silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Mardiah Alfiaturrohmah
    NIM : 858525217
    UPBJJ: Semarang
    Pokjar: Boja
    Assalamualaikum wr. Wb
    Izin menanggapi:
    1. Reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak-anak lebih tertarik belajar apabila guru bisa menarik perhatian siswa, memberikan contoh benda-benda kongrit dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak lebih menyukai kegiatan praktek terlibat langsung dengan lingkungan.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran adalah tidak menggunakan media seperti visual, audio atau visual audio dan kurang melakukan variasi.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru menggunakan media misalnya media visual yaitu gambar dengan menghitung buah apel disebuah poster.
    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari seorang guru saat melakukan pembelajaran yaitu membawa alat peraga contoh pelajaran berhitung guru membawa buah jeruk 🍊
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video yaitu guru menggunakan media atau alat peraga agar dapat menarik perhatian siswa.
    Sekian
    Terimakasih
    Waalaikumussalam wr.wb

  2. Nama : Randa Nurprida Simbolon
    Nim : 856056939
    Pokjar : Dairi
    UPBJJ : Medan

    Analisis=>
    Video ini menunjukkan bagaimana seorang guru yang berusaha menarik perhatian dan minat siswa-siswi nya sebelum memulai pelajaran mengenai penjumlahan dan pengurangan. Dalam video ini dapat kita lihat bahwa cara guru untuk menarik perhatian siswa sudah terbilang bagus, dimana guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi bilangang, memberi semangat dan dorongan, respons yang baik, dan sebagainya. Akan tetapi, agar pembelajaran lebih efektif, ada baiknya guru lebih mengutamakan apersepsi atau ice breaking pembuka dan penutup kelas, agar siswa dapat lebih fokus dan semangat, serta dapat mengurangi rasa bosan, malas, lelah, atau rasa ngantuk dari siswa nya. Akan tetapi, jika dilihat dari segi metode pembelajaran nya sudah bagus dan tepat. Guru memilih metode yang dapat melibatkan siswa secara aktif, salah satunya tanya jawab yang mana seluruh siswa ikut berpartisipasi.
    Demikian lah analisis saya terhadap video tentang menarik perhatian siswa ini. Terima kasih

  3. Nama : Deva Ramadani Siregar
    Nim : 856024394
    Pokjar : Labusel
    Prodi : PGSD -S1
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik ym-an yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran.
    Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran

  4. Nama : Deva Ramadani Siregar
    Nim : 856024394
    Pokjar : Labusel
    Prodi : PGSD -S1

    Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik ym-an yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran.
    Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran

  5. Nama : Ismi Kuntum Mul Hasanah
    NIM : 856982775
    Pokjar : Bumi Ratu Nuban
    UPBJJ : Bandar Lampung
    video di atas berisikan seorang guru yang sedang menarik perhatian siswa, ada beberapa hal yang dilakukan pak guru :
    1. mengajak siswa untuk bermaian dengan cara membilang
    2. memebrikan respon yang sangat baik .kepada anak ketika mampu menjawab
    pendapat saya tentang video di atas adalah pentingnya seorang guru menarik perhatian siswa dengan cara permainan tanya jawab di awal proses pembelajaran agar tetap fokus dalam pelajaran, tidak membuat siswa menjadi kaku katika belajar, membuat ssiswa mencintai pelajaran matematika.

  6. Assalamualaikum wr wb
    NAMA : SRI PANI FEBRIANTI
    NIM : 858071421
    POKJAR : MEMPAWAH
    Setelah saya melihat video tersebut hingga selesai maka menurut analisis saya bahwasanya guru harus bisa menarik perhatian siswa untuk belajar, apalagi jika guru tersebut mengajar di kelas rendah seperti kelas 1 SD yang dimana kelas tersebut merupakan kelas transisi atau peralihan oleh karena itu dalam KBM harus memperhatikan aspek psikologis serta minat anak. Terdapat dalam video tersebut seorang guru pada durasi video awal terlihat berpenampilan tidak rapi layaknya kesiapan seorang pendidik itu untuk memberikan ilmu, mengajarkan pengetahuan kepada para peserta didik. Dikhawatirkan jika demikian bisa saja pelajaran tersebut oleh guru demikian kurang memunculkan motivasi atau keinginan belajar bagi murid. Karena seorang pendidik alangkah baiknya juga memperhatikan penampilan saat hendak melakukan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ).

