silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Dian Alya Turahma
Nim : 856992063
Dalam pembelajaran pertama siswa belum tertarik dengan metode pembelajaran yang di lakukan guru, siswa masih bermain tanpa memberikan respon kepada guru. Kemudian guru melakukan perbaikan pembelajaran yang menarik , dengan cara melakukan interaksi kepada siswa dalam setiap penyampaian materi yang membuat siswa lebih memperhatikan guru.
Nama : Milatul Afia
Nim : 857703915
Upbjj : pokjar kedungwuni
Saya tertarik dengan vidio pembelejaran ini karena vidio ini berisi tentang seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa .. Dalam vidio tersebut anak anak pertama masih belum fokuss tapi lama kemudian guru menarik perhatian siswa dengan menanyakan dan bertepuk tangan dengan gembira .. Sehingga anak anak tertuju dan fokus pada pembelejaran .
Dalam vidio ini guru mengajak siswanya untuk mengeksplorr dengan membilang
Memberikan peningkatan dan respon, dan meminta siswa menemukan dan menceritakan secara singkat …
Sekian yang dapat saya sampaikan selebihnya saya terimakasih ..
Nama : Lailatul Rahma Dani
Nim : 858906494
POKJAR : UT PURWOHARJO
Judul Video : Menarik Perhatian Siswa.
Matematika seri pembelajaran SD.
Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
KELEMAHAN :
1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
KELEBIHAN :
1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi
SOLUSI :
Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Identifikasi Masalah yang diamati dari video GPO :
1. Sulit Mengingat, Masalah umum di antara siswa dalam fokus adalah sulitnya mengingat suatu mata pelajaran. Untuk mengatasi kesulitan dalam mengingat materi yang diajarkan oleh guru, siswa dapat membuat poin-poin materi secara garis besar, memvisualisasikan materi melalui gambar, atau menggunakan akronim atau singkatan untuk mengingat rumus-rumus tertentu. Selain itu siswa juga dapat menggunakan beberapa permainan sebagai alat bantu untuk mengasah daya ingat seperti puzzle, catur, teka teki silang, dan lainnya.
2. Sulit konsentrasi , Menemukan Gaya Belajar yang Tepat.
Gaya belajar setiap siswa berbeda-beda, sehingga siswa sangat dianjurkan untuk mengetahui dan menemukan gaya belajar yang tepat. Hal ini karena setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda ada yang lebih suka sendiri atau bersama-sama dengan teman. Cobalah bereksperimen dengan beberapa gaya belajar tersebut dan temukan mana yang lebih dinikmati dan membuat lebih fokus. Penerapan Kurikulum Merdeka saat ini juga memberikan kebebasan bagi siswa untuk memilih gaya belajarnya.
3. Banyak gangguan , Pengaruh eksternal tak jarang membuat siswa merasa terganggu fokusnya dalam belajar. Misalnya, peran media sosial, televisi, teman, hingga game memiliki peranan dalam mengurangi fokus belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan langkah efektif untuk mengatasi gangguan ini seperti menciptakan lingkungan yang tepat untuk belajar maupun mengurangi ketergantungan penggunaan media sosial secara berlebihan (screen time).
Analisis Masalah yang diamati dari video GPO :
1. Guru dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai sumber belajar. Dikatakan guru yang baik manakala ia dapat menguasai materi pelajaran dengan baik, menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran, menggunakan media dalam proses pembelajaran, mampu menghubungkan materi dengan kehidupan nyata siswa, mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, dan menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton. Tetapi sebaliknya, dikatakan guru yang tidak baik manakala ia tidak paham dengan materi yang diajarkan, Hal ini terlihat pada saat ia menyampaikan materi pelajaran, misalnya tekhnik penyampaian materi pelajaran yang monoton, ia lebih sering duduk di kursi sambil membaca, suaranya lemah, tidak berani melakukan kontak mata dengan siswa, tidak menggunakan metode dan media dalam proses pembelajaran, dan lain-lain. Perilakau guru yang demikian akan menyebabkan hilangnya perhatian siswa terhadap pelajaran, sehingga guru akan sulit mengendalikan kelas. Siswa akan lebih banyak bermain daripada belajar, bercerita dengan teman sebangkunya, meganggu temannya yang sedang belajar, mengantuk, dan lain-lain.
3. Alternatif Masalah yang diamati dari video GPO :
1. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan seperti alat peraga yaitu dengan menggunakan buah jeruk dan mengekplorasi benda-benda yang ada disekitar lingkungan kita, Sehingga siswa dapat merespon apa yang dijelaskan guru didepan. Selain itu, adanya perbaikan dan inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dari segi model pembelajarannya. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar dapat menguatkan pemahaman siswa. Sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Pada pelajaran matematika dalam penggunaan media buah jeruk dapat meningkatkan minat belajar matematika. Dengan dilakukan kegiatan eksplorasi atau pengamatan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran dilakukan seperti biasanya, guru memberikan dan menjelaskan materi yang akan dipelajari pada hari itu sambil melakukan tanya jawab yang menganai beberapa masalah operasi hitung yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan masalah yang diamati dalam video GPO :
1. Berdasarkan rumusan masalah tentang video GPO yang kita amati diatas adalah Apakah ada pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran Matematika siswa kelas rendah ?
Judul :
1. Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Mengenal Sifat-Sifat Bangun Datar Di Kelas IV SD Negeri 4 Tampo
Nama : Ririn Septiani
NIM. : 855856685
Pokjar : Labura
Yakni Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menarik perhatian siswa dalam pelajaran:
1. **Gunakan Metode Pembelajaran yang Interaktif**: Melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan metode seperti diskusi kelompok, permainan peran, atau demonstrasi praktis.
