silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama: Nida Uswatun Hasanah
Nim: 858828226
Pokjar: Joyoboyo
Reaksi siswa pada awal video sangat gaduh dan tidak memperhatikan guru, suasana kelas tidak kondusif mengakibatkan siswa tidak fokus terhadap pembelajaran yang berlangsung.
Dalam pertengahan video guru memberikan pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa, hal ini membuat siswa aktif dan antusias untuk mengikuti pembelajaran.
Kelemahan: guru dalam video tersebut adalah guru tidak berpakaian rapi dan tidak memperhatikan penampilannya, padahal didalam sekolah guru merupakan sosok panutan siswa. guru tersebut belum dapat menarik perhatian siswa, dan metode yang digunakan terlaku membosankan.
Kelebihan:
Guru tersebut memberikan kesempatan pada siswa untuk unjuk gigi menyampaikan apa yang di ketahui oleh siswa. Dan guru tersebut berinovasi dengan mengubah metode belajar agar siswa bisa lebih aktif mengikuti pembelajaran.
Media yang digunakan oleh guru tersebut bervariatif. Dan guru menggunakan contoh dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Hal yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran:
1. Kita sebagai guru harus berpakaian rapi dan bersih karena kita menjadi sosok yang digugu dan ditiru.
2. Kita harus bisa menarik perhatian siswa seperti membuat ice breaking yang dapat membangkitkan semangat siswa yang akan melaksanakan kegiatan pembelajaran
3. Media yang kita gunakan harus bervariasi agar siswa tidak mudah bosan
4. Metode pembelajaran yang digunakan tidak hanya berceramah.
Nama: Leni Silvia
NIM: 856046938
Pokjar: Langkat
UPBJJ UT: Medan
Faktor penyebab guru agak sulit menarik perhatian siswa:
• Pergantian pelajaran.
• Adanya jam kosong atau guru mata pelajaran lain yang tidak masuk.
• Cukup lama kelas dibiarkan tanpa adanya guru.
Dampaknya:
• Siswa menjadi sulit diatur.
• Sulit membuat siswa fokus pada pelajaran.
• Siswa akan malas belajar.
• Minat siswa untuk belajar akan berkurang.
Metode pembelajarannya sudah tepat, yakni tanya jawab dan demonstrasi.
Model pembelajarannya yakni diskusi.
Solusinya:
• Melibatkan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan sehingga akan lebih berkesan materi pelajaran tersebut bagi siswa dan akan berguna sewaktu diperlukan serta membuat siswa lebih memperhatikan materi pelajaran.
• Tepuk tangan tiga kali atau lebih atau suatu hal menarik yang bisa membuat siswa fokus pada guru sebelum guru melakukan pendahuluan sebelum pelajaran dimulai.
• Menyampaikan manfaat materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menguasai penjumlahan dan juga pengurangan, siswa tidak akan salah perhitungan dan juga tidak akan mengalami kerugian saat membelanjakan uang yang dimiliki saat membeli sesuatu.
Nama ; Maudy Wulandari
Nim ; 856986131
Pokjar ; Menggala
Menurut pendapat saya permasalahan pembelajaran yang terdapat dalam tayangan video tersebut yaitu guru kurang memperhatikan kerapihan pakaiannya dan guru tidak dapat mengkondisikan kelasnya dengan baik, sehingga anak-anak tidak ada perhatiannya. adapun solusi untuk permasalahan video di atas yang berjudul bagaimana cara menarik perhatian siswa yaitu: Kerapihan pakaian guru sangat penting karena guru sebagai contoh untuk anak murid. Kondisikan kelas terlebih dahulu dengan menyapa anak-anak hingga anak anak siap untuk menerima pelajaran sebelum pembelajaran di mulai.
NAMA:REGINA TUBUN
NIM:858430141
PRODI:PGSD-S1
UPBJJ:SAMARINDA
POKJAR:BARONG TONGKOK (KUTAI BARAT)
Setelah saya mengamati tentang video menarik perhatian siswa ini,Ketika guru masuk kedalam kelas suasana masih gaduh dan tidak kondusif, siswa-siswa masih asyik bermain dan ngobrol dengan teman-teman mereka.Ditambah lagi penampilan guru yang kurang rapi.
Nama : aninun lintang sari
Nim : 858685447
Pokjar : putra bangsa jombang
Setelah melihat video diatas saya dapat menanggapi bahwa pertama kali guru tersebut masuk kelas memang kurang tepat, sehingga dengan melihat kebiasaan guru tersebut seperti itu murid jadi tidak merasa takut, jadi dapat saya simpulkan dengan kita sebagai guru dengan cara yang sopan walaupun kita berhadapan dengan seorang anak kita harus mencerminkan yg baik seperti halnya kita berpakaian/penampilan yang rapi, gaya bicara sopan, dll. Sebab secara tidak langsung murid akan merasa tertarik untuk berbicara atau memperhatikan pada saat proses pembelajaran.
