Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

470 Comments

  1. Assalamualaikum izin berpendapat ibuk,

    Nama:Zahratul Bulan
    Nim:856282935
    Upbjj:Padang

    menurut saya dengan menerapkan ketertiban dan keteraturan dengan penggunaan karcis parkir ini sangat membantu dan juga solusi yang disukai anak anak dimana anak-anak lebih menyukai pembelajaraan yang berkonsep pada Belajar sambil bermain dimana anak di ajarkan tertib dan teratur dengan dalih bermain kartu parkir yang membuat anak senang dan excited dalam mengerjakan nya tanpa disadari anak sedang melatih ketertiban dan kedisiplinan dirinya sendiri.
    ini bisa kita gunakan dalam pembelajaran yang akan kita terapkan disekolah kita masing-masing karna banyak manfaat yang bisa kita mabil melalui video ini,
    terimakssih banyak atas video pembelajaran nya buk.

  2. Nama : Maya Ismaya
    NIM : 857470998
    Nama Dosen Pengampu : Dr. Purnomo, S.Pd., M.Pd.

    Pada video diatas dengan judul ” Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Karcis Parkir” sangat efektif dalam pengembangan perilaku anak. Anak-anak tampak dapat dengan mudah meregulasi emosi, selain itu anak-anak menunjukkan perilaku tanggung jawab dan disiplin dengan aturan yang telah disepakati bersama guru dengan baik. Guru juga tampak dapat mengkondisikan kelas serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak.

  3. Nama : Vania Samuella Alethea
    NIM : 859522705
    UT JAKARTA

    Menurut dari hasil observasi saya, ada beberapa nilai yang saya dapatkan dari video ini, yaitu :
    – Ketertiban : semua anak belajar menempatkan/merapikan mainan sesuai karcis
    – Belajar tanggung jawab: mereka belajar bertanggung jawab atas barang yang digunakan dan dikembalikan ke laci-laci sesuai nomor yang mereka punya.
    – Disiplin: dari sistem sperti ini, anak-anak akan mulai terbiasa mengikuti aturan melalui sistem karcis kedepannya sehingga tidak ada lagi yang meletakkan barang sembarangan atau bermain pada saat pembelajaran

    Dari hal-hal ini terlihat suasanya kelas yang kondusif. Semua anak dapat mengikuti aktivitas kelas dengan lancar.

  4. yth. bapak/ibu tutor
    ijinkan saya memperkenalkan diri
    Nama : Nur Sita Isnaini
    NIM : 858530867
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : Semarang
    Dan ijinkan saya menanggapi video yang telah saya saksikan di atas tentang penggunaan karcis parkir untuk dapat menanamkan ketertiban dan keteraturan anak sangat efektif dilakukan guru dalam kelas untuk mendapatkan suasana kelas yang kondusif. dan dari video tersebut sangat menginspirasi saya dan mungkin rekan guru lain untuk dapat di terapkan dan mungkin dapat lebih di kembangkan dengan cara lain sehingga anak lebih memahami konsep tertib dan teratur sehingga mereka pun dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari mereka bukan hanya di sekolah namun juga di luar sekolah.

    demikian tanggapan saya, terimakasih

  5. Nama : Lisnawati
    Nim : 856066352

    “Menanamkan Ketertiban dengan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”

    Pada video tersebut guru dalam pembelajaran dapat menanamkan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir supaya anak lebih fokus dan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru.
    Pentingnya ketertiban dan keteraturan menggunakan karcis parkir untuk mengatur pengunaan mainan dengan tertib. Dengan adanya aturan yang jelas mengenai penggunaan mainan, guru dan anak-anak dapat lebih fokus pada proses pembelajaran. Anak belajar untuk menunggu giliran mereka dengan sabar dan menghargai waktu bermain dan anak dapat mengingat nomor karcis parkir yang diberikan guru untuk mengenal angka dan mengenal mainan diletakkan pada tempat sesuai dengan nomor karcis anak, dengan demikian anak sudah belajar melalui keteraturan yang diibiasakan sejak dini.

