silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,741 Comments

  1. NAMA : AHMAD FIRZATULLAH
    NIM : 859537855
    POKJAR : SIDOMULYO

    Izin menyampaikan pendapat mengenai vidio diatas yang perlu diperhatikan yang pertama kita sebagai pendidik harus memberikan contoh yang baik dalam segala hal apapun terutama tentang cara berpakaiyan kita sebagai guru harus memberi contoh yang baik untuk siswa yang kita ajar dikelas dilihat dari vidio diatas seorang pendidik tidak menggunakan sepatu saat mengajar.
    Kemudian untuk yg selanjutnya yg perlu dikoreksi adalah kita seharusnya bisa mengajarkan kebiasaan berdoa sebelum memulai kegiatan belajar mengajar
    guru juga bisa melakukan ice breaking bisa berupa bernyanyi, menari ataupun bertepuk untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, guru juga menyiapkan media yang konkret dan sering dijumpai siswa dikehidupan sehari-hari mereka, serta memberikan penguatan dan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru

  2. NAMA : FIRDAUS LUKMAN
    NIM : 859535647
    POKJAR : MAMUJU

    Pada video pembelajaran diatas dapat kita simpulkan bahwa Pada awal pembelajaran, siswa tampak tidak memperhatikan guru dan lebih asyik bermain. Namun, setelah guru melakukan ice breaking, perhatian siswa mulai terfokus kembali dan mereka menjadi lebih semangat mengikuti pelajaran. Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru terlihat kurang siap sebelum mengajar, baik dari segi penampilan (misalnya, berpakaian tidak rapi, memakai sandal) maupun kesiapan materi. Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru berhasil menarik kembali perhatian siswa melalui ice breaking dan aktivitas interaktif.

  3. Nama : Rinetis zai
    Nim : 859885189
    pokjar : Idanogawo

    Izin memberi pendapat
    setelah saya melihat video diatas dapat disimpulkan bahwa didalam pembelajaran dikelas seorang guru harus bisa menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran karena dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dan meningkatkan prestasi belajar.
    Dengan video diatas dapat membantu guru dalam permasalahan dari kesulitan menarik perhatian siswa, untuk itu guru harus melakukan beberapa hal yaitu: mengajak siswaa melakukan yel-yel, bernyanyi dan sebagainya.

  4. Nama : PUTRI MARISA CITRA
    NIM : 857029744
    Pokjar : Sidomulyo
    Prodi : PGSD-S1

    Menanggapi video pembelajaran diatas :
    Tema : Membangun Kesiapan Belajar siswa
    Judul : Menarik Perhatian siswa

    Dalam video diatas Guru langsung memberi salam kepada siswa yang dalam keadaan berisik dan belum fokus untuk memulai pembelajaran , dalam proses belajara mengajar tentunya penampilan dan cara mengajar bapak/ibu guru sangatlah penting ,karena dapat menarik perhatian siswa dan membangun semangat belajar terhadap siswa saat mau memulai pembelajaran. guru tidak mengajak siswa/siswinya berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. kemudian langsung pada apersepsi dengan pertanyaan: siapa yang berangkat kesekolah naik mobil / motor ? berapa jumlah roda mobil dan berapa jumlah roda motor ?. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu kepada siswa mengenai materi ” pengurangan” atau “penjumlahan”. guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan guru .Dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda yang ada dilingkungan sekitar. guru juga baik dalam memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan . tetapi runtunan pembelajaran yang dilakukan kurang lengkap sehingga siswa kemungkinan tidak dapat memahami secara keseluruhan pada materi dan pembelajaran jadi kurang kondusif.

