silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Ervin Diana Kurtanti
NIM : 858836484
Menurut saya, Perilaku awal anak dalam pembelajaran cenderung mengabaikan guru dan menikmati permainan sendirian. Untuk menarik perhatian siswa, penting untuk membuat pembelajaran sebelumnya menarik, seperti dengan kegiatan ice-breaking. Metode tanya jawab bisa efektif, namun penting agar siswa merasa tertarik untuk belajar. Guru juga harus memperhatikan penampilan agar pembelajaran lebih berhasil dan melibatkan banyak siswa.
Nama : MIA DWI ANDRIANA
NIM : 858831421
Menurut pendapat saya tentang video di atas yaitu :
Respon Anak
Respon awal anak saat pembelajaran adalah tidak memperhatikan guru dan asik bermain sendiri. Setelah dilakukan ice breaking oleh guru, anak kembali fokus dan memperhatikan.
Kelebihan
Kelebihan dari video adalah guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan ice breaking di awal pembelajaran. Anak yang tadinya malas menjadi semangat. Selain itu guru juga memberikan materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik dengan alat peraga berupa buah jeruk.
Kelemahan
Kelemahan video tersebut adalah kurangnya persiapan guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian, dan materi yang kurang memadai.
Hal-hal Unik dalam Video
Guru tidak mengenakan seragam dengan rapi saat masuk, memakai sandal, dan baju dalam keadaan dikeluarkan.
Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan memulai pembelajaran dengan doa, memberikan ice breaking di tengah pembelajaran, dan mengakhiri dengan refleksi serta doa.
Nama : Cahaya
Nim : 878253902
jurusan : PGSD
Izin mengomentari pada video diatas menurut saya Guru tersebut tidak bisa menarik perhatian siswa sedari awal pembelajaran, bisa dilihat dari cara berpakaian guru yang kurang rapi/sesuai dan suara guru yang kurang jelas terdengar sehingga siswa terkesan tidak peduli akan kehadiran guru. dan yang paling utama seharusnya guru tersebut memberikan salam saat masuk ruangan kelas, mengecek kesiapan diri siswa disertai dengan ice breaking dan sebelum memasuki kegiatan mengajar sebaiknya guru tersebut melakukan kegiatan apersepsi kepada siswa dan mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya agar pembelajaran efektif dan kondusif, dan juga memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang di contohkan agar siswa paham dan mengerti.
Nama : Siti Rizqi ramadhani marpaung
Nim : 878250272
Prodi : PGSD S1
ASSALAMUALAIKUM WR,WB
Saya izin mengomentari dari video tersebut, Cara guru menarik perhatian siswa adalah melalui pembelajaran yang menarik. Pembelajaran akan dapat menarik perhatian siswa jika menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Misalnya, bagaimana memulai pembelajaran, bagaimana menyampaikan materi pelajaran, bagaimana memberikan tugas, dan bagaimana menutup pembelajaran.
Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Menyampaikan materi dan memberikan tugas pada siswa juga harus dirancang sedemikian rupa supaya siswa tetap perhatian dan tidak merasa bosan. Metode yang kreatif dan tidak monoton adalah cara membuat siswa tetap betah belajar meskipun di waktu-waktu yang tidak kondusif misalnya jam-jam akhir pelajaran.
Bagaimana Guru menutup pelajaran juga turut berperan supaya siswa tetap perhatian. Di akhir pelajaran biasanya guru memberikan review atau kegiatan-kegiatan refleksi. Hal ini berguna supaya pelajaran yang disampaikan lebih melekat dalam hati dan pikiran siswa. Amat disayangkan jika siswa sudah fokus dari awal mengajar tetapi perhatiannya buyar di akhir pelajaran.
Terima kasih!
nama : siti rizqi ramadhani marpaung
nim : 878250272
prodi : PGSD S1
assalamualaikum, izin sebelumnya saya mencoba menjawab Cara guru menarik perhatian siswa adalah seharusnya melalui pembelajaran yang menarik. Pembelajaran akan dapat menarik perhatian siswa jika menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Misalnya, bagaimana memulai pembelajaran, bagaimana menyampaikan materi pelajaran, bagaimana memberikan tugas, dan bagaimana menutup pembelajaran.
Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Menyampaikan materi dan memberikan tugas pada siswa juga harus dirancang sedemikian rupa supaya siswa tetap perhatian dan tidak merasa bosan. Metode yang kreatif dan tidak monoton adalah cara membuat siswa tetap betah belajar meskipun di waktu-waktu yang tidak kondusif misalnya jam-jam akhir pelajaran.
Bagaimana Guru tersebut menutup pelajaran juga turut berperan supaya siswa tetap perhatian. Di akhir pelajaran biasanya guru memberikan review atau kegiatan-kegiatan refleksi. Hal ini berguna supaya pelajaran yang disampaikan lebih melekat dalam hati dan pikiran siswa. Amat disayangkan jika siswa sudah fokus dari awal mengajar tetapi perhatiannya buyar di akhir pelajaran.
