silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,742 Comments

  1. Nama : Winda Purba
    Nim : 859892184
    UPBJJ : 12/Medan
    POKJAR : Asahan

    Menganalisis Video Pembelajaran
    Dalam menganalisis video pembelajaran tersebut, ada banyak kekurangan dan kelemahan dan video pembelajaran tersebut. Dalam video pembelajaran tersebut tampak seorang guru yang masuk ke dalam kelas dengan penampilan yang kurang rapi (menarik) , dimana guru tersebut tidak menggunakan sepatu saat mengajar di kelas, sehingga terlihat kurang rapi.
    Pada video tersebut guru tidak mengajar sesuai dengan aturan atau tahapan yang terdapat pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dalam pembukaan pembelajaran, sebaiknya guru menanyakan kabar, melakukan absensi dan mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar.
    Setelah melihat video pembelajaran tersebut sampai selesai, saya menyimpulkan bahwa perlunya kesiapan bagi seorang guru, untuk mempersiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) agar pembelajaran lebih baik lagi. Dalam pembelajaran tersebut, sebaiknya seorang guru perlu melakukan persiapan sebelum masuk kelas, baik persiapan materi maupun persiapan diri.

  2. nama : Lelisista halawa
    nim : 859876799
    menurut saya video di atas sudah bagus. namun alangkah lebih baiknya dalam menarik perhatian siswa di awali dengan sapaan, nyanyi Dan doa, Dan yang utama adalah wajah yang ceriah Dan semangat Dari seorang guru. Dan selain itu guru juga dapat mempergunakan Benda” yang ada di Sekitar untuk bertanya seperti contoh menghitung kursi Dan meja atau menanyakan ke Hadiran siswa, sehingga siswa bisa sambil belajar berhitung.

  3. Nama : Risma Rizqi Rosyada
    NIM : 857764231
    UPBJJ SEMARANG
    POKJAR : Kedungwuni

    Berdasarkan pengamatan saya dalam video bahwa guru tersebut belum mempunyai kesiapan mengajar karena pada umumnya seorang guru harus dapat memberikan contoh terhadap anak sebagai awal pembelajaran perlu adanya membaca doa terlebih dahulu lalu adanya ice breaking supaya anak lebih semangat setelah itu bisa menanyakan kabar siswa serta mengabsen siswa nya setelah itu menan yakan kepada anak kesiapan belajar.
    Dan juga dari penampilan, seorang guru harus dapat memberikan contoh yang baik terhadap siswa nya dari mulai berpakaian rapi serta memakai sepatu bukan sandal.
    Sebab dalam hal ini seorang siswa pasti akan mencontoh seorang guru dari mulai kedisiplinan dan kerapihan nya.

  4. Nama: HAFSAH AGUSTRIANA
    Nim :855868411
    Pokjar : Asahan
    Dalam video tersebut saya menanggapi
    Kelemahan :
    1. Guru tidak membiasakan belajar dahulu sebelum berdoa
    2. Daya tarik guru dalam segi pakaian, refleksi sebelum belajar kurang

    Hal unik dalam video tersebut yaitu terdapat langsung saran atau pemecahan masalah untuk mengatasi fokus perhatian anak terhadap guru atau pembelajaran.

    Perbaikan yang harus dilakukan yaitu:
    1. Membiasakna mengucap salam terlebih dahulu dan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    2. Merapikan pakaian sebelum masuk ke kelas, karena penampilan juga bagian daya tarik siswa terhadap guru.

  5. Nama : HAFSAH AGUSTRIANA
    NIM :855868411
    Pokjar :Asahan
    Video tersebut saya tanggapi:
    Kelemahan:
    1. Guru tidak membiasakan salam dan berdoa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran
    2. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa
    3. Guru kurang menarik karena dalam segi pakaian maupun kerapian

    Hal unik dalam video ini terdapat solusi atau cara mengatasi permasalahan yang ada dalam video tersebut.

    Perbaikan:
    1. Guru membiasakan ucap salam dan membaca doa dahulu dalam pembelajaran
    2. Guru berpenampilan daya tarik seperti rapi dalam berpakaian, ekspresi, refleksi sebelum pembelajaran

  6. As’salamulaikum warahmatullahi wabarakatu
    Perkenalkan nama saya Sepuldin izin menyampaikan pendapat Menarik perhatian siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Ada beberapa komentar dari saya sebagai berikut :

    *Tantangan*
    1. *Kurangnya minat*: Siswa mungkin tidak memiliki minat pada materi yang diajarkan.
    2. *Gangguan lingkungan*: Lingkungan sekitar dapat mengganggu perhatian siswa.
    3. *Metode pembelajaran yang tidak menarik*: Metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa bosan.

    *Solusi*
    1. *Pembelajaran interaktif*: Menggunakan metode pembelajaran interaktif, seperti diskusi, permainan, dan proyek, dapat meningkatkan minat siswa.
    2. *Menggunakan media visual*: Menggunakan media visual, seperti video, gambar, dan grafik, dapat membantu menarik perhatian siswa.
    3. *Menghubungkan materi dengan kehidupan nyata*: Menghubungkan materi dengan kehidupan nyata dapat membuat siswa lebih tertarik dan memahami relevansi materi.
    4. *Menggunakan teknologi*: Menggunakan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran dan game edukatif, dapat meningkatkan minat siswa.

