silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Oktaviani Rengganis
    Nim: 857459985

    Izin memberi komentar.

    Supaya pembelajaran lebih efektif guru harus mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, dalam video tersebut kita dapat di lihat bahwa pentingnya bagi kita sebagai guru untuk bisa menarik perhatian siswa dalam pembelajaran agar pembelajran lebih efektif dan. Perkualitas.

    Banyak sekali cara Untuk menarik perhatian siswa. Misalnya dengan ice breaking atau dengan sapaan serta komunikasi yang baik. Atau bisa juga dengan bernyanyi, belajar dengan metode Proyekdl dan masih banyak lagi hal hal. Yang bisa di lakukan seorang guru untuk menarik perhatiam muridnya.

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Oktiani Damaianti
    NIM: 856289834
    Izin menanggapi video tentang menarik perhatian siswa,
    Menurut saya yang dilakukan oleh guru sudah sangat bagus untuk menarik perhatian siswa pada mata penjumlahan dan pengurangan, guru sudah menggunakan media visual, tetapi pembelajaran masih satu arah, belum ada feedback dari siswa, sehingga ada keterbatasan dalam pembelajaran.
    Penampilan dari guru yang rapi dan sopan sangat mempengaruhi pusat perhatian siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
    Terima kasih

  3. Nama : Sri Yuliah Nurhana
    NIM : 857157749
    UPBJJ : Jakarta

    Video tersebut memperlihatkan bagaimana pentingnya guru untuk berpenampilan rapi, memasuki ruangan dengan penuh semangat, menguasai kondisi kelas dengan memantik pertanyaan, ice breaking, pembelajaran menggunakan media konkrit, memberi pujian dan respon positif setiap jawaban siswa. Guru memberi penguatan di akhir pembelajaran. Guru dapat menarik perhatian siswa dengan cara-cara yang menarik dan menyenangkan.
    Namun sebaiknya setelah kondisi kondusif dari keadaan kelas yang sebelumnya riuh, sebelum memulai pembelajaran guru mengajak berdoa bersama, mengecek kehadiran siswa, apersepsi, kemudian ke kegiatan inti dengan penjelasan materi pembelajaran menggunakan media pembelajaran konkrit, siswa dibimbing mengerjakan latihan kerja peserta didik dan evaluasi, guru menutup pembelajaran dengan melakukan refleksi dan kesimpulan, siswa menyimak penjelasan guru tentang pembelarjaran pada pertemuan selanjutnya, kemudian mengakhiri pembelajaran dengan doa penutup.

  4. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Nabila Azzahra Moegiyanto
    NIM : 857592111
    Izin memberi komentar pada vidio di atas.
    Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi. Guru tidak berpakaian rapi, seharusnya guru harus memberikan contoh yang baik bagi siswanya salah satunya cara berpakaian. Untuk metode yang digunakan menurut saya sudah tepat, sehingga bisa menarik perhatian siswa, dengan membuat game dan memberikan beberapa pertanyaan. Agar anak-anak bisa lebih fokus dalam memulai pembelajaran.

  5. Assalamualaikum Wr WB
    Nama : Moh Zaenal Ismail
    NIM. : 857637024
    UPBJJ : Purwokerto

    Ijin memberi komentar mengenai video tersebut . Yaitu mengenai reaksi siswa yang tidak memperhatikan gurunya siswa seharusnya dalam kegiatan pra pembelajaran siswa di ajarkan kedisiplinan dan menghormati guru agar ketika guru masuk anak sudah dalam posisi lebih tenang dan siap dalam menerima pembelajaraan. Terus juga sikap dalam berpakaian siswa yang menurut saya kurang rapi agar hal2 demikian bisa menjadi contoh untuk bisa di perbaiki dalam kegiatan pembelajaran yang efektif.

  6. Nama : Rezeki Silaban
    Nim :856064936
    Pokjar: Dair

    Dari vidio Pembelajaran di atas saya melihat perlu nya semua kesiapan guru atau pendidik sebelum menghadapi murid dalam pembelajaran yang tepat dan akurat juga kerapian dalam berpakaian sangat di butuhkan
    Guna untuk mencapai keberhasilan pengajaran yang efektif dan terarah dan menjalan kan komunikasi dua arah, sehingga keaktifan dan minat anak untuk memerhatikan pendidik dalam menyampaikan materi lebih tertarik dan fokus untuk menjalani pembelajaran.
    Karena keberhasilan pendidikan bukan hanya sebatas sepintar apa gurunya, tapi bagaimana cara pendidik untuk berhasil menyampai kan materi dan membuat anak faham dan senang

  7. NAMA : IBRAYEN RENALDI SILABAN
    NIM : 856064445
    POKJAR : TAPUT
    KELAS : A
    Ijin berkomentar.
    Dalam membuka pembelajaran yang harusnya melakukan salam,mengecek kehadiran siswa, doa, apersepsi, dan ice breaking.
    Dalam pelajaran, seorang guru dapat berusaha menarik perhatian siswa dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media yang sesuai dengan tujuan belajar dan materi yang di ajarkan dan sebelum memulai pembelajaran guru dapat membuat suatu arahan kepada siswa.

  8. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Melani Yomaita
    NIM : 857128637
    Prodi :S1-PGSD
    UPBJJ : Jakarta

    Menarik perhatian siswa pada awal pembelajaran sangat penting agar mereka siap dan tertarik untuk belajar. seyogyanya cara berpakaian seorang guru dicerminkan dengan penampilan guru yang rapi agar dapat membantu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih formal dan serius. Siswa akan lebih mudah menghormati dan memperhatikan guru yang terlihat profesional. Kemudian memulai dengan humor ringan atau cerita singkat yang relevan dengan topik bisa memecahkan suasana dan membuat siswa merasa lebih nyaman serta siap untuk belajar. Aktivitas yang melibatkan siswa secara langsung, seperti meminta pendapat atau pengalaman mereka tentang topik yang akan dibahas, dapat mendorong partisipasi aktif sejak awal, kemudian guru dapat memulai materi pelajaran berkaitan dengan situasi nyata yang mereka hadapi sehari-hari. Hal ini membuat pelajaran terasa lebih relevan dan menarik. Menggunakan alat peraga, alat bantu ajar, atau teknologi seperti aplikasi interaktif dan papan digital dapat membuat pelajaran lebih dinamis dan menarik.

  9. Asslamu’alaikum Wr.Wb
    NAMA : NOVITA DARMA SARI
    NIM : 855897301
    PRODI : S1 PGSD

    Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin jeda waktu pergantian mata pelajaran tertentu. Pemanfaatan metode sudah tepat, yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya saja seharusnya siswa disuruh kedepan kelas untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran, karena kemungkinan ada siswa yang ingin mencoba.

  10. Asslamu’alaikum Wr.Wb
    NAMA : NOVITA DARMA SARI
    NIM : 855897301
    PRODI : S1 PGSD

    Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin jeda waktu pergantian mata pelajaran tertentu. Pemanfaatan metode sudah tepat, yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya saja seharusnya siswa disuruh kedepan kelas untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran, karena kemungkinan ada siswa yang ingin mencoba

Leave a Reply