silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Renyta Apriliandra Alifa
Nim: 858924525
Mohon ijin menanggapi video .
Video yang disediakan sangat berguna bagi kamu sebagai pendidik baru, tetapi ada beberapa hal yang mungkin bisa digunakan agar pembelajaran lebih menyengkan mulai dari penampilan guru yang rapi, bersih, dan harum. melakukan salam dan menyapa, tidak lupa berdoa bersama dan absensi kehadiran siswa .
Nama : SITI NURHAYATI
NIM : 857443604
“Kesulitan Menarik Perhatian siswa”
menurut pendapat saya dalam vidio tersebut guru kurangnya mempersiapkan persiapan dalam pembelajaran dan dari segi segi kerapihan guru kurang mempersiapkan dirinya akan mencontohkan kedisiplinan dan kerapihan. pada awal masuk kelas guru kurang menarik dalam mengondisikan siswa didalam kelas sehingga siswa tidak ada perhatian saat guru memberi salam.
di dalam pembelajaran seharusnya menerapkan tiga kegiatan yang wajib dilakukan dalam pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup agar tujuan pembelajaran kita tercapai.
pada pembelajaran kedua guru sigap mengalihkan pembelajarannya menjadi kondusip sehingga siswa mengikuti kegiatan yang guru lakukan dan membuat kelas menjadi hanat dengan adanya tanya jawab antara guru dan siswa dan menjadikan siswa bersemangat dalam pembelajaran.
Nama: Chica Savitri Br Pohan
Nim: 855856313Nama
UPBJJ: Medan
Pokjar: Labuhanbatu Utara
Judul: Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor
Kekurangan :
Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.
Hal Unik:
Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.
Tindak Lanjut/Solusi
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi.
Nama : Sartika namira Sihombing
Nim : 855860908
Menurut pendapat saya tentang vidio diatas siswa terlalu banyak bermain sehingga tidak mendengar guru saat masuk kedalam kelas..untuk mengatasi hal seperti ini kita bisa saja mengajak mereka belajar sambil bermain..supaya mereka tidak jenuh dan tidak asik sendiri didalam kelas
NAMA : MUHAMMAD HAFIZ RIDWAN
NIM : 855856614
SALUT : PERMATA LABURA
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut ialah
1. Reaksi siswa pada saat di awal video kebanyakan siswa yang ribut di kelas, banyak bermain dan malas dalam belajar , dikarenakan pembelajaran yang menonton dan tidak menarik
2. Kekurangan guru dalam video tersebut yaitu kurang nya persiapan dalam pembelajaran
3. Kelebihan guru dalam video tersebut yaitu guru membuat yel-yel, dan tidak marah ketika anak didik nya tidak memperhatikannya dalam belajar
4. Membuat yel-yel di awal mengajar dan memberi pertanyaan ke anak murid tersebut aktivitas sebelum nya.
5. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya kita memulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
Nama:Lisa Eviana
NIM:857729996
Ada sedikit komentar dan masukan dari saya mengenai video diatas. Untuk kelas 1 adalah kelas dimana anak bertransisi dari TK ke SD,jadi anak masih sulit untuk dikondisikan. Anak-anak masih suka bergurau dan juga berisik. Dalam video tersebut cara berpakaian guru kurang rapi, dan terkesan acak-acakan. Guru tersebut memakai sandal di dalam mengajar di kelas,yang terkesan tidak formal dan tidak rapi. Penampilan adalah salah satu penarik perhatian dari murid pada kesan pertama. Sebelum memulai pelajaran seharusnya juga runtut dan diawali dengan berdoa agar pelajaran yg akan di lakukan berjalan dengan lancar. Cara menarik perhatian dengan berbagai pertanyaan pemantik dan tepuk tangan sudahlah baik. Karena ini masih dalam masa transisi kepribadian siswa, guru harus ceria dan sabar dalam menghadapi siswa. Dalam penyampaian materi guru harus bisa menggambarkannya sesuai kehidupan sehari-hari agar bisa mudah dimengerti oleh siswa. Dalam video tersebut guru menggunakan buah jeruk sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam belajar menghitung. Cara tersebut memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Nama : Mentari Uci Syah permana
Nim : 856988941
Pokjar Natar semester 8
Dalam vidio tersebut, mungkin sebaiknya sebagai guru, penting nya memakai pakaian/ seragam yang rapih bersih dan sesuai ketentuan dalam sekolah masing masing.agar dapat memberi contoh baik bagi siswa. Berikan ice breaking di awal kegiatan belajar sebelum melakukan doa. Agar anak tidak bosan di awal pembelajaran. Pilih metode metode yg menarik agar siswa tertarik untuk belajar sambil sembaik dalam kegiatan di sekolah.
Nama:Rahmawati
Nim:859502688
Menurut saya murid sulit menarik perhatian siswa karena selalu
mengajak teman -teman bermain sehingga guru menunggu sampai
anak muridnya sampai tenang baru memulai pembelajaran
Nama : dian SAPUTRI
Nim : 856969063
Menurut pendapat sy dalam kegiatan belajar mengajar dalam vidio di atas sudah baik akan tetapi kita sebagai seorang guru harus menjadi contoh untuk anak didik kita misalnya berpakaian rapi agar siswa merasa segan dengan guru apabila kita berdiri layaknya seorang dimana guru itu adalah contoh untuk anak didik kita. Selain itu untuk kegiatan pembelajaran sudah cukup bagus karena sudah menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa.
Nama : Fitria
Nim : 856993302
Upbjj : lampung selatan
Pokjar : sidomulyo
“Kusulitan menarik perhatian siswa”
Menurut pendapat saya mengenai video diatas
Kekurangan :
Guru kurang siap dalam memulainya pembelajaran (seperti tidak diadakannya berdoa)
Guru juga tidak berpakaian rapi
Sikap guru yang terkesan galak dan tidak menyenangkan
Kelebihan:
Guru sudah menggunakan alat peraga dalam bembelajaran perhitungan seperti pengurangan dengan menggunakan buah jeruk
Guru sudah bisa menarik perhatian siswa saat masuk kedalam kelas dengan bertepuk-tepuk tangan
Adanya kegiatan tanya jawab
Memberikan contoh tentang perhitungan didalam sekeliling lingkungan
Solusinya:
Sebaiknya saat guru mengajar pastikan terlebih dahulu pakaian kita rapih sehingga siswa juga menarik saat gurunya mengajar dan dapat memberikan contoh baik kepada para siswa, diadakannya berdoa terlebih dahulu sesuai kepercayaan masing-masing agar proses pembelajaran lebih khusuk.