silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Fuji Rahimi
Nim : 856822846
Prodi : S1PGSD
Upbjj : 19/Bengkulu
Menurut pendapat saya Video ini adalah situasi yang memperlihatkan seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan seperti yang disebutkan. Pendekatan tersebut memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi guru-guru lainnya. Kesesuaian dengan Konteks Pembelajaran: Video tersebut sebaiknya mencerminkan situasi pembelajaran yang realistis dan relevan dengan konteks kelas yang sebenarnya. Ini membantu para guru untuk lebih mudah mengidentifikasi dan menerapkan strategi yang diajarkan dalam video yang telah saya lihat baru saja. saat guru tersebut menyampaikan materi kepada anak-anak, anak anak terlihat kondusif, minat belajarnya tinggi dan aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran, hal ini menunjukkan guru tersebut memiliki ketrampilan menarik perhatian siswa. Jadi terdapat perbedaan antara video awal dan video selanjutnya. Demikian analisis dan tanggapan saya terhadap video tersebut. Terima kasih.
Setelah saya menonton vidio tersebut,guru belum bisa menerapkan kedisiplinan karena menggunakan sandal ke dalam kelas dalam proses mengajar,yang seharusnya kita sebagai guru memberikan contoh yang baik kepada murid-murid kita.
menurut saya vidio ”menarik perhatian siswa”sebagai guru kita harus memiliki keterampilan bagaimana cara menarik perhatian siswa di dalam proses belajar yang sedang belangsung,pada kegiatan pembelajaran berlangsung hendaknya guru membawa alat peraga untuk mempermudah siswa dalam proses belajar.
Dalam tayangan video yang pertama terlihat seorang guru yang tidak bisa menarik perhatian siswanya. guru tersebut juga tidak berpakaian rapi dan menggunakan alas kaki yang tepat untuk mengajar. hal ini tentu saja mempengaruhi kegiatan belajar mengajar, dari penampilan saja sudah sangat tidak menarik dan memberikan contoh yang tidak baik kepada anak/siswa. lalu pada kegiatan awal guru tersebut tidak melakukan doa, absensi kehadiran, apersepsi, dan motivasi kepada anak sehingga anak-anak tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar.
dalam tayangan video ke 2 terlihat guru sudah cukup baik dalam membuka kegiatan belajar mengajar dikelas agar anak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar yaitu dengan melakukan ice breaking. guru juga menggunakan medie belajar yang tepat untuk materi matematika operasi penjumlahan dan pengurangan.
Dalam video diatas menjelaskan betapa pentingnya brain storming atau pemanasan sebelum memulai pembelajaran, hal ini sangat bermanfaat bagi siswa kelas rendah untuk menarik mereka pada materi pengajaran yang akan disampaikan nantinya. Hal yang mungkin bisa dilakukan oleh guru sebelum memulai pengajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran matematika yang disajikan pada video diatas adalah dengan mengajak siswa berpendapat atau memberikan pengalamannya belajar berhitung diluar kelas atau menanyakan hal yang berkaitan dengan matematika yang sudah mereka pelajari sebelum dimulainya pembelajaran di sekolah.
Video tersebut terdapat kelemahan yakni dalam menjelaskan tentang materi pembelajaran yaitu tentang operasi penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan,dimana guru dalam menjelaskan materi terkesan terlalu cepat dan langsung dengan media tanpa menjelaskan dulu apa itu konsep pengurangan dan penjumlahan.
Dalam tayangan video yang pertama terlihat seorang guru yang tidak bisa menarik perhatian siswanya. guru tersebut juga tidak berpakaian rapi dan menggunakan alas kaki yang tepat untuk mengajar. hal ini tentu saja mempengaruhi kegiatan belajar mengajar, dari penampilan saja sudah sangat tidak menarik dan memberikan contoh yang tidak baik kepada anak/siswa. lalu pada kegiatan awal guru tersebut tidak melakukan doa, absensi kehadiran, apersepsi, dan motivasi kepada anak sehingga anak-anak tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar.
dalam tayangan video ke 2 terlihat guru sudah cukup baik dalam membuka kegiatan belajar mengajar dikelas agar anak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar yaitu dengan melakukan ice breaking. guru juga menggunakan medie belajar yang tepat untuk materi matematika operasi penjumlahan dan pengurangan.
Dalam video diatas menjelaskan betapa pentingnya brain storming atau pemanasan sebelum memulai pembelajaran, hal ini sangat bermanfaat bagi siswa kelas rendah untuk menarik mereka pada materi pengajaran yang akan disampaikan nantinya. Hal yang mungkin bisa dilakukan oleh guru sebelum memulai pengajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran matematika yang disajikan pada video diatas adalah dengan mengajak siswa berpendapat atau memberikan pengalamannya belajar berhitung diluar kelas atau menanyakan hal yang berkaitan dengan matematika yang sudah mereka pelajari sebelum dimulainya pembelajaran di sekolah.
