silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Bismillahirrahmanirrahim,
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Khomsah Khoerun Nisa
    NIM : 860034522
    Ijin memberikan komentar terkait tampilan video pembelajaran diatas.

    Didalam sebuah pembelajaran tentunya kita harus bisa menarik perhatian siswa, apalagi siswa kelas 1 yang baru memasuki jenjang pendidikan dasar. Selain itu dari kreativitas, juga sikap guru, guru harus bisa menunjukkan semangat dan gairah saat mengajar, karena energi positif guru bisa menularkan kepada siswa,sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan. Dengan berinteraksi seperti bertanya kepada siswa (yang dilakukan divideo tersebut) tentunya akan mengembalikan fokus mereka, dan memberikan kesempatan bagi semua siswa untuk berbicara dan berpartisipasi agar mereka merasa dihargai dan diperhatikan. Namun, di dalam video tersebut tidak disertakan media-media pendukung dalam pembelajaran seperti menampilkan gambar dan video melalui layar proyektor itu barangkali bisa lebih menggugah siswa dalam mendukung materi pelajaran.
    Selain itu juga, sudah kita ketahui bahwa guru merupakan role model bagi siswa, seharusnya kita menampilkan citra keprofesionalan kita sebagai guru, keseriusan kita ketika mengajar, alangkah baiknya kita menampilkan yang terbaik, karena sejatinya guru itu digugu dan ditiru.

  2. Bismillahirrahmanirrahim,
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Khomsah Khoerun Nisa
    NIM : 860034522
    Ijin memberikan komentar terkait tampilan video pembelajaran diatas.
    Didalam suatu pembelajaran tentunya kita harus bisa menarik minat dan perhatian siswa. Apalagi terhadap siswa siswi kelas 1 yang masih baru memasuki jenjang SD. Tentunya, kompetensi, kreativitas, kemampuan komunikasi, kemampuan teknologi dan gairah semangat saat mengajar yang harus ditunjukkan kepada siswa, karena energi positif guru bisa menularkan semangat kepada siswa. Didalam video tersebut terlihat guru melakukan interaksi secara bergantian kepada siswa-siswi sehingga yang tadinya kelas gaduh menjadi kondusif kembali. Namun, di dalam video pembelajaran tersebut guru tidak mengunakan media pembelajaran yang akan menunjang pembelajaran menjadi lebih menarik seperti menampilkan gambar dan video2 melalui layar proyektor. Tentunya dizaman seperti ini mereka akan lebih tertarik.

  3. Nama: Kamilia Azh Zahro_Nim:856084859_UPBJJ:BATAM

    Dalam video di tersebut guru sedang menjelaskan pelajaran matematika dengan memberikan materi pembelajaran tentang konsep penjumlahan dan pengurangan.

    reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah:
    – pada awal video tersebut terlihat siswa sama sekali tidak fokus dan menunjukkan ketidak minatan dengan pelajaran yang di sampaikan oleh guru.
    – siswa terlihat tidak mendengarkan arahan yang diberikan oleh guru.
    setelah pemberian solusi
    – anak-anak sudah dapat menerima kehadiran guru, dan mendengarkan arahan yang diberikan oleh guru.

    secara keseluruhan kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah:
    – pada awal video guru tidak menjaga penampilan seperti, hanya menggunakan sandal dan baju yang tidak rapi.
    – pada kegiatan awal, guru tidak melakukan absensi, tidak ada tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
    – tidak ada kegiatan penutup pembelajaran.
    – guru tidak menguasai kelas dan tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran, seharusnya guru memberikan apresepsi kepada anak muridnya sebelum memulai pembelajaran.
    – guru kurang inovatif dalam menyediakan pembelajaran.
    – guru kurang melibatkan anak secara langsung untuk ikut mempraktekkan menghitung suatu benda.
    – guru tidak menjelaskan cara jelas tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

    secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah:
    – guru dapat melakukan komunikasi interaktif.
    – guru memberikan apresiasi kepada setiap anak setelah anak dapat menjawab pertanyaan.
    – guru dapat melakukan pembelajaran konstruktivisme.

    hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran adalah:
    – guru membawa media pembelajaran seperti buah jeruk
    – guru memberikan apresiasi terhadap murid yang dapat menjawab
    – untuk menarik perhatian anak, guru langsung mengajak anak untuk melakukan kegiatan tepuk untuk mengambil fokus anak-anak

  4. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama : Ani Setiowati
    NIM : 857637404
    Izin menanggapi video diatas tentang cara menarik perhatian disea dalam pelajaran matematika kelas 1 materi penjumlahan dan pengurangan. Video diatas sudah bagus tentang cara menarik perhatian siswa. Tapi diawal pelajaran sebaiknya di awali salam, bedoa, presensi siswa, dan konsep penjumlahan dan pengurangan. Media visualnya ditambah lagi serta mengkaitkan dengan mengkaitkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari hari. Terimakasih

  5. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

    Nama : RAMDAN HAMROLAH
    NIM : 859176389

    Izin memberikan tanggapan terhadap vidio tentang menarik perhatian siswa.
    Dalam ulasan vidio diatas bahwa teknik-teknik yang digunakan guru dalam video tersebut merupakan contoh yang sangat baik tentang bagaimana pembelajaran dapat dibuat lebih menarik dan efektif. Dengan melibatkan siswa secara aktif, memberikan penguatan positif, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, guru dapat membantu siswa mencapai potensi belajar mereka secara maksimal. Keterlibatan seorang guru dalam membentuk karakter siswa sejak dini sangat diperlukan, terutama dalam membangun ketertarikan minat siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Menarik perhatian siswa dalam pembelajaran harus diiringi dengan hal-hal kecil seperti seorang guru mampu masuk kedalam dunia peserta didik, artinya guru mampu membawa diri cenderung terhadap apa yang disukai oleh anak-anak. Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

  6. Assalammulaikum wr wb
    Nama : Rika Andrienny
    NIM : 857143543

    Izin saya untuk menganalisis video pembelajaran Menarik Perhatian Siswa.

    1. Reaksi siswa pada video pembelajaran tersebut tampak ribut, berisik dan tetap acuh tak acuh terhadap guru yang datang menyapa siswa untuk memulai
    pembelajaran.
    Namun pada sesi selanjutnya reaksi siswa yang berisik berubah menjadi kelas yang interaktif, siswa kembali fokus pada gurunya dan menjawab pertanyaan
    guru dan proses pembelajaran kembali kondusif karena siswa terlihat tertarik kepada pembelajaran matematika.

    2. Secara keseluruhan terlihat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yakni, guru tidak memiliki strategi untuk menguasai kelasnya, guru terlihat tidak
    bersemangat, lusuh dan tidak menarik bagi siswa. Guru memakai sendal saja ketika mengajar.

    3. Kelebihan guru dalam video tersebut, yakni guru terlihat dapat mengatasi keributan dikelas yang sangat berisik. Guru memiliki ice breaking yang menarik
    fokus siwa kembali, dan memiliki pertanyaan pemantik untuk siswa sehingga siswa menjadi interaktif dalam pembelajaran. Guru juga memiliki media
    pembelajaran matematika yang menarik dan tidak membosankan seperti berhitung dengan menggunakan buah dan benda benda yang menarik. Ekspresi
    guru juga terlihat ceria dan menyenangkan bagi siswa.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran, yakni;
    – Guru mengajar memakai sendal
    – Guru menggunakan media pembelajaran buah jeruk untuk berhitung dipembelajaran matematika
    – Ekpresi wajah pak guru yang lucu.

