silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Sri Karya Suriati Mendrofa.
Nim: 856059128
Pokjar : Idanogawo
UPBJJ UT : Medan
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, di video pertama Siswa tidak memperhatikan saat guru masuk di dalam kelas, mereka sibuk bermain sendiri.
Namun di video kedua, siswa lebih antusias karena guru masuk di dalam kelas dengan melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik yaitu dengan melakukan kegiatan ice breaking ( bernyanyi) dan memberikan pertanyaan pemantik. Dengan demikian siswa jadi terkesan diawal pembelajaran, sehingga mereka lebih antusias dalam mengikuti membelajaran selanjutnya.
2. Kelemahan dalam video yakni saat guru tampil di depan kelas dengan pakaian yang tidak rapi. Seharusnya guru harus menjadi teladan yang baik bagi siswa. Dan kurang persiapan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
3. Kelebihan video yaitu saat guru melakukan ice breaking membuat siswa fokus kembali dengan pembelajaran. Kemudian metode tanya jawab yang dilakukan guru membuat siswa lebih aktif. Selanjutnya penggunaan media pembelajaran yang sederhana dan mudah untuk dipahami.
4.Hal hal yang unik yang ada dalam video, yakni saat guru memberikan pertanyaan pertanyaan yang menyangkut kehidupan sehari hari para siswa yang berkaitan dengan pembelajaran.
5. Upaya yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikut yakni sebelum melakukan kegiatan proses belajar mengajar terlebih dahulu guru mempersiapkan diri mulai dari rencana pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Serta metode apa yang sesuai, dan penggunaan alat peraga / media pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah.
Terimakasih
nama : Yasali Giawa
nim : 860126237
berdasarkan video diatas pertama guru kelihatan tidak disiplin, dimana guru memakai sandal dan berpakaian tidak rapi, dan pada saat mengajar kurang menarik perhatian siswa karena metode pembelajaran yang digunakan biasa saja. jadi da;lam video ini guru di ajarkan agar lebih memperhatikan kedisplinan dan cara berpakain yang rapi, dan juga memperhatikan cara mengajar dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran sehingga siswa konsentrasi dan dapat menarik perhatian siswa.
Syalom….
Nama : Vestal Ariyanti Zai
Nim : 856061077
UPBJJ : Medan
Pokjar : Idanogawo
Pada video ini saya mengamati 2 reaksi siswa terhadap gurunya ketika akan memulai kegiatan belajar di dalam kelas, reaksi yang pertama siswa kurang memperhatikan gurunya dikarenakan guru tersebut datang di dalam kelas dengan keadaan yang kurang rapi dan tidak menggunakan metode yang baik untuk menarik perhatian siswanya, sedangakan pada video selanjutnya siswa sangat memperhatikan dan fokus terhadap gurunya di karenakan guru tersebut datang dengan penuh persiapan di mulai dari berpakaian dan kesiapan dalam melaksankan kegiatan belajar, dengan memberikan pertanyaaan-pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan kegiatan sehari-harinya maka siswa dapat memberikan respon yang baik dan mengajak siswa untuk mulai fokus dalam memulai pelajaran.
Nama:Alini Waruwu
Nim:856059658
Prodi:S1 PGSD
Pokjar:Idanogawo
Dalam video tersebut, reaksi peserta didik di SD tidak memperhatikan gurunya dan asyik bermain dengan teman sebangku. Jadi, cara menarik perhatian siswa diawal pembelajaran dengan membuat proses pembelajaran semanarik mungkin atau melakukan ice breaking seperti bernyanyi, gerakan badan atau melalui games lainnya. Supaya proses pembelajaran tidak terlalu membosankan.
Dan dalam video tersebut juga seorang guru tidak memiliki yang namanya kesiapan dalam mengajar, jadi perlu nya juga sebelum memulai proses pembelajaran, kita juga memulainya dengan contohnya, berdoa, mengapsen atau kita bisa menanyakan kabar siswa-siswi kita. Dan juga juga kita sebagai seorang guru harus memberikan contoh yang baik bagi siswa, misalnya berpakaian yang rapi, tepat waktu dan memiliki alat peraga dalam menjelaskan sebuat materi, supaya siswa-siswi peserta didik kita akan terfokus kan pada proses pembelajaran pada saat itu.