  6. Reaksi anak terhadap kegiatan pengembangan yang dilakukan :Anak terlihat kurang senang dengan kegiatan mendengarkan cerita,akan tetapi pada kegiatan mewarnai anak terlihat senang dan semangat dalam mengerjakannya walaupun mewarnai dilantai yang dingin.
    2.Kelemahan dalam kegiatan pengembangan yang dilakukan : Setelah menertibkan anak yang tidak mau mendengarkan cerita,Guru tidak melanjutkan cerita yang dibacakan sebelumnya.Namun,memberikan kegiatan mewarnai kepada anak.
    3.Kelebihan dalam kegiatan pengembangan yang dilakukan : Guru bisa menertibkan anak yang tidak mau mendengarkan cerita degan baik(memilih memainkan mainan yang dibawa dari rumah) melalui pemberian kartu karcis sehingga anak kembali teratur dan bisa melanjutkan kegiatan pengembangan yang diberikan gurunya.
    4.Hal unik yang terlihat selama kegiatan pengembangan yang dilakukan : Anak anak terlihat asik sendiri dengan mainan yang dibawanya dari rumah dari pada mendengarkan cerita yang dibacakan oleh ibu gurunya.Hal ini mungkin terjadi karena cerita yang dibacakan kurang menarik sehingga anak memilih untuk bermain dengan mainannya.
    5.Perbaikan untuk kegiatan pegembangan selanjutnya : Sebaiknya setelah selesai menertibkan anak maka cerita yang belum selesai harus dilanjutkan sampai selesai dilanjutkan dengan diskusi tentang cerita yang sudah didengar anak.Untuk kegiatan mewarnai kedepannya bisa menggunakan meja kecil agar anak merasa nyaman,jangan lagi mewarnai dilantai keramik yang dingin karna tidak baik untuk kesehatan anak serta tidak sedap dipandang mata.
    Terima kasih

  7. Sering kali saya melihat anak membawa mainan kesayangan kesekolahan. Membuat suasana kelas menjadi gaduh dengan sistem parkir membuat anak lebih fokus dan kondusif
    Melalui video memberi motivasi agar melakukan hal yg sama didalam kelas

  8. Nama : Prastya Saputra
    NIM : 857858455
    Mata kuliah : Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini.

    Dalam video tersebut guru mengajar menggunakan metode bercerita, bercakap-cakap, dan pemberian tugas. Dengan metode tersebut guru dapat mengembangkan kemampuan dasar dan perilaku anak. Namun saat guru bercerita anak belum bisa fokus sebab mereka bermain dengan mainannya sendiri. Menurut saya apa yang dilakukan guru sangat kreatif dan inovatif. Guru membuat karcis parkir untuk menyimpan mainan anak-anak dalam loker. Penggunaan karcis parkir sangat membantu guru dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan anak pada kegiatan belajar. Dalam menyampaikan aturan kegunaan karcis parkir, guru menyampaikan dengan jelas sehingga anak paham dan mengerti.

  9. Nama : Danik Kurniawati
    NIM : 857862559

    Pada Vidio pembelajaran dengan judul ” Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Karcis Parkir ” anak diajarkan tentang bagaimana melatih disiplin, terutama tentang mengenal peraturan. Anak-anak dapat menerapkan disiplin diri dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti. Langkah ini sebagai pijakan awal mengenalkan ketertiban, pengendalian diri, dan menghargai.

  10. Nama : Amelia Lisa M
    Nim : 858754043
    Strategi yang digunakan bagus untuk AUD. menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Penggunaan karcis parkir ini adalah contoh bagaimana konsep sederhana dari kehidupan sehari-hari melatih kesabaran Anak lebih rapi. Anak-anak belajar bahwa setiap mainan ada “pemiliknya” saat mereka mengambilnya dan mereka harus “mengembalikannya” setelah selesai. Ini mencegah perilaku saling merebut mainan.

Leave a Reply