silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama :Nesti Hartika zai
Nim :856060939
Menurut saya cara menarik perhatian siswa diawal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran Semenarik mungkin. Contoh pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa yaitu antara lain mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan dan lain lain. Ketika sudah terkesan diawal pembelajaran, maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Tetapi dalam vidio diatas seorang guru langsung memberikan materi kepada siswanya yang dimana juga siswa didalam kelas dalam keadaan ribut dan tidak tenang sehingga apa yang disampaikan guru tidak menarik perhatian siswa. Dilihat juga dari penampilan gurunya tidak memenuhi kriteria disiplin dimana gurunya tidak rapi mulai dari kaki baju, dan sandal yang ia pakai. Itu adalah salah satu sisi negatifnya
Sedangkan sisi positif
Cara mengajar gurunya lumayan bagus karna sistem cara mengajarnya yaitu dengan tanya jawab dan guru juga mengajar dengan menggunakan media yang cukup sering di temui di kehidupan sehari-hari siswa.
Juga melibatkan lingkungan sekitar sehingga siswanya mudah mengerti dan paham karna contoh materi yang disampaikan gurunya mudah dan tidak jauh dari kegiatan mereka sehari hari.
Terimakasih😇🙏
Nama : CHINTIA AGUSTIN DEWI
NIM : 857124758
Prodi : PGSD
Permasalahan pembelajaran yang terdapat dalam video dalam tayangan video :
1. Guru tidak dapat mengkondisikan kelasnya dengan baik,sehingga anak-anak tidak ada perhatiannya
2. Kurangnya penguasaan penggunaan media/alat peraga
Solusi
Menurut saya dalam menanggapi video tersebut yaitu :
1. Kondisikan kelas terlebih dahulu dengan menyapa anak-anak atau memberi ice breaking
2. Alat peraga yang digunakan seharusnya yang mudah digunakan dan tersedia .
3. Dalam hal menjelaskan/menyampaikan materi diperlihatkan contoh berdasarkan apa yang ada di lingkungan mereka
Nama saya : Evi D. Panjaitan
Nim : 878258023
Berdasarkan vidio di atas pada vidio yang pertama di tayangkan menurut saya kejadian dalam vidio tersebut menggambarkan situasi di dalam kelas dimana siswa tidak peduli terhadap lingkungan kelasnya karena pada saat guru memasuki ruangan siswanya sibuk sendiri itu disebabkan karena gurunya tidak menunjukkan sikap yang menghangatkan dan penampilannya tidak rapi dan guru tidak peduli dengan keadaan siswa diruangannya.
Pada vidio selanjutnya situasi di ruangan sudah bagus karena pada saat guru masuk dengan keadaan guru yang semangat dan juga penampilan rapi siswanya juga jadi bersemangat .
Guru memberikan motivasi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran dan juga guru mengajar dengan menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih mudah menangkap pelajaran. Guru juga memberikan umpan balik kepada yang aktif di kelas.
Demikian komentar saya.
Terimakasih
Nama saya : Evi D. Panjaitan
Nim : 878258023
Berdasarkan vidio di atas pada vidio yang pertama di tayangkan menurut saya kejadian dalam vidio tersebut menggambarkan situasi di dalam kelas dimana siswa tidak peduli terhadap lingkungan kelasnya karena pada saat guru memasuki ruangan siswanya sibuk sendiri itu disebabkan karena gurunya tidak menunjukkan sikap yang menghangatkan dan penampilannya tidak rapi dan guru tidak peduli dengan keadaan siswa diruangannya. Pada vidio selanjutnya situasi di ruangan sudah bagus karena pada saat guru masuk dengan keadaan guru yang semangat dan juga penampilan rapi siswanya juga jadi bersemangat . Guru memberikan motivasi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran dan juga guru mengajar dengan menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih mudah menangkap pelajaran. Guru juga memberikan umpan balik kepada yang aktif di kelas.
Demikian komentar saya. Terimakasih
Selamat Siang semua apa kabar semoga kabar kita baik baik saja
perkenalkan
Nama : Edisusanto Laoli
Nim : 837720125
Berdasarkan hasil Pengamatan penulis terhadap video pembelajaran melalui laman http://www.gurupintar.ut.ac.id/(GPO) pada hari senin, 14 Oktober 2024 dengan judul“ Menarik Perhatian Siswa”. Dari hasil pengamatanvideo tersebut, tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarikperhatian siswa, untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam halinigurumelakukanbeberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang, memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan,meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang bendayang ditemukannya itu. Darivideo tersebut ada pendapat pakar tentang cara“menarik perhatian siswa” Menurut pakar Dosen Oleh: Drs. Badjuri, M.Pd. mengatakan dalam tampilan video tersebut materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan.Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan.Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangatpenting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masukkelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu.Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba.
