silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Syarafina Nurulizzah Suparman
NIM : 857317785
Video tersebut adalah video pembelajaran mata pelajaran matematika tentang bilangan.
Kekurangannya :
Guru menggunkan sandal, tidak memberi salam ketika masuk kelas karena itu adalah salah satu adab masuk kelas, tidak kondusifnya kelas, model pembelajaran masih pasif
Kelebihannya :
Guru mengucap salam, adanya ice breaking sblm belajar, menggunakan media pembelajaran (jeruk) , kelas terlihat kondusif dan aktif
NAMA : MULIA AMBARWATI
NIM : 856997854
SEMESTER : 8
POKJAR : SALUT HMPTI UNIT 2
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
1. Berdasarkan pengamatan /analisis pada saat saya melihat ke dua video GPO tersebut adalah
Pada video pertama diawal pembelajaran susana kelas masih tetap gaduh dan siswa masih belum memperhatikan.
Dan pada video kedua, siswa memperhatikan gurunya pada saat pembelajaran.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajar adalah
– Penampilan guru kurang rapih (guru tidak memakai sepatu, tetapi memakai sandal.
Pakaiannya kurang rapih, ada baju yang keluar)
– Guru belum menguasai apersepsi dalam membuka suatu pelajaran secara baik dan benar.
– Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa pada kegiatan pendahuluan.
– Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materinya (konsep bertambah dan berkurang).
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah
– Guru sudah menggunakan media / alat peraga pembelajaran yang tepat, yaitu media/alat peraga yang tidak rumit sehingga memudahkan siswa dalam memahami penjelasan yang diberikan oleh gurunya dan anak-anak menjadi sangat senang. (alat peraganya menggunakan buah/barang yang ada di lingkungan kelas/sekolah)
– Metode yang digunakan sudah tepat (metode tanya jawab dan demonstrasi)
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah
– Guru menyiapkan media yang menarik secara nyata saat pembelajaran dilaksanakan seperti yang dilakukan guru tersebut yaitu berhitung menggunakan buah jeruk dan mengajak siswanya bereksplorasi dengan cara berhitung menggunakan buah jeruk tersebut. Sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan tidak bosan.
– Terdapat beberapa humor/jawaban lucu dari siswa menjadikan suasana pembelajaran menjadi semakin menarik.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, Guru harus lebih baik dan menarik dalam berpenampilannya (berpenampilan yang rapih) serta memiliki ekspresi ceria dan bahagia, guru harus membuka pelajaran dengan cara melakukan apersepsi, ice breaking serta motivasi penguatan yang tepat sesuai materi yang akan disampaikan agar siswa lebih siap dan bersemangat untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan. Disamping itu juga, guru juga sebaiknya menjelaskan materinya terlebih dahulu dan metode yang digunakan itu menggunakan metode alam yang ada di sekitar lingkungan sekolah serta banyak melibatkan siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dan pembelajaran menjadi menyenangkan
Nama : Alifia Sabrina
NIM : 859406633
UPBJJ : UT Makassar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Setelah menonton video ” menarik perhatian siswa ” tersebut terdapat beberapa poin penting yaitu :
Reaksi anak/siswa sudah bagus semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
Namun, secara keseluruhan masih ada kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
Dalam mengawali pembelajaran guru tersebut tidak melakukan apersepsi (mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari) yang termasuk bagian penting dalam format RPP.
Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep bertambah dan berkurang karena terkadang masih ada murid yang sulit untuk mengerti.
Adapun penampilan guru tersebut yang kurang rapih karena tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal. Di samping itu pakaiannya juga kurang rapih seperti pada guru tersebut nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sehingga tidak mencerminkan seorang guru yang baik.
Selain itu, secara keseluruhan juga terdapat kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi
Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu :
Karena dalam penyampaian materi guru tersebut tidak memfokuskan hanya pada materinya saja tetapi juga menyisipkan humor sehingga pembelajaran menjadi tidak terlalu kaku dan terlalu serius.
Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
Sebaiknya menggunakan metode dan teknik mengajar yang bervariasi sehingga bisa lebih membangkitkan motivasi belajar peserta didik dan tidak bosan.
Sekian,
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Mesraniat Zebua
NIM : 855853697
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Idanogawo
Selamat malam bapak ibu, dalam forum ini saya mencoba memberi tanggapan di video di atas tentang Menarik Perhatian Siswa. Menarik perhatian siswa adalah suatu kegiatan awal pembelajaran yang sangat penting sebelum masuk pada pembelajaran inti. Seperti pada video tersebut seorang pak guru yang mencoba menyapa anak-anak yang dalam keadaan ribut, Anak-anak tersebut tidak menyahuti sapaan dari pak guru dikarenakan kondisi kelas yang sedang tidak kondusif. Dari hal tersebut seorang guru harus memperhatikan situasi kelas atau keadaan kelas sebelum melakukan pembelajaran. Dalam video tersebut juga kita melihat bahwa pak guru yang sedang mengajar dalam ruangan tersebut tidak menggunakan pakaian yang rapi. Kerapian seorang guru juga sangatlah mempengaruhi perhatian siswa saat belajar. Seorang guru bukanlah dia yang hanya materi, baca tulis saja namun seorang guru adalah dia yang layak dicontoh baik oleh murid atau siswa. Namun, dalam video tersebut kita melihat bahwa pak guru tersebut tidak mengenakan pakaian yang baik dan tidak mengenakan sepatu.
