peraga yang akan digunakan agar semua siswa dapat belajar dengan nyaman dan terjaga kefokusan siswa.
Nama : Sri Mulyani
Nim : 857256355
Guru di suatu lingkungan kelas sangat berperan penting dan berdampak besar kepada anak didik, guru harus kreatif dan banyak ide-ide agar suasana di kelas menyenangkan dan siswa pun bersemangat untuk belajar dengan baik , sehingga siswa menjadi lebih berkonsentrasi saat belajar.
kelemahan dari vidio di atas, guru kurang bersemangat dalam menyamapaikan materi sehingga materi tersebut tidak sampai kepada siswa, menjadikan siswa tidak fokus dalam belajar.
kelebihannya : guru bisa mencairakan suasana kelas yang tadinya tidak fokus dan kurang berkonsentrasi menjadi lebih semangat dan fokus terhadap pembelajaran, dengan membawa alat peraga di depan kelas dan guru melibatakan murid untuk menempel gambar , sehingga anak anak menjadi lebih fokus dan bersemanagat untuk belajar
saran: guru harus kratif dan banayak ide , guru harus selalu terlihat ceria dan menyenangkan didepan siswanya, agar siswa tidak bosan dan selalu bersemangat saat belajar
Nama : Rinaldi
nim : 856479311
Mata kuliah : PKM
asal : Riau Duri , Tasik serai barat
Pada avidio yg pertama anak anak di dalam kelas tersebut kurang konsentrasi, nah di dalam video tersebut di berikan 3 cara untuk membuat anak agar fokus serta konsentrasi dalam proses pembelajaran
1.alihkan siswa ke alat peraga
2.ajak siswa untuk eksplorasi dengan alat peraga yg di siapkan oleh guru
Sekian dan terima kasih
Assalamualaikum wr.wb izin menjawab
Nama : Ana Listyaningrum
Nim. : 877694416
UPBJJ: Semarang
Dari video di atas bisa dilihat anak-anak terlihat tidak fokus pada saat pembelajaran. Padahal perlu diketahui bahwa penguasaan kelas adalah hal yang sangat penting , bagaimana agar kita bisa mengkondisikan kelas agar tetap tertib. Apalagi kalau saat pembelajaran matematika , murid yang memperhatikan saja belum tentu paham yang di ajarkan guru ,apalagi anak yang tidak memperhatikan pasti konsentrasinya akan buyar. Harusnya saat mengajar guru lebih kreatif , bagaimana murid bisa tertarik saat pembelajaran , hal yang paling disukai anak2 biasanya adalah praktik . Kadang anak juga bosan jika harus memperhatikan materi terus, salah satu cara adalah berhenti sejenak 5-10 mnit melakukan kuis atau permainan di tempat, tujuannya untuk membakitkan semangat anak , melatih konsentrasi sebelum melanjutkan pembelajaran lagi . Trimakasih