2. **Gunakan Teknologi**: Memanfaatkan teknologi seperti presentasi multimedia, video pembelajaran, atau perangkat lunak interaktif untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi siswa.
3. **Berikan Konten yang Relevan**: Membuat koneksi antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari atau minat siswa dapat membantu meningkatkan minat mereka terhadap pelajaran.
4. **Gunakan Cerita atau Kisah**: Menggunakan cerita, contoh, atau kisah nyata yang menarik dapat membantu membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
5. **Variasi dalam Pengajaran**: Menggunakan berbagai metode pengajaran seperti ceramah singkat, diskusi, kegiatan kelompok, dan latihan praktis untuk menjaga keberagaman dalam pembelajaran.
6. **Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif**: Memberikan umpan balik yang positif dan konstruktif kepada siswa dapat membantu mempertahankan minat mereka dalam belajar.
7. **Menggunakan Media Sosial atau Platform Online**: Memanfaatkan media sosial atau platform online untuk berbagi informasi tambahan, tugas, atau sumber belajar dapat membantu siswa tetap terlibat dan berpartisipasi dalam pembelajaran di luar kelas.
Dengan menggabungkan beberapa cara di atas, seorang guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan memotivasi bagi siswa.
Nama : siti jainatul mar’ah
Nim : 855742889
Upbjj : bandar lampung
Pentingnya Ice breaking yang dapat membantu mencairkan suasana yang kaku atau tegang di dalam kelas, terutama jika pembelajaran berlangsung lama siswa menjadi tidak fokus. Dari video ini perlu di adakan Aktivitas ice breaking yang menyenangkan sehingga dapat membuat peserta didik merasa lebih rileks, fokus dan terbuka.
nama : lisa indri yani nim : 855745798 menurut saya cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran dengan mengunakan pembelajaran semenarik mungkin atau dengan pra pembelajaran . contoh kegiataan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mngajak siswa malkukan kegiataan ice breaking, seperti bermain games,
Nama : Anjas Maulana
Nim : 856994723
POKJAR : Dipasena
Judul Video : Menarik Perhatian Siswa.
Matematika seri pembelajaran SD.
Menurut saya dari vidio tersebut mengenai Menarik Perhatian Siswa. sebaiknya guru memperhatikan dan mengembangkan cara membuka kegiatan mengajar, agar pembelajaran menarik dan membuat siswa dapat fokus pada guru. jika kalau mengacu pada RPP kegiatan Apersepsi paling tidak menggunakan waktu 5- 10 menit guna untuk membuka pembelajaran menarik. mulai dari mengajak anak untuk bedo’a, mengisi absen sambil intraksi perasaan anak-anak pada hari itu, memotivasi siswa, hingga menanyakan materi pelajaran sebelumnya. maka kemudian buka pembelajaran dengan game, bisa menggukan tepuk-tepuk/ice breaking dll. barulah masuk pada kegiatan inti.
Dengan cara membuka pembelajaran sesuai pada tahap apersepsi maka anak akan fokus pada arahan guru dan bersemangat untuk mengikuti pelajaran, dan menurut saya tambahan lainnya yang perlu diperhatikan adalah kerapihan guru karna guru adalah mentor yang selalu terlihat oleh peserta didik.
Nama : PURI PRAMESWARI
Nim : 856818309
UPBJJ- UT BENGKULU
Menurut pendapat saya pada video tersebut adalah.
Kegiatan pembelajaran di kelas tersebut masih kurang kondusif karena anak-anak masih ribut padahal jam pelajaran akan di mulai, kemudian gurunya tidak berpakaian secara lengkap sebagaimana mestinya, lalu pada kegiatan pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan konsep pembelajarannya. Terakhir Apersepsi sangat sangatlah penting dengan tujuan agar dapat menarik perhatian siswa, agar kelas kondusif kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
NAMA : DIAN TRIANASARI
NIM : 856997879
POKJAR: SALUT HMPTI
Dari video tentang menarik perhatian siswa yang saya temukan setelah menganalisis vidio tersebut adalah terdapat kelemahan guru yang terletak pada ketidaksiapan guru dalam merancang/ menyusun kegiatan pembelajaran, serta kurang tepat nya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang diberikan. Setelah diperbaiki metode yang digunakan maka hasilnya siswa mudah untuk memahami isi materi.
Dalam hal ini saya ingin menyampaikan saran untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya agar berjalan dengan baik dalam pembelajaran yang dilakukan kita sebagai guru harus mengetahui terlebih dahulu sasaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran tersebut menyiapkan metode yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran tersebut sehingga siswa dapat mudah menangkap penjelasan yang diberikan
NAMA : KHAIRUN NISYA NUR TRI ANI
NIM: 856796909
PRODI PGPAUD
HAL YANG DAPAT MEYEBABKAN KESULITAN MENDAPTKAN PERHATIAN ATAU KEPOKUSAN ANAK-ANAK DALM KELAS KETIKA BELAJAR ATAU PELAJARAN BERLANGSUNG IALAH PENGARUH TEMAN SEBELAH ANAK DAN ATAUPUN GURU YANG TIDAK BISA MELIHAT SITUASI ANAK-ANAK ATAU SISWA DI DALAM KELAS MAKA ITU IBU/BAPAK GURU HARUS BISA MENARIK PERHATIAN ANAK-ANAK DALAM MENGAJAR