silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Nur Aini
Nim : 857699514
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Dari video di atas terlihat seorang guru tidak rapi dalam mengajar. Sebagai guru harus menunjukkan sikap rapi sebab itu menjadi salah satu contoh bagi siswanya.
Metode demonstrasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan
Antara lain yaitu
Kelebihan
1. Siswa mampu menanggapi pertanyaan yang diberikan guru
2. Siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru
3. Siswa tidak hanya mendengarkan tetapi juga melihat peristiwa yang telah terjadi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.
Kelemahan metode demontrasi
Terkadang alat peraga tidak dapat dilihat dengan jelas oleh sehingga mengalami kegagalan dan beberapa materi sulit untuk diperagakan secara langsung
Menentukan hasil belajar
Dalam metode ini keberhasilan tergantung kemampuan guru dalam dalam melakukan pembelajaran.
Nama : Nur Aini
Nim : 857699514
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Dari video di atas terlihat seorang guru tidak rapi dalam mengajar. Sebagai guru harus menunjukkan sikap rapi sebab itu menjadi salah satu contoh bagi siswanya.
Metode demonstrasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan
Antara lain yaitu
Kelebihan
1. Siswa mampu menanggapi pertanyaan yang diberikan guru
2. Siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru
3. Siswa tidak hanya mendengarkan tetapi juga melihat peristiwa yang telah terjadi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.
Kelemahan metode demontrasi
Terkadang alat peraga tidak dapat dilihat dengan jelas oleh sehingga mengalami kegagalan dan beberapa materi sulit untuk diperagakan secara langsung
Menentukan hasil belajar
Dalam metode ini keberhasilan tergantung kemampuan guru dalam dalam melakukan pembelajaran.
Nama : NUr Aini
Nim : 857699614
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Dari video di atas terlihat seorang guru tidak rapi dalam mengajar. Sebagai guru harus menunjukkan sikap rapi sebab itu menjadi salah satu contoh bagi siswanya.
Metode demonstrasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan
Antara lain yaitu
Kelebihan
1. Siswa mampu menanggapi pertanyaan yang diberikan guru
2. Siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru
3. Siswa tidak hanya mendengarkan tetapi juga melihat peristiwa yang telah terjadi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.
Kelemahan metode demontrasi
Terkadang alat peraga tidak dapat dilihat dengan jelas oleh sehingga mengalami kegagalan dan beberapa materi sulit untuk diperagakan secara langsung
Menentukan hasil belajar
Dalam metode ini keberhasilan tergantung kemampuan guru dalam dalam melakukan peragaan.
Nama : Nur Aini
Nim : 857699614
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Dari video di atas terlihat seorang guru tidak rapi dalam mengajar. Sebagai guru harus menunjukkan sikap rapi sebab itu menjadi salah satu contoh bagi siswanya.
Metode demonstrasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan
Antara lain yaitu
Kelebihan
1. Siswa mampu menanggapi pertanyaan yang diberikan guru
2. Siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru
3. Siswa tidak hanya mendengarkan tetapi juga melihat peristiwa yang telah terjadi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.
Kelemahan metode demontrasi
Terkadang alat peraga tidak dapat dilihat dengan jelas oleh sehingga mengalami kegagalan dan beberapa materi sulit untuk diperagakan secara langsung
Menentukan hasil belajar
Dalam metode ini keberhasilan tergantung kemampuan guru dalam dalam melakukan peragaan.
Nama : Nur Aini
Nim : 857699514
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Dari video di atas terlihat seorang guru tidak rapi dalam mengajar. Sebagai guru harus menunjukkan sikap rapi sebab itu menjadi salah satu contoh bagi siswanya.
Metode demonstrasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan
Antara lain yaitu
Kelebihan
1. Siswa mampu menanggapi pertanyaan yang diberikan guru
2. Siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru
3. Siswa tidak hanya mendengarkan tetapi juga melihat peristiwa yang telah terjadi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.
Kelemahan metode demontrasi
Terkadang alat peraga tidak dapat dilihat dengan jelas oleh sehingga mengalami kegagalan dan beberapa materi sulit untuk diperagakan secara langsung
Menentukan hasil belajar
Dalam metode ini keberhasilan tergantung kemampuan guru dalam dalam melakukan peragaan.
NAMA : SUCI WATI
NIM :859763457
JUDUL :Menarik Perhatian Siswa
POKJAR :Kendari
Kelemahan dari video tersebut :
Materi yang digunakan cukup menarik, serta benda yang di perlihatkan dapat di jumpai dimanapun.
