silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Guru berusaha memusat perhatian anak dengan mengajak dengan mereka bertepuk tangan dan melakukan apresiasi atau tepuk tangan, reaksi siswa di dalam kelas tampak cuek dan sibuk bermain sendiri atau dengan teman Sebangkunya, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk ke dalam kelas.
kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa mempelajari kondisi kelas sudah kondusif apa blm untuk menerima materi.
Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang di gunakan adalah alat peraga yang sudah familiar dengan siswa.
Ada beberapa Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk, buah yang sudah familiar sekali di lingkungan anak didik. Hal ini tentu memudah dalam memahami materi pembelajaran.
Sebagai seorang pendidik, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu untuk meningkatkan citra di depan siswa. Dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.Dengan membuat susana tidak terlalu tegang harus ada icebreaking dan apersepsi dalam proses belajar.
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Santiara
Nim: 855741056
Prodi: PGSD
Kelas : 6 C
UPBJJ: Bandar Lampung
Pokjar: Sidomulyo
Disini saya akan menganalisis video, Setelah saya menonton video (eksak) ini.
Dapat disimpulkan bahwa seorang guru harus lebih siap dalam menyiapkan bahan ajar agar siswa menjadi semangat dan antusias mendengar, menyimak dan memahaminya.
1. Reaksi siswa dalam video pembelajaran tersebut sangat tidak antusias menyimak, mendengarkan dan memahami.
2.Kelebihan dalam video terseýbut, ●kelebihan, seorang guru mengajar menggunakan bahan ajar dan alat2 yang mudah dipahami oleh siswa dalam berhitung.
3. Kelemahan didalam video tersebut,
●Kelamahan, seorang guru belum bisa memulai pembelajaran dengan stabil
●tidak ber’doa dan menanyakan kabar setiap siswa.
●tidak menjelaskan seperti apa materinya, yaitu materi penjumlahan dan pengurangan
●kurangny kesemangatan seorang guru.
●kurangnya kesiapan dalam mengajar, mulai dari kurangnya penampilan berpakaian rapih.
●tidak selalu memberikan arahan kepada siswa saat belajar, sehingga kelas menjadi ribut dan gaduh.
●Belum sepenuhnya melakukan ketertiban dikelas, sehingga masih ada siswa yang bermain dengan temen²nya dan ada yg kurang paham.
4. Peningkatan untuk kegiatan belajar berikutnya.
●seorang guru harus lebih siap dalam memulai pembelajaran, serta menyiapkan materi yang lebih terampil agar peserta didik tidak bosan dan jenuh.
Mungkin itu tadi analisis yang telah saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf
Waassalamualaikum wr.wb
NAMA : NADIA MARETA
NIM. : 858071374
POKJAR : MEMPAWAH
1.Reaksi anak saat guru mulai masuk ke kelas dan menyapa siswa ada yg sebagian memperhatikan dan memberikan respon dan ada juga yg tidak memperdulikan sama sekali.
2. Kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran adalah saat masuk ke kelas adalah tidak menggunakan pakaian yg rapi seperti yg di gambarkan di video seorang guru hanya menggunakan sandal saat mengajar dan tidak terampil dalam menarik perhatian siswa sehingga hanya ada sebagian anak yg memperhatikan pelajaran dan tidak menegur siswa yg bercanda gurau di kelas.
3.Kelebihan guru saat melakukan pembelajaran adalah belajar menjumlahkan bilangan dengan membawa media pembelajaran seperti buah jeruk sehingga anak bisa langsung melakukan penjumlahan tersebut dan mudah untuk di pahami.
4.Hal unik yg ditemukan saat guru melakukan pembelajaran adalah guru sangat ramah saat pembelajaran akan tetapi guru hanya masuk ke kelas dengan menggunakan sandal dan saat guru menyapa hanya sebagian siswa yg merespon.