NAMA : SALOME WARUWU
NIM : 859810248
POKJAR / UPBJJ : IDANOGAWO/MEDAN
JUDUL : Menarik Perhatian Siswa
SUMBER : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2022/11/07/menarik-perhatian-siswa/
Reaksi anak pada kegitan pembelajaran :
Reaksi anak pada video pembelajaran di mulai siswa kurang memperhatikan guru dan asik bermain sendiri, dan setelah masuk pada kegiatan icebreaking untuk menarik perhatian anak, anak mulai fokus dan kembali memperhatikan gurunya .
Kelebihan guru pada kegitan pembelajaran : :
Kelebihan video tersebut dengan menggunakan icebreaking guru mampu membuat siswa untuk fokus kembali dengan pembelajaran dan memperhatikan gurunya.
Kelemahan guru pada kegitan pembelajaran :
Kelemahan pada video diatas yaitu kurangnya persiapan guru dalam membuat pembelajaran pada hari itu, tidak sesuai dengan prosedur pembejaran dan guru juga kurang rapi tidak memberikan contoh yang baik.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran :
alangkah baiknya guru mengikuti prosedur pembelajaran dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan icebreaking untuk mengembalikan fokus anak, lalu motivasi agar anak lebih focus pada materi pembelajaran baru masuk pada kegiatan inti dan diakhir pembelajaran dilakukan review untuk mengulas kembali materi, dan ditutup dengan doa.
Asalamualaikum Wr.wb
Nama: Shepta Lutfi Dewi Luqmana
Nim:877966216
Pokjar: Nganjuk raya
Dari penayangan vidio tersebut dapat diambil kesimpulan bawasanya seorang guru ketika akan masuk kedalam kelas harus mempersiapkan semuanya mulai dari materi dan kerapian seorang guru. Guru yang menarik akan sangat disenangi oleh muridnya terutama untuk anak yang usianya masih kecil terutama di kelas 1 butuh inovasi2 baru selama pembelajaran agar anak tersebut dapat menerima apa yang akan kita berikan kepada murid tersebut. Dalam pengajaran kita juga memerlukan media yang sering di temui oleh murid sehingga murid tersebut dapat dengan mudah mencerna.
Terimakasih
Asalamualaikum
Nama: Shepta Lutfi Dewi Luqmana
Nim:877966216
Melihat dari penayangan vidio tersebut seorang guru mampu memberikan pengaruh yang baik dalam pembelajaran, sehingga ketika akan mulai mengajar guru perlu memperhatikan banyak hal mulai dari penampilan yang rapi materi dan lainya. Dalam pembelajaran kita memerlukan media yang sering dijumpai oleh anak-anak dalam kehidupan sehari-hari sehingga dia dengan mudah memahami apa yang akan kita sampaikan.
Terimakasih
Asalamualaikum
Nama: Shepta Lutfi Dewi Luqana
Nim:877966216
Melihat dari penayangan vidio tersebut seorang guru mampu memberikan pengaruh yang baik dalam pembelajaran, sehingga ketika akan mulai mengajar guru perlu memperhatikan banyak hal mulai dari penampilan yang rapi materi dan lainya. Dalam pembelajaran kita memerlukan media yang sering dijumpai oleh anak-anak dalam kehidupan sehari-hari sehingga dia dengan mudah memahami apa yang akan kita sampaikan.
Terimakasih
Nama : Herlin Astuti Zai
Nim : 855836185
Pokjar : Idanogawo
Menurut saya awal videp Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan. Tetapi video cara mengatasinya sudah bagus, guru masuk dalam kelas berpakaian rapi dan narik perhatian anak yang masih gaduh ,memanfaatkan benda untuk melakukan perhintungan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Sekian dan terima kasih
Nama : Herlin Astuti Zai
Nim : 855836185
Pokjar : Idanogawo
Menurut saya awal videp Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan. Tetapi video cara mengatasinya sudah bagus, guru masuk dalam kelas berpakaian rapi dan narik perhatian anak yang masih gaduh ,memanfaatkan benda untuk melakukan perhintungan. Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba. Sekian dan terima kasih