silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,012 Comments

  1. Tutor PKP: Syarmayeni, M.TPd
    Ceritakanlah secara garis besar pembelajaran di video, ceritakan pula apakah pembelajaran sudah sesuai dengan yang seharusnya? Kalau belum apa yang akan anda lakukan jika anda yang menjadi guru. Ceritakan juga kelebihan dan kelemahan pembelajaran tersebut. jangan lupa mencantumkan nama, NIM, Program studi, dan mata kuliah serta tutor pengampu.

  2. Tutor PKP: Syarmayeni, M.TPd
    Silahkan diskusikan tentang video, jangan lupa mencantumkan nama, NIM, Program studi, dan mata kuliah serta tutor pengampu.

  3. Silahkan diskusikan tentang video, jangan lupa mencantumkan nama, NIM, Program studi, dan mata kuliah serta tutor pengampu.

  4. Nama : JUMADI EFENDI
    NIM : 856820219
    Program Studi : S1-PGSD
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    Tutor Pengampu : SYARMAYENI, M.TPd

    Hasil analisis :
    Secara keseluruhan, pembelajaran sudah sesuai dengan seharusnya dalam pembelajaran SD, pendekatan yang digunakan dalam Video pembelajaran sudah memiliki beberapa kelebihan, seperti menciptakan suasana yang menyenangkan dan melibatkan siswa dalam kegiatan eksploratif. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, terutama dalam hal kesinambungan materi dan relevansi pertanyaan yang diajukan untuk meningkatkan fokus dan pemahaman siswa. Sebagai guru, saya akan memperjelas konteks, menambah pertanyaan terbuka untuk menggali pemikiran siswa, serta memastikan bahwa setiap aktivitas pembelajaran memiliki tujuan yang jelas agar siswa dapat memahami konsep dengan lebih baik.

  5. Nama : JUMADI EFENDI
    NIM : 856820219
    Program Studi : S1-PGSD
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    Tutor Pengampu : SYARMAYENI, M.TPd

    Hasil analisis :
    Secara keseluruhan, pembelajaran sudah sesuai dengan seharusnya dalam pembelajaran SD, pendekatan yang digunakan dalam skenario pembelajaran sudah memiliki beberapa kelebihan, seperti menciptakan suasana yang menyenangkan dan melibatkan siswa dalam kegiatan eksploratif. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, terutama dalam hal kesinambungan materi dan relevansi pertanyaan yang diajukan untuk meningkatkan fokus dan pemahaman siswa. Sebagai guru, saya akan memperjelas konteks, menambah pertanyaan terbuka untuk menggali pemikiran siswa, serta memastikan bahwa setiap aktivitas pembelajaran memiliki tujuan yang jelas agar siswa dapat memahami konsep dengan lebih baik.

  6. Nama : JUMADI EFENDI
    NIM : 856820219
    Program Studi : S1-PGSD
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    Tutor Pengampu : SYARMAYENI, M.TPd

    Hasil analisis :
    Secara keseluruhan, pembelajaran sudah sesuai dengan seharusnya dalam pembelajaran SD, pendekatan yang digunakan dalam skenario pembelajaran sudah memiliki beberapa kelebihan, seperti menciptakan suasana yang menyenangkan dan melibatkan siswa dalam kegiatan eksploratif. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, terutama dalam hal kesinambungan materi dan relevansi pertanyaan yang diajukan untuk meningkatkan fokus dan pemahaman siswa. Sebagai guru, saya akan memperjelas konteks, menambah pertanyaan terbuka untuk menggali pemikiran siswa, serta memastikan bahwa setiap aktivitas pembelajaran memiliki tujuan yang jelas agar siswa dapat memahami konsep dengan lebih baik.

  7. assalamualaikum
    nama : nur anisa
    nim : 857252301
    pokjar tigaraksa
    dalam pembelajaran matematika ini seorang guru masuk kelas 1 untuk memulai pembelajaran namun ketika seorang guru sedang membuka kelas siswanya tidak tertib dan tidak mendengarkan apa yang guru katakan untuk bisa memperhatikan karena kurang tegas atau kurang menarik dalam membuka pembelajaran dikelas. maka guru harus bisa memberikan atau menimbulkan minat anak dengan games atau bisa juga dengan ice breaking, guru juga harus terampil untuk bisa menarik perhatian siswanya dengan ekspresi atau bisa juga dengan cara yang lain. dalam video tersebut pk guru sudah sangat bagus dalam menyajikan alat atau medio pembelajarannya hanya saja kurang dalam membuka pembelajarannya diawal.

  8. Assalamu’alaikum
    Nama : Sista Geriyanti
    NIM : 857833153

    Dalam video ini adanya kurang persiapan guru yang kurang menarik perhatian siswa dalam melaksanakan pembejaran yaitu kurangnya kepedulian guru dalam berpenampilan, guru berpenampilan hanya sesuka hati tidak mencerminkan kewibawaan seorang guru sehingga anak tidak akan menghargai guru tersebut.
    Solusi dalam kasus tersebut yaitu mengubah penampilan guru sesuai dengan aturan, guru berpenampilan rapi dan bersih akan menarik siswa dan akan memberi contoh yang baik untuk siswa, guru akan terlihat berwibawa dan lebih dihormati oleh siswa.
    Cara pembukaan kelas yang mengakomodasi minat dan kebutuhan siswa dengan visualisasi mimik, gestur dan menggunakan benda yang konkrit dalam pembelajaran bagi siswa kelas 1 yang meruapakan transisi PAUD ke SD anak anak akan lebih antusias dalam menerima pembelajaran

  9. NAMA : NIMAS HABIBA FITROTUL HIDAYAH
    NIM : 858974609
    PRODI : PGSD-S1
    Mohon izin untuk memberikan komentar terhadap video di atas..
    Dari video pembelajaran yang diberikan oelh Bpak guru tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang dilakukan di kelas rendah, yakni kelas 1. Dimana dalam memberikan pembelajaran di kelas rendah memang membutuhkan sesuatu yang harus menarik perhatian siswanya. Dalam hal tersebut guru tersebut memberikan pembelajaran secara interaktif dengan menggunakan cara permainan seperti tepuk- tepuk. Kemudian setelah itu guru memberikan konsep pemahaman materi kepada siswa dengan memberikan contoh dengan narasi atau cerita yang ia hubungkan dengan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keseharian mereka atau hal-hal yang mereka ketahui dalam kesehariannya. Selain itu, guru juga harus berusaha menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, misalnya dengan memberikan humor di dalam pembelajarannya sehingga siswa lebih rileks dalam belajarnya.

  10. Nama : Dini Agustina
    NIM : 857733774

    Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan semangat kepada anak-anak sehingga tidak bisa menarik perhatian siswa. Seharusnya ketika guru masuk kedalam kelas sebelum melakukan pembelajaran siswa harus melakukan kegiatan seperti games, menyanyi, melakukan gerak badan. Pada waktu pembelajaran guru harus memperhatikan siswa agar aktif dan fokus dalam pembelajaran. Pada vidio tersebut guru melakukan pembelajaran sudah baik karena mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.

Leave a Reply