silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama: Heni Nopianti Putri
Nim: 856822054
Prodi: PGSD-S1
Pokjar: Kota Bengkulu
Tutor pengampu: Ibu syarmayeni, M.TPd
Dalam video ini kita bisa melihat perbandingan bagaimana cara seorang guru menarik perhatian siswa, bahwa selain dengan cara berpakaian yang rapi, seorang guru harus berinteraksi dengan siswanya, mengawali pelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar siswa. Menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda yang ada di sekitar untuk memberikan motivasi dalam meningkatkan semangat belajar siswa, serta mengajarkan kita tentang bagaimana cara mengkondisikan kelas, terutama untuk siswa kelas rendah.
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh
Nama : Siti Fatimah
NIM : 857027575
Berdasarkan video yang telah saya simak ada beberapa hal yang bisa saya ananlisis, yaitu :
1. Anak usia sekolah dasar masih sangat suka dengan permainan oleh karena itu sebelum guru masuk ke dalam kelas mereka mengisi waktu menunggu guru dengan bermain, mengobrol atau saling bercanda satu sama lain, oleh karenanya reaksi anak pada saat guru masuk ke dalam kelas biasanya dalam keadaan masih ribut, setelah melakukan pembukaan maka guru perlu melakukan apersepsi yaitu dengan memberikan “tepuk semangat” atau memberi pertanyaan-pertanyaan ringan terlebih dahulu untuk membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa.
2. Kelemahan guru pada video sebelumnya (video pertama) masih kurang menarik perhatian siswa baik itu dalam hal penampilan dan tidak adanya upaya menarik perhatian siswa.
3. Kelebihan guru pada video sesudahnya (video kedua) guru mulai dapat mengkondisikan siswa dengan memberikan apersepsi dan penguatan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan ringan dan menggunakan benda konkret sebagai media pembelajaran.
4. Hal uniknya adalah guru membawa benda konkret berupa buah jeruk sebagai media pembelajaran.
5. Dalam proses pembelajaran hendaknya guru melakukan apersepsi berupa pemberian motivasi belajar dan menarik perhatian dan konsentrasi siswa dengan memberikan “tepuk 1,2 dan seterusnya…” serta penguatan materi berupa memberikan pertanyaan-pertanyaan ringan seputar materi yang akan disampaikan. Kemudian menyediakan media pembelajaran berupa benda konkret,poster atau benda lainnya agar anak lebih termotivasi untuk belajar.
NAMA : HILDA RIZQY ANA VIRDAUSIAH
NIM : 858929341
POKJAR : UMBULSARI
FKIP S1_PGSD
Assalamualaikum wr wb
Mohon ijin memberi komentar pada video diatas🙏
Dari video yang sudah saya lihat tentang menarik perhatian siswa, bahwasanya menurut saya guru juga perlu mempunyai kesiapan yang penuh sebelum memberikan pelajaran terhadap siswa, kita bisa belajar dari sebuah video ini bahwasanya sebelum membuka pelajaran,do’a, absensi dan lainnya kita bisa memberikan refleksi terhadap siswa agar siswa tetap fokus pada tujuan awal pembelajaran.
Agar siswa lebih efektif dan berkualitas kita dapat melihat seperti yang ada di video bahwa guru harus pandai menarik perhatian siswa sebelum melaksanakan pelajaran
Namun disayangkan dengan keadaan guru tersebut bahwasanya masih kurang cukup untuk menjadi guru yang digugu dan ditiru, karena dalam keadaan apapun guru harus slalu rapi dalam berpakaian agar siswa juga bisa berpandangan dari seorang gurunya
Mungkin hanya ini yang bisa saya tanggapi terimakasih 🙏
Waalaikumussalam wr wb
NAMA : HILDA RIZQY ANA VIRDAUSIAH
NIM : 858929341
POKJAR : UMBULSARI
STUDY : FKIP S1_PGSD
UBPJJ : UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER
Assalamualaikum wr wb Mohon ijin memberi komentar pada video diatas🙏
Dari video yang sudah saya lihat tentang menarik perhatian siswa, bahwasanya menurut saya guru juga perlu mempunyai kesiapan yang penuh sebelum memberikan pelajaran terhadap siswa, kita bisa belajar dari sebuah video ini bahwasanya sebelum membuka pelajaran,do’a, absensi dan lainnya kita bisa memberikan refleksi terhadap siswa agar siswa tetap fokus pada tujuan awal pembelajaran. Agar siswa lebih efektif dan berkualitas kita dapat melihat seperti yang ada di video bahwa guru harus pandai menarik perhatian siswa sebelum melaksanakan pelajaran Namun disayangkan dengan keadaan guru tersebut bahwasanya masih kurang cukup untuk menjadi guru yang digugu dan ditiru, karena dalam keadaan apapun guru harus slalu rapi dalam berpakaian agar siswa juga bisa berpandangan dari seorang gurunya Mungkin hanya ini yang bisa saya tanggapi terimakasih 🙏
Waalaikumussalam wr wb
Nama Andri nofebri
Nim 856228837
Program: pgsd
Untuk memenuhi tugas PKP kelas 50
Video ini menunjukkan pendekatan yang menarik dari seorang guru dalam menarik perhatian siswa selama pelajaran. Dengan mengajak siswa untuk mengeksplorasi melalui kegiatan membilang, guru membantu siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini efektif karena melibatkan siswa secara langsung, bukan hanya mendengarkan, tetapi juga berpartis
Selain itu, memberikan penguatan terhadap respon siswa adalah langkah yang sangat baik dalam membangun rasa percaya diri mereka. Penguatan positif dapat memotivasi siswa untuk terus berusaha dan lebih terbuka dalam memberikan jawaban atau pend
Meminta siswa untuk menemukan benda lain dan kemudian menceritakan secara singkat tentang benda tersebut juga merupakan strategi yang bagus untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi. Kegiatan ini mendorong siswa untuk belajar secara kontekstual, menceritakan pelajaran dengan benda nyata di sekitar mereka, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi.
