Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Nama: Syamsidar
Nim: 858574044
Judul : Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir
Menurut saya ini adalah salah satu gagasan yang menarik karena bagaimanapun anak usia dini baru mulai
dikenalkan dengan tata tertib sekolah setelah sebelumnya hanya mengenal tata tertib lingkungan rumah dan sekitarnya sehingga perlu strategi yang tepat dan menarik minat anak untuk mengenalkan dan membiasakan mereka dengan peraturan yang ada di sekolah.Dalam vidio tersebut guru membagikan karcis parkir kepada anak-anak dan meminta mereka untuk menghitung jumlah karcis yang diperlukan untuk membeli mainan. Anak-anak kemudian harus berbagi karcis dengan teman-teman mereka dan menghitung jumlah karcis yang tersisa.
Terlihat suasana kelas yang awalnya terlihat ribut kemudian mulai bisa terkondisikan saat penggunaan karcis diberlakukan.Anak-anak menjadi lebih tenang dan fokus.Tentunya penerapannya juga bisa dicobakan di sekolah lain karena bahan-bahannya yang mudah dibuat dan digunakan.
Nama : Imelda Zaibun Nisa
NIM : 858185765
Penggunaan karcis parkir dalam pembelajaran PAUD merupakan ide yang sangat kreatif dan inovatif. Konsep yang sederhana namun efektif ini mampu mengubah dinamika pembelajaran menjadi lebih teratur dan menyenangkan.
Dengan menggunakan karcis parkir, anak-anak diajarkan konsep kepemilikan dan pengambilan giliran sejak dini. Ini membantu membangun disiplin diri yang kuat tanpa harus menciptakan suasana yang kaku.
Ketika anak-anak sudah tertib dalam mengambil dan menyimpan mainan, mereka bisa lebih fokus pada aktivitas pembelajaran lainnya. Tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk berebut mainan.
Melalui sistem karcis parkir, anak-anak belajar untuk menghargai milik orang lain dan berinteraksi dengan teman-temannya secara lebih baik.
Penggunaan karcis parkir dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Mereka akan merasa seperti sedang bermain di sebuah “taman bermain” dengan aturan yang jelas.
Penggunaan karcis parkir dalam pembelajaran PAUD merupakan contoh nyata bagaimana kreativitas seorang guru dapat mengubah proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Ide ini patut diapresiasi dan dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru PAUD lainnya untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak-anak.
Nama : Bergita Lake
Nim :859279397
Judul Vidio : Menanamkan Ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui Penggunaan Karcis Pakir.
Isi Cerita dari Vidio yang saya Nonton adalah sebagai berikut:
– Didalam kelas Seorang Guru bercerita tentang Allah itu Raja merajai yang artinya Allah adalah segala raja untuk alam semesta. Namun pada kegiatan Bercerita anak-anak sangat sibuk dengan permainan yang dibawah dari rumah mereka sendiri sehingga tidak ada ketertiban dan tidak ada yang mendengar apa yang diceritankan oleh guru. Namun penangan ibu guru dengan membuat karcis parkir merupakan ide yang kreatif dan inspiratif karena media yang digunakan hanyalah kertas,pensil dan tali sehingga teman-teman guru yang lain bisa dapat terinspirasi untuk mencoba sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak-anak usia dini.
Dengan membuat karcis parkir guru dapat menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini dengan cara yang sangat tepat karena anak-anak merasa tidak dipaksa untuk menyimpan permainan yang Meraka bawah,serta anak- anak tidak takut akan kehilangan permainan yang dibawa.
– Permainan Karcis parkir yang ditulis angka dapat membantu anak-anak selain melatih ketertiban. Anak-anak juga langsung menghafal serta mengenal angka.
Dari Vidio yang saya Nonton setelah Ibu guru membuat karcis parkir anak- anak sangat tertib dan antusias mendengar penjelasan ibu guru dan dapat melakukan kegiatan mewarnai rok dengan baik hingga selesai .Sehingga menjadi kesimpulan bahwa Mengatasi anak- anak yang sulit menjaga ketertiban dan keteraturan pada kelas dengan menggunakan karcis parkir sangat bermanfaat karena dapat melatih anak-anak mulai melakukan Antrian dalam mengambil permainan, Melatih kesabaran, serta tata cara untuk tidak mengambil barang yang bukan milik mereka.Karena meskipun permainan mereka sama namun tidak akan tertukar karena mereka simpan sesuai nomor urut karcis antrian.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
NAMA : WINDA
NIM: 856628402
Izin menjawab pertanyaan refleksi ini. Dalam vidio ini sangat membantu untuk menambah pengetahuan saya sebagai pendidik dalam menanamkan ketertiban dan aturan pada anak-anak.dan sangat penting untuk menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini.
Penggunaan karcis parkir dalam pembelajaran PAUD merupakan ide yang sangat kreatif karena media yang digunakan hanyalah kertas,pensil dan tali sehingga teman-teman guru yang lain bisa dapat terinspirasi untuk mencoba.
Dan juga bisa melatih anak disiplin ketika mempunyai mainan atau hasil dari kegiatan di Tarok di tempat karcis parkir, jadi dengan adanya karcis parkir bisa mengurangi dari berantaknya di lingkungan kelas.
Terimakasih 🙏
Mohon maaf atas nama Ika safitriana
Nim 857766432
Nama : Yuli Susanti
NIM : 858320106
Dari video tersebut seorang guru PAUD dapat menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir, yang mana sebelumnya anak masih tidak tertib dan sibuk bermain pada saat pembelajaran, melalui media karcis parkir anak-anak menjadi lebih tertib dan teratur dengan menempatkan mainan sesuai nomor urutan masing-masing dan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dangan baik.
Nama : Yuli Susanti
NIM : 858320106
Dari video tersebut seorang guru PAUD dapat menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir, yang mana sebelumnya anak masih tidak tertib dan sibuk bermain pada saat pembelajaran, melalui media karcis parkir anak-anak menjadi lebih tertib dan teratur dengan menempatkan mainan sesuai nomor urutan masing-masing dan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Nama : Wulan Sulastri
NIM : 857514465
Pada video ini saya sangat terinsfirasi karena memang pada umumnya anak-anak tidak bisa di pungkiri meskipun guru memberi tahu ke sekolah tidak boleh membawa mainan atau memainkan mainan boleh hanya pada saat istirahat saja , anak-anak tidak mudah patuh karena disaat mereka merasa bosan dengan pembelajaran mereka akan kembali untuk memainkannya dan tidak fokus pada guru yang berbicara di depan , ini adalah salah satu solusi terbaik agar anak juga tidak keberatan menyimpan mainan mereka saat pembelajaran di mulai.
NAMA : NUR PUJIATI
NIM : 858840818
Judul Vidio : menanamkan ketertiban dengan menggunakan karcis parkir
Dalam vidio menanamkan ketertiban dengan menggunakan karcis parkir ini, sangat menginspirasi saya dalam mengatur suasana kelas. Agar anak- anak bisa fokus dan memperhatikan apa yang jelaskan oleh bunda guru. Dan dengan karcis parkir juga sangat membantu dalam mengalihkan perhatian anak yang sibuk dengan mainannya sendiri. Jadi anak fokus dengan karcis parkir milik nya sendiri dan akan mengingat bahwa mainannya dititipkan pada loker yang sama dengan karcis parkir yang ia dapatkan. Dengan demikian anak akan fokus dengan kegiatan belajar di kelas, dan kelas akan teratur. Menurut saya hal ini adalah salah satu solusi terbaik agar anak tidak keberatan saat menyimpan mainan ketika kegiatan pelajaran di mulai.