Dalam lanjutan video tersebut kita juga bisa melihat bahwa menggunakan perangkat pembelajaran bagi siswa kelas 1 adalah suatu kegiatan pembelajaran yang sangat efektif dan dapat menarik perhatian siswa.
Selain dari pada itu juga memberikan umpan balik bagi siswa atau pertanyaan bagi siswa serta mendengarkan hal yang perlu disampaikan oleh siswa juga merupakan kegiatan pembelajaran yang baik untuk dilaksanakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Nama : Beniswan Putra Zai
Nim : 855862062
Prodi : PGSD – S1
Pokjar : Idanogawo
Selamat malam bapak/ibu yang ada dalam forum ini, saya coba memberikan tanggapan berdasarkan video diatas :
Kondisi kelas diawal guru masuk sangat gaduh dengan kebisingan yang ditimbulkan oleh siswa, siswa juga sangat asik sendiri dengan kegaduhannya sehingga tidak memperhatikan guru yang masuk.
solusinya :
Berdasarkan hal tersebut, guru pun menyikapi peristiwa yang terjadi dengan cara menyapa dan mengajak siswa berkomunikasi dengan metode yang berbeda, yakni: guru mengajak siswa berkomunikasi dengan sapaan sambil diiringi tepuk tangan untuk memfokuskan siswa pada guru tersebut. Selanjutnya guru menyampaikan materi dengan media yang konkrit dimana siswa dapat melihat wujud nyata benda dan jumlah dari pengurangan media tersebut.
Nama : BENISWAN PUTRA ZAI
Nama : Beniswan Putra Zai
Nim : 855862062
Prodi : PGSD – S1
Pokjar : Idanogawo
Selamat malam bapak/ibu yang ada dalam forum ini, saya coba memberikan tanggapan berdasarkan video diatas :
Kondisi kelas diawal guru masuk sangat gaduh dengan kebisingan yang ditimbulkan oleh siswa, siswa juga sangat asik sendiri dengan kegaduhannya sehingga tidak memperhatikan guru yang masuk.
Solusinya :
Berdasarkan hal tersebut, guru pun menyikapi peristiwa yang terjadi dengan cara menyapa dan mengajak siswa berkomunikasi dengan metode yang berbeda, yakni: guru mengajak siswa dengan sapaan sambil diiringi tepuk tangan untuk memfokuskan siswa pada guru tersebut. Selanjutnya guru menyampaikan materi dengan media yang konkrit dimana siswa dapat melihat wujud nyata benda dan jumlah pengurangan dari media tersebut.
Nama : Alifia Sabrina
NIM : 859406633
UPBJJ : UT Makassar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Setelah menonton video ” menarik perhatian siswa ” tersebut terdapat beberapa poin penting yaitu :
Reaksi anak/siswa sudah bagus semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
Namun, secara keseluruhan masih ada kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
Dalam mengawali pembelajaran guru tersebut tidak melakukan apersepsi (mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari) yang termasuk bagian penting dalam format RPP.
Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep bertambah dan berkurang karena terkadang masih ada murid yang sulit untuk mengerti.
Adapun penampilan guru tersebut yang kurang rapih karena tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal. Di samping itu pakaiannya juga kurang rapih seperti pada guru tersebut nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sehingga tidak mencerminkan seorang guru yang baik.
Selain itu, secara keseluruhan juga terdapat kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu :
Karena dalam penyampaian materi guru tersebut tidak memfokuskan hanya pada materinya saja tetapi juga menyisipkan humor sehingga pembelajaran menjadi tidak terlalu kaku dan terlalu serius.
Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
Sebaiknya menggunakan metode dan teknik mengajar yang bervariasi sehingga bisa lebih membangkitkan motivasi belajar peserta didik dan tidak bosan.
Sekian,
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Zulaikha Intan Ayu Wulandari
NIM: 857132415
UPBJJ-UT Jakarta
Izin menanggapi video…
Dalam video merupakan upaya guru dalam menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Kelemahan guru dalam video yaitu tidak menggunakan pakaian yang rapih dan menggunakan sandal, tidak adanya ketegasan dan kegiatan pendahuluan sehingga menciptalan kelas yang tidak kondusif.
Upaya dalam menarik perhatian siswa dalam memperhatikan pembelajaran dengan berpenampilan yang rapih dan berekspresi senyum atau menyenangkan. Masuk kelas dengan mengawali kegiatan pendahuluan seperti salam, berdoa, menyapa dan melakukan apersepsi serta ice breaking sehingga anak anak siap untuk belajar. Guru memberikan pertanyaan pemantik sebelum memberikan konsep matematika. Guru membawa alat peraga seperti buah untuk menyampaikan materi matematika sehingga pembelajran memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa.
Nama : Julia Hikmah
NIM : 855860194
video ini menunjukkan pembelajaran mengenai matematika dalam perhitungan dengan cara menarik perhatian siswa.
adapun kekurangan dalam video ini adalah pada saat pembukaan pembelajaran tidak mengucapkan salam dan tidak mengingatkan siswa pada pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya, serta pembelajarannya masih pasif.