Dalam Video tersebut terdapat kelemahan yakni saat menjelaskan tentang materi pembelajaran yaitu tentang operasi penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan,dimana guru dalam menjelaskan materi terkesan terlalu cepat dan langsung dengan media tanpa menjelaskan dulu apa itu konsep pengurangan dan penjumlahan.
Nama : Maya Silvia Sahfitri
NIM : 859898454
menurut pendapat saya dari vidio yang kedua cara guru menarik perhatian siswa adalah melalui pembelajaran yang menarik. karena menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. misalnya tadi dengan bagaimana cara memulai pembelajaran, cara menyampaikan materinya pun juga sudah sesuai dengan siswa kelas rendah. kemudian media yang digunakan guru tersebut untuk pembelajaran matematika kelas rendah sangat menarik, sehingga siswa menjadi termotivasi untuk menghitung.
berbeda dengan vidio yang pertama, dari vidio yang pertama guru tudak mencerminkan cara berpakaian yang rapi, sehingga siswa kurang kondusif terhadap guru yang hadir. kemudian guru lupa melakukan kegiatan awal misalnya ice breaking dsb sehingga siswa menjadi tidak semangat atau tidak berminat untuk belajar.
Nama : Sintiya Larasaty Marpaung
Nim : 858048951
Setelah menonton video GPO pada terletak kekurangan dan kelebihan pada guru tersebut
• kekurangannya adalah guru tersebut tidak membuat hal menarik ketika masuk kelas sehingga siswa tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Selain itu sebagai guru di sekolah sebagai contoh yang baik kepada siswa dan di dalam video tersebut guru mengajar tidak menggunakan sepatu sehingga memberikan contoh yang tidak baik kepada siswa
• kelebihan dari vidio tersebut guru melibatkan siswa pada saat kegiatan pembelajaran dan melakukan metode tanya jawab selain itu guru di dalam Vidio tersebut juga melakukan ice breaking sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dan menggunakan jeruk sebagai media pembelajaran
NAMA :ELA DAHNIAR
NIM :855856345
1.reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut Memiliki keterampilan yang sangat baik untuk menarik perhatian siswa dalam belajar , hal yang membuat anak tertarik didalam video tersebut karena adanya alat media mngajar seperti memperlihatkan sebuah jeruk kepada siswa hal yang sangat penting bagi seorang guru Siswa kelas rendah biasanya memiliki tingkat perhatian yang lebih pendek dan energi yang tinggi, sehingga diperlukan strategi khusus untuk membuat pembelajaran efektif dan menarik bagi mereka. Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu seorang guru dalam menarik perhatian siswa kelas diantaranya: Gunakan Metode Pengajaran yang Interaktif: Pilih metode pengajaran yang melibatkan interaksi aktif dari siswa, seperti diskusi kelompok, permainan peran, simulasi, atau kegiatan praktis. Siswa cenderung lebih fokus dan tertarik ketika mereka terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran.Gunakan Multimedia dan Teknologi: Manfaatkan alat-alat multimedia seperti proyektor, video pendek, atau presentasi visual yang menarik untuk mendukung materi pembelajaran. Teknologi dapat membantu menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
2.kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut Kesulitan Beradaptasi dengan Kebutuhan Siswa: Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, serta kebutuhan dan minat yang unik. Seorang guru mungkin menghadapi kesulitan dalam menyusun strategi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan individu setiap siswa.Terkadang, kelemahan ini dapat diatasi melalui pelatihan lanjutan, pengembangan profesional, atau kolaborasi dengan rekan kerja dan staf sekolah. Penting bagi seorang guru untuk secara terus-menerus berupaya meningkatkan keterampilan dan kemampuannya agar dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi setiap siswa.
3..kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran didalam video tersebut ,guru dapat mengajarkan kepada siswa tentang bagaimana menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang.
4.hal -hal yang unik yang ditemukan dalam video tersebut sebelum memulai pelajaran guru mengajak siswa seperti bertepuk tangan ,dan berinteraksi kepada siswa seperti menanyakan kendaraan siswa saat menuju kesekoalh ,dan ketika memulai pelajaran guru tersebut menggunakan alat media seperti buah jeruk sehingga anak dapat tertarik terhadap pelajaran tersebut
5.upaya untuk meningkatkan kualitas Kegiatan pembelajaran berikutnya kita sebagai seorang guru harus dapat berperan aktif dalam mengajarkan anak-anak supaya siswa siswi tidak ribut di kelas yaitu guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik dan kemampuan siswa, baik menggunakan alat dan bahan untuk mendukung pembelajaran yang aktif di dalam kelasnya.
