silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Siti Asmawati
NIM : 857266403
UPBJJ : Serang
Guru harus mempersiapkan dan mengajak anak-anak melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain game, menyanyi, atau melakukan gerak sebelum memulai pembalajaran guna meningkatkan fokus anak
Guru jg bisa mengenakan pakaian yang unik, membawa benda yang tidak biasa untuk memancing rasa ingin tahu anak
Guru bisa mengutip peristiwa atau isu terkini yang relevan bagi anak-anak
Assalamua’laykum warahmatullahi wabaraktuh
Nama : RATI WULAN SARI
NIM : 858111381
izin menanggapi
1.Dari video yang telah saya tonton analisis saya terhadap video tersebut yaitu pada menit pertama seorang Bapak guru memasuki ruang kelas dengan berpakaian tidak rapi, menggunakan sandal tanpa memakai sepatu. Pada saat Bapak guru masuk ke ruang kelas para siswa sangat tidak memperdulikan kehadiran seorang guru, para siswa asik bermain bersama temannya sebangku. Suasana kelas begitu ribut. Pada hakikatnya seorang guru terampil haruslah mencermikan kerapian dan seorang guru harus mmemiliki mimik yang ceria dan ekspresif agar dapat menguasai suasana kelas.
2. Pada menit selanjutnya bagaimana seorang Bapak guru tersebut bisa menarik perhatian siswa dengan berpakaian rapi, menggunakan sepatu dan mimic wajahnyanya begitu ceria dan ekspresif. Guru tersebut telah menggunakan berbagai strategi yang menarik untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran. Stretegi yang dilakukan adalah dengan mengajak siswa mengekplorasi dengan membilang, strategi ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan membilang siswa dapat belajar konsep bilangan maupun melatih keterampilan fokus dan observasi.
demikian hasil analisis video pembelajaran dari saya,
wassalamualaykum warahmatullahi wabaraktuh
NURWIS MARYANTO [856302363]
UPBJJ : UT PADANG
POKJAR : KUBUNG
Menyenangkan atau tidaknya kelas diawali oleh gurunya. Guru yang dikatakan killer oleh siswapun jika seandainya ia bisa membawa siswa ke dunia pendidikan yang menyenangkan dan bersahabat dengan siswa maka itu tidak lagi seperti yang dipikirkan [aku pernah mengalaminya, sangat terharu ditinggal oleh guru tersebut saat masa purnabhaktinya]. nah itulah seorang guru, dia tidak hanya memberikan ilmu tapi lebih dari itu … itulah kenapa julukannya Pahlawan tanpa tanda jasa sampai membangun insan cendekia.
Assalamuaaikum. perkenalkan nama saya Annisa mahasiswa PGSD semester 6 NIM 857652342 UPBJJ Purwokerto
izin menanggapi vidio tersebut .
dalam vidio tersebut, guru sudah cukup menguasai kelas. Dari mulai siswa yang tadinya berisik sampai akhirnya siswa itu diam dan mnghargai adanya guru dikelas.
keikutsertaan siswa dalam kegiatan pembelajaran juga menjadi salah satu solusi agar semangat dan juga dapat melatihmental siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberi oleh gurunya. penggunaan media yang konkrit juga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut.
Nama : Asrori
Nim : 857013846
Pokjar : Sragi
Dari Vidio tersebut dapat disimpulkan atau dianalisis sebagai berikut :
1.Reaksi Siswa terhadap Kegiatan Pembelajaran
Antusias dan Aktif Terlibat: Siswa terlihat tertarik karena guru melibatkan mereka secara langsung melalui eksplorasi dan pengamatan.
2.Terdapat beberapa kelemahan yang terjadi pada guru bahwa ketika mengajar penampilan guru kurang menarik mulai dari pakaian yang tidak rapi dan memakai sendal pada saat mengajar, hendak nya guru menjadi contoh yang baik baigi muridnya.
3.Hal-Hal Unik dalam Video Pembelajaran
Pembelajaran Eksploratif: Guru tidak hanya memberikan materi, tetapi mengajak siswa menemukan sendiri pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan benda di sekitar seperti jumlah roda dalam mobil
Ini menunjukkan bagaimana guru memanfaatkan objek sekitar untuk memancing rasa ingin tahu siswa
4.Usulan Peningkatan untuk Kualitas Pembelajaran
Pengelolaan Waktu yang Lebih Baik: Membuat alokasi waktu yang tepat untuk setiap aktivitas agar pembelajaran tetap fokus dan efektif.
