Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

390 Comments

  1. Nama : Yuspina Rapi’
    Nim :859407287
    Program studi : pg PAUD
    Dari video ini, saya terinspirasi untuk mengaplikasikan “mengenal ketertiban dengan menggunakan karcis parkir” dalam berbagai kegiatan di sekolah saya. Selain itu, metode ini pun memiliki nilai lebih, yaitu mengenalkan angka kepada anak.
    Kondisi siswa saya yang aktif bahkan sangat aktif, cukup menyulitkan untuk mengaturnya, terutama dalam hal baris-berbaris, mengantri, ataupun menunggu giliran.

  2. nama :Suciana novitasari
    Nim :858739904
    Setelah saya melihat vidio tayangan diatas saya menjadi memiliki ilmu baru dan berkonsep dalam melakukan pembelajaran yaitu dalam memilih setrategi pembelajaran yang tepat , memilih metode dan mrdia yang sesuai tema dan katrakter anak. karena dalam tayangan vidio diatas menggambarkan sebuah metode yang menarik yaitu karcis parkir dalam menertipkan anak agar tidak berebut mainan dan kegaduhan dikelas, yang mana saya juga sering mengalami hal serupa dan belum bisa efektif dalam menangani permasalahan ini. semoga dengan melihat tayangan tadi saya bisa menerapkan dikelas saya dan berhasil dengan baik.

  3. menurut saya dalam menanamkan ketertiban seperti halnya video di atas, memang cukup efektif dan cukup menarik yakni dengan menggunakan Kartu Parkir, dan hal ini bisa memberikan contoh yang baik bagi semua guru khususnya guru PAUD, namun kalau boleh saya menambahkan dalam menertibkan anak apalagi saat anak hendak di ajak kegiatan belajar mengajar namun anak sibuk main sendiri dengan membawa mainan sendiri-sendiri, biasanya di lembaga saya cukup di berikan Tata Tertib dan memang harus ada selalau yang mengingkatkan dan membiasakan pada anak, bahwa kalau di sekolah tidak boleh membawa mainan dari rumah di bawah kesekolah, namun jika anak-anak beli mainan di tempat sekolah, anak-anak tidak boleh mengeluarkan mainan itu saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, jadi peraturan di lembaga saya anak tidak boleh bermain dengan mainan bawa’an dari rumah, jika sampai ketahuan buguru, maka mainan akan di amankan sama buguru, dan alhamdulillah anak-anak terbiasa disiplin saat kegiatan belajar mengajar berlangsung tanpa harus ricuh dan berebutan mainan.

  4. Sangat baik bahwa saya rasa metode yang digunakan dalam video tersebut bisa menjadi inspirasi untuk para guru PAUD. Implementasi media kartu parkir dapat membantu anak-anak menjadi lebih tertib dalam menaruh mainan dan memahami konsep mengantri sesuai nomor yang mereka ambil.

    Selain itu, saya juga memberikan beberapa saran yang bagus untuk membantu anak-anak tetap fokus saat mendengarkan kegiatan dan cerita di kelas. Mengajukan kesepakatan dengan anak-anak untuk tidak mengeluarkan mainan mereka sebelum kegiatan selesai adalah langkah yang baik untuk menjaga konsentrasi mereka. Mengingatkan mereka bahwa mainan berharga mereka dapat rusak jika dikeluarkan dan direbut oleh teman-teman juga bisa memberikan insentif tambahan untuk tidak mengganggu kegiatan.

    Saran lainnya adalah melibatkan orang tua dalam proses ini dengan memberikan pengarahan kepada mereka untuk tidak membawa mainan anak ke sekolah. Ini membantu menciptakan konsistensi antara rumah dan sekolah, di mana anak-anak lebih fokus pada belajar di sekolah dan tidak terganggu oleh mainan mereka sendiri atau oleh mainan anak lainnya.