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan beberapa teknik pembelajaran yang kreatif dan interaktif yang dapat meningkatkan perhatian, keterlibatan, dan motivasi siswa dalam pembelajaran.
Perkenalkan nama saya Roslin Rini Mario
NIM : 859404038
UPBJJ : Makassar
Ide dalam video tentang bagaimana guru menarik perhatian siswa sangat menarik dan menunjukkan pemahaman yang baik tentang pembelajaran yang efektif. Ketiga cara yang disebutkan, yaitu mengajak siswa mengeksplorasi dengan membilang, memberi penguatan, dan meminta siswa menemukan benda dan menceritakannya, merupakan strategi yang dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran.
Berikut adalah pendapat saya tentang beberapa strategi lain yang dapat digunakan guru untuk menarik perhatian siswa:
• Menggunakan media pembelajaran yang menarik: Gambar, video, musik, dan permainan dapat membuat pembelajaran lebih hidup dan menarik.
• Membuat kegiatan pembelajaran interaktif: Aktivitas kelompok, diskusi, dan simulasi dapat meningkatkan keterlibatan siswa.
• Membuat hubungan personal dengan siswa: Menunjukkan perhatian dan empati kepada siswa dapat membangun hubungan yang positif dan memotivasi mereka untuk belajar.
Nama : Kristina Limbong Belo
nim : 859393118
UPBJJ : Makassar
Ide dalam video tentang bagaimana guru menarik perhatian siswa sangat menarik dan menunjukkan pemahaman yang baik tentang pembelajaran yang efektif. Ketiga cara yang disebutkan, yaitu mengajak siswa mengeksplorasi dengan membilang, memberi penguatan, dan meminta siswa menemukan benda dan menceritakannya, merupakan strategi yang dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Berikut adalah pendapat saya tentang beberapa strategi lain yang dapat digunakan guru untuk menarik perhatian siswa: • Menggunakan media pembelajaran yang menarik: Gambar, video, musik, dan permainan dapat membuat pembelajaran lebih hidup dan menarik. • Membuat kegiatan pembelajaran interaktif: Aktivitas kelompok, diskusi, dan simulasi dapat meningkatkan keterlibatan siswa. • Membuat hubungan personal dengan siswa: Menunjukkan perhatian dan empati kepada siswa dapat membangun hubungan yang positif dan memotivasi mereka untuk belajar.
Assalamualakum wr.wb
Nama : Helmi Aziz
Nim : 857880596
Dari Vidio diatas, bisa disimpulkan untuk memulai pembelajaran dikelas guru harus mempunyai bekal pembukaan yang menarik. Mulai dari penampilan, Penguasaan materi dan bahasa tubuh / gestur serta ekspresi yang membuat siswa supaya tidak bosan dan menjadi bersemangat. Guru yang pandai menggunakan gestur dan ekspresi tentu lebih menarik dari pada guru yang ekspresinya datar. Selain itu ice breaking dan bercerita sebelum memulai pembelajaran dapat juga meningkatkan konsentrasi siswa.
assalamu’alaikum wr.wb
nama: lesmati
nim 856652364
ijin mengomentari mengenai vidio diatas, jadi dalam proses pembelajaran pada vidio diatas menurut saya metode dan cara penyampaian materi yang pakai oleh gurunya sudah bagus dan mengunakan alat peraga yang nyata dan juga menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari, hanya saja untuk pembukan masih bnyak yang belum diterapkan sesuai dengan format yang seharusnya , hanya itu pendapat yang bisa saya kemukaan wassalamu’alaikum wr.wb
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Saya Siti Nur Anisa
NIM: 857516706
Menurut saya guru tersebut pada awal pembelajaran tidak dapat menarik perhatian siswa, sebab itu siswa asik sendiri dengan teman-temannya. Alangkah baiknya guru tersebut melakukan refleksi sehingga seperti kelanjutan video dimenit 2.10, guru tersebut memulai dengan menarik perhatian siswa terlebh dahulu. karena membuat siswa tertarik pada awal pembelajaran akan membuat siswa antusias dan aktif mengikuti pembelajaran. guru harus menyadari kekurangan dan kelebihan dari pembelajaran yang dilaksanakan serta merefleksiknnya dan membuat perencanaan perbaikan, agar pembelajaran di kelas menjadi lebih baik dan menarik. siswa antusias saat belajar dan aktif dalam pembelajaran yang guru agar tujuan pembelajaran tercapai.