silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : NI KADEK NIA SUCAHYANTI
    Nim : 859038226

    Sabtu, 19 Oktober 2024
    Om Swastiastu, selamat pagi semuanya, Perkenalkan saya Kadek Nia dari Jimbaran, Bali Izin memberi komentar terhadap video di atas.

    Adapun masalah yang dapat ditemukan di dalam video di atas adalah : Sulitnya menarik perhatian siswa kelas 1 Sekolah Dasar agar dapat menyimak materi yang disampikan oleh guru. Dapat saya tanggapi, Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.

    Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan, guru harus berpenampilan yang menarik dan tentunya rapi , masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan madia pembelajaran yang konkrit serta menarik.

    Dengan demikian besar harapan kita sebagai seorang guru, agar seluruh siswa dapat menyimak pembelajaran dengan baik, demi kelancaran dan kepemntingan bersama. Demikian tanggapan dari saya, mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih.

  2. NAMA : BUNGARIA SIDABUTAR
    NIM : 859866379
    PROGRAM : PGSD S1
    POKJAR : ASAHAN
    Ijin menanggapi video di atas
    dari video di atas guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik sehingga banyak siswa yang perhatian nya belum berpusat kepada guru.
    sebaiknya dalam pra pembelajran ajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, bernyanyi, atau melakukan gerakan badan.
    kemudian perkenalan yang baik, bersikap ramah, murah senyum, dan sapa siswa.
    berpenampilan rapi dan responsif, memberi inspirasi dan motivasi, bawa benda menarik dan bisa dimanfaatkan dengan baik dan dapat menjadi awal yang baik.
    dalam media pembelajaran di video di atas menurut saya sudah baik karena guru tersebut sudah membawa media pembelajaran yaitu jeruk. tetapi masih belum terlihat guru memberikan penguatan dalam menutup pembelajaran.

  3. Nama : Wiwin Nurrohmah
    NIM : 857872051
    Prodi : PGSD

    Assalamu’alaikum wr wb
    Mohon izin menanggapi video tersebut. Menurut saya diawal pembelajaran guru kesulitan menarik perhatian murid. Murid asyik bermain dengan teman dan suasana kelas gaduh. Peristiwa ini ditunjang juga dengan penampilan dari guru tersebut. Seorang guru tersebut masuk ke dalam kelas dalam kondisi lusuh, tidak rapi dan tidak disiplin. Guru hanya memakai sandal, baju tidak dimasukkan dan pakaian yang lusuh.
    Sebagai seorang guru, dengan jargon digugu lan ditiru seharusnya jika ingin tercipta lingkungan kelas yang nyaman diawali dari guru tersebut. Dimulai dari sebaiknya seorang guru memakai sepatu, pakaian rapi dan bersih itu akan sedikit menarik perhatian murid ketika guru masuk ke dalam kelas. Murid-murid akan terkesima dengan penampilan gurunya.
    Selanjutnya, sebaiknya guru tidak langsung masuk ke poin materi. Tetapi murid diajak mengenal materi yang akan dipelajari dengan menggunakan benda konkret. Jika di dalam video tadi materinya mengenai penjumlahan dan pengurangan, guru memperkenalkan dulu apa itu pengurangan dan apa itu penjumlahan. Setelah itu, guru menggunakan contoh benda secara langsung untuk studi kasus penjumlahan dan pengurangan. Dengan begitu murid akan lebih faham dan lebih mengena. Setelah dipraktikkan bersama dan anak-anak sudah faham, guur memberikan kesempatan pada salah seorang atau beberapa murid untuk melakukan hal yang sama dilakukan oleh guru tadi. Sebagai bahan evaluasi apakah murid-murid sudah benar-benar faham dengan materi tersebut atau belum.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf dan terimakasih.

  4. Nama : Doharni Hutasuhut
    NIM : 856058957
    Pokjar : Tapsel Maju

    Menurut saya dari video yang ditampilkan diatas bisa jadi motivasi bagi kita sebagai guru, karena dalam video tersebut memberikan tips bagi kita sebagai guru untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Dimana dalam video tersebut guru berpenampilan rapi, menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami siswa. sebelum memulai pelajaran gurunya menyapa siswa dengan semangat sehingga muridnya aktif dan bersemangat sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

  5. Nama : Doharni Hutasuhut
    NIM : 856058957
    Pokjar : Tapsel Maju

    Menurut saya dari video yang ditampilkan diatas bisa jadi motivasi bagi kita sebagai guru, karena dalam video tersebut memberikan tips bagi kita sebagai guru untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Dimana dalam video tersebut guru berpenampilan rapi, menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami siswa. sebelum memulai pelajaran gurunya menyapa siswa dengan semangat sehingga muridnya aktif dan bersemangat sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Bisa kita bandingkan dengan diawal video dimana guru berpenampilan kurang rapi dan kurang bersemangat dalam menyapa muridnya sehingga murid asyik dengan pekerjaannya sendiri tanpa memperdulikan gurunya.

