silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Menarik Perhatian Siswa
    Setelah saya menonton tayangan video di atas, dapat saya analisis bahwa sebagai guru sebelum masuk ke dalam sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan diri. Mempersiapkan diri yang saya maksud adalah mempersiapkan materi, metode media serta penampilan juga dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa.
    Ada 2 hal yang bisa saya analisis dari video tersebut
    1. Kelemahan
    – Pada awal video terlihat bahwa ketika guru masuk ke dalam kelas menggunakan sandal. Terlihat dari situ bahwa guru kurang memperhatikan penampilan.
    – Pada saat masuk ke dalam kelas siswa tidak memberikan respon terhadap guru.
    2. Kelebihan
    – Pada tayangan video setelah guru melakukan ice breaking siswa menjadi semangat dan memberikan respon terhadap informasi/ pelajaran yang diberikan guru.
    – Guru melatih psikomotorik siswa terlebih dahulu sebelum masuk ke materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.

  2. Reaksi anak
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan awal pembelajaran adalah tidak memperhatikan guru yang datang dan asik bermain, setelah guru melakukan ice breaking baru lah siswa fokus dan kembali memperhatikan.

    Kelebihan
    Kelebihan video tersebut adalah, guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda konkrit, sehingga dapat menarik perhatian siswa.

    Kelemahan
    Kelemahan pada video diatas yaitu terlihat diawal video kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi.

    Hal-hal unik yang ada didalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, guru memakai sandal, dan bajunya sebelah kiri dalam keadaan dikeluarkan.

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama mengucapkan salam, kemudian mengawali pembelajaran dengan berdo’a, setelah itu supaya anak tidak bosan ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi dan kesimpulan yang didapat pada materi, kemudian ditutup dengan do’a dan salam.

  3. Menurut saya
    Reaksi anak
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan awal pembelajaran adalah tidak memperhatikan guru yang datang dan asik bermain, setelah guru melakukan ice breaking baru lah siswa fokus dan kembali memperhatikan.

    Kelebihan
    Kelebihan video tersebut adalah, guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda konkrit, sehingga dapat menarik perhatian siswa.

    Kelemahan
    Kelemahan pada video diatas yaitu terlihat diawal video kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi.

    Hal-hal unik yang ada didalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, guru memakai sandal, dan bajunya sebelah kiri dalam keadaan dikeluarkan.

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama mengucapkan salam, kemudian mengawali pembelajaran dengan berdo’a, setelah itu supaya anak tidak bosan ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi dan kesimpulan yang didapat pada materi, kemudian ditutup dengan do’a dan salam.

  4. Nama : MASRIYANTI
    Nim : 856472935
    Reaksi anak
    Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.
    Kelebihan
    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali.
    Kelemahan
    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar.
    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  5. Nama: Fitri
    Fakultas FKIP UT Mataram
    Menarik Perhatian Siswa
    Setelah saya menonton tayangan video di atas, dapat saya analisis bahwa sebagai guru sebelum masuk ke sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan diri. Mempersiapkan diri yang saya maksud adalah mempersiapkan materi, metode media serta penampilan juga dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa.
    Ada 2 hal yang bisa saya analisis dari video tersebut
    1. Kelemahan
    – Pada awal video terlihat bahwa ketika guru masuk ke dalam kelas menggunakan sandal. Terlihat dari situ bahwa guru kurang memperhatikan penampilan.
    – Pada saat masuk ke dalam kelas siswa tidak memberikan respon terhadap guru.
    Adapun
    2. Kelebihan
    – Pada tayangan video setelah guru melakukan icebreaking siswa menjadi semangat dan memberikan respon terhadap informasi/pelajaran yang diberikan guru.
    – Guru melatih psikomotorik siswa terlebih dahulu sebelum masuk ke materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.

  6. Nama : Asoka Pasilan
    NIM : 856497699
    Pokjar : Pelalawan
    UPBJJ : Pekan Baru

    Dalam cuplikan video diatas, pada tampilan awal guru masuk kelas dengan tidak memakai perlengkapan dengan baik dan benar, dari seragam yang tidak rapi, memakai sandal, guru juga tidak menguasai kelas dengan baik.

    Pada tampilan kedua, guru masuk kelas dengan rapi dan berwibawa, selain itu guru juga bisa menguasai kelas dengan baik. hal ini terlihat saat awal masuk walaupun saat mengucapkan guru menucapkan salam, siswa masih terlihat ribut, kemudian guru mencoba mengalihkan perhatian siswa dengan melakukan tidakan apersepsi sehingga siswa kembali fokus belajar.
    setelah siswa fokus barulah guru mengajak siswa untuk belajar mengenai pelajaran penjumlahan dan pengurangan. selain itu juga guru mengajak siswa bereksplorasi pada benda-benda disekitar yang sering dilihat siswa, guru juga memberikan penguatan agar siswa lebih tertarik dan memahami materi.

  7. Nama : Margareta Tirta Alfani Saputri
    NIM : 857002241
    UPBJJ : Bandar Lampung
    menurut saya, murid-murid yang ada dikelas tersebut tidak ada yang memperhatikan gurunya, murid-murid asik bercanda dengan teman-temannya tanpa memperdulikan guru yang telah masuk kelas untuk memulai pelajaran.
    Tetapi guru tersebut sangat pintar dalam menarik perhatian murid-murid dengan cara menggunakan media belajar yang dapat menarik perhatian murid-murid seperti buah-buahan dan memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab ketika guru bertanya.

  8. Nama
    Nim
    Pokjar
    Menurut Saya Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.
    Kelebihan
    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali.
    Kelemahan
    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar.
    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  9. Nama : Dwi Erizka Harahap
    Nim : 855865258
    Pokjar : Tebing Tinggi

    Menut Saya Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.
    Kelebihan :
    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali.
    Kelemahan :
    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar.
    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  10. Nama : Dwi Erizka Harahap
    Nim : 855865258
    Pokjar : Tebing Tinggi
    Setelah saya menyimak video tersebut, ada beberapa tanggapan yang bisa saya berikan terkait apa yang ada di dalam video tersebut. Yang pertama pada awal video ditampilkan dan guru masuk ke dalam kelas, penampilan guru tersebut sangat tidak mencerminkan seorang guru yang sedang bertugas, dengan penampilan baju yang dikeluarkan, menggunakan sandal saat akan memulai pembelajaran. Serta dalam memberikan sapaan kepada siswa tidak menggunakan cara yang tepat malah justru menaikkan nada bicaranya agar anak memperhatikan guru tersebut. Part selanjutnya guru tersebut mengubah cara dalam memulai pembelajaran dengan ice breaking untuk mengalihkan perhatian anak sehingga yang tadinya anak-anak asik bermain dengan teman-temannya, ini bisa dialihkan dengan cara tepuk. Selain tepuk juga guru tersebut memberikan ice breaking berupa buah jeruk, mungkin dalam hal ini guna untuk mengulas kembali materi pada pertemuan yang lalu. Saya kira cara ini cukup efektif untuk mengalihkan perhatian siswa agar bisa fokus dengan apa yang guru sampaikan juga dalam hal ini siswa akan siap untuk menerima pelajaran atau memulai pembelajaran, selain daripada itu juga cara tersebut menambah semangat anak dengan guru memberikan apresiasi kepada anak yang bisa menjawab. Demikian tanggapan dari saya, terimakasih.

Leave a Reply