silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,011 Comments

  1. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Tesa Oktriani
    NIM : 856290309
    PRODI : S1 PGSD

    Dari video di atas tentang cara menarik perhatian siswa, menurut saya sebelum kita memasuki kelas maka kita perlu persiapan yang maksimal terlebih dahulu. Dari video di atas dapat dilihat bahwa guru awalnya memasuki kelas tanpa persiapan yang maksimal, seperti baju tidak rapi dan memakai sandal ke kelas. Sehingga siswa pun tidak memperhatikan ke guru tersebut. Ketika guru masuk kembali ke kelas dengan persiapan maksimal maka saat guru menyapa siswa maka siswa memperhatikan ke guru tersebut kemudian membalas sapaan dari guru tersebut. Kemudian supaya perhatian siswa tertuju ke guru maka guru tersebut memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan pengalaman siswa sebelum ke sekolah. Sehingga perhatian siswa terpusat ke guru dan apa yang ditanyakan guru kepada siswa dapat dijawab oleh siswa.
    Penyampaian materi kepada siswa dengan metode yang menarik maka akan lebih mudah menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran.

  2. Nama : Fajar Dian Edi Saputra
    NIM : 857590189

    Asalamungalaikum wr wb
    Ijin menyampaikan pendapat terkait menarik perhatian siswa pada sekolah dasar, hal ini sangat penting karena akan menarik perhatian siswa yang sedang tidak konsentrasi sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan kondusif. Pembelajaran adalah sebuah hal yang harus dilaksanakan akan tetapi ada tantangan yang perlu dilakukan kususnya dijenjang sekolah dasar karena mereka masih anak – anak cenderung ingin bermain, sehingga perlu adanya teknik dalam menarik perhatian siswa. Dalam vidio diatas sudah tepat dalam menarik perhatian siswa yang semula diawal kurang efektif menjadi efektif hal ini menandakan kemajuan dalam mengelolah kelas. Maka dari itu berpandai – pandailah dalam mengelola kelas supaya menarik dan membuat siswa lebih fokus ke materi yang kita ajarkan. Terimakasih

  3. Assalamualaikum wr wb.

    Nama : ANNISA FUADAH
    NIM : 857130429
    Program studi : S1 PGSD

    Izin memberi komentar terhadap video diatas.
    Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas, kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi seorang guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, dan apabila seorang guru tidak mampu menarik perhatian dari siswa maka akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya. Untuk dapat menarik perhatian dari siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan dari guru dari TK/PAUD maka guru harus berpenampilan dengan menarik, rapih dan bersih agar penampilannya bisa di contoh oleh siswa.

    Dalam pembelajaran guru sebaiknya memulai dengan memberikan pembiasaan berdo’a terlebih dahulu, kemudian memberikan ice breaking dan juga memberikan motivasi agar anak semangat dalam memulai pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan apersepsi atau memberikan pertanyaan pemantik pada anak dengan mengaitkan pembelajaran dengan contoh kehidupan sehari-hari, baru setelah itu dilanjutkan pada materi pembelajaran.

  4. Agnes Merlinda 857862874 PGSD
    PKP 66
    Berdasarkan video tersebut:
    1. Masalah yang ditemukan yaitu kesulitan guru untuk menarik perhatian siswa untuk memulai pembelajaran.
    2. Penyebab masalah yaitu penampilan guru ketika masuk kelas tidak rapi dan guru memakai sandal, seharusnya guru masuk kelas berpakaian yang rapi dan memakai sepatu. Ekpresi dari guru sangat datar tidak ekspresif terlihat dari mimik wajah dan intonasi suara yang sangat datar. Guru tidak memberikan apersepsi kepada siswanya dan langsung memulai pembelajaran meskipun situasi kelas tidak kondusif.
    3. Alternatif pemecahan masalah : Guru masuk kelas dengan berpakaian yang rapi dan sopan, guru mulai menyapa anak-anak lalu memfokuskan anak-anak dengan tepuk, guru juga memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, guru menggunakan alat peraga berupa benda konkrit lalu melakukan tanya jawab dengan siswa nya, guru juga memberikan penguatan positif kepada siswanya.
    4. Tujuan perbaikan yaitu untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran di kelas.
    5. Rumusan masalah yaitu bagaimana menarik perhatian siswa dalam pembelajaran di kelas?