Dari hasil pengamatan dan refleksi yang penulis lakukan setelah menonton video dari laman http://www.gurupintar.ut.ac.id GPO pembelajaran dengan judul ”Menarik Perhatian Siswa”,penulis menemukan beberapa identifikasi masalah antara lain:
• Siswa ribut di kelas
• Guru sulit mengendalikan siswa yang ribut dikelas pada kegiatan pembelajaran
• Siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran
Nama :Friskawati sinaga
Nim :855843861
Dari video diatas ,saya perhatikan .kurangnya dalam kosentrasi dalam saat belajar .
Nah untuk menarik perhatian siswa agar lebih termotivasi dalam belajar .
1.Gunakan metode pembelajaran yang variatif:cobalah berbagai metodeseperti diskusi ,permaiana edukatif ,atau pembelajaran berbasi proyek .variasi ini dapat membuat siswa tidak mudah bosan dan lebih terlibat.
2.Hubungan materi dengan kehidupan sehari-hari : Siswa lebih mudah tertarik jika mereka melihat relevansi antara pelajaran dan kehidupan mereka.Gunakan contoh nyata yang bisa mereka kaitkan dengan pengalaman pribadi.
3.Berikan tantangan yang menarik:Tantangan seperti kuis ,teka-teki ,atau proyek kreatif dapat memotivasi siswa untuk berpikir lebih kritis dan menemukan solusi .
4.Gunakan teknologi dan media pembelajaran interaktif :video aplikasi ,atau platform pembelajaran digital dapat membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami
5.Berikan apreasi dan penguatan positif :pujian ,hadiah kecil,atau penghargaan dapat mendorong siswa untuk berusaha lebih baik .penguatan positif bisa meningkatkan rasapercaya diri dan motivasi mereka
6.Ciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan :suasana kelas yang ramah ,dukungan dari guru ,dan interaksi yang positif dapat membuat siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar .
7.Libatkan siswa dalam proses belajar ajak siswa untuk berdiskusi ,bertanya ,atau memberikan pendapat.keterlibatan aktif membuat mereka mereka memiliki andil dalam pembelajaran .
Dengan menerapkan beberapa cara ini,guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan meningkatkan minat belajar siswa
nama ;friskawati sianaga
nim :855843861
k
Nama : Septi Priyatin
Nim : 857592136
Menurut Pendapat saya setelah melihat vidio tersebut pentingnya kesiapan seorang guru pada saat mengajar sangat mempengaruhi suasa didalam kelas.
pada video tersebut terlihat guru yang kurang persiapan ketika ingin memulai pembelajaran, dan kurang nya kerapian berpakaian guru tersebut, sehingga tidak menarik perhatian para siswa,sebaiknya sebelum pembelajaran berdo’a terlebih dahulu dan supaya siswa lebih semangat di awal juga ada ice breaking.
Kelebihan dari video tersebut yaitu ada Beberapa strategi yang digunakan oleh guru antara lain:
Mengajak Mahasiswa untuk Mengeksplorasi: Guru mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dengan menghitung atau membilang, yang membantu mereka terlibat secara langsung.
Memberi Penguatan: Ketika siswa memberikan respon atau menjawab, guru memberikan pujian atau penguatan positif. Ini mendorong siswa untuk lebih percaya diri dan terlibat.
Mendiskusikan Penemuan: Siswa diminta untuk menemukan benda di sekitar mereka dan menceritakan sedikit tentang benda tersebut. Ini tidak hanya memicu rasa ingin tahu, tetapi juga melatih kemampuan berbicara dan berbagi informasi.
Strategi-strategi ini efektif untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan.
Nama : Sahlan Gultom
NIM : 878258442
JURUSAN: S1- PGSD
Dari vidio diatas dapat di simpulkan bahwa walaupun kita seorang pendidik kita harus mrmberi contoh terhadap anak didik kita, baik itu dari segi penampilan dan tingkah laku kita, supaya anak didik kita melihat gurunya bersemangat untuk belajar bersemangat, dan sebagai pendidik kita harus mrnyiapkan apa yang harus kita sampaikan kepada anak didik kita baik itu materi dan media pembelajaran supaya anak didik lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran yang kita bawakan, dan memberikan refleksi terhadap anak didik, baik itu dalan bentuk pertanyaan dan memberikan games dalam bentuk pembelajaran.
Terimakasih