silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Masniati
Nim : 858516651
Izin menanggapi
Setelah menonton vidio di atas saya berpendapat bahea pengembangan sosial emosional (sosem)pada anak Paud sangat penting kerena dapat mempengaruhi kepercayaan diri,empati dan kemampuan anak untuk berteman.jika perkembangan sosem anak terhambat,anak akan kesulitan bersosialisasi dengan orang lain di sekitarnya.berikut ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pengembangan sosial anak :
a. Perkembangan anak sejak Dini
b. Mengajarkan anak mengontrol emosi
C. Memantau perkembangan anak
d. Membiasakan anak
e. Menciptakan lingkungan belajar yang aman
f. Mengajarkan keterampilan sosial emosional
g. Memberikan dukungan dan bimbingan.
Nama : Ridha Amalia Nasution
Nim : 878249658
Pokjar : Sergai
Izin menanggapi
1. Judul video : menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Ringkasan isi video
• Video ini dibuat di sekolah dasar dengan penulis rusdianto
• sinopsis video ini yaitu bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi , memberi penguatan , dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
3. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah tidak diawali dengan menyambung siswa atau ice breaking, penampilan guru yang kurang rapi, tidak bersemangat dalam mengajar. Kemudian guru langsung masuk ke inti pembelajaran seharusnya tanyakan terlebih dahulu pelajaran apa kemarin dan hubungkan dengan materi hari ini.
4. Kelebihan dalam video ini adalah terlihat guru sabar dan pemakaian media yang digunakan sudah cukup walau hanya visual saja. Kemudian guru cepat mencari solusi bagaimana mencari cara agar menarik perhatian siswa.
5. Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran adalah guru langsung cepat mencari solusi bukan hanya sekedar ceramah saja tapi dengan menggunakan media yang cocok untuk menarik pembelajaran walau media hanya digunakan sedikit.
Terimakasih 🙏
Nama : Ridha Amalia Nasution
Nim : 878249658
Pokjar sergai
Izin menanggapi
1. Judul video : menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Ringkasan isi video
• Video ini dibuat di sekolah dasar dengan penulis rusdianto
• sinopsis video ini yaitu bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi , memberi penguatan , dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
3. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah tidak diawali dengan menyambung siswa atau ice breaking, penampilan guru yang kurang rapi, tidak bersemangat dalam mengajar. Kemudian guru langsung masuk ke inti pembelajaran seharusnya tanyakan terlebih dahulu pelajaran apa kemarin dan hubungkan dengan materi hari ini.
4. Kelebihan dalam video ini adalah terlihat guru sabar dan pemakaian media yang digunakan sudah cukup walau hanya visual saja. Kemudian guru cepat mencari solusi bagaimana mencari cara agar menarik perhatian siswa.
5. Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran adalah guru langsung cepat mencari solusi bukan hanya sekedar ceramah saja tapi dengan menggunakan media yang cocok untuk menarik pembelajaran walau media hanya digunakan sedikit.
Terimakasih 🙏
Nama : IHSAN ARDIANTO
Nim : 857024974
Pokjar : Banjar Agung
Izin menanggapi
1. Judul video : menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Sinopsis :
Bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi , memberi penguatan , dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
Klemahan video terletak di awal video,yaitu :
Tidak ada apersepsi di awal pembelajaran
Penampilan guru kurang profesional, terlihat pada awal video guru hanya memakai sandal dan pakian tidak rapi
Suasana kelas gaduh menunjukkan pengelolaan kelas yang kurang efektif
Kelebihan,pada video tersebut diberikan solusi dengan beberapa kelemahannya yaitu :
Mengajak sisa untuk mengeksplorasi dengan membilang
Menggunakan contoh langsung dengan menggunakan benda konkret
Nama : IHSAN ARDIANTO
Nim : 857024974
Pokjar : Banjar Agung
Izin menanggapi
1. Judul video : menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Sinopsis :
Bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi , memberi penguatan , dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
Klemahan video terletak di awal video,yaitu :
Tidak ada apersepsi di awal pembelajaran
Penampilan guru kurang profesional, terlihat pada awal video guru hanya memakai sandal dan pakian tidak rapi
Suasana kelas gaduh menunjukkan pengelolaan kelas yang kurang efektif
Kelebihan,pada video tersebut diberikan solusi dengan beberapa kelemahannya yaitu :
Mengajak sisa untuk mengeksplorasi dengan membilang
Menggunakan contoh langsung dengan menggunakan benda konkret
Nama : Waniria Lahagu
Nim : 858516651
Izin menanggapi
Setelah menonton vidio di atas saya berpendapat bahan pengembangan sosial emosional (sosem)pada anak SD sangat penting kerena dapat mempengaruhi kepercayaan diri,empati dan kemampuan anak untuk berteman.jika perkembangan sosem anak terhambat,anak akan kesulitan bersosialisasi dengan orang lain di sekitarnya.berikut ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pengembangan sosial anak :
a. Perkembangan anak sejak Dini
b. Mengajarkan anak mengontrol emosi
c. Memantau perkembangan anak
d. Menciptakan lingkungan belajar yang aman
e. Mengajarkan keterampilan sosial emosional
g. Memberikan dukungan dan bimbingan.
Nama : Waniria Lahagu
NIM : 856061385
Prodi: S1 PGSD
Ijin menyampaikan pendapat tentang bagaimana cara menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran, menurut saya seorang guru sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang perlu di persiapkan sebelum proses pembelajaran berlangsung. Karena persiapan yang matang sebelum proses pembelajaran akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Selain itu seorang guru juga harus menggunakan berbagai macam metode pembelajaran saat mengajar sehingga siswa tidak merasa bosan. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru tidak menggunakan sepatu saat proses mengajar, tidak membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, menegur siswa dengan nada bicara yang tinggi, dan langsung membahas ke inti pelajaran tanpa adanya apersepsi terlebih dahulu. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak adanya sesuatu yang dianggap menarik bagi siswa sehingga perhatian siswa tidak bisa berpusat pada gurunya. Sedangkan pada video yang kedua dapat dilihat bahwa seorang guru yang mengajar dengan suasana hati yang ceria dan gembira, memberikan salam pembuka dan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang menggunakan benda-benda sekitar. memberikan penguatan dan meminta siswa untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan contoh benda-benda lain yang ditemukan siswa. Hal tersebut dapat menarik perhatian siswa karena adanya interaksi yang aktif dan komunikatif antara guru dan siswa serta penggunaan metode belajar yang bervariasi membuat siswa tidak merasa bosan saat proses pembelajaran.
Ijin bertanya tentang bagaimana menarik perhatian siswa SD
Nama: Masdarudin
Nim: 857016067
Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan semangat kepada anak-anak sehingga tidak bisa menarik perhatian siswa. Seharusnya ketika guru masuk kedalam kelas sebelum melakukan pembelajaran siswa harus melakukan kegiatan seperti games, menyanyi, melakukan gerak badan. Pada waktu pembelajaran guru harus memperhatikan siswa agar aktif dan fokus dalam pembelajaran. Pada vidio tersebut guru melakukan pembelajaran sudah baik karena mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
Nama: Masdarudin
Nim: 857016067
Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan semangat kepada anak-anak sehingga tidak bisa menarik perhatian siswa. Seharusnya ketika guru masuk kedalam kelas sebelum melakukan pembelajaran siswa harus melakukan kegiatan seperti games, menyanyi, melakukan gerak badan. Pada waktu pembelajaran guru harus memperhatikan siswa agar aktif dan fokus dalam pembelajaran. Pada vidio tersebut guru melakukan pembelajaran sudah baik karena mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.