Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

390 Comments

  1. pada video seri pembelajaran di atas sangat memberikan inspirasi kepada guru-guru PAUD dalam menanamkan nilaik ketaatan melalui antri dalam menggunakan mainan dan mengambilnya. Selain itu, memudahkan guru dalam mengajarkan sikap-sikap Nilai moral yang baik.
    Selain itu, dalam pembelajaran diatas juga menjadikan siswa berperan aktif dan belajar pengembangan kognitifnya juga secara tidak langsung.
    Sebelum melakukan pembelajaran seharusnya guru dengan anak melakukan perjanjian peraturan dalam pembelajaran sehingga anak tidak membawa mainan dari rumah ke sekolah, selain itu, guru juga harus berkomunikasi dengan orang tua juga bekerja sama agar tercapai kegiatan yang diharapkan.

  2. Nama: Vira Chantika
    NIM: 857219239
    Prodi: PG PAUD

    Dari video yang terlampir terlihat metode yang pendidik gunakan sangat inspratif. Dimana pada awal video anak-anak belum dapat memusatkan perhatian Karena metode pembelajaran yang terkesan kurang melibatkan anak. Lalu kemudian pendidik beralih menggunakan metode yang melibatkan peran anak dalam pembelajaran. Yaitu menggunakan cara kartu parkir. Yang mana sangat menarik untuk anak. Dengan cara tersebut berhasil menarik perhatian anak untuk menyimak cerita yang disampaikan oleh pendidik. Melihat karakteristik anak didik yang memang belajar dengan bermain dan belum dapat fokus dalam jangka waktu yang lama. Kegiatan pembelajaran dengan cara tersebut membantu memfasilitasi anak dalam bermain bermakna.

  3. Nama : Dewi
    Nim : 856330459
    Judul video : Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan kercis parkir.
    Link Video gpo :
    https://drive.google.com/file/d/1h_yFibCGvUBBy4HboOevULAaQ3BND-mV/view?usp=drivesdk

    Analisis saya terhadap video tersebut adalah sebagai berikut :
    Kelebihan video tersebut : Gurunya bersikap tegas saat ada anak-anak yang tidak tertib,sibuk dengan mainnya. Guru langsung mengambil sikap dengan membuat peraturan untuk meletakkan mainnya di tempat parkir mainan terlebih dahulu.
    Kekurang dari video tersebut : Anak-anak kesulitan mengerjakan tugas mewarna karena tidak ada meja, dan jarak anak-anak terlalu berdempetan anak-anak susah bergerak.
    Hal unik yang ditemukan : ada anak yang berbadan besar sepertinya anak SD.

  4. Nama : Anggit Kris imanti
    Nim: 858423375
    pada video seri pembelajaran di atas sangat memberikan inspirasi kepada guru-guru PAUD dalam menanamkan nilaik ketaatan melalui antri dalam menggunakan mainan dan mengambilnya. Selain itu, memudahkan guru dalam mengajarkan sikap-sikap Nilai moral yang baik.
    Selain itu, dalam pembelajaran diatas juga menjadikan siswa berperan aktif dan belajar pengembangan kognitifnya juga secara tidak langsung.
    Sebelum melakukan pembelajaran seharusnya guru dengan anak melakukan perjanjian peraturan dalam pembelajaran sehingga anak tidak membawa mainan dari rumah ke sekolah, selain itu, guru juga harus berkomunikasi dengan orang tua juga bekerja sama agar tercapai kegiatan yang diharapkan.

  5. Nama : Dian ayu puspita
    Nim : 859407019
    Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir
    Dalam video adalah upaya yang dilakukan seorang guru paud untuk menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran peserta didik melalui kegiatan penggunaan karcis parkir. Dan dengan menggunakan karcis dapat melatih anak agar tertib dalam mengambil dan menyimpan mainannya sesuai urutan angkanya ,dan dengan menggunakan karcis parkir, anak-anak akan menjadi lebih tertib dan tidak ada yang saling berebut mainan.

  6. dalam tayangan video tersebut yaitu menanamkan peraturan untuk mengantri mengambil mainan, saya sangat terinspirasi dengan video tersebut karena guru tersebut cukup kreatif untuk memberi karcis jika ingin mainan, namun mainan tersebut tidak bisa saling bertukar dengan teman. alangkah baiknya jika aturan yang diberikan ditambahkan karcis untuk bertukar mainan dengan teman, agar anak juga belajar berbagi dengan orang lain.