NAMA : REGINA TUBUN
NIM : 858430141
PRODI:PGSD-S1
UPBJJ:SAMARINDA
POKJAR:BARONG TONGKOK (KUTAI BARAT)
Untuk menarik perhatian anak kita sebagai guru juga perlu intropeksi diri baik dari kedisiplinan berpaiakan maupun jam masuk mengajar. Jika hal itu sudah kita terapkan dengan benar maka untuk menarik perhatian siswa akan lebih mudah dan gampang,
Nama : Asmara Dewi
Nim : 856620938
Pokjar : Kota Jambi
Kelemahan :
1. Guru tidak melakukan kegiatan awal, sehingga anak tidak memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru.
2. Guru tidak memberikan contoh disiplin yang baik dalam berpakaian.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
Kelebihan:
1. Guru melibatkan anak dalam mengamati objek pembelajaran.
2. Guru memberikan kesempatan kepada anak aktif dalam berinteraksi.
Solusi:
Sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran diawali dengan kegiatan awal seperti,memberi salam, membaca do’a sebelum belajar, mengabsen siswa, menanyakan kabar, serta memberi motivasi dan memberikan apersepsi. Guru menjelaskan dan menggunakan mode pembelajaran yang menyenangkan agar suasana kelas menjadi aktif.
Nama : SUKIMAH
NIM : 856997696
Pokjar: SALUT HMPTI UNIT 2
Pada awal video pembelajaran kelas begitu berisik dan tidak kondusif. Saat akan memulai pembelajaran guru hanya menyapa , pada kegiatan awal guru tidak membaca doa, menanyakan kabar atau pun absensi. Penampilan guru pada video juga tidak menarik terlihat berantakan.
Pada video selanjutnya
Kelebihan
Guru masuk dengan menyapa siswa.
Guru melakukan ice breaking
Guru mengaitkan kegiatan pembelajaran dengan benda-benda konkret yang ada disekitar hal itu sangat menarik minat siswa dalam melangsungkan kegiatan belajar dikelas.
Kelemahan
Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
Seperti berdoa, menanyakan kabar, absensi, dan pada akhir pembelajaran guru tidak menutup kegiatan dengan salam.
Nama:Rosity Angraini
NIM:856822878
Kelas:FKIP
Semester:6
Pokjar:Ketahun
UPBJJ:Bengkulu
Menurut saya di dalam video tersebut awalnya gurunya masuk dengan tidak mengetuk pintu dan berbicara nya juga kurang tegas saat meminta perhatian dari murid . Murid merasa kurang tertarik dan tetap dengan kegiatannya.
Guru juga tidak menyapa murid dan langsung mengarah ketempat duduk, seharusnya yang dilakukan guru itu mengetuk pintu kelas untuk menarik atensi siswa, guru kurang memperhatikan kerapian nya dalam hal berpakaian,setelah masuk ke dalam kelas seharusnya guru nya melihat kerapian siswa dalam hal yang akan memulai pelajaran,lalu membuat beberapa alat peraga yang membuat siswa penasaran,sehingga siswa itu akan tetap fokus untuk mengikuti pelajaranlalu menyapa siswa dengan obrolan-obrolan ringan seperti di pertengahan video. Jika dirasa siswa sudah mulai fokus, berikan beberapa media untuk memulai pelajaran seperti di dalam video tersebut
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah dalam video diatas yang kita lihat kegiatan pembelajaran dilakukan oleh guru dapat focus ke murid atau pembelajaran dilakukan oleh guru yang disampaikan. Dalam pembelajarannya kurang memeberikan apresiasi guru mengeksplorasi pembelajaran
matematika. Kurang penyampaian konsep berhitung dan hanya beberapa yang mengikuti.
KELEMAHAN :
1. Guru kurang memperhatikan kerapiannya
2. Mengajarkan tentang cara mengkondisikan kelas
3. Ajak siswa untuk meksporasi
4. Berikan contoh langsung oleh guru dengan benda sesuai yang sudah disiapkan.
5. Kurangnya penugasan penggunaan media / alat peraga.
KELEBIHAN :
1. Melakukan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai untuk pemberian semangat untuk anak dan dapat melatih titik focus dan perhatian anak selaku guru mengajar.
2. Menggunakan benda-benda konkrit atau benda-benda yang ada disekitar dapat membuat focus perhatian anak.
3. Sebagia seorang guru juga mengatur tekanan suara atau cara penyampaian pembelajaran
SOLUSI/PEMECAH MASALAH :
1. Mengajak anak untuk melakukan tepuk tangan dan dapat memusatkan anak untuk lebih konsentrasi sehingga anak-anak sudah bisa mengikuti pembelajaran.
2. Kerapian Guru sangat penting dalam video tersebut terlihat guru berpenampilan tidak rapi.
3. Kondisikan kelas terlebih dahulu dengan menyapa anak-anak hingga anak-anak siap untuk menerima pelajaran sebelum materi disampaian.
4. alat peraga yang digunakan hendaknya mudah digunakan dan tersedia.
5. Menerapkan belajar sambil bermain.
6. Fokuskan perhatian anak-anak barulah anak-anak disuruh untuk membuka buku pelajaran.
7. Dalam hal ini menjelaskan / menyampaian materi diperlihatkan contoh berdasarkan apa yang ada dilingkungan mereka.