silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Syalom….
Nama :LISNAWATI MENDROFA
NIM :856060985
UPBJJ :Medan
POKJAR:Idanogawo
Menurut saya pada video yang pertama,reaksi siswa dan siswi pada saat guru masuk dan menyapa mereka dalam ruang kelas menunjukkan siswa siswi tidak memperhatikan,tidak menghargai dan tidak merespon sapaan bapak guru dan lebih memilih untuk asyik bermain dan bercerita dengan teman-teman mereka.hal ini terjadi karena situasi atau suasana dalam ruang kelas lagi dalam keadaan berantakan dan tiba-tiba bapak guru masuk dalam kelas tanpa persiapan dan berpenampilan tidak rapi sehingga siswa tidak merespon sapaan bapak guru tersebut,dan suasa kelas etap dalam keadaan berantakan dan ribut.Daa pada video tersebut menunjukkan bahwa bapak guru tidak memimiliki kedekatan yang baik dengan siswa.
Pada video kedua bapak guru masuk kedalam kelas dengan kesiapan dan berpenampilan rapi sehingga pada saat bapak guru menyapa para siswa dan siswa mereka langsung merespon dan bapak guru mengalihkan keributan siswa dengan gims tepuk satu kali dan epuk dua kali.hal in dapa kita pahami bahawa anak-anak membutuhkan refeksi semangat sebelum mengikuti pelajaran.dalam video ini juga menunjukkan guru yang aktf,penuh kesiapan dan paham akan karakteristik anak.
Nama : Salman Saleh Sentosa Ndraha
NIM : 855850068
Ijin memberi tanggapan terhadap video pembelajaran tersebut.
Dalam video pembelajaran tersebut saya melihat bahwa pembukaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang tepat. Di kelas 1 terkadang siswa kurang mengerti akan metode pengurangan dan pertambahan sebenarnya. Jadi sebaiknya seorang guru terlebih dahulu memberikan penjelasan bagaimana konsep pembelajaran yang akan dipelajari sehingga siswa dapat mengerti dan dapat masuk kedalam pembelajaran tersebut. Kemudian guru tersebut kurang persiapan dalam memulai pembelajaran. Dapat terlihat ketika masuk kelas suasana kelas sangat gaduh. Jadi seorang guru harus bisa mengontrol semua itu agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Tapi disisi tersebut, guru tersebut sudah menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang baik. Sehingga siswa dengan mudah mempelajari pembelajaran tersebut.
Nama : Winda Widiarti
UPBJJ : Jakarta
Pada video pembelajaran pertama menampilkan guru tidak mencerminkan sikap disiplin, berpakaian tidak rapi dan pembelajarannya hanya satu arah sehingga siswa tidak tertarik dan tidak memerhatikan apa yang disampaikan gurunya.
Video pembelajaran kedua menampilkan guru rapi dan menampilkan kedisiplinan, pembelajaran yang di awali dengan salam, sapa dan ice breaking, serta mengeluarkan kalimat tanya pemantik untuk menarik perhatian dan rasa penasaran siswa. Guru tersebut juga mengajar dengan menggunakan media yang mendukung materi dan sering ditemui di kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa merasa tidak asing.
Assalamualaikum, wr.wb
Nama : NUR LAILA
NIM : 856246677
Izin Menanggapi pada Video Diatas
pada awal video, dalam menarik perhatian siswa kurang maksimal sebab tidak diberi apersepsi di awal pelajaran guna untuk menarik perhatian siswa dan bisa di selingi dangan Ice Breaking. ketika siswa tertarik dengan apersepsi atau Ice Breaking dapat meningkatkan semangat belajarnya. perlunya manarik perhatian siswa bukan hal yang mudah atau sulit tetapi bagaimana cara kita untuk memodifikasi pelajaran dengan sebaik mungkin agar di senangi olah siswa.
di dalam pembelajaran hendaknya materi di kaitkan dengan benda sekitar supaya anak cepat memahami materi yang diajarkan dan mudah di ingat oleh siswa dengan baik.