NAMA : DESTI ANGGRAINI
NIM : 860074755
Izin memberikan tanggapan terhadap video di atas dengan tema menarik perhatian siswa.
Sebelum proses belajar mengajar dimulai bukan hanya siswa yang di tuntut untuk berpakaian yang rapi dan sopan, tetapi guru juga harus berpakaian yang rapi dan sopan karena guru adalahlah contoh bagi siswanya, selain berpenampilan yang rapi guru juga dituntut agar terampil dalam menarik perhatian siswa, masuk ke kelas harus dengan senyuman dan penuh semangat, sebelum melakukan pembelajaran sebaikanya melakukan kegiatan pra pembelajaran terlebih dahulu agar siswa tidak telalu tegang atau kaku, contohnya pembukaan atau memberi salam kepada siswa dan dilanjutkan dengan ice breaking, bisa bernyanyi atau berhitung. mengajak siswa berekplorasi dengan benda benda disekitarnya sehingga mereka tidak menganggap sekolah itu membosankan karena ada kegiatan belajar sambil bermain. setelah pembelajaran sebaiknya ditutup juga dengan bermain atau bernyanyi dan salam penutup.
Assalamu’alaikum..
Nama : Ira Tri Astuti
NIM : 860075542
Izin berkomentar, dari video di atas dapat disimpulkan bahwa guru harus mampu menarik perhatian peserta didik. Guru harus berpenampilan rapi karena merupakan panutan bagi peserta didik. Penampilan guru yang rapi dan menarik dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada siswa dan mendorong mereka untuk belajar. Guru harus membangun hubungan yang baik dengan siswa, menciptakan keterlibatan siswa, dan menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik mengikuti pelajaran. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan cara berbicara yang sopan dan intonasi yang tepat agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan.
Nama : Tiya Sulistia
Nim : 857260434
Izin berkomentar tentang video menarik perhatian siswa
Menurut saya sebelum guru masuk ke kelas alangkah baiknya mencari beberapa metode dalam belajar, bukan berpusat kepada satu metode saja.
Guru harus banyak inovatif dalam mengembangkan semangat atau motivasi belajar siswa
Nama : SELFIA ROSMIATI
NIM : 857144892
Assalamu’alaikum, dalam video yang menunjukkan bagaimana seorang guru berusaha menarik perhatian siswa kelas 1 SD, biasanya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk membuat pelajaran lebih menarik dan melibatkan siswa. Seperti guru sering menggunakan gambar, video, atau alat bantu visual lainnya untuk membantu siswa lebih memahami materi. Alat yang dipakai ini juga menarik perhatian siswa yang masih sangat visual pada usia tersebut. Ini membantu menjaga minat siswa dan memfasilitasi pembelajaran melalui bermain. Guru ini juga menggunakan benda nyata atau alat peraga untuk membantu menjelaskan konsep. Misalnya, ketika mengajarkan tentang bentuk, guru bisa membawa benda berbentuk segitiga, lingkaran, dan persegi untuk menunjukkan kepada siswa seperti hal nya guru dalam video diatas. Guru bisa membuat suasana kelas menjadi ceria dan penuh semangat, misalnya dengan pujian, tepuk tangan, atau sorakan ketika siswa berhasil menjawab pertanyaan atau menyelesaikan tugas. Guru ini juga menggunakan cerita yang menarik, dengan karakter dan alur cerita yang relevan dengan materi pelajaran untuk menarik perhatian siswa. Dari video diatas kita bisa belajar bagaimana memperbaiki cara mengalihkan perhatian siswa saat di kelas.
Assallamu’alaikum Wr.Wb
Nama : NUR AZIZAH
NIM : 857864821
Izin memberikan tanggapan pada video di atas.
Berdasarkan Video di atas berkaitan dengan “Menarik Perhatian Siswa dalam Pelajaran Matematika” ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan diantaranya :
1. Dalam menarik perhatian siswa ketika pembelajaran didalam kelas, guru perlu mempersiapkan diri (seperti berpakaian yang rapi, bersepatu, mimik wajah yang semangat serta ceria) dan menyiapkan materi pembelajaran dengan baik.
2. Guru dapat mengajak siswa untuk mengeksplorasi materi yang akan disampaikan.
3. Perlunya melakukan apersepsi sebelum memulai pembelajaran.
4. Menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga.
5. Pada materi membilang, guru dapat mengajak siswa untuk menghitung benda-benda yang ada didalam kelas.
6. Guru dapat memberikan contoh membilang penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat peraga yang sudah disiapkan.
7. Mengajak siswa untuk bertanya jawab serta mengerjakan latihan soal dipapan tulis atau dibuku.