silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

844 Comments

  1. Nama : Nur Afni Dini Fitri
    Nim : 856289493
    UPBJJ : UT Padang

    Assalamu’alaikum wr.wb..
    Menurut saya pada video Memelihara Kosentrasi ini cara yang dilakukan oleh Bapak Gurunya sangat bagus sekali, yang mana pada saat meciptakan kekosentrasian siswanya Bapak gurunya menggunakan berbagai macam cara yaitu menggunakan poster buah-buahan sebagai media pembelajarannya, bersuara lantang dan jelas agar anak-anak mudah mendengar inti dari pembelajarannya, hal ini bertujuan agar siswa dapat berkosentrasi dengan baik atas apa yang sedang dijelaskan gurunya tersebut dan dapat dengan mudah memahami pelajaran yang di sampaikan.
    Kemudian sering melibatkan siswa dalam berbagai kegiatannya.
    Misalnya saja : Bapak guru menyuruh Carlos membantu menempelkan poster di dinding, ini bertujuan agar siswa merasa dibutuhkan dan bermanfaat bagi guru tersebut yang mana hal ini akan menimbulkan siswa tersebut merasa bangga akan perintah guru yang dipercayakan kepada dirinya.
    Jadi, kesimpulannya dalam menciptakan kosentrasi siswa kita sebagai guru harus lebih memperhatikan media pembelajaran yang kita gunakan, volume suara kita, dan sering berinteraksi dengan siswa.

    Sekian tanggapan dari saya, terimakasih..
    Wassalamu’alaikum wr.wb.. 🙏😊

  2. M HASYIM ASYARI
    858974988

    dalam pembelajaran yang di tampilkan pada vidio diatas kita bisa melihat dan memahami bagaimana seorang guru saat pembelajaran harus bisa memberikan konsentrasi pada anak-anak didik dengan menggunakan alat bantu praga gambar.

    Keunggulan menggunakan alat bantu ini adalah anak didik atau siswa-siswi lebih fokus dalam pembelajaran sebab pembelajaran yang di terapkan tidak membosankan, lebih berwarna, dan menyenangkan. sehingga anak anak dengan mudah memahami pelajaran yang di sampaikan.

    kekurangan dari vidio tersebut kurang menariknya model penyampaian guru kepada siswa sehingga siswa dapat dengan mudah bosan atas pembelajaran selanjutnya.

  3. Nama: Luh Putu Windi Juliandari
    Nim : 859050262

    Dari video diatas kita dapat menyimpulkan untuk mempertahankan konsentrasi anak saat pembelajaran berlangsung sangatlah penting dengan memberikan mereka contoh-contoh kongkret berupa gambar poster, bisa juga dengan menampilkan video yang akan membuat anak menjadi tetap fokus terhadap pembelajaran yang sedang mereka ikuti.
    Penyampaian yang semangat dari guru juga mempengaruhi semangat belajar dari siswa.

  4. NAMA: FANY SAHARA
    NIM : 858928998

    Penggunaan alat peraga memang dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kurangnya perhatian siswa. Namun, keberhasilan suatu metode pembelajaran sangat tergantung pada berbagai faktor, seperti kreativitas guru, karakteristik siswa, dan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu melakukan berbagai eksperimen dan menemukan metode pembelajaran yang paling efektif untuk kelasnya

  5. Nama : Rita Oktavi
    NIM : 857130364
    Pokjar : UPBJJ Jakarta

    Dari video di atas dapat saya simpulkan, bahwa dalam hal menarik perhatian siswa bisa menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang mampu meningkatkan fokus dalam pembelajaran di kelas. Dengan cara guru memberi pembelajaran yang menarik pada siswa. Dalam memulai pembelajaran, menyampaikan materi pelajaran, bagaimana memberikan tugas, dan bagaimana menutup pembelajaran.

    Selain itu penyampaikan materi pada siswa juga harus dirancang sedemikian rupa agar siswa tetap memperhatikan dan tidak merasa bosan.
    Guru juga harus mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran yang disampaikan agar siswa aktif di dalam kelas, seperti “siapa yang bisa coba kedepan, atau guru bertanya siapa yang bisa meragakan nya boleh praktik kan” agar siswa aktif di dalam pembelajaran.

    Sekiananalisis dari saya, bila ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf.

  6. Nama : Rita Oktavi
    NIM : 857130364
    Pokjar : UPBJJ Jakarta

    • Dari video di atas dapat saya simpulkan, bahwa dalam hal perhatian menarik siswa bisa menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang mampu meningkatkan fokus dalam pembelajaran di kelas.
    • Dengan cara guru memberikan pembelajaran yang menarik pada siswa. Dalam memulai pembelajaran, menyampaikan materi pelajaran, bagaimana memberikan tugas, dan bagaimana menutup pembelajaran.
    • Selain itu penyampaikan materi pada siswa juga harus dirancang sedemikian rupa agar siswa tetap memperhatikan dan tidak merasa bosan. Guru juga harus mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran yang disampaikan agar siswa aktif di dalam kelas, seperti “siapa yang bisa coba kedepan, atau guru bertanya siapa yang bisa meragakan nya boleh praktik kan” agar siswa aktif di dalam pembelajaran.

    Sekian analisis dari saya, bila ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf.

  7. Safira liliana
    NIM 877697181

    Dalam video diatas ditayangkan proses pembelajaran yang tanpa menggunakan alat peraga di sana anak teralihkan fokusnya, setelah menggunakan alat peraga anak fokusnya tidak teralihkan karena ada hal baru yang membuat mereka tertarik, selain itu anak juga dapat lebih mudah memahami materi pelajaran nya karena ada media yang menjembatani. Alat peraga dapat membantu anak memahami konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkret. Dengan melihat, meraba, dan memanipulasi alat peraga, anak dapat memiliki pengalaman nyata tentang konsep yang dipelajari. Alat peraga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
    Terimakasih,,,

  8. Nama: Safira Liliana
    Nim : 877697181

    Dalam video di atas pada awal penayangan di sajikan video pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga, di sana fokus anak teralihkan, setelah menggunakan alat peraga anak menjadi lebih fokus dalam belajar Alat peraga dapat membantu anak memahami konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkret.
    Dengan melihat, meraba, dan memanipulasi alat peraga, anak dapat memiliki pengalaman nyata tentang konsep yang dipelajari.
    Alat peraga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
    Alat peraga dapat membantu siswa mengintegrasikan pengalaman-pengalaman sebelumnya.
    Alat peraga dapat meningkatkan sensor motorik anak

  9. videonya menarik bagaimana seorang pendidik dalam hal ini guru SD harus mampu mempertahankan konsentrasi siswa. karena pada usia 6-12 tahun anak mudah terganggu konsentrasinya dengan kejadian yang ada diluar, kadang konsentrasi susah untuk difokuskan kembali. jadi guru harus bisa memanfaatkan media yang ada di ruangan untuk tetap menjaga konstrasi anak anak untuk belajar, dalam video ini media yang digunakan yaitu gambar.

  10. Dari video tersebut bisa kita lihat, sebagai seorang guru kita harus memiliki banyak trik untuk mengajak siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran kedepannya, baik dengan cara melibatkan siswa itu sendiri atau dengan cara menggunakan alat peraga yang menarik atau alat peraga yang sangat mudah dimengerti/di sukai anak anak, permasalahan di lapangan yang sering kita hadapi kita sangat kesulitan menyiapkan alat peraga karena memerlukan waku proses pembuatan atau memiliki kreativitas.

Leave a Reply