    Kerjasama antara orang tua dan sekolah sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang disiplin dan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh sekolah. Dengan komunikasi yang baik antara kedua belah pihak, dapat tercipta lingkungan belajar yang efektif dan mendukung perkembangan anak-anak secara keseluruhan. Teruslah berkolaborasi dan berbagi ide dengan rekan guru PAUD untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik bagi anak-anak.

  5. Menurut saya setelah melihat video pembelajaran tersebut, saya dapat mengambil kesimpulan :

    Guru sangat kreatif dalam menanamkan nilai ketertiban bagi anak usia dini. Pada proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut, dimana sedang menanamkan perkembangan moral pada anak didik. Dalam hal ini, anak didik diajarkan bagaimana cara untuk tertib ketika guru sedang bercerita/ berbicara di dalam kelas. Dalam video yang disajikan tersebut merupakan salah satu cara penanaman karakter dalam perkembangan moral pada anak usia dini.

  6. Nama : Siti Mutoharoh

    NIM : 857242214

    Prodi : PG-PAUD (BI)

    pada video seri pembelajaran di atas sangat memberikan inspirasi kepada guru-guru PAUD dalam menanamkan nilaik ketaatan melalui antri dalam menggunakan mainan dan mengambilnya. Selain itu, memudahkan guru dalam mengajarkan sikap-sikap Nilai moral yang baik.
    Selain itu, dalam pembelajaran diatas juga menjadikan siswa berperan aktif dan belajar pengembangan kognitifnya juga secara tidak langsung.
    Sebelum melakukan pembelajaran seharusnya guru dengan anak melakukan perjanjian peraturan dalam pembelajaran sehingga anak tidak membawa mainan dari rumah ke sekolah, selain itu, guru juga harus berkomunikasi dengan orang tua juga bekerja sama agar tercapai kegiatan yang diharapkan.

  7. Nama : salsha della Juita Indriani
    Nim : 856816541
    Studi : PGPAUD
    Menurut saya dari vidio yg telah di tonton yaitu menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”
    Sangat menginspirasi bagi saya sebagai pendidk PAUD. Pada tayangan tersebut sebagai salah satu cara menanamkan pembiasaan ketertiban dan keteraturan melalui kegiatan yang menarik yaitu karcis parkir. Dengan kegiatan pembelajaran tersebut akan lebih mudah menertibkan anak pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Sehingga melatih anak supaya disiplin akan ketertiban dan keteraturan untuk menciptakan keamanan dan lingkungan belajar yang nyaman terutama di kelas. Karena membangun kedisiplinan pada anak usia dini itu penting, mereka harus belajar hidup disiplin untuk memahami berbagai kebiasaan baik dan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar.
    Kegiatan menggunakan karcis parkir bisa kita latih diusia di i agar kelak dewasa anak bisa tertib.

  8. Menurut saya tayangan video tersebut cukup menarik dan memberi inspirasi bagi guru-guru PAUD. Penggunaan strategi pendekatan, metode, dan media yang digunakan juga sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik. Anak usia dini perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan karcis parkir tersebut, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan kedisiplin untuk antri. Namun sebaiknya guru tidak terlalu dominan dan terlibat jauh dalam proses pembelajaran, sebaiknya guru hanya perlu mengarahkannya saja.

  9. Assalamu’alaikum wr.wb
    Diah Rianti Putri
    NIM 836581784
    Prodi S1 PGPAUD

    Menurut saya tayangan vidio tersebut cukup menarik, menambah wawasaan dan inspirasi untuk guru – guru PAUD. Strategi pembelajaran yang menarik perhatian anak dan menanamkan pembiasaan untuk tertib, kegiatannya yang dilakukan cukup menarik hanya saja guru tidak mendemontrasikan dari awal. Alangkah baiknya pengorganisasian anak dalam mengerjakan tugas dilakukan secara bergantian.

    terima kasih
    wassalamu’alaikum wr.wb

  10. Assalamualaikum, menurut saya dari tayangan video yang saya saksikan,Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa.Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa, sehingga terbentuk perilaku belajar siswa yang efektif,Guru merupakan sosok yang mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan siswa sesuai dengan kemampuanya

Leave a Reply