silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Rusnia khotimah
Nim : 857029619
Pokjar : Sidomulyo
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa :
Kelebihan : menampilkan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik. Guru dalam video tersebut menggunakan diskusi dan tanya jawab untuk melibatkan siswa secara aktif, serta memanfaatkan media visual seperti alat peraga dan gambar untuk membantu pemahaman materi. metode belajar sambil bermain yang digunakan juga sangat baik karena bisa mengalihkan perhatian siswa dari awal suasananya kelasnya sangat ramai. Suasana kelas yang diciptakan juga positif, dengan guru yang ramah dan mendukung, sehingga siswa merasa nyaman dalam belajar. Guru juga berhasil menarik perhatian siswa dengan memberikan penguatan verbal berupa kata “hebat”.
Kelemahan : guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum melakukan pelajaran, tidak mengecek kehadiran siswa, tidak adanya tugas kelompok, pengelolaan waktu yang kurang efisien. sebainya guru membiasakan berpakaian rapi seperti memakai sepatu dan sebagainya.
keunikan : terletak pada pendekatan kontektual yang digunakan, dimana materi pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga meningkatkan relevasi dan pemahaman.
Nama : Pesrianti
Nim : 856311133
Pokjar : SALUT Batang Kapas
Video ini sangat inspiratif karena menunjukkan bagaimana seorang guru berusaha aktif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik. Beberapa cara yang dilakukan, seperti mengajak siswa menghitung benda yang di peragakan sangat efektif dalam melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar.
Meskipun pendekatan yang digunakan guru cukup menarik namun ada beberapa hal yang harus di tingkatkan, masih terlihat beberapa siswa kurang memperhatikan dan meribut.
Nama : Nova ana mardiana
Nim 857029809
Pokjar : sidomulyo
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa :
Kelebihan: menampilkan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik. Guru dalam video tersebut menggunakan diskusi dan tanya jawab untuk melibatkan siswa secara aktif, serta memanfaatkan media visual seperti alat peraga dan gambar untuk membantu pemahaman materi. metode belajar sambil bermain yang digunakan juga sangat baik karena bisa mengalihkan perhatian siswa dari awal suasananya kelasnya sangat ramai. Suasana kelas yang diciptakan juga positif, dengan guru yang ramah dan mendukung, sehingga siswa merasa nyaman dalam belajar. Guru juga berhasil menarik perhatian siswa dengan memberikan penguatan verbal berupa kata “hebat”.
Kelemahan: guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum melakukan pelajaran, tidak mengecek kehadiran siswa, tidak adanya tugas kelompok, pengelolaan waktu yang kurang efisien. sebainya guru membiasakan berpakaian rapi seperti memakai sepatu dan sebagainya.
keunikan terletak pada pendekatan kontektual yang digunakan, dimana materi pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga meningkatkan relevasi dan pemahaman.
Nama : Rusnia Khotimah
Nim : 857029619
Pokjar: Sidomulyo
Berdasarkan hasil pengamatan saya terhadap video pembelajaran dengan mengamati judul
“ Kesulitan Membaca Di Sekolah Dasar “ yaitu. Dalam video Guru tidak mengondisikan keadaan anak-anak di dalam kelas terlebih dahulu, alangkah baiknya kita memepersiapkan rencana pembelajaran terlebih dahulu agar pembelajaran berjalan secara kondusip dengan membaca doa sebelum pembelajaran di mulai, menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik, menanyakan atau membahas pembelajaran sebelumnya sebelum menyampaikan materi yang akan kita pelajari selanjutnya. Dalam video ini guru sudah baik dalam menyediakan media pembelajarn yang dihubungkan dengan keluarga dengan cara mengenalkan cara membaca/ mengenal tulisan nama keluarga yang sangat erat hubungannya dengan peserta didik sehinnga peserta didik akan lebih mudah nengingatnya atau memahaminya. Namun agar pembelajaran lebih menarik dan memudahkan peserta didik untuk bisa membaca Guru dapat melakukan metode pembelajaran menggunakan audio video.
Nama : Tri Ulfah Syafriyanti
NIM : 858081612
Setelah saya menyaksika video mengajar tersebut dapat saya simpulkan bahwa video
1. guru tidak mencerminkan sikap rapi dalam berpakaian, serta tidak melakukan interaksi yang mengajak siswa untuk menyiapkan pembelajaran yang akan dibahas sehingga sering kali siswa tidak tertarik untuk melakukan interaksi yang baik.
2 guru sangat mencontohkan sikap yang baik sehingga pada saat memasuki ruangan anak sudah tertuju dan menantikan materi yang akan ditanyakan saat interaksi awal pembelajaran.
Nama : Rizki Amalia Harahap
Nim : 860110418
Prodi : S1- PGSD
Pokjar : Simalungun
Permasalahan pembelajaran yang ada di video :
1. Tidak ada kegiatan awal dalam pembelajaran
2. Guru kurang menerapkan konsep apersepsi
3. Dalam kegiatan inti guru hanya menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi tanpa memberi penjelasan
4. Pada penutup tidak ada refleksi sehingga tidak ada kesempatan pada siswa yang belum mengerti untuk bertanya.
Penyelesaian masalah yang dilakukan di video :
1. Guru berpenampilan rapi
2. Guru melakukan ice breaking
3. Guru menggunakan media dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajak siswa mengeksplorasi dan membilang benda-benda disekitar
5. Guru memberi penguatan saat siswa memberi respon terhadap pertanyaan dari guru.
Alternatif lain penyelesaian masalah yang ditawarkan :
1. Guru sebaiknya melakukan persiapan sebelum pelajaran dimulai baik itu persiapan materi maupun penampilan.
2. Pada kegiatan awal, ada baiknya guru mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu dan memberi sedikit apersepsi tentang materi penjumlahan dan pengurangan.