5.Upaya untuk meningkatkan pembelajaran dikelas adalah
-mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang
-beri penguatan ketika mereka memberi respon apa yg kita contohkan
-siswa diminta untuk menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat benda yg ditemukannya itu
-lebih perhatian kepada siswa dan bisa menarik perhatian mereka dengan ekspresi mimik yg ceria
Nama : Risa Bella Susanti
Nim : 856817948
Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Jawab : Guru berusaha memusat perhatian anak dengan mengajak mereka bertepuk tangan dan melakukan apresiasi atau tepuk tangan, reaksi siswa di dalam kelas tampak cuek dan sibuk bermain sendiri atau dengan teman Sebangkunya, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk ke dalam kelas. kelemahan guru dalam melakukan yaitu pembelajaran guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa mempelajari kondisi kelas sudah kondusif apa blm untuk menerima materi. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang di gunakan adalah alat peraga yang sudah familiar dengan siswa. Ada beberapa Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk, buah yang sudah familiar sekali di lingkungan anak didik. Hal ini tentu memudah dalam memahami materi pembelajaran. Sebagai seorang pendidik, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu untuk meningkatkan citra di depan siswa. Dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.Dengan membuat susana tidak terlalu tegang harus ada icebreaking dan apersepsi dalam proses belajar.
Nama mahasiswa/Nim : INDAH PURNAMA SARI/855864518
Semester (Kelas) : 6-A
Pokjar : Sei Balai, Batu Bara
UPBJJ/Podi : Medan/ S1-PGSD
Judul Video : Menarik perhatian siswa (Matematika)
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Mohon izin menanggapi video yang saya tonton.
Video 1
Pertama dalam pembukaan dan pada saat baru masuk kelas bapak guru ketika mengucapkan salam masih kurang dalam menguasai keterampilan uuntuk menghidupkan suasana yang dapat menarik perhatian anak,harusnya selain menyiapkan pembelajaran bapak guru juga menyiapkan anak didik agar lebih kondusif lagii sehiingga murid dapat menjawab salam guru, selain itu bapak guru juga tidak bertegur sapa kepada anak didiknya,lain halnya misalkan dengan menanyakan kabar,kehadiran siswa atau berdoa terlebih dahulu bukannya siswa langsung disuruh buka buku dan harusnya dijelaskan teerlebih dahulu bagaimana cara berhitung atau konsep ” bertambah dan berkurang.Kemudian dalam berpakaian, kurangnya kerapian serta kedisiplinan guru dalam menggunakan atribut pakaian.Haruusnya sebagai seorang guru kita menjadi contoh yang bagus untuk anak didik apalagi anak SD kelas 1 yang masih sangat membutuhkan perhatian tentang kerapian dan kedisiplinan pakaia, karena hal itu juga sangat berpengaruh dalam proses belajar dan mengajar.
Video ke 2
Pada video ini guru sudah berpakaian rapi dan sudah berusaha untuk mengkondusifkan murid dengan cara melakukan ice breaking seperti divideo dengan menggunakan alat praga buah jeruk,dan ban mobil/motor (guru mengajak siswa berhitung untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada dikehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitar dan guru memberikan penguatan atau ksempatan tanya jawab kepada siswa.)
Jadi,dapat disimpulkan jadilah seorang guru yang kreatif,dan haruus bisa berperan lebih aktif dalam proses belajar mengajar anak didik agar anak dapat mengikuuti proses pembelajaran dengan kondusif dan nyaman.Dan dalam peenggunaan meedia pembelajaran sudah sangat bagus.
Nama mahasiswa/Nim : INDAH PURNAMA SARI/855864518
Semester (Kelas) : 6-A
Pokjar : Sei Balai, Batu Bara
UPBJJ/Podi : Medan/ S1-PGSD
Judul Video : Menarik perhatian siswa (Matematika)
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Mohon izin menanggapi video yang saya tonton.
Video 1
Pertama dalam pembukaan dan pada saat baru masuk kelas bapak guru ketika mengucapkan salam masih kurang dalam menguasai keterampilan uuntuk menghidupkan suasana yang dapat menarik perhatian anak,harusnya selain menyiapkan pembelajaran bapak guru juga menyiapkan anak didik agar lebih kondusif lagii sehiingga murid dapat menjawab salam guru, selain itu bapak guru juga tidak bertegur sapa kepada anak didiknya,lain halnya misalkan dengan menanyakan kabar,kehadiran siswa atau berdoa terlebih dahulu bukannya siswa langsung disuruh buka buku dan harusnya dijelaskan teerlebih dahulu bagaimana cara berhitung atau konsep ” bertambah dan berkurang.Kemudian dalam berpakaian, kurangnya kerapian serta kedisiplinan guru dalam menggunakan atribut pakaian.Haruusnya sebagai seorang guru kita menjadi contoh yang bagus untuk anak didik apalagi anak SD kelas 1 yang masih sangat membutuhkan perhatian tentang kerapian dan kedisiplinan pakaia, karena hal itu juga sangat berpengaruh dalam proses belajar dan mengajar.