  5. Nama : IPA JASRI
    NIM : 856534529
    Pokjar : Pelalawan

    Setelah saya melihat video tersebut terdapat beberapa kelemahan Guru dalam Video tersebut yaitu :
    1. Guru tidak perpakaian rapi dan tidak menggunakan sepatu
    2. siswa di dalam kelas masih menggunakan Topi dan kurang rapi
    3. guru tidak Memakai salam Pembuka

    Kelebihan dalam video tersebut adalah sebagai berikut :
    1. adanya ice breaking yang di sampai kan guru
    2. adanya tanya jawab antara guru dan siswa
    3. guru menggunakan media dan memberi contoh langsung dari media
    4. siswa bersemangat mengikuti pelajaran

  6. NAMA : ANGGI KURNIAWANSYAH
    NIM : 856822624
    POKJAR : KETAHUN
    Pendapat saya setelah menonton Video tersebut :
    Video ini sangat inspiratif karena menunjukkan bagaimana seorang guru bisa menggunakan pendekatan yang kreatif dan komunikatif untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Guru tidak hanya menyampaikan materi secara satu arah, tetapi juga melibatkan siswa secara aktif, seperti dengan mengajak mereka membilang, menemukan benda di sekitar, dan menceritakan temuannya.
    Pendekatan seperti ini membuat siswa lebih terlibat dan merasa dihargai. Memberikan penguatan saat siswa merespon juga merupakan strategi yang sangat baik untuk membangun rasa percaya diri dan motivasi belajar. Saya merasa metode seperti ini sangat relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar suasana menjadi lebih hidup, menyenangkan, dan bermakna.

  7. NAMA : DESPIANI HULU
    NIM : 859809007
    PRODI : S1-PGSD
    TEMA : MEMBANGUN KESIAPAN BELAJAR SISWA
    JUDUL VIDEO : MENARIK PERHATIAN SISWA
    menurut saya guru mengucapkan salam waktu memasuki kelas, lalu memimpin doa, mengabsen siswa yang tidak hadir terlebih dahulu,
    lalau guru mengajak tanya jawab untuk materi yang akan disampaikan

    kelebihan, guru mengajak siswa ice breaking agar siswa memperhatikian gururnya, dan sudah bagus membawa media atau bahan ajar untuk menarik perhatian siswa.
    kekurangan, alangkah baiknya guru berpakaian rapi, bersepatu waktu mengajar atau di dalam lingkungan sekolah

  8. NAMA : DESPIANI HULU
    NIM : 859809007
    PRODI : S1-PGSD
    TEMA : MEMBANGUN KESIAPAN BELAJAR SISWA
    JUDUL VIDEO : MENARIK PERHATIAN SISWA
    menurut saya guru mengucapkan salam waktu memasuki kelas, lalu memimpin doa, mengabsen siswa yang tidak hadir terlebih dahulu,
    lalau guru mengajak tanya jawab untuk materi yang akan disampaikan

    kelebihan, guru mengajak siswa ice breaking agar siswa memperhatikian gururnya, dan sudah bagus membawa media atau bahan ajar untuk menarik perhatian siswa.
    kekurangan, alangkah baiknya gurur berpakaian rapi, bersepatu waktu mengajar atau di dalam lingkungan sekolah

  9. Nama : Juniati
    NIM : 857035802
    Pokjar : Sidomulyo

    Setelah saya menyaksikan video tersebut dapat disimpulkan kelemahannya dari segi penampilan seorang guru tidak rapi dan bersih, hal ini sangat berpengaruh bagi anak, karena semua yang melekat pada guru, baik dari segi berpakaian, berbicara, berinteraksi dan sebagainya akan digugu dan ditiru oleh peserta didik serta tidak dapat dipungkiri penampilan guru juga dapat mendorong minat belajar peserta didik. Kelebihan yang saya lihat dari video tersebut peran aktif guru tersebut sangat bagus, dengan adanya kegiatan apersepsi diawal pembelajaran menimbulkan rasa semangat belajar dan dapat menarik minat peserta didik agar lebih memperhatikan dan fokus pada pembelajaran yang akan disampaikan, hal ini tentunya akan berdampak pada hasil belajar murid. Oleh karena itu seorang guru dituntut agar dapat dapat mengembangkan metode pengajaran yang kreatif serta inovatif untuk menarik minat peserta didik.

Leave a Reply