silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : AULIA ULANDARI
    NIM :877323404
    UPBJJ : Malang

    Reaksi anak pada awal pembelajaran siswa sangat ramai tidak memperhatikan guru saat berbicara.
    Kelemahan guru adalah kesulitan menarik perhatian siswa, guru juga tidak mencerminkan sikap patuh aturan yaitu berpakaian yang rapi dan memakai sepatu. Disini guru pakaiannya tidak rapi dan memakai sandal.
    Kelebihan guru dalam pembelajaran yaitu menggunakan media pembelajaran jadi membuat siswa tertarik. Membuat siswa lebih memahami materi.
    Hal yang unik adalah disini sebagai guru seharusnya mengerti bahwa guru itu sebagai contoh untuk murid-muridnya tapi kenapa memakai pakaian yang sangat tidak mencerminkan seorang guru.
    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan adalah harus menyusun modul ajar dan guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi murid-muridnya

  2. NIM : 878193624
    Dalam vidio yang saya amati:
    Kurangnya kesiapan pendidik dalam berpenampilan di depan murid. Sebagai pendidik haruslah memberi contoh tentang kedisiplinan(sesuai tata tertib sekolah ).
    Kemudian cara agar menarik perhatian murid di awal pembelajaran , dengan terlebih dahulu berdoa kemudian melakukan ice breaking yang menyenangkan( nyanyian, gerakan sederhana, tebakan dll) sehingga akan membuat mereka antusias dalam mengikuti pelajaran.

  3. Nama : Haidar Athari
    Npm : 878248617
    Pada pembelajaran Pertama guru tidak mencerminkan disiplin,dimana guru tersebut hanya memakai sandal dan baju guru tersebut tidak rapi yang mengakibatkan siswa tidak tertarik dengan guru tersebut , dan pada saat vidio yang kedua guru tersebut berpakain rapi sehingga siswa tertarik untuk belajar apali sebelum memulai pembelajaran guru tersebut menyapa dengan salam dan ice breaking.

  4. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Zahrotul Janah
    NIM : 856339756

    Pembelajaran pertama dilakukan sepeti tanpa persiapan, belum melakukan pembukaan pembelajaran yang baik dan menarik, tidak diawali dengan berdo’a atau bertanya kabar kepada siswa-siswi. Guru juga belum melakukan apersepsi pembelajaran sehingga siswa juga tidak siap untuk memulai pembelajaran. Pada pembelajaran kedua guru sudah menggunakkan metode yang lebih interaktif yang membuat siswa siap untuk mengikuti pembelajaran. guru juga menjelaskan konsep bertambah dan berkurang dengan sederhana.

  5. Nama :Amelia
    Nim :857223017
    Pokjar : tirgaraksa

    Menurut saya saat pertama guru masuk reaksi siswa sangat tidak memeperhatikan guru malah asik dengan sendiri .seharusnya ketika guru masuk pertama kali ke kelas ucapkan salam agar siswa tidak asik sendiri dan menjawab salam.untuk pembelajaran Sudah cukup dengan memberikan contoh langsung kepada siswa ,hanya saja dalam berpenampilan guru menurut saya kurnag rapih.

  6. Nama:MIMAH LESTARI
    NIM:856104857
    PRODI:PGSD

    Pada vidio yang saya amati kelemahannya adalah kurangnya persiapan dalam pembelajaran saat memulai pembelajaran. Sebaiknya pada awal pembelajaran saat memulai pembelajaran siswa diajak untuk berdoa terlebih dahulu dan juga melakukan ice breaking agar siswa lebih bersemangat dan fokus untuk mengikuti pembelajaran. Dari segi profesionalisme dan keselamatan, guru diharuskan memakai sepatu bukan sandal. Secara profesional, sepatu memberikan kesan formal dan rapi, sesuai dengan peran guru yang menjadi contoh bagi siswa. Dari segi keselamatan, sepatu melindungi kaki lebih baik, terutama di lingkungan sekolah yang bisa memiliki risiko seperti benda tajam atau tumpahan cairan. Selain itu, sepatu yang tepat memberikan dukungan kaki yang lebih baik untuk guru yang sering berdiri atau bergerak sepanjang hari…Guru juga dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik guna siswa lebih paham tentang materi yang diajarkan. Kelebihannya adalah guru memberikan pertanyaan pemantik pada siswa dan juga memberikan apresiasi dan motivasi agar siswa lebih semangat belajarnya.

