Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Assalamualaikum jawaban bunda, menurut saya dari Vidio tersebut, melatih eksplorasi anak dengan cara guru yang mengajak anak ,dari Vidio tersebut anak terlatih dengan kemampuan yang dimiliki,dan dibantu dengan peran guru yang mengajak anak dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini .Bersikap terbuka, dalam arti guru harus melakukan tindakan yang mampu mendorong kemauan murid untuk mengungkapkan pendapatnya, menerima siswa dengan segala kekurangan dan kelebihannya, mau menanggapi pendapat siswa secara positif, dalam batas tertentu berusaha memaham.
Menurut sayaKegiatan tersebut sangat menarik untuk pembiasaan anak bersikap tertib dan teratur. Anak² seolah olah sedang bermain parkir,tanpa harus merasa dipaksa unguk melakukan antri dan bersikap tertib saat akan memakai dan menyimpan mainan. Mungkin guru juga perlu menyampaikan kepada siswa bahwa tidak diperkenankan membawa mainan ke sekolah jika tidak sedang diminta oleh guru.
Dari Vidio tersebut dapat kita lihat bagaimana guru memberikan stimulasi dengan cara memberikan karcis parkir untuk meletakkan mainan masing-masing anak… Dapat menciptakan keteraturan yang dimana melalui karcis parkir yang diberikan oleh guru anak-anak akan tahu dimana letak mainannya sehingga tidak akan saling rebutan dan anak-anak akan rapi saling bergantian meletakkan mainan sesuai dengan nomor karcis parkirnya.
Pada video juga guru bercerita tentang mengenal Tuhan. Selain itu dalam video juga karena menggunakan strategi karcis parkir anak juga distimulasi aspek perkembangan kognitifnya, anak belajar konsep bilangan, mereka belajar mengenal angka dan berhitung dengan cara yang menyenangkan
Dari Vidio tersebut dapat kita lihat bagaimana guru memberikan stimulasi dengan cara memberikan karcis parkir untuk meletakkan mainan masing-masing anak… Dapat menciptakan keteraturan yang dimana melalui karcis parkir yang diberikan oleh guru anak-anak akan tahu dimana letak mainannya sehingga tidak akan saling rebutan dan anak-anak akan rapi saling bergantian meletakkan mainan sesuai dengan nomor karcis parkirnya.
Pada video juga guru bercerita tentang mengenal Tuhan. Selain itu dalam video juga karena menggunakan strategi karcis parkir anak juga distimulasi aspek perkembangan kognitifnya, anak belajar konsep bilangan, mereka belajar mengenal angka dan berhitung dengan cara yang menyenangkan
NAMA : PURYANTI
NIM : 858571744
PG PAUD
POKJAR KAB. KEDIRI UPBJJ MALANG
Setelah menyimak video tersebut, sangat menginspirasi saya bagaimana cara menertibkan anak pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, yang dapat di terapkan pada anak usia dini, dan cara tersebut secara spontanitas di ajarkan kepada anak – anak pada saat kegiatan pembelajaran sedang dalam keadaan anak – anak tidak fokus, karena mereka lebih senang dengan permainan yang mereka bawa.
Pada kegiatan pembelajaran yang ada di video tersebut, penguasaan kelas yang di lakukan kurang sempurna. sehingga anak – anak dapat membawa mainan ketika waktu belajar, memang dasar konsep pendidikan anak usia dini adalah belajar sambil bermain, akan tetapi hal yang di lakukan dalam video tersebut sangat tidak baik jika di terapkan (anak – anak membawa mainan pada saat kegiatan belajar berlangsung) dan pada akhirnya anak – anak tidak fokus dengan apa yang di sampaikan oleh guru.
terimakasih
pada video seri pembelajaran di atas sangat memberikan inspirasi kepada guru-guru PAUD dalam menanamkan nilaik ketaatan melalui antri dalam menggunakan mainan dan mengambilnya. Selain itu, memudahkan guru dalam mengajarkan sikap-sikap Nilai moral yang baik.
Selain itu, dalam pembelajaran diatas juga menjadikan siswa berperan aktif dan belajar pengembangan kognitifnya juga secara tidak langsung.
Sebelum melakukan pembelajaran seharusnya guru dengan anak melakukan perjanjian peraturan dalam pembelajaran sehingga anak tidak membawa mainan dari rumah ke sekolah, selain itu, guru juga harus berkomunikasi dengan orang tua juga bekerja sama agar tercapai kegiatan yang diharapkan.
menurut saya ini bisa termasuk solusi yang tepat dalam pengembangan moral anak agar bisa disiplin dan terib dalam mengikuti pembelajaran. Anak dengan tertib menyimpan mainannya sendiri dengan menggunakan karcis parkir sehingga anak merasa lebih tenang dan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan tertib.
Dari vedio di atas dapat kita simpulkan bahwa menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini dalam penggunaan karcis parkir . Dalam kegiatan pembelajaran ini dapat menarik serta dapat memberikan pembiasan pada anak agar bersikap tertib dan teratur . anak akan merasa melakukan sebuah permain seperti seorang yang sedang memparkir, dalam kegiatan ini anak tidak akan merasa dipaksa untuk melakukan sebuah antrian dan bersikap tertib pada saat anak akan melakukan kegiatan bermain dan menyimpan mainan yang sudah di pakai anak . Seorang guru juga perlu memberitahukan kepada anak agar tidak membawa mainan ke sekolah .
Nama : Uswatul Hasanah
NIM : 858831912
Prodi PG PAUD
Pokjar Purwodadi UPBJJ Malang
Dari video Bidang studi perkembangan moral
Topik : Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir.
Dari video diatas kita dapat memahami dengan pemberian karcis parkir anak-anak bisa lebih fokus dalam melakukan pembelajaran (mendengarkan cerita) dari ibu guru. Karena mereka sudah diberi karcis parkir, saat istirahat nanti mereka bisa bermain sesuai dengan nomor karcisnya dengan begitu anak-anak tidak berebut mainan, mereka juga bisa melaksanakan pembelajaran dan juga bermain dengan tertib.
berdasarkan video diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karcis dapat menertibkan anak. dimana anak antusias untuk dapat merapikan mainan yang telah digunakan dengan menggunakan media karcis yang telah dipersiapkan oleh guru pada video tersebut.
Hal ini tentu menjadi solusi yang menarik dan memberi inspirasi bagi saya dan teman – teman guru PAUD lainnya untuk lebih meningkatkan dan memodifikasi kembali cara – cara yang selama ini telah dilakukan disekolah.
Terlihat sekilas bagaimana anak – anak masih sibuk dengan kegiatan bermainnya sendiri tanpa fokus mendengarkan apa yang disampaikan dari kegiatan mendengar cerita Agama Islam tentang mengenal Tuhan. Hal ini juga sangat penting dan utama dalam kegiatan pembelajaran PAUD karena dikaitkan dengan moral agama pada anak.
saya sebagai guru kadang juga masih kesulitan untuk mengkoordinasikan anak. dengan melihat video tersebut dapat dijadikan salah satu contoh bagaimana memberikan pelajaran yang menarik bagi anak. sehingga anak merasa senang dan tanpa beban untuk melakukannya.