silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

2,189 Comments

  1. menurut saya, Seharusnya guru dalam kelas memakai sepatu dan pada awal pembelajaran melakukan ice breaking untuk menambah semangat belajar siswa. untuk alat peraga terlihat sudah dipersiapkan dari awal juga menggunakan alat atau bahan yang mudah dijumpai.

  2. Nia Anggraeni
    UT Jember Pokjar Umbulsari

    banyak cara untuk menarik perhatian siswa salah satunya dengan menggunakan ice breaking sebelum kegiatan pembelajaran

  3. Menurut saya bayak,cara yang menariknya buat guru mengajar dan bagaimana cara untuk melihat pembelajaran yang di kerjakan oleh siswa-siswi

  4. Nama : Desi Rahmadhani
    NIM : 855858363
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : UT MEDAN

    Judul: Menarik Perhatian Siswa

    Reaksi:
    Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.

    Kelebihan :
    Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor

    Kekurangan :
    Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.

    Hal Unik:
    Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.

    Tindak Lanjut/Solusi
    sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi

  5. Nama : Yuli Triana
    Nim : 858819599
    UT Kota Kediri
    Judul : Menarik Perhatian Siswa
    Kelemahan video :
    – Kelas tidak dimulai dengan berdoa
    – Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    – Tidak ada penguatan motivasi kepada siswa
    – Penampilan guru tidak mencerminkan kepada siswa untuk siap mengajar
    Kelebihan video :
    – Siswa bersemangat belajar ketika guru mengubah cara sapaan kepada siswa
    – Perhatian siswa menjadi lebih fokus ketika guru memakai media jeruk untuk menjelaskan materi penjumlahan
    – Siswa menjadi lebih aktif karena guru melibatkan siswa dalam pembelajaran
    Saran : Seharusnya guru sudah mempersiapkan diri ketika berangkat mengajar dengan penampilan yang rapi, materi yang sudah disiapkan serta dengan persiapan metode dan strategi belajar yang dipilih supaya siswa ikut terlibat aktif serta mengarahkan perhatian penuh kepada guru sehingga pembelajaran atau informasi yang guru berikan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.

  6. rena novitasari
    pokjar umbulsari

    kita sebagai pendidik harus mempunyai banyak cara untuk menarik perhatian dari siswa siswinya dengan salah satunya kitabisa menggunakan ice breaking, yel yel, dll. supaya kondisi dikelas lebih kondusif

  7. Pembelajaran dengan metode perangkat pembelajaran, siswa akan cepat dan mudah menerima pelajaran dan siswa akan merasa penasaran, sehingga pembelajaran akan semakin mudah dan menyenangkan

  8. Nama : Nur Khasan
    NIM :857722678
    Mapel : Pemantapan Kemampuan profesional

    Dengan vidio di atas tadi, jadi seorang guru pendidik memang tidak mudah, harus mempunyai strategi dalam mengajar dan memanfaatkan alat peraga di sekitar sekolah, contoh pakai proyektor, benda benda yang mudah di temui dan memancing siswa dengan berbagai bentuk dan warna

  9. Nama : Akhmad Hafiludin
    NIM : 857724743
    Pokjar: Bangsri

    Untuk menarik perhatian siswa agar minat belajar dengan baik banyak cara yang bisa di lakukan oleh seorang guru. Memahami karakter peserta didik merupakan hal yang sangat penting. Kami melakukanya dengan game game ringan sebelum mulai pembelajaran supaya anak bisakembali fokus ke pembelajaran

Leave a Reply