–Namun, alangkah lebih baik sebelum d berikan pertanyaan inti, mengenai buah tersebut seharusnya guru menanyai rasa atau (apakah siswa sudah pernah menjumpainnya?) pasti tidak semua siswa dapat melihat atau merasakannya, dan juga ketika guru menanyai hal tersebut anak-anak semakin semangat. Hal ini di kerenakan, apa yang pernah mereka lakukan kemudian ditanyai kembali hal ini dapat meningkatkan rasa semagat mereka Dan anak-anak yang belum tauh akan menambah wawasan mereka lebih dalam lagi.Dalam hal ini, guru semakin dekat dengan anak didiknya dan mampu menarik perhatian mereka.
–Dalam video tersebut guru hanya menjelaskan dengan cara berdiam ditempat. Sehingga anak-anak tidak melihat dengan jelas apa yang diperlihatkan. Maka dari itu, seharusnya guru berjalan sambil ia menjelsakan dan memperlihatkan benda tersebut dengan jelas (misalkan ia berdiri bagian tengah para siswa dan memperlihatkan kesana kemari benda yang ia pegang).
–Nada bahasanya kurang semangat, serta mimik wajah kurang berekspresi.
Nama : Alexius Darman
NIM : 858072867
Prodi : S1 PGSD
UT : Pontianak
Pokjar : Tomas Selvinus, M.Pd ( Kabupaten Melawi )
Judul : menarik perhatian siswa dalam belajar
Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar
Tanggapan saya mengenai Video Pembelajaran ini adalah
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa didalam video pembelajaran ini menurut saya sangat tidak kondusif untuk menerima materi pembelajaran karena di awal Pak Guru memasuki ruangan kelas siswa asyik bermain-main. Hal ini disebabkan pendekatan yang digunakan pak guru pada saat memasuki ruang kelas tidak dapat menenangkan situasi dan tidak dapat menarik perhatian siswa .
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Diawal , Guru tidak membuka dan melakukan Apersepsi dengan baik , padahal untuk kelas rendah karakter siswanya sangat peka terhadap perhatian dari gurunya
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Setelah saya melihat bagian solusi pembelajaran yang di lakukan Pak guru di dalam video ini saya melihat kelebihan Pak guru di dalam mengajar adalah mengajar menggunakan alat peraga benda konkrit . Mengapa saya mengatakan ini sebuah kelebihan , karena siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh Pak Guru . terlihat anak-anak sangat antusias dalam menjawab pertanyaan dari Pak Guru
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Di awal video saya melihat Penampilan Pak Guru Sangat Unik karena Baju Pak Guru masuk sebelah saja , kemudian Pak Guru menggunakan Sandal Jepit saat mengajar , Mengapa saya katakana unik karena seyogyanga Seorang Guru adallah diguguh dan ditiru oleh siswanya , maka kalau seperti ini tampilannya menurut saya sangat Unik . Kemudian saya melihat Pak Gurunya sangat sabar di dakam mengajar . di zaman sekarang ini sudah sangat susah menemukan seorang guru mengajar dengan cara sepeti ini . padahal untuk menanamkan ilmu dan pengethuan kepada siswa harus dengan penuh kelembutan , penuh kasih dan penuh saying .
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
1. Upaya yang dapat diterapkan adalah memberikan hadiah kepada anak-anak yang selalu menjawab dengan benar
2. Daalam penyampaian materi sebaiknya anak-anak diminta untuk maju kedepan menjelaskan kepada teman-temannya karena hal ini berdampak kepada keaktifan siswa di dalam menerima materi pembelajaran
Nama : Dian Ratna Sari
NIM : 857694443
Setelah Melihat video berkaitan dengan menarik perhatian siswa maka dapat saya sampaikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dalam video ini yaitu:
Kelebihan :
• Guru dapat menarik perhatian siswa dengan baik dengan ekspresi ceria serta dapat berinteraksi dengan baik.
• Guru memberikan contoh konkrit dalam pembelajarn sehingga murid dapat lebih fokus.
• Guru mampu menciptakan suasana yang aktif serta menyenangkan
Kekurangan
• Teks video hanya menunjukkan satu contoh metode pembelajaran, yaitu metode tanya jawab dan eksplorasi benda.
• Penampilan guru dalam mengajar terkesan kurang rapi karena tidak memakai sepatu dan bajunya dikeluarkan.
Analisis Masalah:
1. Identifikasi masalah:
o kurangnya motivasi siswa dalam belajar.
o Hasil belajar siswa pada topik bangun ruang masih rendah.
