silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep βbertambahβ dan βberkurangβ. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Ni Kadek Kometa Dewi
Nim : 859044212
Om Swastyastu…
Ijin memberi komentar terhadap video diatas
Menarik perhatian siswa memang merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh pendidik untuk memastikan keberhasilan proses belajar mengajar. dalam video diatas awalnya siswa belum tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan cenderung bercanda. Tetapi setelah guru berhasil mengalihkan perhatian, barulah siswa mulai tertarik dan memperhatikan guru. Awal pembelajaran merupakan kunci dalam menarik perhatian siswa. Guru dapat memulainya dengan bercerita, yang memicu rasa ingin tahu. Melibatkan siswa secara langsung melalui pertanyaan terbuka,atau kegiatan interaktif yang dapat membuat siswa merasa terlibat dalam proses pembelajaran.
Nama : Siti Nurasifah
NIM : 857226352
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Serang
Izin menjawab, dari video diatas bahwa agar menarik perhatian siswa yang berkualitas guru harus lakukan sesuatu yang tidak biasa atau tidak terduga, ajukan pertanyaan yang provokatif, gunakan humor, perkenalkan diri dengan baik,ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan persaingan serta kerja sama dan berikan motivasi kepada siswa dan beri penguatan ketika memberi respon terhadap yang kita contohkan.
Assalamualaikum.
Nama : Sri Yayuk
Nim : 856248165
Izin menanggapi video diatas. Yaitu tentang bagaimana cara menarik perhatian siswa.
Ini menjadi hal penting bagi guru, disaat kita lagi fokus dalam pembelajaran, ketika itu juga konsentrasi peserta didik sudah buyar. Mereka sibuk dengan dunia nya masing-masing. Ini lah saat nya bagi guru, membuat sebuah trik atau pembelajaran yang bisa mengendalikan konsentrasi siswa atau bagaimana cara guru untuk menarik perhatian siswa tersebut. Misalnya bisa dengan melakukan sebuah ice breaking yang mana bisa membuat peserta didik yang tadinya bosan dengan pembelajaran bisa kembali bersemangat. Atau bisa juga dengan melakukan pembelajaran berpusat kepada peserta didik, ajak peserta didik tersebut terlibat aktif dalam pembelajaran.Contoh seperti yang dilakukan bapak guru didalam video tersebut, dengan menanyakan kehidupan sehari-hari peserta didik, seperti kendaraan apa yang mereka gunakan untuk berangkat ke sekolah. Dan menanyakan seputar kendaraan tersebut. Anak yang tadi nya tidak fokus kepada materi yang dijelaskan oleh guru, jadi fokus lagi karena dia bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Untuk menarik perhatian siswa bisa juga dengan memberikan pujian melalui lisan ataupun dengan gerak tubuh, seperti acungan jempol, atau tepuk keren, dll.
Sekian tanggapan dari saya.
Terimakasih.
Assalamualaikum.wr.wb
Nama : DHEVITA FRIDAY MEILIA
Nim : 857117974
Program studi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya dari video tersebut tentang cara menarik perhatian siswa, menurut saya sebelum kita memasuki kelas maka kita perlu persiapan yang maksimal terlebih dahulu. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa guru awalnya memasuki kelas tanpa persiapan yang maksimal, seperti baju tidak rapi dan memakai sandal ke kelas. Sehingga siswa pun tidak memperhatikan ke guru tersebut. Ketika guru masuk kembali ke kelas dengan persiapan maksimal maka saat guru menyapa siswa maka siswa memperhatikan ke guru tersebut kemudian membalas sapaan dari guru tersebut. Kemudian supaya perhatian siswa tertuju ke guru maka guru tersebut memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan pengalaman siswa sebelum ke sekolah. Sehingga perhatian siswa terpusat ke guru dan apa yang ditanyakan guru kepada siswa dapat dijawab oleh siswa. Penyampaian materi kepada siswa dengan metode yang menarik maka akan lebih mudah menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
Halo perkenalkan
Nama Saya Sri Agustien, NIM 859050065
Dari video studi kasus, bahwasanya dalam tingkatan kelas tentu memiliki treatment khusus dalam menghadapi fokus peserta didik. Guru harus memiliki kemampuan menarik perhatian dan fokus peserta didik dengan memahami jenjang usianya. Seperti dalam video dijelaskan, untuk tingkat SD kelas 1 seorang guru harus memperhatikan penampilannya, harus rapi dan bersih agar siswa tertarik kepada guru. Perhatian dari peserta didik ini sangat mempengaruhi keinginannya untuk belajar dan akan berdampak pada hasil pembelajaran. Maka dari itu untuk meningkatan hasil pembelajaran agar optimal harus dibangun bounding yang menarik, menanamkan mindset pada peserta didik dengan cara menarik perhatiannya dan membuat peserta didik “guruku panutannku sehingga aku ingin belajar agar bisa seperti guruku”. Selain itu pemilihan media dan metode mengajar harus disesuaikan dengan usia peserta didik.
