silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Yunita
Nim : 859817226
Pokjar: Molawe
UPBJJ: Kendari
Assalamualikum,
Berdasarkan tampilan video tersebut secara keseluruhan kelemahan dari video tersebut yaitu kurangnya persiapan guru sebelum mengajar di mulai dari pakaian yang kurang rapi seperti tidak memakai sepatu serta baju sebagian berada diluar, dan tidak ada persiapan materi pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa atau tidak adanya kegiatan ice breaking, dan diawal pembelajaran guru tidak menggunakan prinsip apersepsi yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Terima kasih
Nama : Siti Hudani Hasnah
Nim : 858703513
Prodi : S1 PGSD
Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri. Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Metode pembelajaran sudah tepat yaitu tanya jawab, hanya saja seharusnya siswa disuruh maju kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran.
Selain itu saya juga melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi memakai sandal. Di samping itu pakaiannya juga kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Nama: Ellya Dewi Kusuma
Nim : 857760875
Reaksi anak
Reaksi anak pada pembelajaran akan di mulai anak kurang memperhatikan guru dan asik bermain sendiri, setelah masuk pada kegiatan ice breaking untuk menarik perhatian anak, anak mulai fokus dan kembali memperhatikan gurunya .
Kelebihan
Kelebihan vidio tersebut dengan menggunakan ice breaking guru mampu membuat anak untuk fokus kembali dengan pembelajaran.
Kelemahan
Kelemahan pada vidio diatas yaitu kurangnya persiapan guru dalam membuat pembelajaran pada hari itu.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, kemudian pada kegiatan inti juga di selingi dengan ice breaking .diakhir pembelajaran dilakukan recalling untuk mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.
Pada vidio yang saya amati kelemahannya adalah kurangnya persiapan saat memulai pembelajaran. Sebaiknya pada awal pembelajaran siswa diajak untuk berdoa terlebih dahulu dan juga melakukan ice breaking agar siswa semangant dan fokus untuk mengikuti pembelajaran. Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik guna siswa agar lebih paham tentang materi yang diajarkan. Kelebihannya adalah guru memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa dan juga memberikan apresisi dan motivasi untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
Nama : Rizki Salsabil
NIM : 858703309
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Salut Doktor Sukarni Oscar Bojonegoro
Pada vidio yang saya amati kelemahannya adalah kurangnya persiapan dalam pembelajaran saat memulai pembelajaran. Sebaiknya pada awal pembelajaran saat memulai pembelajaran siswa diajak untuk berdoa terlebih dahulu dan juga melakukan ice breaking agar siswa semangat dan fokus untuk mengikuti pembelajaran. Guru juga dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik guna siswa lebih paham tentang materi yang diajarkan. Kelebihannya adalah guru memberikan pertanyaan pemantik pada siswa dan juga memberikan apresiasi dan motivasi agar siswa lebih semangat belajarnya.
Nama:DTM.Khairuddin muazli Sinulingga
Nim:878248814
Pokjar: labura
Dari vidio di atas saya melihat perlu nya semua kesiapan guru atau pendidik sebelum menghadapi murid dalam pembelajaran yang tepat dan akurat.
Guna untuk mencapai keberhasilan pengajaran yang efektif dan terarah dan menjalan kan komunikasi dua arah, sehingga keaktifan dan minat anak untuk memerhatikan pendidik dalam menyampaikan materi lebih tertarik dan fokus untuk menjalani pembelajaran.
Karena keberhasilan pendidikan bukan hanya sebatas sepintar apa gurunya, tapi bagaimana cara pendidik untuk berhasil menyampai kan materi dan membuat anak faham dan senang terhadap materi yang di sampaikan …
Assalamualaikum….🙏
Nama : Akmal Wahyu A
Nim : 858703513
Prodi : S1 PGSD
Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri. Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Metode pembelajaran sudah tepat yaitu tanya jawab, hanya saja seharusnya siswa disuruh maju kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran.
Selain itu saya juga melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi memakai sandal. Di samping itu pakaiannya juga kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Terima kasih…..🙏
pada pembelajaran pertama guru tidak mencerminkan sikap disiplin , berpakaian tidak rapih dan cara mengajar nya yang biasa saja sehingga para siswa tidak tertarik untuk memperhatikan pembelajaran ,
vidio yang ke 2 guru sangat rapih dan mencerminkan kedisiplinan , cara mengajar pun bagus di awali dengan salam sapa dan ice breaking , serta mengeluarkan kalimat pemantik untuk menarik perhatian murid , guru juga mengajar dengan menggunakan media yang cukup sering di temui di kehidupan sehari-hari siswa.
Menarik Perhatian Siswa
Dalam video diatas, pada sesi pertama guru masuk kelas, yang terlihat dari penampilan guru berpenampilan kurang rapi/kurang menarik (menggunakan Sendal dan baju keleweran sebelah). Selanjutnya, cara guru mengawali pembelajaran guru tersebut langsung meminta siswa untuk membuka buku pelajarannya tanpa memperhatikan situasi dan kondisi kebutuhan anak pada saat pembelajaran tersebut.
Dan pada sesi kedua, guru tersebut merubah tata cara penampilan menjadi lebih rapi, membuka Pelajaran dengan mengalih perhatian siswa agar terfokus pada guru tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (mengajak siswa bertepuk tangan 1 kali dan 2 kali), memberi pertanyaan (siswa ke sekolah menggunakan kendaraan apa dan berapa roda dari kendaraan yang siswa tersebut gunakan untuk berangkat ke sekolah) untuk meningkatkan perhatian siswa pada Pelajaran, dan menyiapkan media berupa buah jeruk sebanyak 5 buah untuk memudahkan siswa dalam belajar.
Assalamualaikum….🙏
Nama : Alif Tulusiyah Anggraini
Nim : 501362515
Prodi : S2 MPDr
Pada awal guru masuk sebagian siswa tidak memperhatikan gurunya dan masih asik bermain sendiri/ bersama temannya. Tampilan seorang guru seharusnya berpakaian rapi, menunjukkan ekspresi wajah yang ramah dan bersemangat. Kegiatan awal atau pembuka kelas, diharapkan melakukan hal yang dapat menarik perhatian siswa seperti yang ada pada video yaitu tepuk tangan , bisa juga dengan kegiatan icebreaking seperti bermain game, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah siswa sudah tertarik dari pelajaran, maka siswa akan antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.
Metode pembelajaran sudah tepat yaitu menggunakan benda yang ada disekitar mereka, agar lebih siswa tersebut fokus , guru mengizinkan beberapa siswa untuk maju kedepan mempraktikan secara langsung dengan menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran. lalu memberika apresiasi kepada siswa yang sudah menjawab maju ke depan