3. Variasikan teknik mengajar misalnya dengan permainan edukatif untuk menjaga minat siswa
4. Pada kegiatan akhir sebaiknya guru melakukan refleksi dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan.
NAMA : SITI SUHAIMAH
NIM : 858080785
POKJAR : MEMPAWAH
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Berdasarkan video diatas, pada awalnya anak cenderung tidak memperhatikan guru dan sibuk sendiri karena guru mengajar langsung tanpa melihat kesiapan siswa. Guru tidak menarik perhatian siswa dan tidak disiplin dalam berseragam serta tidak menunjukkan ekspresi bersahabat sehingga siswa menjadi tidak tertarik melihat kehadiran guru di depan kelas. Namun, setelah diberikan solusi anak-anak menjadi lebih memperhatikan guru dan terfokus, karena guru memberikan pertanyaan pemantik sehingga siswa menjadi tertarik untuk menjawab pertanyaan guru. Guru juga menggunakan benda nyata atau konkret untuk berhitung sehingga siswa menjadi tertarik untuk berhitung secara langsung. Guru juga menggunakan seragam yang baik dan menunjukkan ekspresi yang bersahabat sehingga guru tampak lebih berwibawa dan menarik perhatian siswa.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Berdasarkan video di atas secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran pada awal video yaitu:
• Guru tidak memperhatikan kesiapan siswa karena guru mengajar secara langsung tanpa melakukan kegiatan awal seperti berdoa, absensi, atau ice breaking agar siswa lebih siap untuk belajar, dan terfokus untuk memperhatikan penjelasan guru.
• Guru tidak melibatkan siswa saat melakukan pembelajaran dan tidak menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran menjadi monoton dan siswa bosan serta tidak tertarik untuk mendengarkan penjelasan guru.
• Guru tidak disiplin dalam berpakaian dan guru juga tidak menunjukkan ekspresi yang bersahabat yang membuat guru kurang berwibawa sehingga siswa kurang tertarik mendengarkan penjelasan guru.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video solusi menarik perhatian siswa yaitu:
• Guru sudah menggunakan pertanyaan pemantik untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan partisipasi siswa.
• Guru sudah menggunakan media pembelajaran konkret agar siswa dapat belajar secara langsung sehingga perhatian siswa menjadi lebih terfokus untuk belajar.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik yang terdapat dalam video tersebut yaitu video tersebut dapat memberikan solusi agar guru dapat mengatasi permasalahan kesulitan dalam menarik perhatian siswa dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran dan menggunakan benda konkret agar siswa dapat secara langsung berpartisispasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih efektif.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru harus lebih memahami kebutuhan siswa, guru sebaiknya lebih aktif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik untuk menarik perhatian siswa. Guru juga harus kreatif dalam menggunakan alat peraga agar siswa merasa lebih tertarik untuk belajar.
TERIMA KASIH
1.dari video yang saya lihat guru tersebut langsung mentertibkan siswa dengan cara ice breking .sehingga siswa langsung tertib dan dan semangat untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Nama : SITI NURHALIZAH
Nim : 859882667
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif saat guru mengajak mereka mengeksplorasi konsep penjumlahan dan pengurangan melalui kegiatan membilang dan menemukan benda di sekitar. Mereka memberikan respons positif ketika diberi penguatan oleh guru, yang mencerminkan ketertarikan dan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Beberapa kelemahan yang terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru antara lain:
• Kurangnya apersepsi: Guru tidak memulai pelajaran dengan menghubungkan materi baru dengan pengetahuan sebelumnya, yang penting untuk mempersiapkan mental siswa dan mengaitkan materi pembelajaran.
• Penampilan guru: Guru tampak kurang rapi, seperti menggunakan sandal dan pakaian yang tidak tertata dengan baik, yang dapat memengaruhi kesan profesionalisme di mata siswa.
• Keterlibatan siswa yang terbatas: Meskipun menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi, guru belum maksimal melibatkan siswa secara aktif, seperti mengajak mereka ke depan kelas untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda secara langsung.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Kelebihan yang ditunjukkan oleh guru dalam pembelajaran meliputi:
• Penggunaan metode yang tepat: Guru menerapkan metode tanya jawab dan demonstrasi yang sesuai untuk materi penjumlahan dan pengurangan.
• Pemilihan media yang relevan: Media yang digunakan mendukung visualisasi konsep matematika, membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
• Materi sesuai kurikulum: Materi yang disampaikan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik serta kurikulum yang berlaku.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru melaksanakan pembelajaran?
Hal unik yang terlihat dalam video adalah pendekatan guru yang mendorong siswa untuk menemukan benda di sekitar mereka dan menceritakan secara singkat tentang benda tersebut. Pendekatan ini tidak hanya mengajarkan konsep matematika tetapi juga mengembangkan keterampilan observasi dan komunikasi siswa.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa mendatang, beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memulai pelajaran dengan mengaitkan materi baru dengan pengetahuan sebelumnya untuk mempersiapkan siswa secara mental dan meningkatkan keterkaitan materi. Memperluas penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih interaktif dan kontekstual untuk membantu siswa memahami konsep abstrak dengan lebih konkret.
Ijin comment menurut saya yang dilakukan guru dalam video tersebut dengan secara langsung mentertibkan siswanya denga ice breking,dan siswa memang langsung tertib.
tetapi guru tersebut tidak memberikan apersepsi kepada siswa tentang pembeljaran hari ini. guru tersebut langsung masuk kepada inti pembelajaran matematika dengan cara menggunakan media dan demonstrasi memang menarik untuk siswa kelas 1. sehingga siswa akan lebih paham.