Penggunaan Media yang Lebih Variatif: Selain benda nyata, guru bisa memanfaatkan alat bantu digital seperti gambar atau video untuk menambah variasi dan menarik perhatian siswa lebih lama.
Assalamualaikum, wr, wb
Selamat malam bapak ibuk, izin menanggapi vidio pembelajaran di atas, sebelumnya perkenalkan;
Nama : Erdila Puspita Sari
Nim : 85627022
UPBJJ Padang
S1-PGSD
Berdasarkan vidio pembelajaran di atas, maka yang dapat saya analisis yaitu
1. pembukaan pembelajaran yang dilakukan atau di praktik kan oleh guru kurang tepat, dimana seharusnya pada kegiatan pedahuluan seorang guru mengajak siswa nya untu merapikan meja belajar dan berdoa, setelah berdoa guru mengecek kehadiran siswanya, dan beberapa hal lainnya yang biasa dilakukan pada kegiatan pendahuluan pada kegiatan pembelajaran
2. disini guru tidak mencontoh kan sesuatu yang baik kepada siswanya sehingga tidak menarik perhatian siswa untuk belajar, dimana gurunya tidak rapi dalam berpakaian dan juga tidak memakai pakaian yang seharusnya dicontohkan oleh seorang guru yaitu memakai sepatu dan baju tidak dirapikan.
3. untuk menarik perhatian siswa maka dapat dilakukan icebreaking sebagai penarik perhatian siswa yang dalam kegaduhan
4. tetapi disini guru juga memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa agar siswa dapat berfikir dan menghubungkannya dengan materi pembelajaran saat itu agar mudah dipahami oleh siswa dan melibatkan benda-benda yang berhubungan dengan keseharian siswa tersebut
sekian analisis saya, terima kasih
Nama : Dodi Pratama
NIM : 825479664
Prodi : S1 PGSD
izin menanggapi video. . . .
Guru bisa dengan menjanjikan memberi hadiah bagi siswa yang memperhatikan guru dan mata pelajaran dari awal hingga akhir… dengan demikian siswa akan berlomba-lomba untuk memperhatikan guru dan pelajaran demi mendapatkan hadiah…
Nama : Dodi Pratama
NIM : 825479664
Prodi : S1 PGSD
Izin menanggapi video . . .
menurut saya, untuk bisa menarik perhatian siswa guru bisa dengan menjanjikan memberi hadiah kepada siapa yang bisa memperhatikan guru dan pelajaran dari awal hingga akhir… sehingga siswa-siswi akan berlomba-lomba memperhatikan guru dan pelajaran dikarenakan ingin mendapatkan hadiah . . .
Nama : Yayuk Laras Dewani
Nim : 857596086
Setelah melihat vidio pertama dan kedua bisa dianalisis bahwa guru adalah seorang model bagi siswa peran ini sangat penting karena keteladanan guru dapat membentuk karakter dan nilai pribadi siswa.Pada vidio pertama bisa kita amati pada saat guru tidak menjaga kerapian dalam berpenampilan dan guru terlihat tidak siap siswa cenderung acuh terhadap kehadiran guru sedangkan pada vidio kedua guru lebih berpenampilan rapi dan menarik sehingga siswa lebih antusias terhadap pelajaran,guru tersebut sangat siap untuk mengajar dengan membawa alat peraga sederhana untuk pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran yang akan disampaikan.
Nama : Moh. Rifqiyadi As’ari
NIM : 877305137
Prodi : PGSD
UPBJJ : 71/Surabaya
Pokjar : Disdikbud Pamekasan
Izin Menanggapi Video
awalnya siswa sangat tidak bisa dikendalikan dengan bergurau bercanda bersama teman temannya tanpa menghiraukan guru yang datang dan ingin memulai pembelajaran tetapi ssiswa tetap menghiraukannya namun setelah beberapa menit kemudian guru dengan sigapnya bisa mmenarik perhatian siswanya dengan memulai ice breaking tepuk tepuk sehingga pada akhirnya siswa bisa memperhatikan dan menyimak penjelasan gurunya sedang semangat dan senang karena metode penyampaian yang digunakan dan media pembelajarannyayang digunakan sangat menarik perhatian dan menyenangkan bagi siswa serta melibatkan siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran