silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. NAMA:MERLIATI PASARIBU
    NIM:856089027
    UPBJJ:TOBASA
    kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada vidio pertama yang saya amati:
    – Pada saat guru akan masuk ke kelas reaksi siswa di dalam kelas tampak cuek dan sibuk bermain sendiri atau dengan teman Sebangkunya, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk ke dalam kelas.
    Pada vidio kedua yang saya amati:
    – Pada saat guru tersebut sudah masuk berusaha memusatkan perhatian murid dengan mengajak mereka bertepuk tangan dan melakukan apresiasi atau tepuk tangan.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Sisi kelemahan guru pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang tidak rapi dan hanya memakai sendal akan menurunkan wibawa seorang pengajar.
    – Hal lain kelemahan guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa mempelajari kondisi kelas sudah kondusif apa blm untuk menerima materi.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Kelebihan guru di video selanjutnya, yaitu guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang di gunakan adalah alat peraga yang sudah familiar dengan siswa.
    – Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid supaya mereka fokus untuk belajar.

    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -Ada beberapa Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk, buah yang sudah familiar sekali di lingkungan anak didik. Hal ini tentu mepemudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Sebagai seorang pendidik, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu untuk meningkatkan image di depan siswa. – – – Dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.
    – Untuk membuat susana tidak terlalu tegang harusnya ada ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar.

    Terima kasih.

  2. Nama : Melly Nursyawalia
    NIM : 859403874
    UPBJJ : Makassar
    Prodi : S1-PGSD
    Tutor : Unga Utami, S.Pd., M.Pd

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab : Reaksi anak pada video adalah awalnya murid sangat berisik dan tidak memperhatikan guru yang sedang berada di depan kelas hal tersebut disebabkan oleh pada usia siswa tersebut memang dibutuhkan perhatian khusus untuk menarik perhatian mereka yaitu dengan cara yang dilakukan guru dengan mengajak siswa untuk bertepuk tangan dan guru mengajak siswa untuk berinteraksi, bereksplorasi dengan pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan tujuan agar siswa memperhatikan guru sehingga muncullah minat mereka untuk aktif di dalam kelas.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : Di dalam video tersebut kelemahan yang ditunjukkan guru adalah tidak menjelaskan tentang pelajaran apa yang sedang dipelajari, guru yang langsung melemparkan pertanyaan kepada siswanya.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : Kelebihan yang ditunjukkan oleh guru dalam melakukan pembelajaran pada video adalah yaitu guru sangat lihai untuk mengelola kelas dengan cara menarik perhatian siswa sehingga siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut merupakan kunci agar kelas menjadi kondusif sehingga materi dapat disampaikan secara baik.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab : Yaitu saat guru mengaitkan pelajaran dengan benda-benda yang sudah dikenal oleh siswa, seperti jumlah ban motor atau ban mobil yang mampu mereka jawab dengan akurat, serta di dalam pembelajaran tersebut guru membawa atau menggunakan media sederhana untuk melakukan perhitungan.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab : Setelah memperhatiakn kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada pada video, hal yang dapat saya usulkan yaitu untuk tetap mempertahankan cara tersebut dalam menarik perhatian siswa, karena terbukti efisien mengajak siswa untuk mengalihkan perhatian dengan bertepuk tangan lalu memberikan pertanyaan sederhana mengenai pelajaran yang akan diajarkan.

  3. Nama : Ita Romadhoni Putri
    NIM : 857112373
    Prodi : PGSD S1

    Menurut saya dari video yang saya lihat bahwa penampilan seorang guru sangat penting untuk diperhatikan, karena peserta didik akan merasa tertarik ketika melihat penampilan seorang guru.
    Dari metode pembelajaran yang disampaikan kurang penjelasan tentang bilangan dan cara menghitung dasar. Peserta didik akan merasa kesulitan jika dasar-dasarnya tidak dijelaskan dengan baik dan benar.

  4. pada video yang kedua guru sudah mencerminkan berpakaian rapih kepada siswa. guru juga sudah melakukan ice breaking di awal memasukin pembelajaran dengan contoh kehidupan sehari-hari seperti buah, ban motor, dan ban mobil. guru sudah melakukan refleksi soal-soal dengan murid.
    kesimpulan bahwa kita sebagai seorang guru harus dapat berperan aktif dalam mengajarkan anak-anak supaya siswa siswi tidak ribut di kelas yaitu guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik dan kemampuan siswa, baik menggunakan alat dan bahan untuk mendukung pembelajaran yang aktif di dalam kelasnya.

