silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Iin Rahmawati
NIM : 859673366
UPBJJ : Bandung
Bismillah.
Video yang pertama :
Pada saat masuk ruangan kelas, guru berpenampilan tidak rapih dan lusuh.
Guru memulai pembelajaran langsung pada intinya, tidak ada apresiasi dulu sebelum pembelajaran dimulai. Sebaiknya pembelajaran dimulai dengan berdoa terlebih dahulu.
Video yang kedua :
Pada awal masuk kelas, guru sudah bersemangat, sehingga memberikan pengaruh positif pada anak. Guru memulai pembelajaran dengan memancing anak-anak dengan pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran matematika, sehingga menjadi termotivasi dan aktif dalam belajar.
Penampilan seorang guru akan memberikan pengaruh dalam kegiatan belajar mengajar. Jadi sebaiknya sebelum masuk ruangan kelas, harus dipersiapkan terlebih dahulu.
Nama : Inayatullah
NIM : 857126292
UPBJJ : UT Jakarta
Menurut saya, dalam video tersebut, guru sudah baik dalam menarik perhatian siswa dengan menggunakan ice breaking dan apersepsi untuk mengondisikan kelas yang awalnya ramai. Kedua hal ini sangat membantu siswa untuk lebih fokus. Guru mengajarkan penjumlahan dan pengurangan dengan cara yang menarik. Penggunaan alat peraga konkret sudah tepat dan sesuai usia, namun siswa sebaiknya lebih dilibatkan aktif dalam proses belajar agar pembelajaran lebih bermakna. Penampilan guru yang rapi dan semangat juga penting untuk menjaga motivasi siswa.
Nama : Uce Mardianita
Nim : 857226069
Prodi : S1 PGSD
Pojar : Balaraja
Upbjj : Serang
Judul Vidio : Menarik Perhatian siswa
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan Guru tersebut cukup menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat mengikuti proses pembelajaran
2. Kelemahan dalam vidio tersebut yaitu penampilan Guru tersebut kurang rapi,karena penampilan Guru akan menjadi contoh para siswanya,sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran Guru harus selalu berpenampilan rapi
3. Kelebihannya yaitu Guru dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran
4. Hal unik dalam vidio tersebut yaitu Guru dapat langsung membawa alat peraga yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran
5. Yang harus diperbaiki dalam Vidio tersebut yaitu sebelum memulai proses pembelajaran ,sebaiknya Guru terlebih dahulu memperhatikan penampilannya dan dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode dan alat yang lebih menarik minat siswa dalam pembelajaran
Nama: Siti Aisyah
Nim: 878368259
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Asahan
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa pada bagian pertama dari video tersebut yaitu menunjukkan bahwa guru tersebut tidak bersikap layaknya seperti guru profesional, dapat dilihat bahwa guru tersebut berpakaian tidak rapi dan memakai sendal. selain itu, pada bagian pertama video, guru tersebut langsung membuka pelajaran tanpa diawali dengan pembukaan seperti ice breaking, jadi siswa tersebut tidak tertarik dan asyik bermain. seperti yang diperlihatkan dari video bagian yang kedua penampilan guru tersebut terlihat lebih rapi dan siswa pun lebih memperhatikan gurunya dengan mengikuti ice breaking yang dilakukan guru tersebut. jadi siswa lebih tertarik dan fokus terhadap gurunya, dengan begitu guru juga lebih mudah menyampaikan pembelajaran.
jadi upaya yang dapat dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu:
1. guru dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai
2. guru mampu membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif dan menyenangkan.
3. guru memberikan perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan
4. guru dapat menggunakan sumber belajar yang bermacam-macam seperti buku, alat peraga dan memanfaatkan teknologi IT.
Assalamu’alaikum..
Nama : Nurindah Palupy
Nim: 856652332
Upbjj: Kota Jambi
Pokjar: Salut Kota Jambi.
Dari vidio diatas, pada cuplikan vidio di awal guru berpakain tidak rapi, tidak bersemangat dalam memulai pelajaran..
Untuk itu seorang guru harus memperhatikan cara berpakaian yang baik, benar dan rapi, tersenyum saat masuk kelas, mengucapkan salam dan menyapa anak² dengan semangat..
Untuk menarik perhatian murid kita sebagai guru harus bisa membuat anak² merasa senang seperti melakukan ice breaking dengan gerakan² yang menarik.
Metode yang diberikan oleh guru pada vidio di atas sudah sangat tepat dan menarik untuk anak²..
Sebaiknya kita sebagai guru harus mempersiapkan bahan ajar apa saja yang harus kita gunakan saat pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif serta anak² merasa senang saat pembelajaran berlangsung.
