silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama ; Del Efendi
NIM ; 856590011
POKJAR ; Kerinci, jambi
dari video diatas terlihat cara membuka kegiatan belajar yang kurang pas, dan seorang guru yang tidak menggambarkan kedisiplinan dalam hal atribut pakian , dengan hanya memakai sandal.
reaksi siswa;
diawal kurang memperhatikan dan kurang fokus kepada guru, masih sibuk bermain dengan teman temanya, dan setelah disapa dan di adakan intreaktif antara guru dan murid, kondisii kelas bisa kondusif
kelebihan;
pada video tsb guru bisa menjadikan suasana belajar yang menarik dengan menggunakan metode intereaktuf dan media yg menarik
kekurangan;
pada video tsb , tidak ditampilkan kegiatan pembuka dan penutup kegiatan belajar.
solusi;
guru melakukan kegitan pembuka pelajaran , seperti salam, kemudian absen , kegiatan inti dan menjadikan suasana kelas yang kondusif,
Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
NAMA : M.IKHTIAR FILDANUL SYAIF
NIM : 856587679
Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
KELEMAHAN :
1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
KELEBIHAN :
1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi
SOLUSI :
Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan lebih hidup.
nama : ismail lio gazali
nim : 856589586
Setelah saya mengamati tentang video menarik perhatian siswa ini,Ketika guru masuk kedalam kelas suasana masih gaduh dan tidak kondusif, siswa-siswa masih asyik bermain dan ngobrol dengan teman-teman mereka.Ditambah lagi penampilan guru yang kurang rapi.
kelemahan dari vidio diatas menurut saya sebaiknya Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan .
kelebihan dari vidio di atas menurut saya Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi.
solusi dari vidio diatas Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
reaksi dari vidio diatas Guru dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai sumber belajar. Dikatakan guru yang baik manakala ia dapat menguasai materi pelajaran dengan baik, menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran, menggunakan media dalam proses pembelajaran, mampu menghubungkan materi dengan kehidupan nyata siswa, mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, dan menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton.
NAMA : LIZA CLARITA
NIM : 856589547
JUDUL : MENARIK PERHATIAN SISWA
Adapun pengamatan yang saya peroleh tentang video diatas antara lain sebagai berikut :
KELEBIHAN :
1. Guru menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa dapat melihat secara langsung
2. Guru dan siswa berinteraksi secara langsung dalam pembelajaran
3. Guru menggunakan ice breaking untuk menarik perhatian siswa, yang pertamanya suasana kelas ribut menjadi fokus ke depan dan semangat untuk menjawab pelajaran
KEKURANGAN :
Bapak guru tersebut tidak memberi contoh yang baik dalam hal berpakaian kesekolah
REAKSI SISWA :
Ketika guru masuk ke kelas reaksi siswa seperti acuh tak acuh terhadap gurunya dan ketika guru tersebut sudah mulai pembelajaran dengan menggunakan media reaksi siswapun berubah dan fokus ke guru yang menjelaskan pembelajaran
SOLUSI :
Dalam hal ini menurut saya guru tersebut ketika memasuki lokal harus mengucapkan salam terlebih dahulu dan menanyakan kabar siswa agar mood siswa tersebut dapat meningkat sebelum pembelajaran dimulai
HAL UNIK :
Yang awalnya 1 kelas ribut tiba-tiba langsung tenang dan fokus memperhatikan guru
NAMA: NOZI AGUSTI
NIM : 856590409
Setelah melihat vidio di atas saya menanggapi…
KEKURANGAN: Bahwa pertama kali masuk gurunya kurang tepat dan gurunya kurang sopan, walaupun kita berhdapan dg siswa kita harus berpakaian yg sopan.
KELEBIHAN: 1. Guru melibatkan anak secara langsung mengamati objek pembelajaran.
2. Guru memeberikan kesempatan kepada siswa untuk beraksplorasi.
3. Mengajar akan lebih berveriasi sehingga siswa tidak mudah bisan.
SOLUSI: Melakukan pembelajaran dg memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal.
Nama : Nella Monica Gultom
Nim : 856057052
Pokjar : Tapanuli Tengah
Reaksi siswa di awal video yang saya lihat kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
KELEMAHAN :
1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
KELEBIHAN :
1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi
SOLUSI :
Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Setelah melihat video tersebut pada awal pembelajaran peserta didik sangat tidak kondusif. Peserta didik pada video tersebut asyik bermain dan mengobrol dengan teman-temannya. Reaksi peserta didik pada saat pembelajaran peserta didik tidak memperhatikan penjelasan dari guru dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Sehingga peserta didik bosan dengan proses pembelajaran. Setelah proses pembelajaran diubah peserta didik terlihat lebih kondusif. Dan peserta didik juga lebih bersemangat dan lebih tertarik dengan proses pembelajaran. Peserta didik lebih fokus karena guru mengajak peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Nama Mahasiswa : Nurul Hasanah Mangunsong
Nim : 855860535
Semester : VI
POKJAR
UPBJJ : 12/ MEDAN
Izin untuk mengomentari video “Menarik Perhatian Siswa” Menurut saya video ini mengajarkan tentang menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
Kelemahan :
1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
Kelebihan:
1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi.
Solusi:
Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Link Video :
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2022/11/07/menarik-perhatian-siswa/
Nama Mahasiswa : Nurul Hasanah Mangunsong
Nim : 855860535
Semester : VI
UPBJJ : 12/ MEDAN
Izin untuk mengomentari video “Menarik Perhatian Siswa” Menurut saya video ini mengajarkan tentang menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
Kelemahan :
1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
Kelebihan:
1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi
Solusi:
Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Link Video :
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2022/11/07/menarik-perhatian-siswa/
HASIL ANALISIS VIDEO GURU PINTAR ONLINE
Nama Mahasiswa : Nurul Hasanah Mangunsong
Nim : 855860535
Semester : VI
UPBJJ : 12/ MEDAN
Izin untuk mengomentari video “Menarik Perhatian Siswa” Menurut saya video ini mengajarkan tentang menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
Kelemahan :
1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
Kelebihan:
1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi
Solusi:
Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Link Video :
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2022/11/07/menarik-perhatian-siswa/