  7. Beti Wahyuning Tyas
    858572699
    UPBJJ Malang
    •Pada pendahuluan seharusnya guru menjelaskan konsep penjumlahan dan pengurangan
    •media yang digunakan sudah tepat hanya saja guru kurang melibatkan murid dalam pembelajaran
    • pada awal pembelajaran seharusnya guru melakukan apersepsi agar siswa lebih siap dalam mengikuti pelajaran
    • materi yang diajarkan sesuai dengan kemampuan anak dan kurikulum
    • saya melihat dalam video cara guru berpakaian kurang rapi dan hanya memakai sendal. Seharusnya guru berpakaian rapi dan menggunakan metode yang tepat supaya lebih berhasil dalam pembelajaran.

    Sekian dan terimakasih

  8. Nama: Wike Nurfalah
    Nim: 856233584
    Prodi: PGSD S1
    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Berdasarkan video tersebut dapat kita lihat diawal video ketika guru hanya memberi salam mereka tidak mendengarkan apa yang dikatakan guru tersebut, namun dilanjutan video guru tersebut memberikan metode pembelajaran yang berbeda “ice breaking” agar menciptakan suasana yang lebih efektif.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    dalam video tersebut terlihat guru kesulitan dalam menghadapi dan mengelola perilaku kelas yang tidak terkendali, yang dapat mengganggu proses pembelajaran bagi siswa yang lain.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Dengan mengajak siswa untuk terlibat secara aktif sejak awal pembelajaran, guru dapat menciptakan suasana yang memungkinkan siswa merasa tertarik dan terlibat dalam proses belajar.
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Dengan memberikan penguatan positif terhadap respons siswa, guru dapat membangun hubungan yang kuat antara siswa dan materi pelajaran, serta antara siswa dan guru.
    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Pertama, Penyusunan Rencana Pembelajaran yang Komprehensif: Guru dapat mempersiapkan rencana pembelajaran yang terstruktur dengan baik, mencakup tujuan pembelajaran yang jelas, strategi pengajaran yang beragam, dan evaluasi yang sesuai.
    Kedua, Dukungan untuk Keterlibatan Siswa: Memberikan dukungan kepada siswa untuk terlibat dalam pembelajaran, seperti memberikan umpan balik positif, mendorong kolaborasi antar siswa, dan menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan mendukung.
    Ketiga, Pendekatan Diferensiasi Pembelajaran: Mengakui keberagaman dalam gaya belajar dan kebutuhan siswa, serta menyediakan diferensiasi dalam instruksi dan penilaian, dapat membantu semua siswa meraih keberhasilan dalam pembelajaran.

  9. Nama : Sinta Ayu
    NIM : 857319384
    UPBJJ : Bogor

    Setelah melihat dan mengamati video yang berjudul “Menarik Perhatian Siswa”, bahwa pentingnya seorang guru untuk melakukan beberapa langkah agar siswa aktif dan tertarik dalam pembelajaran berlangsung,, yaitu diantaranya:
    1. memakai pakaian rapi dan sopan, karena guru adalah panutan bagi siswa
    2. ketika memasuki ruang kelas, guru menyapa siswa dengan semangat
    3. memberi ice breaking agar siswa bersemangat dan tertarik
    4. memberi stimulus berupa pertanyaan berdasarkan materi yang akan diajarkan
    5. pada saat pemberian materi, pentingnya menggunakan media konkret agar menarik perhatian siswa
    6. menggunakan metode pembelajaran yang menarik siswa untuk aktif dan kooperatif

  10. Nama : Swisti hutabalian
    Nim : 855856811
    Matkul :Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Pokjar : Tobasa
    UPBJJ : Medan

    Dari vidio tersebut kita belajar pentingnya penarikan perhatian siswa sebelum memulai pembelajaran ,karena dengan begitu kita mempersiapkan mental siswa untuk pembelajaran yang akan kita bawakan.Dengan cara guru mempersiapkan diri dengan baik dari penampilan ,sapaan dan senyum bersahabat.Dan juga dari vidio tersebut saya belajar untuk menarik perhatian siswa perlu membawa alat peraga sesuai materi pembelajaran yang kita bawakan .

Leave a Reply