  5. guru juga tidak berpenampilan menarik, sehingga siswa kurang memperhatikanya dan kurang berwibawa jadi seorang guru, jadi seorang guru seharusnya datang di dalam kelas dengan wajah yang ceria dan bisa mencari perhatian dari siswa, di dalam video tersebut sehrusnya guru dalam mengajar matematka kelas 1 sd mempunya media yang dapat mencari perhatian anak dalam pelajaran penguranhan dan penjumlahan pelajaran matemtika, agar siswa bisa menerima materi itu dengan baik, untuk kegiatan penutup seharusnya guru merefleksi siswa dan memberikan pekerjaan rumah agar siswa lebih paham dengan materi yang disampaikan tadi, untuk pentutup guru belum menerapkan salam.

  6. Nama : Yunita Wulandari
    Nim : 857132368
    Upbjj Jakarta

    Secara umum tujuan dari menarik perhatian siswa dalam pembelajaran adalah membantu siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru sedangkan secara khusus menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dengan tujuan.
    1. Agar perhatian siswa terpusat pada tujuan atau kompetensi pembelajaran yang akan dicapai
    2. Merangsang keingintahuan siswa pada topik atau materi yang disampaikan guru

  7. Nama : Yunita Wulandari
    Nim : 857132368
    Upbjj Jakarta

    Secara umum tujuan dari menarik perhatian siswa dalam pembelajaran adalah membantu siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru sedangkan secara khusus menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dengan tujuan.
    1. Agar perhatian siswa terpusat pada tujuan atau kompetensi pembelajaran yang akan dicapai
    2. Merangsang keingintahuan siswa pada topik atau materi yang disampaikan guru

    Maka dari itu pentingnya menarik perhatian siswa serta guru harus menemukan upaya apa yang harus dilakukan agar perhatian siswa selalu tertuju kepada guru saat pembelajaran

  8. Nama : Sri Ariska
    Nim : 855863358
    UPBJJ : Medan

    Video menarik perhatian siswa.
    Dari video yang saya lihat, terdapat 2 pandangan yang dihasilkan.
    Pandangan 1 :
    Dengan penampilan guru yg acak2 siswa tidak begitu menarik menyambut guru yg datang.
    Pandangan 2 :
    Penampilan guru yang menarik akan menambah minat siswa untuk menyambut ataupun menarik minat belajar siswa.
    Setelah melihat pandangan 1 dan pandangan 2 dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Sebagai seorang pendidik, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu untuk meningkatkan image di depan siswa.
    2. Dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.
    3. Untuk membuat susana tidak terlalu tegang harusnya ada ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar.
    4. Sedangkan media pembelajaran harus bisa memanfaatkan alat atau bahan lain yang dapat kita temukan dilingkungan sekolah kita. Tidak hanya bergantung pada buku saja.
    Jadi dari video yang saya amati terdapat 2 perbedaan pandangan.

  9. Nama : Siti Ayu Setianingsih
    NIM : 857249381
    Dari video tersebut saya jadi tahu bagaimana cara menghadapi situasi yang sama ketika didalam kelas. Video tersebut sangat membantu tentunya untuk menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sebagai guru tentu punya cara tersendiri dalam menarik perhatian siswa agar mau mengikuti pembelajaran. Saran saya pembawaan guru haruslah lebih semangat, agar hal positif tersebut bisa membangkitkan semangat siswa

  10. Nama : Oktariyana
    Nim : 857005372
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Pokjar : Sidomulyo

    1.Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
    1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
    2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
    3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

    2. Kelemahan pembelajaran dalam video :
    Kelemahan guru dalam pembelajaran pada video tersebut, antara lain:
    – guru tidak memberikan salam terlebih dahulu;
    – Guru tidak mengabsen kehadiran siswa
    – Guru berpakaian / berpenampilan tidak rapi dan kurang menarik;
    – guru memakai sendal bukan sepatu;
    – guru langsung memberikan materi tanpa memberikan gambaran terhadap konsep materi itu;

    3. Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut, yaitu
    – Guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorisasi
    – guru menggabungkan tepuk dengan materi;
    – guru mengajak tanya jawab dengan siswa tentang materi hari itu;
    – guru memberikan contoh pada siswa menggunakan benda nyata sehingga memberikan gambaran pada siswa;

    4. Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
    – guru memakai sandal bukan sepatu saat mengajar;
    – guru menggunakan benda benda di sekitar sebagai contoh, misalnya jeruk
    – guru menggunakan contoh lain sebagai gambaran materi berhitung, misalnya roda kendaraan bermotor

    5. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
     Materi Sesuai dengan perserta didik cukup.
     Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Leave a Reply