  7. NAMA: MIMAH LESTARI(856104857)
    Pada vidio yang saya amati kelemahannya adalah kurangnya persiapan dalam pembelajaran saat memulai pembelajaran. Sebaiknya pada awal pembelajaran saat memulai pembelajaran siswa diajak untuk berdoa terlebih dahulu dan juga melakukan ice breaking agar siswa lebih bersemangat dan fokus untuk mengikuti pembelajaran. Dari segi profesionalisme dan keselamatan, guru diharuskan memakai sepatu bukan sandal. Secara profesional, sepatu memberikan kesan formal dan rapi, sesuai dengan peran guru yang menjadi contoh bagi siswa. Dari segi keselamatan, sepatu melindungi kaki lebih baik, terutama di lingkungan sekolah yang bisa memiliki risiko seperti benda tajam atau tumpahan cairan. Selain itu, sepatu yang tepat memberikan dukungan kaki yang lebih baik untuk guru yang sering berdiri atau bergerak sepanjang hari…Guru juga dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik guna siswa lebih paham tentang materi yang diajarkan. Kelebihannya adalah guru memberikan pertanyaan pemantik pada siswa dan juga memberikan apresiasi dan motivasi agar siswa lebih semangat belajarnya.

  8. Nama : Adha Pratiwi Sembiring
    Nim : 878255408

    Dalam kegiatan pembelajaran yang menggerakkan suasana kelas menjadi menyenangkan itu adalah guru. Maka dari itu, dari rumah guru harus mempersiapkan apa yang harus dilakukan di kelas, agar kita bisa menarik perhatian anak-anak.
    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam video itu awalnya anak-anak tidak memperhatikan guru yang ada di hadapannya, karena kirangnya persiapan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus memikirkan kegiatan apa yang baiknya di lakukan sebelum memulai kegiatan pembelajaran di mulai. contoh mengucap salam, berdoa sebelum melakukan pembelajaran, dan menanyakan kabar.

  9. Nama : Adha Pratiwi Sembiring
    Nim : 878255408

    Menurut saya vidio diatas sudah bagus, walaupun di awal-awal anak tampak tidak memberikan perhatiannya kepada gurunya. Karena kurangnya persiapan guru dalam memberikan kegiatan awal yang akan disampaikan. Ini mengingatkan bahwa sebelum memulai pembelajaran, sebaiknya dari rumah guru sudah menyiapkan hal-hal apa saja yang akan dilakukan sebelum memulai pembelajaran, agar menarik perhatian siswa.

  10. Nama : Riana Umi Hamidah
    NIM : 857454162
    UPBJJ : Bandung
    POKJAR : Pasundan, Garut
    Prodi : S1 PGSD

    Menurut saya, berdasarkan hasil analisis dari vidio yang saya tonton diatas yaitu kurangnya persiapan guru dalam mengajar di kelas dilihat dari segi penampilannya baik pakaian maupun sepatunya. Seharusnya seorang guru harus memberikan contoh yang baik dalam berpakaian agar dapat menjadi suri tauladan bagi muridnya. Kemudian diawal pembelajaran guru tersebut tidak melakukan apersepsi yang baik sehingga suasana dikelas menjadi gaduh dan tidak kondusif. Guru tersebut juga tidak melakukan Do’a bersama sebelum melakukan ice breking dan pembelajaran. Kemudian metode pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah tepat, akan tetapi alangkah lebih baiknya kalau siswa disuruh maju kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan dan memahami pembelajaran kalau siswa sendiri yang mendemontrasikan secara langsung.

Leave a Reply