    *Tips untuk Guru*
    1. *Mengetahui minat siswa*: Mengetahui minat siswa dapat membantu guru menciptakan pembelajaran yang lebih menarik.
    2. *Menggunakan variasi metode*: Menggunakan variasi metode pembelajaran dapat membuat siswa tetap tertarik.
    3. *Mengajukan pertanyaan*: Mengajukan pertanyaan dapat memicu pemikiran kritis dan meningkatkan partisipasi siswa.
    4. *Menggunakan humor*: Menggunakan humor dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik.

    Dengan menggunakan strategi yang tepat, guru dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
    Sekian Terimakasih…….

  7. NAMA : Choirun Nisya Salsabila
    NIM : 859542936
    Komentar
    1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru terlihat antusias dan semangat
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran, tidak adanya pendahuluan dalam pembukaan pembelajaran dan langsung menuju pada kegiatan praktik dan setelah melakukan praktik guru menjelaskan teknik ketukan pada nada melalui jari.
    3. Kelebihan dalam pembelajaran, guru menguasai materi dan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat.
    4. Siswa sudah lebih dahulu bisa memainkan piano tanpa diajarkan.
    5. Upaya yang harus dilakukan guru, guru perlu persiapan langkah langkah pembelajaran seperti; Pendahuluan /kegitan awal; Kegiatan inti; penutup/kegiatan akhir

  8. NAMA : Choirun Nisya Salsabila
    NIM : 859542936
    Komentar:
    1. Diawal pembelajaran anak terlihat kurang antusias dan siswa cenderung bermain sendiri, hingga menimbulkan kegaduhan (ribut), guru kesulitan menarik perhatian siswa disebabkan guru kurang menarik.
    2. Diawal pembelajaran guru tidak memiliki persiapan untuk mengkondisikan siswa,tidak menanyakan kabar,tdak mengecek kehadiran siswa ,tidak berdoa dan langsung mengenalkan benda-benda sekitar
    3. Kelebihan dalam pembelajaran siswa diajak untuk mengeksplorari banyak benda dan anak dapat menjawab guru memberikan penguatan atau respon berupa pujian.
    4. Siswa berani menjawab pertanyaan yang diajukan
    5. Upaya dalam menarik perhatian siswa guru perlu memelihara konssentrasi siswa dengan cara membangun suasana yang aktif interaktif. guru perlu persiapan langkah langkah pembelajaran seperti; Pendahuluan /kegitan awal; Kegiatan inti; penutup/kegiatan akhir

  9. Nama : Zumratul Istiqomah
    NIM :858080818
    Pokja : Mempawah

    1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu kurangnya perhatian kepada gurunya ketika guru sudah masuk ke kelas dan ketika anak-anak diajak menghitung buah seperti jeruk baru lah anak- anak menjadi perhatian kepada gurunya. Ketika anak-anak diajak menghitung buah seperti jeruk, maka mereka dapat berinteraksi langsung dengan objek tersebut.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu belum ada kesiapan dari gurunya untuk memulai pelajaran terutama dari segi kerapian dan hanya menggunakan satu jenis objek, dalam hal ini jeruk dapat membatasi pengalaman belajar siswa. Anak-anak pada usia kelas 1 masih sangat bergantung pada ekplorasi sendiri.
    3.Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu dengan menggunakan objek jeruk untuk pembelajaran berhitung di kelas 1 banyak memiliki kelebihan, terutama anak-anak usia dini cenderung lebih mudah memahami konsep konkret daripada abstrak. Beberapa kelebihannya adalah: 1. konkret dan visual. 2. meningkatkan minat dan antusiasme. 3. mendorong pembelajaran interaktif. 4. mengembangkan motorik halus. 5. pembelajaran terpadu. 6. mudah didapat dan murah.
    4. Hal- hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah saat guru melakukan pembelajaran berhitung yaitu, antusiasme siswa, metode pembelajaran kreatif, permainan edukatif, variasi dalam pemahaman, ekspresi emosional, kreativitas dalam menyelesaikan masalah, kolaborasi antarsiswa, dan peningkatan kepercayaan diri.
    5.Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu: 1. menggunakan alat peraga, permainan edukatif, metode pembelajaran aktif, penggunaan lagu dan rima, penerapan konteks sehari-hari, memberikan pujian dan motivasi, membuat kegiatan berbasis proyek, menggunakan teknologi, menerapkan pembelajaran deferensiasi, mendorong diskusi dan tanya jawab dan mengadakan kegiatan luar ruangan.

  10. Nama : MISGI PUJI ASTUTI
    NIM : 857029246
    POKJAR : SIDOMULYO
    PRODI : PGSD
    Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa Kelemahannya:
    1. Guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum melakukan pembelajaran.
    2. Guru tidak memberikan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.

    Hal unik yang terdapat di video tersebut: di Video tersebut langsung di berikan video solusi mengatasi permasalahannya yang di hadapi.

    Perbaikan yang dapat dilakukan: 1.sebaiknya guru membiasakan berpakaian rapi seperti memakai sepatu dan sebagainya.
    2. Guru harus menanyakan kesiapan siswa dalam belajar.

Leave a Reply