  5. NAMA : ARTA SUZETA PRATIWI
    NIM : 856821994
    PROGRAM Studi : PGSD-S1
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    Dosen : Syarmayeni, Mptd

    Izin memberikan komentar terhadap video yg diatas. Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas, kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi seorang guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, dan apabila seorang guru tidak mampu menarik perhatian dari siswa maka akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya. Selain itu guru bukan hanya bisa menarik perhian anak saja tetapi guru juga wajib menguasai keterampilan membuka pembelajaran dengan salam, mengecek kehadiran siswa, dan lain-lain. Dan guru juga harus bisa menggunakan alat media yang lebih kreatif lagi supaya bisa menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih tertarik dalam belajar. Dan diakhir pembelajaran guru juga harus memberikan pengutan atau kesimpulan dalam pembelajaran

  6. Nama : Besri yanti waruwu
    NIM : 855839822
    POKJAR : IDANOGAWO
    Dalam pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas, kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi seorang guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, dan apabila seorang guru tidak mampu menarik perhatian dari siswa maka akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya. Pembelajaran adalah sebuah hal yang harus dilaksanakan akan tetapi ada tantangan yang perlu dilakukan kususnya dijenjang sekolah dasar karena mereka masih anak – anak cenderung ingin bermain, sehingga perlu adanya teknik dalam menarik perhatian siswa. Dalam vidio diatas sudah tepat dalam menarik perhatian siswa yang semula diawal kurang efektif menjadi efektif hal ini menandakan kemajuan dalam mengelolah kelas. Maka dari itu berpandai – pandailah dalam mengelola kelas supaya menarik dan membuat siswa lebih fokus ke materi yang kita ajarkan. Terimakasih

  7. Assalamualaikum.Wr.Wb
    Nama : YULIANA
    NIM : 858194227
    Prodi : S1 PGSD
    Izinkan saya menjawab tentang video tersebut, video dari 0:45- 1:16 menunjukkan bahwa salah satu hal penting ketika pembelajaran yaitu penampilan guru /cara berpakaian guru salah satu pendukung dalam pembelajaran , di dalam video tersebut guru dengan penampilan yang kurang rapi yaitu baju keluar dan menggunakan sandal pada saat pembelajraran ,sehingga anak-anak menunjukkan kurang nya respon ketika pembelajaran karena penampilan /cara berpakaian guru yang tidak rapi serta dalam membuka pembelajaran atau dalam menarik perhatian anak-anak seharusnya ada pembukaan pembelajaran yang menarik seperti menggunakan salam,memeriksa kehadiran, do’a dan menggunakan ice breaking dalam pembelajaran serta menggunakan media dan metode yang mendorong partisipasi atau motivasi belajar yang aktif dari siswa.
    video dari 1:58-3:55 untuk video pembelajaran yang kedua menunjukkan antusias anak-anak terhadap pembelajaran karena pada saat pembukaan pembelajaran menggunakan ice breaking yg memicu semangat anak-anak dalam mengikuti pembelajaran serta penampilan yang rapi dari guru yang menarik dan juga penggunaan media dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa menjadi tidak bosan terhadap pembelajaran.
    Terimakasih.wassalamualaikum.Wr.Wb