nama : siti salimah (858990864)
dari video diatas dapat kita lihat bahwa anak memang belum bisa kalau diajak fokus untuk waktu lama, apalgi anak yang masih transisi dari tk ke kelas 1 sd, untuk menarik perhatian maka pun guru juga perlu banyak usaha. anak lebih cenderung masih suka bermain dan ngomong sendiri, namun anak juga mudah kalau mereka dikenalkan dengan hal baru, maka dari itu guru dituntut untuk lebih aktif dan imajinatif menghadapi anak-anak.
Nama : Dewi Ratnanengsih
NIM : 857130658
Izin memberi komentar terhadap vidio di atas.
Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya vidio di atas, sebaiknya pembelajaran di awali dengan berdo’a sebelum belajar terlebih dahulu. Kemudian mengabsensi siswa, dilanjutkan dengan ice breaking seperti bermain game, menyanyi, atau gerak tubuh. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan pemantik, baru mulai pembelajaran, karena siswa sudah fokus perhatiannya untuk memulai pembelajaran.
Pada vidio di atas, untuk memusatkan perhatian siswa gurunya kurang menguasai kelas dan juga kurang memberikan penguatan kepada siswa misalnya memberikan contoh nya benda yang ada di sekitar kita.
Di vidio di atas guru pun kurang persiapan dari penampilannya yg kurang rapi, masih menggunakan sendal.
Nama : Riza Umami
NIM : 857762919
Mohon izin memberikan pendapat terkait dengan vidio di atas yaitu tentang Cara Guru dalam Menarik Perhatian Murid. Dalam vidio tersebut dapat dilihat bahwa awalnya penampilan seorang guru ketika masuk ke ruang kelas harus menarik, sehingga siswa akan dapat tercipta suasana yang kondusif dan menyenangkan, tetapi jika awalnya dalam vidio tersebut Guru masuk ke ruang kelas penampilannya sudah tidak menarik dan tidak memberikan contoh disiplin berpakaian yang baik (dalam vidio : Guru berpakaian tidak rapi dan memakai sandal) sehingga anak tidak tertarik melihat dan memperhatikan guru ketika guru tersebut datang menyapa. Jadi sangat penting sekali persiapan awal sebelum guru masuk kelas, mulai dari penampilan, metode dan materi apa yang akan kita sampaikan agar siswa khususnya siswa kelas 1 ini dapat tertarik dalam belajar, baik itu melalui permainan ataupun lainnya.
Assalamualaikum wr.wb.
Izin memberikan komentar.
Kalau menurut saya dalam awal video,
1. Anak-anak masih belum terkondusif dan belum siap untuk pembelajaran. Namun, di pertengahan video, guru sudah mempersiapkan strategi untuk membuat suasana di kelas siap mengikuti pembelajaran. Guru juga harus memiliki sikap pembawaan mengajar yang menyenangkan.
2. kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran antara lain guru belum mempersiapkan perangkat ajar serta materi yang akan diajarkan, guru hanya menjelaskan teori-teori saja, guru tidak memperhatikan β- 2. Kemampuan awal pada siswa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru mampu menarik perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran dengan apersepsi awal serta menggunakan benda konkret.
4. Hal unik yang terdapat di video yaitu menggunakan benda konkret yang siswa sukai serta menggunakan contoh pertanyaan lisan tentang hal-hal yang sering siswa temui.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaranyaitu dengan menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah.
Terima kasih π
Nama: Eka Wijiati
NIM: 857145135
Assalamualaikum wr.wb.
Izin memberikan komentar.
Kalau menurut saya dalam awal video,
1. Anak-anak masih belum terkondusif dan belum siap untuk pembelajaran. Namun, di pertengahan video, guru sudah mempersiapkan strategi untuk membuat suasana di kelas siap mengikuti pembelajaran. Guru juga harus memiliki sikap pembawaan mengajar yang menyenangkan.
2. kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran antara lain guru belum mempersiapkan perangkat ajar serta materi yang akan diajarkan, guru hanya menjelaskan teori-teori saja, guru tidak memperhatikan β- 2. Kemampuan awal pada siswa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru mampu menarik perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran dengan apersepsi awal serta menggunakan benda konkret.
4. Hal unik yang terdapat di video yaitu menggunakan benda konkret yang siswa sukai serta menggunakan contoh pertanyaan lisan tentang hal-hal yang sering siswa temui.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaranyaitu dengan menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah.
Terima kasih π