  6. Setelah saya menonton video di atas, hampir seluruh siswa ribut dan asik bermain sendiri di dalam kelas, hal yang harus di lakukan oleh guru dalam situasi ini adalah dengan cara memberikan sesuatu yang menarik kepada para siswa, seperti mengajak siswa untuk bertanya jawab seputar keseharian siswa/materi, memberikan tanya jawab teka-teki,bermain tepuk Pramuka dan lain sebagainya.

    Dengan memberi fokus dan perintah kepada para siswa mereka akan berangsu-angsur diam dan fokus terhadap guru yang memberikan perintah kepadanya, tentu hal ini akan membantu para guru yang kesulitan dalam mengontrol para siswa yang ribut dan asik sendiri di kelas dan masih banyak hal atau cara untuk menarik perhatian dan fokus siswa.

    Selanjutnya guru bisa menfokuskan siswa untuk memasuki pembelajaran di kelas dan memberikan materi yang di ajarkan.

  7. Kelebihan

    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga, dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibanding dengan teori.

    Kelemahan

    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.
    Hal-hal unik yang ada didalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.
    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  8. Nama: MUHAMMAD RIKI

    NIM: 858196972

    Prodi: S1 PGSD

    Video 1 seri pembelajaran Matematika SD membangun kesiapan belajar siswa

    (Kesulitan menarik perhatian) Mengenai tanggapan saya beserta analisis tentang video tersebut yaitu sebagai berikut: Pada penayangan video pertama, terlihat suasana kelas yang tidak kondusif. Guru terlihat kewalahan dalam mengkondusifkan kelas. Kemudian pada video ke dua menayangkan kelas yang kondusif dengan guru yang dapat menarik perhatian siswa saat mulai masuk ke dalam kelas.

    Berdasarkan video dapat saya berikan hasil analisis sebagai berikut:

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Pada tayangan video pertama terlihat suasana kelas yang tidak kondusif sejak guru memasuki kelas, siswa tidak mau mendengarkan arahan dari guru, anak-anak terlihat tidak fokus. Kemudian pada video kedua menayangkan suasana kelas yang kondusif. Reaksi siswa saat guru memasuki kelas, mereka terlihat fokus dan memperhatikan guru.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru dalam video tersebut yang pertama guru kurang mencoba menarik perhatian siswa pada saat memasuki kelas. Kemudian terlihat pada pembelajaran tersebut guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari oleh siswa, melainkan langsung pada proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Secara keseluruhan, kelebihan yang ada pada guru tersebut yaitu guru mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Selain itu guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran salam proses belajar mengajar. Kemudian metode yang digunakan oleh guru sudah tepat karena sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Apresiasi yang diberikan oleh guru kepada siswa, sehingga dapat dengan mudah mengajak siswa untuk masuk kedalam materi pembelajaran yang akan disampaikan, Kemudian cara berpakaian seorang guru yang dapat mencerminkan mana kedisiplinan dan yang tidak.

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Pertama, sebaiknya pada pembukaan pembelajaran terdapat kalimat sapaan seperti menanyakan kabar kepada siswa.

  9. Nama : Ratu Rahmawati
    NIM :856647362
    Jurusan: PGSD S1

    Izin berkomentar mengenai video di atas.
    Cara mengajar guru tersebut menarik perhatian siswa terbukti pada awal video kondisi kelas tidak kondusif, namun guru tsb bisa menarik perhatian murid dengan menanyakan keadaan mereka dan menggunakan media mengajar yang real sehingga pemahaman dan perhatian murid bisa kembali dikontrol.

  10. Nama : LATIFATUL MUAWWANAH
    NIM : 858943525
    UPBJJ-UT : JEMBER
    Prodi : S1-PGSD

    Menurut pendapat saya dalam menanggapi video diatas yang berjudul Menarik Perhatian Siswa perlu adanya kesiapan guru dalam mengajar terlebih dahulu. penampilan guru yang rapi akan membuat siswa menjadi lebih tertarik untuk memperhatikan. guru perlu mengkondisikan kelas dengan menyapa siswa terlebih dahulu sebelum memulai memberikan materi. alat peraga yang digunakan juga hendaknya yang menarik untuk dilihat siswa. selain itu mengajak siswa untuk melakukan kegiatan ice breaking dan mengeksplor benda di sekitar yang ada kaitannya dengan materi juga akan menjadi pembelajaran yang lebih konkrit dan menarik.

Leave a Reply