silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,742 Comments

  1. Nama : Bella Safitri
    Nim : 858081651
    Pokjar : Mempawah

    1. Guru setidaknya setelah masuk kelas, anak² disuruh diam dan berdoa, supaya anak² bisa fokus dalam belajar
    2. Belum ada nya variasi dalam mengajar, dan kedisiplinan dalam diri guru tersebut
    3. Mampu menjelaskan materi dan bertanya kepada anak² berapa buah jeruk tersebut, seperti melibat kan anak.
    4. Mempersiapkan alat media untuk belajar, tapi kurang karna anak² tidak bisa melihat secara dekat media tersebut.
    5. Guru harus lebih disiplin karna guru modeling untuk anak², bisa mengendalikan kelas biar anak² fokus dalam belajar, mengintegrasikan lebih banyak metode pembelajaran yang bervariasi, melakukan evaluasi berkala untuk memahami kebutuhan siswa.

  2. Nama : Fitriani
    Nim : 857045606
    Salut simpang pematang

    Dalam video di atas kelemahan dari cara mengajar di atas yaitu tidak adanya berdoa dan pembukaan awal pembelajaran terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar, kurang nya kedisiplinan dari guru dari cara penampilan yang kurang mendukung.
    Kegiatan awal pembelajaran dan akhir yang kurang persiapan, tidak sesuai dengan standar pembelajaran disekolah.

  3. Nama : sevia purwa mentari
    NIM :856830449
    Pokjar :Ketahun
    menurut saya kekurangan dalam video diatas guru tidak mengucapkan salam waktu memasuki kelas, lalu memimpin doa, mengabsen siswa yang tidak hadir terlebih dahulu,
    lalu guru langsung mengajak tanya jawab untuk materi yang akan disampaikan dan menurut saya video diatas seorang guru belum mempersiapkan penuh untuk mengajar .

    kelebihan, guru mengajak siswa ice breaking agar siswa memperhatikian gururnya, dan sudah bagus membawa media atau bahan ajar untuk menarik perhatian siswa.
    kekurangan, alangkah baiknya guru berpakaian rapi, bersepatu waktu mengajar atau di dalam lingkungan sekolah

  4. Nama : Nurfatimah siregar
    Nim :855867158
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan
    Dari video yang telah saya lihat, saya dapat menyimpulkannya
    1. Sebaiknya seorang guru berpenampilan menarik dan rapi. Karena hal yang pertama akan dilihat murid adalah penampilan seorang dari guru tersebut. Guru sebaiknya contoh yang baik untuk murid.
    2. Sebelum memulai pelajaran sebaiknya terlebih dahulu berdoa serta melalukan ice breaking untuk mendapat perhatian dari murid.
    3. Sebekum memulai pelajaran sebaiknya kita juga menyapa murid dengan ekspresi bahagia.

    Akan tetapi dalam video tersebut juga terdapat solusi. Seperti, guru mulai berpenampilan menarik dan rapi, memberikan apresiai kepada anak, melakukan ice breaking dan menyapa anak dengan ekspresi bahagia.

  5. Nama Saya Kevin Simamora
    NIM: 855868128

    Setelah menonton vidio dan meneliti dengan detail seorang guru harus punya banyak ide dan cara agar membuat suasana kelas lebih aktip ,menurut saya dengan Mencampur permainan dengan belajar ,atau berbanyayi selang seling,supaya tidak membosan kan dan siswa tetap pokus tidak bermain main pada saat pembelajaran yang serius

  6. Nama: Khairatun Najar
    Nim : 859813393
    Pokjar: Langkat

    Izin menanggapi video pembelajaran tersebut pelajaran metematika (menarik perhatian siswa).
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada video tersebut pada saat kegiatan awal guru tidak membiasakan berdoa sebelum belajar kemudian guru juga tidak mengecek kehadiran siswa serta tidak memperhatikan minat belajar dan menjaga konsentrasi siswa dalam belajar. Pada kegiatan awal siswa kurang minat dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
    2. Kelemahan guru pada video tersebut guru kurang berpenampilan menarik serta kurangnya ekspresi guru yang membuat anak lebih senang. Guru juga kurang memahami minat siswa belajar.
    3. Hal unik yang terdapat pada video tersebut langsung diberikan solusi mengatasi masalah yang sedang terjadi.
    4. Pada saat memulai pelajaran hendaknya guru membiasakan membaca doa belajar serta mengecek kehadiran siswa dan membangkitkan kesiapan siswa dalam belajar sebaiknya guru juga berpenampilan yang menarik seperti memakai sepatu, berpakaian yang rapi dan menarik sehingga siswa menjadi senang dan memberi contoh kepada siswa.

  7. Nama : MONICA DAME RIA HARIANJA
    Nim : 860109667
    UPBJJ UT MEDAN

    – Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Saya tidak menemukan kelemahan dari guru tersebut, penampilan menarik, penyampaian materi juga menarik sehingga siswa menjadi semangat
    – Kelebihan Pembelajaran dalam video
    1. Guru memiliki penampilan yang menarik, rapi, bersikap humoris ramah dan murah senyum
    2. Guru memberikan Apersepsi
    3. Menggunakan benda konkrit sebagai media pembelajaran
    4. Menyampaikan materi pembelajara dengan jelas
    5. Memberikan motivasi dengan kata-kata yang baik sperti “bagus” “pintar” dan lainnya sebagainya.
    6. Siswa menjadi tertarik dengan materi yang digunakan
    – Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video
    1. Hal unik yang saya temui dalam video, ada siswa yang semula tidak tertarik dengan materi berhitung menjadi termotivasi dan semangat dalam belajar

  8. Pada video ini berfokus pada anak PAUD yang memang masih belum bisa untuk memegang pensil dengan benar. ini menunjukka bahwa video ini berbuhungan dengan pengemabngan motorik halus pada anak. dalam motorik halus ini adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan otot kecil, terutama pada tangan dan jari. dan kegiatan ini sangat penting dalam kehidupan sehari hari anaknya seperti makan contohnya, menulis.

  9. Menurut saya situasi seperti ini cukup umum terjadi dalam pembelajaran, dan bisa dianalisis dari beberapa perspektif untuk mencari solusi
    Nah di dalam video itu salah satu solusinya pas seperti guru bisa memulai dengan aktivitas pembuka yang menarik atau melibatkan siswa dalam diskusi singkat tentang hal-hal yang mereka minati sebelum masuk ke materi.

  10. Nama : silvia khoiria
    Nim : 859885798
    Pokjar : medan

    Menurut saya situasi seperti ini cukup umum terjadi dalam pembelajaran, dan bisa dianalisis dari beberapa perspektif untuk mencari solusi Nah di dalam video itu salah satu solusinya pas seperti guru bisa memulai dengan aktivitas pembuka yang menarik atau melibatkan siswa dalam diskusi singkat tentang hal-hal yang mereka minati sebelum masuk ke materi.

Leave a Reply