2. Penyebab:
o Metode pembelajaran kurang variatif
o Media pembelajaran yang terbatas
3. Rencana solusi:
o Menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran matematika pada topik bangun ruang.
o Mengembangkan media pembelajaran .
4. Masalah yang dipilih: Rendahnya hasil belajar siswa pada topik bangun ruang.
5. Penyebab masalah yang dipilih:
o Metode pembelajaran kurang menarik.
o Kurangnya variasi metode pembelajaran.
6. Alasan memilih masalah yang dipilih:
o Hasil belajar merupakan indikator utama keberhasilan pembelajaran.
o Peningkatan hasil belajar pada topik bangun ruang akan berdampak positif pada pencapaian kompetensi siswa secara keseluruhan.
7. Rencana solusi masalah yang dipilih:
o Menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran matematika pada topik bangun ruang.
8. Rumusan masalah: Bagaimana menerapkan model Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada topik bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Kerinjing Tahun Pelajaran 2023/2024?
9. Tujuan perbaikan pembelajaran:
o Meningkatkan motivasi belajar siswa pada topik bangun ruang.
o Meningkatkan hasil belajar siswa pada topik bangun ruang.
Nama: Dian Ratna Sari
NIM: 857694443
Pokjar: Kebangsaan Bangsri
Setelah Melihat video berkaitan dengan menarik perhatian siswa maka dapat saya sampaikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dalam video ini yaitu:
Kelebihan :
• Guru dapat menarik perhatian siswa dengan baik dengan ekspresi ceria serta dapat berinteraksi dengan baik.
• Guru memberikan contoh konkrit dalam pembelajarn sehingga murid dapat lebih fokus.
• Guru mampu menciptakan suasana yang aktif serta menyenangkan
Kekurangan
• Teks video hanya menunjukkan satu contoh metode pembelajaran, yaitu metode tanya jawab dan eksplorasi benda.
• Penampilan guru dalam mengajar terkesan kurang rapi karena tidak memakai sepatu dan bajunya dikeluarkan.
Analisis Masalah:
1. Identifikasi masalah:
o kurangnya motivasi siswa dalam belajar.
o Hasil belajar siswa pada topik bangun ruang masih rendah.
2. Penyebab:
o Metode pembelajaran kurang variatif
o Media pembelajaran yang terbatas
3. Rencana solusi:
o Menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran matematika pada topik bangun ruang.
o Mengembangkan media pembelajaran .
4. Masalah yang dipilih: Rendahnya hasil belajar siswa pada topik bangun ruang.
5. Penyebab masalah yang dipilih:
o Metode pembelajaran kurang menarik.
o Kurangnya variasi metode pembelajaran.
6. Alasan memilih masalah yang dipilih:
o Hasil belajar merupakan indikator utama keberhasilan pembelajaran.
o Peningkatan hasil belajar pada topik bangun ruang akan berdampak positif pada pencapaian kompetensi siswa secara keseluruhan.
7. Rencana solusi masalah yang dipilih:
o Menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran matematika pada topik bangun ruang.
8. Rumusan masalah: Bagaimana menerapkan model Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada topik bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Kerinjing Tahun Pelajaran 2023/2024?
9. Tujuan perbaikan pembelajaran:
o Meningkatkan motivasi belajar siswa pada topik bangun ruang.
o Meningkatkan hasil belajar siswa pada topik bangun ruang.
Nama : Febri Andiko
NIM : 856989026
Pokjar : Ambarawa
UPBJJ : Bandar Lampung
Menurut saya Dari video di atas, reaksi siswa pada saat guru datang tidak memperhatikan dan sangat gaduh. Hal itu diakibatkan karena tidak ada kegiatan awal yang bisa membuat anak-anak semangat dan fokus kepada guru yang sedang berbicara. Namun hebatnya, guru tersebut cepat membuat ide agar siswanya kembali fokus. Guru tersebut cepat mengambil langkah dan merubah situasi menjadi lebih menarik dan aktif. Guru menggunakan bantuan benda/alat peraga untuk menjelaskan materi agar siswa menjadi tertarik.
Untuk ke depannya, diharapkan guru dapat memperhatikan lagi cara dia mengajar dan membuka kegiatan pembelajaran dengan kegiatan yang lebih interaktif agar siswa dapat fokus dan nantinya kegiatan belajar akan menjadi lebih baik apabila diawali dengan kegiatan yang menyenangkan.selain itu guru juga harus memperhatikan penampilan dan mengawali pembelajaran dengan kegiatan yang lebih interaktif, seperti bernyanyi bersama, untuk menciptakan suasana yang lebih hidup dan memikat perhatian siswa.