silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Widad Okta Kusdianti
858811261/ Pokjar Purwodadi
Vidio 1 :
1. Vidio tersebut kurang menarik perhatian siswa karena guru tidak menggunakan ice breaking, sehingga murid menjadi rame sendiri
2. Penampilan guru juga kurang sopan, seharusnya sebagai seorang guru harus memberi contoh yang baik terhadap murid- muridnya agar mereka menirukan guru tersebut dalam berpenampilan sopan dan rapi.
Vidio 2 :
1. Seorang guru sudah menarik perhatian siswa dengan ice breaking yang sederhana sehingga siswa menjadi aktif dan tangap.
2. Media yang digunakan untuk menarik siswa juga nyata dan realistis sehingga anak mudah mencerna dan menjawab pertanyaan oleh guru tersebut.
3. Pertanyaan yang nyata seperti ” siapa yang sekolahnya pake motor ” merupakan contoh nyata pagi hari ketika mereka akan pergi kesekolah, sehingga mereka bisa menjawab dengan benar.
nama : Norhasiah
NIM : 858072147
UPPBJ UT : pontianak
cara untuk menarik perhatian siswa terutama dengan mengaitkan materi inti dengan kehidupan dan keadaannya sehari -hari dan memberikan kesan dengann berbicara tegas dan mengayomi.
Nama : Melinda Indriani
NIM : 858919587
Pokjar : Umbulsari
UPBJJ : Jember
Dari video di atas, reaksi siswa pada saat guru datang tidak memperhatikan dan sangat gaduh. Hal itu diakibatkan karena tidak ada kegiatan awal yang bisa membuat anak-anak semangat dan fokus kepada guru yang sedang berbicara. Namun hebatnya, guru tersebut cepat membuat ide agar siswanya kembali fokus. Guru tersebut cepat mengambil langkah dan merubah situasi menjadi lebih menarik dan aktif. Guru menggunakan bantuan benda/alat peraga untuk menjelaskan materi agar siswa menjadi tertarik.
Untuk ke depannya, diharapkan guru dapat memperhatikan lagi cara dia mengajar dan membuka kegiatan pembelajaran dengan kegiatan yang lebih interaktif agar siswa dapat fokus dan nantinya kegiatan belajar akan menjadi lebih baik apabila diawali dengan kegiatan yang menyenangkan.
Menurut saya bayak,cara yang menariknya buat guru mengajar dan bagaimana cara untuk melihat pembelajaran yang di kerjakan oleh siswa-siswi
Lina anugrah aropani
ut jember pokjar umbulsari
beberapa cara untuk menarik perhatian siswa, salah satu cara dengan menggunakan game dan hadiah kecil kecilan untuk menambah semangat belajar siswa
Nama : Desi Rahmadhani
NIM : 855858363
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : UT MEDAN
Judul: Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor
Kekurangan :
Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.
Hal Unik:
Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.
Tindak Lanjut/Solusi
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi
Nama : Fierlin Sariani Hutagaol.
Nim : 855857243.
Menurut saya video pembelajaran IPAS ini sangat menarik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek , karena dalam pembelajaran guru senantiasa membuat atau menarik perhaatian sehingga murid berpikir kritis dan mengikuti pembelajaran dengan semangat .
Hal prositif dari video pembelajaran tersebut ialah kemampuan model PJBL untuk mengatasi masalah-masalah kehidupan sehari-hari dengan pembelajaran, yang dapat membangkitkan kesadaran siswa dan memberikan pengalaman belajar yang berarti bagi mereka.
Nama : FIERLIN SARIANI HUTAGAOL
Nim. : 855857243
Seorang guru mestinya berpenampilan bersih dan rapi sehingga memberikan contoh yang baik bagi siswa dan mampu menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta menguasai langkah-langkah pembelajaran mulai dari pendahuluan hingga kegiatan penutup.
Nama : FIERLIN SARIANI HUTAGAOL
Nim. : 855857243 .
Seorang guru mestinya berpenampilan bersih dan rapi sehingga memberikan contoh yang baik bagi siswa dan mampu menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta menguasai langkah-langkah pembelajaran mulai dari pendahuluan hingga kegiatan penutup
Seorang guru haruslah berpenampilan layaknya seorang guru., dengan berpenampilan sebagai seorang guru maka peserta didik akan memberi respon selayak nya berhadapan dengan seorang guru. Hal pertama yang dilakukan seorang guru bukanlah duduk dikursi, melainkan memberi apersepsi diawal pembelajaran secara interaktif untuk menarik perhatian peserta didik. Hal tersebut sangatlah penting untuk memancing minat belajar para peserta didik