    5. Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutny, yakni
    – Untuk lebih mendekorasi ruangan kelas yang menarik sehingga siswa belajar nyaman
    – Mengadakan kesepakatan kelas, bagi siapa yang ribut atau usil akan di hukum sesuai dengna kesepakatan kelas, dsbnya
    – Guru lebih rapi dalam berpakaian dan berpenampilan menarik bagi siswa.
    – Menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang lebih menarik, seperti memakai quiziz, games dsbnya
    – Pembelajaran agar tidak monoton dan membosankan, sewaktu waktu dapat belajar diluar ruangan atau luar kelas seperti bellajar di halaman sekolah
    dibawah pohon yang rindang, atau ke tempat tempat yang nyaman buat pembelajaran di luar sekolah.

  7. salam penuh sukacita..
    Nama saya Rosmaita sibagariang
    NIM 859779348
    ijin memberi komentar terhadap video di atas…..setelah menonton video di atas untuk menarik perhatian siswa sebaiknya guru harus terlihat menarik misalnya dalam hal berpakaian karena hal itu merupakan salah satu yang sangat menarik perhatian siswa dalam belajar.kemudian sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru terlebih dahulu menyuruh siwa untuk memimpin doa, men cek kehadiran siswa lalu membuat ice breaking dimana hal ini adalah salah satu hal yang dapat menggugah semangat siswa dalam mengikuti pelajaran.Dengan melihat video di atas guru harus nya melibatkan siswa dan membuat metode yang bervariasi.

  8. Dalam memulai Prmbelajaran perlunya seorang guru harus memperhatikan kondisi kelasnya agar lebih terrible dulu sebelumdimulainya Prmbelajaran. Kemudian setelah itu barulah menyapa siswa. Dalam video ini Belum terlihat Karena kondisi kelas Masih dalam keadaan gaduh dan Belum Aman. Kemudian guru juga harus menampilkan senyum yang rama dan bernampilan tapi. Dalam video tersebut memperlihatkan guru tidal berpenampilan tapi. Dengan berpenampilan rapi dan Menarik akan menumbuhkan semangat siswa untuk mengikuti Prmbelajaran yg Ada.
    Untuk metode yang digunakan sudah tempat hanya Saja Masih kurangnya keterlibatan siswa .dan Belum adanya penugasan yang diberikan kepada siswa.. serta perlunya membuat kegiatan Prmbelajaran yang semnarik mungkin untuk dapat membuat Minta siswa itu lebih tertarik LAGI dalam mengikuti Prmbelajaran tersebut.

  9. Nama : Omerius Lase
    Nim : 856060638
    Pokjar : Idanogawo
    Upbjj : UT Medan

    Izin menanggapi pada video Di atas.
    Menjelaskan bahwa agar pembelajaran lebih efektif dan berkualitas, Guru harus Memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti pada video tersebut kita dapat menyimpulkan bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.

    Dalam video tersebut untuk untuk menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi terhadap lingkungan dan guru.
    Guru harus berpenampilan yang menarik,masuk dalam kelas dengan membawa suasana yang mendukung untuk menghadapi siswa-siswi yang masih peradabtasian. Guru melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan dengan hal yang sama, seperti bermain games, contohnya main tebak tebakan, menyanyi, sehingga siswa tersebut bisa beradaptasi dan belajar yang sangat semangat, serta guru menggunakan media pembelajaran yg konkrit dan menarik yang sudah tersedia.
    Terima kasih 🙏

  10. Nama : fatizaro zai
    Nim : 819141736
    Pokjar : idanogawo
    upbjj : 12 medan

    Ijin memberi komentar terhadap video tersebut keseluruhan kelemahan dari video tersebut yaitu kurang persiapan guru sebelum. Mengajar di mulai dari pakaian yang kurang rapi seperti tidak memakai sepatu. Dan serta baju sebagian berada di luar cara menarik perhatian siswa diawal pembelajar adalah dengan membuat para pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pada pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara dengan mengajak siswa melakukan kegiatan icebreaking seperti bermain, game, menyanyi, melakukan gerak badan dan lain sebagainya

Leave a Reply