  7. wandatakiya29@gmail.com
    NAMA : SRI WARDANI
    NIM : 859404156
    PRODI : PGPAUD

    vidio pembelajaran “menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir “menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

  8. Dari video yang terlampir terlihat metode yang pendidik gunakan sangat inspratif. Dimana pada awal video anak-anak belum dapat memusatkan perhatian Karena metode pembelajaran yang terkesan kurang melibatkan anak. Lalu kemudian pendidik beralih menggunakan metode yang melibatkan peran anak dalam pembelajaran. Yaitu menggunakan cara kartu parkir. Yang mana sangat menarik untuk anak. Dengan cara tersebut berhasil menarik perhatian anak untuk menyimak cerita yang disampaikan oleh pendidik. Melihat karakteristik anak didik yang memang belajar dengan bermain dan belum dapat fokus dalam jangka waktu yang lama. Kegiatan pembelajaran dengan cara tersebut membantu memfasilitasi anak dalam bermain bermakna.

  9. Nama : Dewi Masrurroh
    NIM : 858732141

    Dalam video perkembangan sosial “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Karcis Parkir” menurut saya ide yang kreatif.
    Anak belajar menaati aturan dan tertib dengan cara menyenangkan karena semua anak berkesempatan untuk memiliki karcis parkir tersebut. Anak merasa senang dapat memegang karcis parkir, tetapi juga belajar untuk menggunakannya sesuai aturan.

    Dari penerapan dalam video tersebut anak belajar untuk bersabar, menunggu antrian gilirannya tiba. Selain itu, anak juga belajar memahami perintah yang telah disampaikan oleh guru.

    Dalam melakukan kegiatan dalam video tersebut, secara tidak langsung anak juga belajar untuk mengenal tempat setiap karcis parkir yang dimilikinya. Mereka berlatih memasangkan antara karcis yang mereka punya sesuai dengan tempat yang sesuai.
    Dalam video tersebut, guru mengarahkan anak-anak saat kegiatan penggunaan karcis parkir.

    Ada beberapa hal yang mungkin perlu perbaikan, seperti guru memberi kebebasan anak untuk memilih karcis parkir yang disukai. Jika karcis parkis sudah diambil oleh temannya, anak bisa memilih karcis parkir yang lain.
    Selain itu, dalam kegiatan menerapkan ketertiban dan aturan dengan penggunaan karcis parkir ini tidak harus selalu menggunakan angka, karena belum tentu semua anak sudah mengenal angka. Karcis parkir bisa berupa warna, bentuk, simbol gambar yang menarik untuk anak dan mudah dikenali.

  10. Assalamu’alaikum
    Nama Aryani
    Nim 858444189
    Upjj Samarinda
    Semester 4
    Yang saya bisa ambil dari pengamatan saya adalah :
    Pada kegiatan awal ketika seorang pendidik sedang bercerita tentang sebuah buku tetapi anak anak sedang asyik sendiri dengan mainannyaitu dan ada beberapa anak juga yang berebut mainan sehingga pendidik tidak fokus ketika bercerita kemudian pendidik itu menghentikan kegiatan bercerita nya dan memberitahukan bahwa pendidik mempunyai karcis parkir dan tempat untuk menyimpan mainannya.
    Sebelum memberikan simulasi tersebut pendidik memberikan tata cara penggunaan kartu karcis tersebut, yaitu kartu karcis akan diberikan kepada anak sesuai dengan label yang ada di tempat mainan tersebut. Ketika hendak menyimpan dan mengambil mainan harus sesuai dengan nomor yang ada di lemari dan yang dipakai oleh anak.
    Setelah menyimpan satu persatu mainan anak sesuai dengan karcis parkirnya maka pendidik kembali melanjutkan kegiatan pembelajaran yaitu mewarnai gambar rok dan anak anak tertib mengikuti pembelajaran, setelah selesai mereka mengumpulkan hasil karya nya dan boleh mengambil mainannya kembali di tempat penyimpanan mainan sesuai kar is parkir yang digantung atau diberikan pendidik

    Dari sikap pendidik diatas ada sedikit yang bisa saya koreksi yaitu
    1.Rebtang konsentrasi anak yg usia 2hingga 6 tahun hanya sebentar sudah bosan maka pendidik harus pintar untuk selalu mengkondisikan anak setelah 3 menit berikut nya atau ketika anak mulai ribut
    2. Untuk kegiatan bercerita dibuat semenarik mungkin
    3.label untuk benda benda yang ada disekolah sebaiknya lebih menarik atau berwarna tidak monoton, dan bukan hanya dengan angka karena belum tentu semua anak bisa mengenal angka tersebut

    Dari video yang saya amati dapat disimpulkan bahwa
    1.Perlu pengkondisian anak sebelum memulai kegiatan
    2.Pendidik wajib membuat aturan kelas sebelum memulai kegiatan
    3.Anak dapat di ajarin disiplin sejak dini agar dapat tertanam jiwa disiplin hingga dewasa
    4 .Jika ingin memberikan peraturan wajib dijelaskan di awal tentang untuk apa peraturan di buat dan manfaatnya
    5.Perlu kerjasama antara orang tua dan guru disekolah untuk menanamkan sikap disiplin sejak dini
    Demikian hasil pengamatan saya terimakasih

Leave a Reply