  8. Nama saya : Masinia Zai
    Nim : 855975831
    Program studi : S1 PGSD
    Izin memberikan komentar terhadap Video diatas :
    Dari video di atas tentang cara menarik perhatian siswa, Menurut saya sebelum kita memasuki kelas maka kita perlu persiapan yang maksimal terlebih dahulu. Dari video di atas dapat dilihat bahwa guru pada awalnya memasuki kelas tanpa persiapan yang maksimal, Dimana,Terlihat Jelas Penampilan seorang guru yang Tidak rapi dimana baju tidak rapi dan memakai sandal ke kelas. Sehingga siswa pun tidak memperhatikan guru tersebut pada saat dia menyapa siswa,Malah siswa-siswi asik bermain dan ribut.Selanjutnya Ketika guru masuk kembali ke kelas dengan persiapan maksimal maka saat guru menyapa siswa maka siswa memperhatikan guru tersebut dan langsung merespon sapaan dari guru tersebut. Kemudian untuk menarik perhatian siswa untuk fokus dengan guru maka guru tersebut harus memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan pengalaman siswa sebelum sampe ke sekolah. Sehingga perhatian siswa Langsung fokus ke kita/ke guru dan apa yang ditanyakan guru kepada siswa dapat dijawab oleh siswa tersebut.

    Kelemahan yang saya Lihat dari video diatas
    Pada Awal Guru masuk dikelas kurang persiapan maksimal, Kurang penguasaan Kelas, di tambah lagi kurang Rapi dalam berpakaian dan juga memakai sandal dikelas sehingga siswa tidak memperhatikan guru tersebut.
    Kelebihan yang saya Lihat dari Video diatas yang pertama pada saat Guru masuk Kedua kalinya Rapi, dan cara menarik perhatian siswa sudah mantap.

  9. NAMA : PRIMA BUSANA
    NIM :

    Izinkan saya memberi pendapat mengenai video tersebut.
    Slide video ke-1
    Pada slide video ke-1 suasana kelas terlihat ramai, meskipun guru sudah hadir. Hal tersebut bisa disebabkan oleh penampilan guru yang kurang rapih dan memakai sandal. Kemudian yang tak kalah penting adalah kurangnya perhatian sesuai aspek psikologis siswa kelas 1.
    Slide video ke-2
    Pada slide video ke-2 suasana kelas 1 terlihat terkendali dan menyenangkan, ibarat kata “siswa senang, guru tenang, balajarpun gampang.” Hal ini bisa dipengaruhi oleh penampilan guru yang rapih dan memakai sepatu sebagaimana mestinya, ibarat filosofi Jawa “Ajining diri saka lathi, ajining raga saka busono.” Salain itu, guru tersebut juga memperhatikan aspek psikologis siswa di antaranya dengan menerapkan ice breaking guna menyiapkan mental siswa menjadi rilex dalam menghadapi pelajaran khususnya matematika. Dalam kegiatan pembelajaran, sang guru mampu menerapakan matematika dalam dunia nyata (kehidupan sehari-hari) bukan sekedar teori, sehingga akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

  10. Nama : ilham sokhih
    Nim : 855727507
    Assallamuallaikum wr. wb
    Izin memberikan komentar vidio diatas.
    Saya ingin menyampaikan pendapat mengenai pentingnya menarik perhatian siswa di sekolah dasar. Hal ini sangat penting karena dapat membantu siswa yang kurang fokus agar lebih tertarik pada pelajaran, sehingga suasana belajar menjadi lebih menarik dan kondusif. Pembelajaran memang harus dilakukan, tetapi ada tantangan khusus di tingkat sekolah dasar karena siswa pada usia ini cenderung lebih ingin bermain. Oleh karena itu, diperlukan teknik-teknik tertentu untuk menarik perhatian mereka. Video di atas menunjukkan cara yang efektif untuk meningkatkan perhatian siswa yang awalnya kurang fokus, sehingga pengelolaan kelas menjadi lebih baik. Maka, penting bagi kita untuk pandai mengelola kelas agar siswa lebih tertarik dan fokus pada materi yang diajarkan. Terima kasih.

Leave a Reply