Nama : Yasmin Ferhad
NIM : 857126737
UPBJJ : UT JAKARTA
Yth. Bapak Aris Hadiyan Wijaksana
Tutor Mata Kuliah PKP
Menurut pendapat saya, sesuai dengan hasil pengamatan pada video tersebut yaitu di awal pembelajaran guru berusaha untuk menarik perhatian siswa dan menjelaskan konsep penjumlahan dan pengurangan menggunakan media pembelajaran yang konkret. Dalam kegiatan pembelajaran guru bisa menambahakan asesmen formatif sehingga menarik perhatian siswa dan menghidupkan suasana belajar di dalam kelas.
kemudian, dalam proses pembelajaran terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh guru tersebut, seperti:
• Menggunakan media pembelajaran yang nyata dan dekat dengan kehidupan peserta didik
• Memberikan penguatan kepada peserta didik
Adapun kekurangan yang dimiliki guru tersebut, seperti:
• Penampilan guru kurang menarik
• Tidak memberikan kesempatan peserta didik untuk menjawab
• Kurang mengakomodasi apa yang dibutuhkan peserta didik
Demikian tanggapan saya, Terima Kasih.
Nama : Serinawati mendrofa
Nim : 856061052
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Idanogawo kab .Nias
menurut pendapat saya reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dna asik bermain sendiri. cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran yaitu dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin.contohnya kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games,dan lain sebagainya.
ketika sudah terkesan di awal pelajaran ,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dan mengikuti pembelajaran .
selain itu saya jugs melihat penampilan guru kurang rapi,guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi memakai sandal.terus pakaianya juga kurang rapinampak sebagian bajunya yang lepas sebelah, pembelajaran akan lebih berhasil jika gurunya berpenampilan rapi dan berhasil menyampaikan pr
Assalamualaikum….🙏
Nama : Nada khairun nisa
Nim : 878363117
Prodi : S1 PGSD
berdasarkan video yang saya lihat awal guru masuk kedalam kelas tidak sesuai dengan selayaknya menjadi seorang guru, guru tersebut menggunakan sandal didalam kelas. siswa siswi juga tidak menghormati guru yang sudah masuk kedalam kelas mereka tidak mempedulikan guru dan mengabaikan guru berbicara.
jadi solusi yang tepat dalam video tersebut guru setelah masuk kelas memberikan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab, dan menggunakan alat peraga seperti jeruk, dan benda lainnya. dan menurut saya seharusnya siswa disuruh maju kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran.
Nama : Nada khairun nisa
Nim : 878363117
Prodi : S1 PGSD
berdasarkan video yang saya lihat awal guru masuk kedalam kelas tidak sesuai dengan selayaknya meniadi seorang guru, guru tersebut menggunakan sandal didalam kelas. siswa siswi juga tidak menghormati guru yang sudah masuk kedalam kelas mereka tidak mempedulikan guru dan mengabaikan guru berpicara. jadi solusi yang tepat dalam video tersebut guru setelah masuk kelas memberikan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menxanxi, melakykan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran.maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Terimakasi.
Assalamualaikum….bapak ibu semua… yang berada di Guru Pintar Online
perkenalkan,
Nama : Romi Diki Hidayat
Nim : 837588457
Prodi : S1 PGSD
Pendapat saya di Video 1:
Dalam video ini, guru tampil dengan penampilan yang tidak rapi, mengenakan sandal dan tidak memakai sepatu, yang memberi kesan kurang profesional. Hal ini memengaruhi wibawa guru di hadapan siswa, sehingga siswa tampak tidak memperhatikan, sibuk berbicara, atau bermain sendiri. Guru juga langsung masuk ke inti pelajaran tanpa memberikan pengantar atau aktivitas menarik seperti apersepsi, sehingga siswa menjadi jenuh dan tidak siap mengikuti pembelajaran. Suasana kelas yang ramai menunjukkan pentingnya persiapan baik dalam penampilan maupun strategi mengajar, agar pembelajaran lebih efektif dan siswa lebih fokus.
Pendapat saya di Video 2:
Guru dalam video ini tampil dengan profesional, berpakaian rapi, dan menggunakan metode pembelajaran interaktif. Dengan pendekatan eksplorasi, seperti menghitung jeruk dalam konteks keseharian, siswa diajak aktif terlibat dalam memahami konsep matematika. Guru memberikan penguatan positif, yang meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa. Penghargaan terhadap usaha siswa menciptakan suasana belajar yang positif, membuat siswa lebih bersemangat dan fokus dalam belajar.
Kesimpulan:
Pendekatan interaktif guru di video 2, seperti mengajak siswa menemukan benda-benda di sekitar, melatih keterampilan observasi, pemahaman konsep, dan komunikasi. Hal ini membuat pembelajaran lebih bermakna, karena siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga mengalami secara langsung. Metode ini memperkuat pemahaman siswa, membuat materi lebih mudah diingat dan dipahami, menjadikan proses belajar lebih menyenangkan dan efektif.