Menarik perhatian siswa ada beberapa cara yaitu :
1. berikan kejutan
2. buat suasana menyambut yang positif
3. berikan tantangan
4. variasi metode pengajaran
5. hubungkan materi dengan kehidupan nyata
6. berikan motivasi
7. kenali minat dan kebutuhan siswa
8. sabar dan tidak emosi
Assalamualaikum, wr.wb
Nama : NUR LAILA
NIM : 856246677
Izin Menanggapi pada Video Diatas
pada awal video, dalam menarik perhatian siswa kurang maksimal sebab tidak diberi apersepsi di awal pelajaran guna untuk menarik perhatian siswa dan bisa di selingi dangan Ice Breaking. ketika siswa tertarik dengan apersepsi atau Ice Breaking dapat meningkatkan semangat belajarnya. perlunya manarik perhatian siswa bukan hal yang mudah atau sulit tetapi bagaimana cara kita untuk memodifikasi pelajaran dengan sebaik mungkin agar di senangi olah siswa. di dalam pembelajaran hendaknya materi di kaitkan dengan benda sekitar supaya anak cepat memahami materi yang diajarkan dan mudah di ingat oleh siswa dengan baik. Menarik perhatian siswa ada beberapa cara yaitu : 1. berikan kejutan 2. buat suasana menyambut yang positif 3. berikan tantangan 4. variasi metode pengajaran 5. hubungkan materi dengan kehidupan nyata 6. berikan motivasi 7. kenali minat dan kebutuhan siswa 8. sabar dan tidak emosi 1
NAMA : ABDUL AZIZ SAFEI
NIM : 857455322
Ijin memberikan komentara
Pada vidio yang saya amati kelemahannya adalah kurangnya persiapan saat memulai dan membuka pembelajaran. Alangkah baiknya pada awal pembelajaran siswa diajak untuk berdoa terlebih dahulu dan juga melakukan ice breaking agar siswa semangant dan fokus untuk mengikuti pembelajaran.
NAMA : ABDUL AZIZ SAFEI
NIM : 857455322
Ijin memberikan komentara
Pada vidio yang saya amati adalah adanya kekurangan dalam kegiatan awal yang di mana harus di isi dengan pengenalan , berdo’a serta memberikan ice briking agar pokus siswa bisa terjaga dengan baik .
Nama :Yermin mawati gulo
Nim : 855842931
Prodi : PGSD -S1
Menurut saya dari video tersebut gurunya menyapa siswa dengan biasa saja ,sehingga murid tidak mendengarkannya,dan gurunya kurang rapi/memakai sandal.pada video berikutnya gurunya mampu menarik perhatian siswa dengan memberikan konsep melalui media benda/buah dengan mengaitkan materi yg diajarkan sehingga dapat menarik perhatian siswa dan mudah
dipahami.
Nama : Wina Fitriani Mulya
NIM : 859942827
Bisa kita bandingkan pada cuplikan video yang pertama, Ketika seorang guru datang ke kelas, seluruh siswa tidak ada yang menyadari kalau Gurunya itu datang, seharusnya seorang guru harus menyapa siswa dengan penuh semangat serta seorang guru juga harus berpenampilan rapi. Dalam cuplikan video ke dua, guru bersemangat dan berpakaian rapi saat masuk kelas. di awal pembelajaran seorang guru harus membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Dalam Pelajaran matematika pun Guru dapat meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya di lingkungan sekitar.
Nama : Wina Fitriani Mulya
NIM : 859942827
Bisa kita bandingkan pada cuplikan video yang pertama, Ketika seorang guru datang ke kelas, seluruh siswa tidak ada yang menyadari kalau Gurunya itu datang, seharusnya seorang guru harus menyapa siswa dengan penuh semangat serta seorang guru juga harus berpenampilan rapi. Dalam cuplikan video ke dua, guru bersemangat dan berpakaian rapi saat masuk kelas. di awal pembelajaran seorang guru harus membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Dalam Pelajaran matematika pun Guru dapat meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya di lingkungan sekitar.