Nama : Fatma Rinjani
Nim : 856975415
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ :20/BANDAR LAMPUNG
1.Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
2. Kelemahan pembelajaran dalam video :
Kelemahan guru dalam pembelajaran pada video tersebut, antara lain:
– guru tidak memberikan salam terlebih dahulu;
– Guru tidak mengabsen kehadiran siswa
– Guru berpakaian / berpenampilan tidak rapi dan kurang menarik;
– guru memakai sendal bukan sepatu;
– guru langsung memberikan materi tanpa memberikan gambaran terhadap konsep materi itu;
3. Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut, yaitu
– Guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorisasi
– guru menggabungkan tepuk dengan materi;
– guru mengajak tanya jawab dengan siswa tentang materi hari itu;
– guru memberikan contoh pada siswa menggunakan benda nyata sehingga memberikan gambaran pada siswa;
4. Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
– guru memakai sandal bukan sepatu saat mengajar;
– guru menggunakan benda benda di sekitar sebagai contoh, misalnya jeruk
– guru menggunakan contoh lain sebagai gambaran materi berhitung, misalnya roda kendaraan bermotor
5. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
Materi Sesuai dengan perserta didik cukup.
Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Nama : Feronika Hutabarat
NIM : 877523967
UPBJJ : Medan
Judul video : Menarik Perhatian Siswa pada kelas 1 SD.
Dari hasil video tersebut, anak-anak kelas 1 adalah anak2 pada masa transisi atau peralihan. Disini, anak-anak kelas 1 pasti masih kebanyakan bermain daripada belajar.
Banyak cara yang bisa kita buat biar kelas bisa menjadi tenang di anak-anak kelas 1 mau belajar dan senang dalam belajar.
Pertama, dengan menyapa anak2 kita akan disenangi oleh anak2 tersebut. Contohnya mengucapakan kata selamat, absen nama dan bertanya kabar dengan anak-anak kelas 1.
Kedua, mari kita lakukan kegiatan belajar yang baik dengan cara jika selesai duluan pekerjaannya/tugasnya akan istirahat duluan. Kalau yang tidak berisik akan diberikan hadiah walaupun hanya permen 1 buah saja, dll yang bisa kita lakukan untuk mendekati anak-anak tersebut.
Ketiga, melakukan permainan seperti belajar sambil bermain (Contoh: lagi 2 mata say, hidung saya 1, 2 kaki saya pakai sepatu baru). Dalam lagu tersebut, kita akan bernyanyi bersama lalu sambil bertanya kepada anak-anak, ayo…ada berapa mata kita…..iya 2. Dan kita akan menyuruh anak-anak menulis, huruf apa yang kita dengar,,,d ( kata anak-anak), ayo kita sama-sama tulis huruf d. Begitulah seterusnya sampai laginya selesai.
Keempat, Kita membiasakan anak untuk berani mengeluarkan pendapat. Mengajarkan kejujuran dan disiplin. Jika salah kita sebagai pengajar akan bilang salah dan jika benar kita sebagai pendidik akan bilang benar.
Jika semuanya kita lakukan dengan hati pasti anak-anak akan senang dalam belajar.
Terimakasih
Nama : Eka Nur Aini
NIM : 855743028
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ-UT: Bandar Lampung
Dalam melakukan pembelajaran, harus melakukan persiapan yang baik. Baik dalam berpenampilan, menguasai materi, dan mempersiapkan teknik pembelajaran yang tepat.
Terdapat beberapa hal yang saya refleksi dari pembelajaran tersebut yaitu:
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
• pada saat guru akan masuk ke kelas, siswa tampak cuek, dan sibuk sendiri dengan teman sebangkunya.
• pada video selanjutnya pada saat pembelajaran murid tampak antusias dlm melakukan tanya jawab.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• dalam berpenampilan guru kurang rapi, tidak memakai sepatu serta pakaianya kurang rajin nampak ada sebagian baju yang lepas.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
• dalam memanfaatkan metode sudah tepat yaitu menggunakan alat peraga dan tanya jawab.
• guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan untuk menarik perhatian fokus murid.
4. Hal-hal unik apa saja yang di temukan dalam video tersebut?
• hal unik dari video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
• sebagai seorang pendidik dalam berpenampilan harus dalam keadaan rapi
• dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman.
• untuk membuat suasana tidak tegang harus ada ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar.
• dalam penggunaan media harus menggunakan alat atau bahan yang dapat ditemukan di lingkungan sekolah.