Video ke 2
Pada video ini guru sudah berpakaian rapi dan sudah berusaha untuk mengkondusifkan murid dengan cara melakukan ice breaking seperti divideo dengan menggunakan alat praga buah jeruk,dan ban mobil/motor (guru mengajak siswa berhitung untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada dikehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitar dan guru memberikan penguatan atau ksempatan tanya jawab kepada siswa.)
Jadi,dapat disimpulkan jadilah seorang guru yang kreatif,dan haruus bisa berperan lebih aktif dalam proses belajar mengajar anak didik agar anak dapat mengikuuti proses pembelajaran dengan kondusif dan nyaman.Dan dalam peenggunaan meedia pembelajaran sudah sangat bagus.
Teriimakasih
Nama : Khairunnisa
Nim : 858072559
Prodi : PGSD
menurut saya guru harus memiliki keterampilan dalam mengajar, bagaimana guru dapat berperan aktif dalam mengajarkan murid-murid agar tidak ribut dikelas dan membuat suasana lebih menyenangkan dan tidak terlalu kaku atau monoton. guru juga dituntut untuk kreataif dalam membuka pelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam belajar.
Nama: maya sopiah
Nim. : 856469589
Upbjj : Pekanbaru
Menurut pendapat saya tentang vidio tersebut guru harus melakukan cara sebagai berikut;
1. Mengajak siswa mengeksplorasikan dan memahami konsep dengan cara membilang atau menghitung ini bisa membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik dan membuat mereka lebih terlibat dalam proses belajar
2. Memberikan penguatan ketika memberikan respon contoh nya guru harus memotivasi siswa untuk lebih berpatisipasi dan memberikan respon yang lebih baik ke pada siswa
3. Guru meminta untuk menemukan benda lai yang relevan dengan pelajaran dan menceritakan kepada siswa di dalam kelas bisa membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik telibat dalam proses pembelajaran
Salam…
Nama: Friska Situmorang
NIM : 855864367
Menurut pendapat saya video ini adalah situasi yang memperlihatkan seorang guru yang berusaha mengambil alih perhatian siswa dan membuat pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dalam video tersebut menurut saya seorang guru memang harus memiliki keterampilan menarik perhatian siswa. Kelebihan dalam video tersebut adalah guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan kelemahannya adalah guru lupa melakukan kegiatan awal.
Nama : Radiatul Syafa’ah
NIM : 825993211
UPBJJ : UT Palangka Raya
Hasil analisis terhadap video pembelajaran diatas, dapat saya simpulkan bahwa video tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan.
Kelemahan yang ada pada video pembelajaran yaitu guru kurang bisa mengkondisikan kelas yang ramai. Terlihat bahwa guru sudah berada dalam kelas akan tetapi siswa masih asyik berbicara. Pada kegiatan pembuka juga tidak ada do’a, absensi, serta motivasi untuk memulai proses pembelajaran. Kegiatan menyenangkan seperti menyanyi ataupun ice breaking pun tidak dilaksanakan sehingga terlihat dengan jelas bahwa siswa tidak semangat dan tidak tertarik untuk belajar. Proses pembelajaran langsung dimulai ke kegiatan inti yaitu proses penyampaian materi pelajaran.
Kelebihan yang ada pada video pembelajaran yaitu walaupun di awal masuk guru tidak bisa mengkondisikan kelas agar kondusif, akan tetapi setelah itu guru menggunakan strategi lain untuk memusatkan perhatian siswa. Guru melakukan ice breaking tepuk sehingga siswa dapat fokus memperhatikan guru. Pada proses pembelajaran juga guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk untuk menyampaikan materi bilangan. Dengan adanya buah jeruk tersebut siswa dapat lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung.