silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
nama : chica savitri br. pohan
nim : 855856313
setelah saya mengamati video tersebut , saya sebagai seorang pengajar perlu menguasai keterampilan menghidupkan suasana belajar anak dengan baik dan kreatif. Karena pada jenjang kelas kecil khususnya kelas satu, anak lebih tertarik dengan hal-hal menyenangkan dan membuat suasana kelas hidup, tidak membosankan. Sebagai guru pengajar juga penting dalam memperhatikan kerapihan busana, karena itu berpengaruh dalam proses belajar mengajar di kelas. Dengan begitu peserta didik akan lebih memperhatikan dan menghargai guru yang mengajarnya.
Nama : Erlinda Nur Hardiyani
Nim : 857134007
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT JAKARTA
Setelah saya menonton video ini saya ingin menanggapi apa yang saya tonton. pada video yang pertama guru tidak mencerminkan berpakaian rapih. ketika guru memasuki ruang kelas keadaan kelas kurang kondusif sehingga murid terhadap guru ketika datang ke kelas. guru juga tidak melakukan tegur sapa dengan murid seperti contoh hal nya menanyakan kabar anak-anak, berdoa, kehadiran siswa. guru juga langsung menyuruh siswa untuk membuka buku tanpa penjelasan terlebih dahulu.
pada video yang kedua guru sudah mencerminkan berpakaian rapih kepada siswa. guru juga sudah melakukan ice breaking di awal memasukin pembelajaran dengan contoh kehidupan sehari-hari seperti buah, ban motor, dan ban mobil. guru sudah melakukan refleksi soal-soal dengan murid.
kesimpulan bahwa kita sebagai seorang guru harus dapat berperan aktif dalam mengajarkan anak-anak supaya siswa siswi tidak ribut di kelas yaitu guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik dan kemampuan siswa, baik menggunakan alat dan bahan untuk mendukung pembelajaran yang aktif di dalam kelasnya.
NAMA : ERIN NABILA PURBA
NIM : 855857806
POKJAR : SIMALUNGUN
SEMESTER : 6
Disini saya akan menanggapi video yang baru saja saya tonton mengenai menarik perhatian siswa , Dengan video tersebut saya lebih mengetahui bagaimana cara untuk mendidik anak didalam kelas agar anak tersebut mau mendengarkan serta memperhatikan penjelasan yang diberikan. Maka dari itu peran seorang guru didalam kelas harus berperan aktif dalam mengajarkan peserta didiknya agar peserta didik tidak ribut, serta sebagai guru harus mengetahui bagaimana saja karakter siswa terssebut satu per satu.
Dengan adanya video tersebut membuat kita menjadi salah satu motivasi kita untuk menjadi seorang guru yang tegas serta memotivasi peserta didik dan mengapresiasi pekerjaan yang telah dikerjakan siswa didalam kelas. didalam video tersebut tentu juga sebagai guru harus menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar peserta didik tidak merasa bosan.
salam….
Nama : Lenni Hotma Simamora
NIM : 877527197
UPBBJJ : Humbang Hasundutan
Menurut pendapat saya Video ini adalah situasi yang memperlihatkan seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan seperti yang disebutkan memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi guru-guru lainnya. Kesesuaian dengan Konteks Pembelajaran: Video tersebut sebaiknya mencerminkan situasi pembelajaran yang realistis dan relevan dengan konteks kelas yang sebenarnya. Ini membantu para guru untuk lebih mudah mengidentifikasi dan menerapkan strategi yang diajarkan dalam video dalam keadaan sehari-hari. Terimakasih.
Nama : siti yuly antina
Nim : 858826286
Prodi : S1PGSD
pengamatan saya seelah melihat vidio dengan judul ” menarik perhatian siswa ” kita sebagi pendidik harus menguasai teknik belajar dengan semenarik mungkin sebelum pembelajaran dimuali, anak peserta didik untuk ice breking untuk meningkatkan konsentrasi peserta didik agar saat materi pembelajaan dimulai peserta didik untuk siap belajar dengan konsentrasi, selain itu sebagai pendidik harus memberikan pembelajaran yang menarik seperti jika materi pembelajaran matematika kita siapkan alat peraga atau memanfaatkan yang ada di lingkungan kelas . sehingga anak akan semangat dalam belajar
NAMA : ZHIADATHUN NISSA NAZIA
NIM : 857450932
PRODI : PGSD
UPBJJ : BANDUNG
Bismilah
Izin menanggapi terkait video di atas yang sudah saya simak,
Video pembelajaran yang sedang dialami Bapak Guru tersebut adalah kesulitan dalam menarik perhatian siswa, terutama pada siswa kelas bawah. Bisa kita lihat bahwa dalam menarik perhatian siswa, kita sebagai guru sangat penting akan kreativitas seorang guru. Di mulai dari awal masuk pembelajaran hingga pembelajaran selesai. Guru harus mampu menguasai kelas agar dalam pembelajaran siswa-siswa mampu menyerap ilmu dengan baik dan juga kondisi kelas tetap kondusif.
Pada hal ini saya akan menanggapi beberapa hal :
1. Pada awal masuk pembelajaran, kelas sudah dalam kondisi yang sangat berisik, dan siswa sangat aktif.
2. Ketika guru masuk ke dalam kelas, siswa-siswa semua tidak menghiraukan kehadiran guru tersebut.
3. Pada saat awal membuka pembelajaran, guru menyapa siswa, tapi siswa tetap menghiraukan keberadaan guru tersebut.
4. Ada beberapa hal yang membuat siswa tidak menanggapi keberadaan guru tersebut, di antaranya yaitu dari cara berpakaian guru tersebut tidak mencerminkan guru tersebut siap mengajar, karena yang pertama dilihat oleh siswa adalah kesiapan guru tersebut dalam mengajar, jika guru tersebut dalam hal berpakaian saja tidak baik, maka ketika mulai pembelajaran pun tidak maksimal.
5. Ketika mulai pembelajaran, guru tersebut sudah bagus dalam menyampaikan materi, dengan metode ceramah dan metode eksperimen, sehingga siswa-siswa mampu mengikuti dengan mudah.
6. Adanya tanya jawab dengan siswa dalam pembelajaran, membuat siswa aktif dalam pembelajaran.
NAMA : DESI RAHMADHANI
NIM : 855858363
PRODI : S1 PGSD
Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut ialah Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali seorang guru, seorang guru harus memperhatikan penampilan mereka dalam mengajar. Karena sebagai seorang guru penampilan mereka pun akan diperhatikan bahkan dicontoh oleh peserta didiknya. Tidak dapat dipungkiri penampilan seorang guru dapat mendorong perhatian siswa dalam belajar.
Nama : Sandra Kariyani
Nim : 856815098
Prodi : PGSD
UPBJJ : Bengkulu
Setelah saya melihat vidio diatas, menurut saya solusi yang dilakukan oleh guru tersebut sangat tepat karna dapat merubah kelas yang awalnya kurang kondusif menjadi lebih kondusif. Kemudian membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Langkah ini bisa membantu para guru untuk mempermudah menarik perhatian siswa.
NAMA : DESI RAHMADHANI
NIM : 855858363
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : UT MEDAN
Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut ialah Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali seorang guru, seorang guru harus memperhatikan penampilan mereka dalam mengajar. Karena sebagai seorang guru penampilan mereka pun akan diperhatikan bahkan dicontoh oleh peserta didiknya. Tidak dapat dipungkiri penampilan seorang guru dapat mendorong perhatian siswa dalam belajar.
Nama: Nur Fadhila Putri
NIM: 859403907
UPBJJ: Luwu Timur
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru
Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran Dalam video tersebut adalah Guru tersebut kesulitan untuk menarik perhatian siswa
Secara keseluruhan kelebihan guru dalam menerapkan pembelajaran Pada video tersebut adalah sering memancing peserta didik untuk Lebih meningkat akan Rasa ingin tahunya dengan cara mengajak siswa untuk Tanya jawab.
Hal-hal Unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru pada saat proses pembelajaran adalah Guru tersebut sering memancing para siswa untuk Aktif dalam pembelajaran menelepon beberapa siswa nyatanya kurang aktif tapi guru tersebut masih terus berusaha untuk memancing keaktifan siswa. Hal yang dapat meningkatkan peningkatan kualitas pembelajaran pada video tersebut adalah sebaiknya guru pada saat Mengajar Membawa media pembelajaran berupa alat peraga sehingga hal tersebut dapat menarik perhatian siswa Dan dapat juga membangun suasana kelas yang kreatif dan menyenangkan.